cover
Contact Name
M. Rudi Irwansyah
Contact Email
rudi.irwansyah@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.ekuitas@undiksha.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi
ISSN : 23546107     EISSN : 25492292     DOI : -
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2014)" : 8 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IS SMA N 1 Singaraja Kabupaten Buleleng Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/ 2014 Saputra, Agus Dita
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.983 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v2i1.12774

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2013/ 2014. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam pola siklus. Artinya siklus selanjutnya akan ditentukan berdasarkan siklus sebelumnya, sampai diperoleh hasil yang diharapkan. Penelitian ini direncanakan akan dilaksanakan dalam beberapa siklus, tiap siklus akan dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Pertemuan pertama, kedua, dan ke tiga untuk pembahasan materi, sedangkan pertemuan ke empat untuk pemberian tes evaluasi dan refleksi.Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT)  dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA N 1 Singaraja pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar ekonomi yaitu Pada siklus I ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 33,33% dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,22, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa sudah mencapai 91,70% rata-rata hasil belajar siswa sebesar 90,22. Dari siklus I hingga siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 58,37%. Kata kunci: Kooperatif, Numbered Head Together (NHT)
Analisis Kualitas Pelayanan yang Diberikan oleh Pegawai Administrasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Ditinjau dari KEPMENPPAN No.63 Tahun 2003 Dharmayasa, I Putu Arya; Tripalupi, Lulup Endah
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.219 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v2i1.12770

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harapan dan perasaan mahasiswa di lingkungan FEB Undiksha berkaitan dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pegawai administrasi, serta untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh pegawai administrasi di lingkungan FEB Undiksha. Penelitian ini dilaksanakan di FEB Undiksha dengan jumlah responden sebanyak 110 orang. Data yang dikumpulkan dengan metode kuesioner, dianalisis dengan menggunakan rumus Servqual yaitu membandingkan setiap dimensi dan secara total yaitu persepsi pelanggan (perceived service) dengan pelayanan yang diharapkan pelanggan (expected service).Hasil penelitian menunjukkan bahwa harapan mahasiswa baik secara total maupun perdimensi berada dalam kategori penting, sedangkan perasaan mahasiswa baik secara total maupun perdimensi berada dalam kategori cukup baik. Kualitas pelayanan secara total berada dalam kategori baik dengan skor 0,70, sedangkan kalau dilihat perdimensi, dimensi kesederhanaan memiliki skor sebesar 0,69 (kategori baik), dimensi kejelasan dan keterbukaan memiliki skor sebesar 0,69 (kategori baik), dimensi ketepatan waktu memiliki skor sebesar 0,62 (kategori cukup baik), dimensi akurasi  memiliki skor sebesar 0,67 (kategori baik), dimensi keamanan  memiliki skor sebesar 0,71 (kategori baik), dimensi efisien  memiliki skor sebesar 0,71 (kategori baik), dimensi efektif  memiliki skor sebesar 0,76 (kategori baik), dimensi ekonomis  memiliki skor sebesar 0,72 (kategori baik), dan dimensi keadilan  memiliki skor sebesar 0,73 (kategori baik). Walaupun kualitas layanan yang dilihat perdimensi dan secara total berada dalam kategori baik, tetapi masih adanya gap/kesenjangan antara harapan dengan apa yang dirasakan oleh mahasiswa. Hal ini mengindikasikan bahwa pelayanan yang diberikan pegawai administrasi FEB Undiksha belum sepenuhnya memenuhi harapan mahasiswa. Oleh karena itu masih diperlukan untuk melakukan beberapa perbaikan-perbaikan terkait dengan layanan administrasi yang diterima oleh mahasiswa. Kata kunci: administrasi, kualitas pelayanan
Pengaruh Masa Kerja dan Beban Mengajar Terhadap Kinerja Profesional Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Islam Riau Rafsanjani, Mohamad Arief
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.599 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v2i1.12780

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variable masa kerja dan beban mengajar terhadap kinerja professional dosen di program studi pendidikan ekonomi FKIP UIR. Penelitian ini dilakukan pada 27 dosen tetap dan dosen luar biasa. metode analisa data yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variable masa kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja professional dosen, sedangkan untuk variable beban mengajar berpengaruh negative signifikan terhadap kinerja professional dosen Kata kunci: masa kerja, beban mengajar, kinerja professional
Konsep Pembiayaan dalam Menunjang Dunia Pendidikan Suwena, Kadek Rai
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.039 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v2i1.12766

Abstract

Administrasi anggaran biaya sekolah pendidikan merupakan seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja dan bersungguh-sunggguh, serta pembinaan secara kontinyu terhadap biaya operasional sekolah/ pendidikan, sehingga kegiatan operasional pendidikan semakin efektif dan efisien, demi membantu tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Secara garis besar kegiatannya meliputi pengumpulan/ penerimaan dana yang sah (dana rutin, SPP, sumbangan BP3, donasi dan usaha-usaha halal lainnya), penggunaan dana dan pertanggungjawaban dana kepada pihak-pihak terkait yang berwenang. Dalam upaya penggunaan dana dan pertanggungjawabannya diperlukan adanya strategi yang tepat. Seperti yang kita ketahui, strategi itu sendiri dipenggaruhi oleh misi organisasi atau lembaga (sekolah) dan lingkungannya. Dalam menentukan strategi diperlukan analisis masa lalu dan lingkungan ekstrem yang mencakup kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities) dan ancaman (threats) berkaitan dengan implementasi dari pembiayaan yang akan dilaksanakan. Implementasi pembiayaan dalam dunia pendidikan dapat dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah dan yang berujung pada lingkungan masyarakat (pemerintah). Maka sosialisasi gencar untuk meyakinkan pemerintah agar mengalokasikan anggaran sektor pendidikan dalam jumlah yang cukup harus terus dilakukan. Tanpa usaha seperti itu, nasib sektor pendidikan saat otonomi daerah dilaksanakan hanya asal terlaksana saja. Kata Kunci: pembiayaan, pendidikan
Optimalisasi Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terstruktur untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 2 Busungbiu Jaya, Putu Agus Eka Sedana
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.652 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v2i1.12776

