cover
Contact Name
M. Rudi Irwansyah
Contact Email
rudi.irwansyah@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.ekuitas@undiksha.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi
ISSN : 23546107     EISSN : 25492292     DOI : -
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2013)" : 10 Documents clear
Model Pendidikan "PATRIOT" Untuk MEnumbuhkan Budaya Kewirausahaan di PErguruan tinggi Suharsono, Naswan
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.659 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v1i1.9022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan suatu alternatif model Pendidikan Kewirausahaan secara terpadu dari teori ke aplikasi. Keterpaduan dimulai dari penguasaan pengetahuan teoritik, mempraktikkan di lapangan, dan mengkaji secara ilmiah fenomena tumbuhkembangnya budaya kewirausahaan itu di kelangan mahasiswa. Rekayasa model itu dilakukan dengan menyusunan prototipa perangkat pembelajaran berdasarkan model teoritik PATRIOT, kemudian menawarkannya kepada mahasiswa melalui bidang pendidikan, pengabdian, dan penelitian secara bertahap. Adapun kompetensi sasaran akhir yang ingin dicapai adalah terbentuknya kemampuan melakukan tindakan usaha (TUsaha) sesuai bidang keilmuan dan minat mahasiswa. Perangkat pembelajaran yang diperkukan sebagai pendukung terdiri dari bahan ajar kewirausahaan (BA-KWU), standar operasional praktek kerja lapangan (SO-PKL), standar operasional kuliah kerja lapangan (SO-KKL), dan standar operasional penelitian karya akhir (SO-PKA) yang diformat dalam satu Buku Panduan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (P3-BKPT). Keempat komponen itu merupakan instrumental input yang harus diuji-empirik ke mahasiswa, dosen, dan praktisi untuk mendapatkan data sinergi kinerja antar komponen dan pola manajemennya.
Pengembangan Skenario Problem Based Learning (PBL) dalam Mata Pelajaran Ekonomi SMA Hidayati, Syafaátul
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.161 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v1i1.12759

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan umum yaitu mengembangkan skenario Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Design Based Research (DBR) dan secara rinci tujuan penelitian dan pengembangan ini, sebagai berikut: (1) mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran ekonomi selama ini; (2) merumuskan skenario pembelajaran dengan berkolaborasi bersama tim ahli; (3) menyusun desain dan pengembangan prototipe skenario Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran ekonomi, sehingga dapat mewadahi empat tujuan dari mata pelajaran ekonomi; (4) melakukan uji coba skenario Problem Based Learning (PBL), sehingga dapat mewadahi empat tujuan dari mata pelajaran ekonomi; dan (5) mengkomunikasikan hasil uji coba skenario Problem Based Learning (PBL) kepada guru dan siswa. Secara umum penerapan penelitian berbasis desain menggunakan metode yang sistematis namun fleksibel yang bertujuan untuk meningkatkan praktik-praktik pendidikan melalui analisis iterative, desain, pengembangan dan implementasi, berdasarkan kolaborasi antara peneliti dan praktisi secara nyata tanpa adanya rekayasa. Kata kunci : Skenario Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL).
Implementasi Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Mata Kuliah Dasar-Dasar Akuntansi dada Mahasiswa Program S1 KKT Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha Tahun 2012 Meitriana, Made Ary; Indrayani, Luh
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.406 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v1i1.12764

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, 2) meningkatkan hasil belajar siswa, dan 3) mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ARIAS pada mahasiswa Program S1 KKT Jurusan Pendidikan Ekonomi tahun 2012 yang berjumlah 25 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan aktivitas belajar, 2) Penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa, 3) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ARIAS berada pada kategori respon sangat  positif Kata kunci: model pembelajaran ARIAS, aktivitas belajar, hasil belajar, dan respon mahasiswa
Pemanfaatan Internet Hotspot Dikalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Tahun 2013 Irwansyah, M Rudi
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.574 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v1i1.12760

