cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Teknologi Pendidikan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue " Vol 10, No 2 (2010): Vol10 No 2 - Oktober 2010" : 3 Documents clear
IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN CONTENT CURRICULUM DALAM PROSES PERENCANAAN PEMBELAJARAN SYAIFUL BACHRI, BACHTIAR
Teknologi Pendidikan Vol 10, No 2 (2010): Vol10 No 2 - Oktober 2010
Publisher : Teknologi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perencanaan pembelajaran mencakup kegiatan merumuskan tujuan apa yang akan dicapai oleh suatu kegiatan pembelajaran, cara apa yang dipakai untuk menilai pencapaian tujuan tersebut, materi-bahan apa yang akan disampaikan, bagaimana cara menyampaikannya, serta alat atau media apa yang diperlukan. Sedangkan content curriculum menurut Saylor dan Alexander (1974) meliputi  fakta-fakta, observasi data, persepsi, penginderaan, desain, pemecahan masalah yang berasal dari pikiran manusia, dari pengalaman  dan hasil konstruk pikiran  yang diatur, diorganisasi dalam  bentuk gagasan, konsep, generalisasi, prinsip-prinsip, rencana dan pemecahan masalah. Menjadi tugas pendidik/pengajar dalam hal ini adalah guru dan/atau dosen untuk mengidentifikasi dan melakukan dengan baik implementasi pengembangan content kurikulum dalam proses perencanaan pembelajaran.   Kata Kunci: Content Curriculum, Perencanaan Pembelajaran.
PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN MULTIMEDIA MATA PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN SISTEM TATA SURYA BAGI SISWA KELAS 2 SEMESTER I DI SMAN 22 SURABAYA KRISTANTO, ANDI
Teknologi Pendidikan Vol 10, No 2 (2010): Vol10 No 2 - Oktober 2010
Publisher : Teknologi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Era perkembangan teknologi informasi yang semakin meningkat, khususnya dalam teknologi komputer sangat berpengaruh dan berperan penting dalam dunia pendidikan. Terutama dalam media pembelajaran, yaitu sering disebut dengan komputer pembelajaran atau Computer Assisted Instructional (CAI). Pengunaan media tersebut sangat membantu sekali dalam proses belajar siswa secara mandiri. Aplikasi program yang disajikan meliputi teks, grafis, animasi, video, dan saound. Apliaksi program tersebut dapat menarik perhatian dalam proses belajar mengajar. Model dan prosedur pengembangan yang digunakan dalam pengembangan adalah model Dick and Carey (1990). Dalam pelaksanaan ujicoba dilakukan dalam 4 tahap, yaitu: 1. Tahap awal, review dengan ahli materi dan ahli media. 2. Tahap kedua, evaluasi dengan uji coba perorangan. 3. Tahap ketiga, uji coba produk kelompok kecil. 4. Tahap terakhir, uji coba lapangan yaitu dengan kelompok besar. Jenis data pada pengembangan CAI tersebut berbentuk kualitatif dan kuantitatif. Jenis data kualitatif berbentuk masukan, tanggapan dan saran. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari uji coba produk kelompok kecil dan kelompok besar dengan menggunakan angket penilaian terhadap program CAI tersebut. Dari data survey uji coba produk di SMA Negeri 22 Surabaya, sebagai populasi adalah siswa kelas 2 dan sebagai sampel adalah kelas 2.1 dan 2.5. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan wawancara, kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus deskriptif persentase. Adapun dari hasil uji coba kelompok besar adalah sebagai berikut: 1. Petunjuk pengoperasian program 93,73% (baik). 2. Uraian/ isi materi (94,55% (baik). 3. Animasi, gambar, film dan suara 97,22% (baik). 4. Lingkup pertanyaan CAI 94,67% (baik). 5. Kunci jawaban dan skor/ nilai 97,49% (baik). Hasil persentase tersebut adalah hasil dari uji coba formatif pada kelompok besar dan merupakan hasil akhir prototype dari produk pengembangan CAI Multimedia. Adapun hasil persentase tersebut dapat digunakan bagi para peneliti atau pengembang lain sebagai referensi atau masukan dalam melakukan sebuah penelitian terhadap produk prototype tersebut.   Kata kunci: Pengembangan, Media Komputer Pembelajaran, Mata Pelajaran Fisika tentang Sistem Tata Surya.
PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR TIK Ifah, Azimatul; , RUSIJONO
Teknologi Pendidikan Vol 10, No 2 (2010): Vol10 No 2 - Oktober 2010
Publisher : Teknologi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan IPTEK menutut seseorang menguasai teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karena itu, dunia pendidikan memasukkan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ke dalam kurikulum. Pembelajaran TIK di SMPN 4 Jombang belum terlaksana secara optimal, hal ini dikarenakan terbatasnya jumlah komputer dibanding dengan jumlah siswa. Oleh karena itu, salah satu alternatif yang diberikan adalah dengan menerapkan pembelajaran tutor sebaya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) proses penerapan pembelajaran tutor sebaya (2) pengaruh penerapan pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar TIK pokok bahasan menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi siswa kelas VIII SMPN 4 Jombang. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan metode observasi, angket dan tes. Hasil data observasi diolah menggunakan rumus persentase, data hasil angket diolah menggunakan rumus nilai indikator sedangkan data hasil tes diolah menggunakan rumus t-test. Proses penerapan pembelajaran  menunjukkan kriteria baik sekali dengan perolehan analisis data observasi terhadap guru sebesar 93,75%, hasil observasi terhadap siswa sebesar 87,5%, data hasil angket sebesar 3,2 dengan kriteria baik sekali. Untuk data hasil tes diperoleh t hitung sebesar 4,91 dan t tabel 2,04 (TS 95% db 32-1=31) dari konsultasi t hitung dengan t tabel maka t hitung > t tabel. Berdasarkan analisis hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tutor sebaya secara signifikan sangat berpengaruh terhadap hasil belajara TIK pokok bahasan menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi siswa kelas VIII SMPN 4 Jombang.   Kata kunci : Pembelajaran Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Perangkat Lunak Pengolah Angka

Page 1 of 1 | Total Record : 3