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan penggunaan LKS terstruktur dalam pembelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-3 semester ganjil SMA Negeri 2 Busungbiu Tahun Pelajaran 2012/2013. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar ekonomi. Data aktivitas diperoleh dengan melakukan observasi. Data hasil belajar diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa. Selanjutnya data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) aktivitas belajar siswa meningkat dari skor rata-rata 66,70 dengan kategori cukup pada siklus I menjadi skor rata-rata 83,18 dengan kategori baik pada siklus II, (2) hasil belajar siswa meningkat dari skor rata-rata 62,14 pada siklus I menjadi skor rata-rata 66,36 dan ketuntasan belajar klasikalnya meningkat dari 68 % pada siklus I menjadi 79 % pada siklus II. Dengan demikian, optimalisasi penggunaan LKS terstruktur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata-kata kunci : LKS terstruktur, aktivitas, hasil belajar
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Career Plateau (Kemandegan Karir) Guru Pada SMPN 1 Denpasar Putra, I Nyoman Bagus Tri Permana; Tripalupi, Lulup Endah
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.253 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v2i1.12767

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi career plateau (kemandegan karir) guru pada SMPN 1 Denpasar, dan faktor yang paling dominan mempengaruhi career plateau (kemandegan karir) guru pada SMPN 1 Denpasar. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Denpasar dengan jumlah responden sebanyak 38 orang. Data yang dikumpulkan dengan metode kuesioner, dianalisis dengan analisis faktor melalui Statistical Program Social Scence (SPSS) 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat delapan faktor yang mempengaruhi career plateau kemandegan karir guru pada SMPN 1 Denpasar, yaitu faktor usia, faktor lama bekerja, faktor tingkat pendidikan, faktor keinginan belajar, faktor eksplorasi karir, faktor keterlibatan bekerja, faktor dukungan atasan dan faktor gaji atau upah. Faktor usia, faktor lama bekerja, dan faktor tingkat pendidikan menjadi faktor yang dominan yang memiliki variance explained tertinggi yaitu masing-masing sebesar 31,205%, 17,818% dan 13,709%, artinya total nilai varianced explained dari ketiga faktor keseluruhan mampu mempengaruhi career plateau (kemandegan karir) guru pada SMPN 1 Denpasar sebesar 62.732%. Kata kunci: kemandegan karir guru
Studi Komparatif Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS antara Moving Class dengan Kelas Menetap di SMP N 1 Kerambitan dan SMP N 2 Tabanan Tahun Pelajaran 2013/2014 Arysandhi, Komang Nova; Meitriana, Made Ary
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.179 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v2i1.12772

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan penataan lingkungan belajar moving class, (2) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan penataan lingkungan belajar kelas menetap, dan (3) perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS antara siswa yang menggunakan penataan lingkungan belajar  moving class dengan penataan lingkungan belajar kelas menetap di SMP N 1 Kerambitan dan SMP N 2 Tabanan tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Independent-Sample t-test yang diolah dengan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan penataan lingkungan belajar moving class sebesar 78,99 tergolong kategori tinggi, (2) rata-rata motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan penataan lingkungan belajar kelas menetap sebesar 63,38 tergolong cukup tinggi, dan (3) ada perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS antara siswa yang menggunakan penataan lingkungan belajar moving class dengan penataan lingkungan belajar kelas menetap di SMP N 1 Kerambitan dan SMP N 2 Tabanan tahun ajaran 2013/2014, dengan perolehan thitung > ttabel (27,527>1,967).  Kata kunci : kelas menetap, motivasi belajar siswa, moving class.
Pengaruh Metode Presentasi Diskusi dengan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teori Akuntansi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi di FKIP Universitas Islam Riau Wijaya, Purba Andy
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.962 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v2i1.12778

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode presentasi diskusi yang menggunakan media powerpoint terhadap hasil belajar, Rancangan penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen, kelas kontrol melaksanakan metode presentasi dengan menggunakan media makalah dan kelas eksperimen melaksanakan metode presentasi diskusi dengan menggunakan media powerpoint. Kelas penelitian tidak menggunakan kelas yang suda ada, melainkan dibentuk kelas sendiri. Masing-masing kelas penelitian berjumlah 40 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan uji T. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode presentasi diskusi yang menggunakan media powerpoint terhadap hasil belajar mata kuliah Teori Akuntansi. Kata kunci : metode presentasi diskusi, media powerpoint, hasil belajar teori akuntansi

Page 1 of 1 | Total Record : 8