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan internet hotspot di area Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) oleh mahasiswa pada tahun 2013. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FEB yang berjumlah 2066, dan dipilih sampel sebanyak 355. Pengambilan sampel dilakukan secara proporsional pada semua jurusan di FEB. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, pemanfaatan internet secara umum digunakan untuk mengakses fasilitas search engine karena merupakan cara yang mudah bagi pengguna untuk dapat memperoleh informasi dari internet. Sumber informasi yang paling banyak dicari mahasiswa adalah sumber informasi pendidikan yang menunjang perkuliahan. Alasan pendorong penggunaan internet hotspot oleh mahasiswa adalah penggunaan internet yang tidak dikenakan biaya. Sedangkan faktor penghambat penggunaan internet adalah seringnya terjadi masalah saat mahasiswa akan mengakses internet hotspot. Kata kunci : internet, hotspot, fakultas ekonomi dan bisnis
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menjadi Nasabah Bank Syariah Wirapradnyana, Gede Adi
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.571 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v1i1.12765

Abstract

Akhir-akhir ini ketatnya persaingan di dunia bisnis jasa perbankan antara bank konvensional dan bank syariah menuntut bank harus benar-benar mengetahui strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan dalam menarik konsumen. Bank syariahmerupakan industri jasa yang relatif baru, oleh karena itu dalam rangka meningkatkan kinerja operasionalnya, perbankan syariah berusaha untuk melayani kebutuhan masyarakat secara menyeluruhdengan menerapkan Syariah Islam di setiap aktivitas perbankannya. Bank syariah harus memperhatikan perilaku nasabahnya yang mencerminkan seseorang melakukan pembelian jasa, memilih dan membeli produk, baik yang menyimpan maupun yang meminjam, sehingga dapat meningkatkan efektifitas kinerja bank. Berdasarkan hal di atas maka pertimbangan yang dapat dijadikan pedoman dalam menentukan keputusan konsumen menggunakan jasa adalah kualitas pelayanan, untuk mengukur kualitas pelayanan sebagai dasar pengukuran konsumen dalam menggunakan jasa yaitu bukti fisik, empati, keandalan, ketanggapan dan jaminan serta hal-hal yang penting dalam penentuan keputusan konsumen memilih jasa perbankan. Kata Kunci :keputusan konsumen menjadi nasabah
Penerapan Metode Problem Solving dalam Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Yulia, Yulia; Wijaya, Purba Andy
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.218 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v1i1.12761

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas penerapan metode problem solving dalam kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasi belajae siswa pada mata pelajaran ekonomi. Desain penelitian ini adalah         penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.4 SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru pada Tahun Ajaran 2010/2011. Berdasarkan hasi peneitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode problem solving dalam kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode STAD,Problem solving
Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga Terhadap Perilaku Konsumsi Dimediasi Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2011 Narmaditya, Bagus Shandy
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.063 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v1i1.12757

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan quantitative. Penelitian ini termasuk dalam kausal asosiatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang angkatan 2011. Sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan pengujian. Saat menganalisis data menggunakan media analisis. Hasilnya menunjukkan bahwa; (1) pendidikan ekonomi keluarga mempengaruhi secara signifikan dan positif terhadap perilaku konsumsi (2) pendidikan ekonomi keluraga mempengaruhi secara positif dan signifikan literasi ekonomi (3) lterasi ekonomi mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi (4) pendidikan ekonomi keluarga mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap gaya hidup (5) gaya hidup mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi (6) efek tidak langsung dari pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumsi melalui perilaku ekonomi (7) efek tidak langsung dari pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumsi melalui gaya hidup. Kata kunci: gaya hidup, perilaku konsumsi, perilaku ekonomi, pendidikan ekonomi keluarga
Pengaruh Pelatihan, Sikap, Intensi, dan Modal Terhadap Perilaku Berwirausaha pada Peserta Program Mahasiswa Wirausaha Sari, Ni Made Anintia Trisna
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.388 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v1i1.12762

