cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Media Informatika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2004)" : 8 Documents clear
Comparison on Efficiency and Speed of 2-Tier And 3-Tier OLTP Systems Teduh Dirgahayu; Muhammad Indra Utama
Media Informatika Vol. 2 No. 2 (2004)
Publisher : Department of Informatics,Faculty of Industrial Technology,Islamic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Online Transaction Processing (OLTP) systems are characterized by a large number of users accessing online data simultaneously. Available architectures for distributed OLTP systems are 2-tier and 3-tier client/server architecture. Two major factors that have to be considered in deciding architecture of an OLTP system are resource efficiency and speed. This research aimed to compare those two different architectures on efficiency and speed. As a test bed, we developed 2-tier and 3-tier web-based application for online banking using Microsoft COM+ and ASP. We then tested them using Microsoft Web Application Stress Tool. Our components were designed into two layers: Business Access Layer (BAL) and Data Access Layer (DAL). The results show us that there was a trade-off on resource efficiency and system’s speed. The 2-tier OLTP system gave us better speed performance but lower resource efficiency. On the other hand, the 3-tier system offered more efficient resource utilization i.e. it saved 62% - 64% of the connection needed for 2-tier system, but its speed reduced at about 24% than the speed of 2-tier system. Further research is needed to examine more number of concurrent users in longer test duration so as to get realistic behaviors of large OLTP systems.
Pemodelan Wajah 3D Berbasis Foto Diri Menggunakan Maya Embedded Language (MEL) Script Yudi Prayudi; Iwan Aprizal
Media Informatika Vol. 2 No. 2 (2004)
Publisher : Department of Informatics,Faculty of Industrial Technology,Islamic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu bentuk akhir dari output grafika komputer adalah pembuatan model 3D dengan sentuhan efek photo realistic. Wajah memiliki karakter organik khusus, pemodelan wajah secara imajinatif adalah sesuatu yang cukup sulit. Untuk kepentingan itu salah satu cara yang diusulkan adalah pemodelan wajah dengan bantuan foto diri. Untuk memudahkan pemodelan maka source image foto diri terlebih dulu diimport ke dalam lingkup aplikasi MAYA. Selanjutnya lewat bantuan MEL Script dibuatkan sejumlah panel untuk memudahkan proses pemodelan. Penggunaan polygonal mesh lebih memudahkan dalam proses pembuatan model wajah dibandingkan dengan NURBS. Untuk menghasilkan model  akhir maka dilakukan proses tambahan texturing dengan  bantuan aplikasi PhotoShop.
Perancangan dan Pembuatan Islamic Portal dengan Teknologi Oracle Objects for OLE Nur Wijayaning Rahayu; Aris Tjahyanto; Darlis Heru Murti
Media Informatika Vol. 2 No. 2 (2004)
Publisher : Department of Informatics,Faculty of Industrial Technology,Islamic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Internet telah berkembang pesat dan memberikan kontribusi yang besar pada perkembangan ilmu pengetahuan. Tak terkecuali dalam bidang keagamaan, khususnya agama Islam. Banyak sekali layanan internet yang ditawarkan: pengetahuan agama, berita, forum diskusi, bahkan kajian format multimedia. Kesemuanya memberikan kontribusi yang positif bagi pengguna, meskipun admin harus mengelola data multimedia secara manual sehingga rawan terjadi inkonsistensi antara basis data dan tampilan aplikasi. Lebih  jauh, inkonsistensi ini menyebabkan pengguna tidak bisa mendapatkan kenyamanan akses yang diharapkan. Dalam tugas akhir ini didesain dan diimplementasikan aplikasi basis data berbasis web dalam lingkungan Oracle9i dengan memanfaatkan teknologi OO4O (Oracle Objects for OLE) untuk menjamin konsistensi data. Aplikasi yang dibuat dinamakan ISPORT (ISlamic PORTal) yang menyediakan informasi berkaitan dengan agama Islam secara luas, meliputi kajian dan berita keislaman, gambar Al-Quran dan terjemahan masing-masing ayat, video pengetahuan Islam, dan forum diskusi. Aplikasi yang dibuat telah mengalami ujicoba fungsionalitas dan kinerja. Hasil uji coba fungsional menunjukkan bahwa aplikasi telah berfungsi sesuai dengan kebutuhan administrator dan pengguna aplikasi. Sedangkan dari uji coba kinerja menunjukkan bahwa aplikasi dapat diakses oleh banyak pengguna tanpa adanya penurunan kecepatan akses yang berarti.
Penentuan Lokasi Pemancar Televisi Menggunakan Fuzzy Multi Criteria Decision Making Sri Kusumadewi
Media Informatika Vol. 2 No. 2 (2004)
Publisher : Department of Informatics,Faculty of Industrial Technology,Islamic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Multi Criteria Decision Making adalah salah satu metode yang bisa membantu pengambil keputusan dalam melakukan pengambilan keputusan terhadap beberapa alternatif keputusan yang harus diambil dengan beberapa kriteria yang akan menjadi bahan pertimbangan. Pada penelitian ini akan digunakan Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM) untuk menentukan lokasi penempatan pemancar televisi dengan beberapa kriteria, yaitu ketinggian lokasi, ketidakpadatan bangunan di sekitar lokasi, kedekatan dari pusat kota, kondisi keamanan lokasi, dan kedekatan dengan pemancar lain yang sudah ada. Ada 3 alternatif lokasi yang diberikan adalah Kota Baru, Kaliurang, dan Piyungan. Dari hasil penelitian diperoleh hasil, Piyungan sebagai alternatif terbaik.