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui(1)pengaruh pelatihan pengusaha terhadap perilaku kewirausahaan melalui sikap pengusaha, (2) pengaruh pelatihan pengusaha terhadap perilaku kewirausahaan melalui sikap pengusaha dan niat kewirausahaan, dan (3)modal sebagai variabel moderator yang memperkuat pengaruh pelatihan wirausaha, sikap pengusaha, dan kewirausahaan niat terhadap perilaku kewirausahaan. Jenis subjek ini adalah ex-post facto penelitian. Penentuan sampel penelitian ini dihitung dengan menggunakan teknik Slovin. Berdasarkan hasil perhitungan yang didapatkan 41 orang sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner. Kemudian, data dianalisis dengan analisis jalur dan analisis regresi moderat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelatihan pengusaha memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kewirausahaan melalui sikap pengusaha, (2) pelatihan pengusaha memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kewirausahaan melalui sikap pengusaha dan niat kewirausahaan, dan (3) modal tidak variabel moderator yang memperkuat pengaruh pelatihan wirausaha, sikap pengusaha, dan niat kewirausahaan terhadap perilaku kewirausahaan Kata Kunci: modal, niat kewirausahaan, pelatihanwirausaha, perilakukewirausahaan, sikap pengusaha
Keefektifan Penerapan Metode Simulasi Dalam Pembelajaran Ekonomi (Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM Tahun Ajaran 2012-2013) Istiqomah, Ni'matul
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.784 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v1i1.12758

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran simulasi dengan metode penelitian eksperimen untuk menguji efektifitas metode simulasi dan sebagai pembanding digunakan kelas kontrol metode mind mapping dan inquiry. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif yaitu untuk mengetahui interaksi antara metode, economic literacy dan gaya belajar serta menggunakan statistik analisis varian dengan variabel moderator economic literacy  dan gaya belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dimana siswa yang belajar dengan menggunakan metode simulasi memiliki rata-rata hasil belajar lebih tinggi dengan gain score sebesar 25.581. Selain itu, hasil Tests of Between-Subjects Effects 0,033 < 0,05 menunjukkan terdapat interaksi antara metode, economic literacy dan gaya belajar siswa. Kata Kunci: economic literacy, gaya belajar, hasil belajar, inquiry, mind mapping.
Efektivitas Implementasi Regrouping Sekolah Dasar di SD No. 2 Banjar Tegal Kecamatan Buleleng Indrayani, Luh
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.418 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v1i1.12763

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) manajemen sekolah, (2) iklim sekolah, (3) kualitas pembelajaran, dan (4) kendala-kendala yang dialami kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan kegiatan sekolah setelah regrouping di SD No. 2 Banjar Tegal Kecamatan Buleleng. Hasil penelitian yang ditemukan adalah: (1) manajemen sekolah secara umum berjalan efektif. Efektivitas juga terjadi pada manajemen pembelajaran, manajemen kesiswaan, manajemen kepegawaian, manajemen sarana/prasarana, manajemen keuangan, manajemen humas, dan manajemen layanan khusus, (2) setelah terjadi regrouping sekolah menunjukkan iklim sekolah yang baik, meliputi lingkungan yang kondusif dan fasilitas belajar yang menyenangkan, (3) kualitas pembelajaran menunjukkan kategori baik, hal ini dapat dilihat dari apersepsi, eksplorasi, konsolidasi pembelajaran, pembentukan kompetensi, sikap dan perilaku, penilaian formatif, dan kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran yang terdiri dari rencana pembelajaran dan proses pembelajaran, dan (4) setelah terjadi regrouping kepala sekolah dan guru-guru tidak mengalami kendala yang berarti. Kata-kata Kunci: Efektivitas, Implementasi, Regrouping, Sekolah Dasar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10