Jaringan Saraf Tiruan dengan Metode Backpropagation untuk Mendeteksi Gangguan Psikologi Kiki Kiki; Sri Kusumadewi
Media Informatika Vol. 2 No. 2 (2004)
Publisher : Department of Informatics,Faculty of Industrial Technology,Islamic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media Informatika Volume 2 Nomor 2 adalag edisi reguler yang berisi delapan artikel. Artikel pertama yang ditulis bersama oleh Kiki, Sri Kusumadewi membahas penggunaan Jaringan Saraf Tiruan untuk mendeteksi gangguan psikologi berdasar gejala-gejala yang tampak atau dirasakan. Pada artikel kedua yang berjudul Lessons from E-Government Initiatives in Indonesia, Fathul Wahid mendiskusikan perkembangan e-government di Indonesia dan pelajaran yang dapat diambil. Beberapa pelajaran yang dapat diambil adalah pentingnya sumberdaya manusia pengawal e-government, termasuk pentingnya peran pimpinan.Pada artikel ketiga Teduh Dirgahayu, dan Muhammad Indra Utama membandingkan efisiensi dan kecepatan OLTP sistem berbasis 2-tier dan 3-tier. Artikel selanjutnya yang ditulis oleh Yudi Prayudi dan Iwan Aprizal membahas penggunaan Maya Embedded Language (MEL) Script untuk memodelkan wajah 3D berbasis foto diri.Artikel kelima melaporkan penelitian tentang perancangan dan pembuatan Islamic Portal menggunakan teknologi Oracle Objects for OLE. Artikel ini ditulis oleh Nur Wijayaning Rahayu, Aris Tjahyanto, dan Darlis Heru Murti. Sri Kusumadewi pada artikel keenam, melaporkan penggunaan metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making yang diaplikasikan untuk penentuan lokasi pemancar televisi.Artikel ketujuh membahas aplikasi metode Fuzzy yang lain untuk pencarian kriteria kelulusan. Metode yang digunakan adalah Fuzzy Tahani. Artikel ini ditulis oleh Rian Anggraeni, Wawan Indarto, dan Sri Kusumadewi. Aplikasi algoritma Semut pada penjadwalan produksi jobshop dilaporkan pada artikel kedelapan yang ditulis oleh Zainudin Zukhri dan Shidiq Alhakim.
Sistem Pencarian Kriteria Kelulusan Menggunakan Metode Fuzzy Tahani: Kasus pada Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Rian Anggraeni; Wawan Indarto; Sri Kusumadewi
Media Informatika Vol. 2 No. 2 (2004)
Publisher : Department of Informatics,Faculty of Industrial Technology,Islamic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Logika fuzzy atau sering dikenal sebagai logika kabur merupakan turunan dari kecerdasan buatan, yang secara fungsi merupakan pemrosesan dengan faktor kepastian dan ketidakpastian. Logika fuzzy adalah suatu cara yang tepat untuk memetakan ruang input ke dalam ruang output. Sistem basis data fuzzy merupakan salah satu metode fuzzy yang menggunakan basis data standar. Pada basis data standar, data diklasifikasikan berdasarkan bagaimana data tersebut dipandang oleh user. Oleh karena itu pada basis data standar data yang ditampilkan akan keluar seperti data yang telah disimpan. Namun kenyataannya, seseorang kadang membutuhkan informasi dari data-data yang bersifat ambigous. Oleh karena itu, apabila hal ini terjadi, maka sebaiknya digunakan sistem basis data fuzzy. Basis data fuzzy yang digunakan disini adalah sistem basis data fuzzy model Tahani. Model Tahani ini masih tetap menggunakan relasi standar, hanya saja model ini menggunakan teori himpunan fuzzy untuk mendapatkan informasi pada query-nya. Tahani mendeskripsikan suatu metode pemrosesan query fuzzy dengan didasarkan atas manipulasi bahasa yag dikenal dengan nama SQL.
Lessons from E-Government Initiatives in Indonesia Fathul Wahid
Media Informatika Vol. 2 No. 2 (2004)
Publisher : Department of Informatics,Faculty of Industrial Technology,Islamic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

E-government has accepted a considerable attention in last few years. Indonesia, like other counties, can take advantages of e-government initiatives, such as to improve transparency, control, and accountability towards implementation good governance. Initial observation through scanning of news on mass-media, similar phenomenon is also found in Indonesia. What are obstacles of e-government initiatives? Are there any best practices to eliminate the degree of the failure? Organizational and cultural inertia, financial constraints, and low ICT penetration, lack of ICT skills are of identified obstacles of e-government implementation. Leadership with a clear vision, partnership with third parties, human resource and infrastructures improvement are some strategies can be offered to cope with the obstacles.
Algoritma Semut pada Penjadwalan Produksi Jobshop Zainudin Zukhri; Shidiq Alhakim
Media Informatika Vol. 2 No. 2 (2004)
Publisher : Department of Informatics,Faculty of Industrial Technology,Islamic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Algoritma semut merupakan salah satu dari sejumlah algoritma yang dapat diterapkan pada permasalahan optimisasi kombinatorial. Algoritma ini mengadopsi perilaku semut alamiah yang telah banyak diimplementasikan salah satunya pada penjadwalan produksi jobshop.Penelitian ini memfokuskan pada implementasi penjadwalan produksi jobshop mesin dengan pendekatan algoritma semut, untuk menemukan fungsi tujuan, yaitu minimum makespan time dari seluruh kombinasi job-operasi yang didefinisikan.Pada tulisan ini akan dipaparkan teknik pendekatan algoritma semut  pada penjadwalan produksi jobshop yang kemudian diimplementasikan menjadi perangkat lunak yang akan diujikan dengan 5 job dan 5 mesin.

Page 1 of 1 | Total Record : 8