cover
Contact Name
M. Rudi Irwansyah
Contact Email
rudi.irwansyah@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.ekuitas@undiksha.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi
ISSN : 23546107     EISSN : 25492292     DOI : -
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2018)" : 5 Documents clear
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN KREDIT MACET PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA (LPD) DI KECAMATAN X Irwansyah, M. Rudi; Dharmayasa, I Putu Arya
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.808 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v6i1.14240

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskriptif mengenai kredit macet, faktor-faktor yang menyebabkan kredit macet, dan faktor yang paling dominan menyebabkan kredit macet pada LPD di Kecamatan X. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan jenis atau bentuk penelitian verifikasi dengan metode survei. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan faktor.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kredit macet pada LPD di Kecamatan X mengalami kenaikan dari Tahun 2014 sampai tahun 2016 dengan rata-rata kenaikan 488,27% pada tahun 2008 dan 19,80% pada tahun 2016, (2) Faktor-faktor yang menyebabkan kredit macet pada LPD di Kecamatan X adalah faktor Intern yang terdiri dari kelemahan administrasi dan kelemahan kualitas sumber daya manusia serta faktor ekstern yaitu faktor debitur, (3) Faktor yang paling dominan menyebabkan kredit macet adalah kelemahan dalam dokumentasi kredit merupakan faktor intern yang paling dominan menyebabkan kredit macet dan kecerobohan debitur merupakan faktor ekstern yang paling dominan menyebabkan kredit macet pada LPD di Kecamatan X
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KEDIRI Astiti, Ni Nyoman Sari; Lasmawan, I Wayan; Haris, Iyus Akhmad
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.257 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v6i1.14241

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran contextual teaching and learning dan quantum teaching pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kediri secara terpish maupun simultan. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan kuesioner dan tes hasil belajar IPS dan dianalisis dengan anava dengan uji F dan manova dengan uji F- Wilks' Lambda. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan motivasi berprestasi siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Quantum Teaching dengan Fhitung = 52,613 (p = 0,000 < 0,05), (2) ada perbedaan hasil belajar IPS siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Quantum Teaching dengan Fhitung = 30,384 (p = 0,000 < 0,05), dan (3) terdapat perbedaan motivasi berprestasi dan hasil belajar IPS siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Quantum Teaching dengan F- Wilks' Lambda= 48,307 (p = 0,000 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Quantum Teaching berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kediri.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 5 TABANAN Andayani, Ni Putu Oka Dian; Sriartha, I Putu; Haris, Iyus Akhmad
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.278 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v6i1.14242

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan : (1) keterampilan sosial antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Tabanan; (2) kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Tabanan; dan (3) keterampilan sosial dan kemampuan pemecahan masalah secara simultan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Tabanan. Rancangan penelitian menggunakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3 kelas  dan  69 orang siswa. Sampel penelitian adalah 2 kelas berjumlah 46 siswa, 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol dan dipilih secara acak setelah dilakukan uji kesetaraan kelas.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan keterampilan sosial siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dan konvensional pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Tabanan dengan Fhitung = 93,639(p = 0,000 < 0,05), (2) ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalahdan konvensional pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Tabanan dengan Fhitung = 58,582 (p = 0,000 < 0,05), dan (3) terdapat perbedaan keterampilan sosial dan kemampuan pemecahan masalah siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dan konvensional pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Tabanan dengan F-Wilks' Lambda= 75,388 (p = 0,000 < 0,05).
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 1 PENEBEL Evariani, Ni Gusti Ayu Ni Gusti Ayu Made Sri; Kertih, I Wayan; Haris, Iyus Akhmad
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.241 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v6i1.14243

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) terhadap prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Penebel.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Penebel tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 249 orang yang tersebar di delapan kelas. Dengan ramdom sampling,  kelas IXB terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas IXA sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing sampel 32 dan 30 orang. Data dikumpulkan dengan tes essay untuk keterampilan berpikir kritis dan tes pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar siswa. Data dianalisis dengan anava dan manova satu jalur dengan uji F.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model STM dan pembelaaran konvensional dengan Fhitung = 84,437 (p = 0,000 < 0,05), (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model STM  dan konvensional dengan Fhitung = 50,209 (p = 0,000 < 0,05), (3) terdapat perbedaan prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis antara yang mengikuti pembelajaran dengan model STM dan konvensional dengan F-Wilks' Lambda= 43,569 (p = 0,000 < 0,05).  Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STM dan model pembelajaran konvensional berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Penebel baik secara terpisah maupun simultan. Untuk itu model pembelajaran STM dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPS di SMP
THE ROLE OF ATTITUDE IN MEDIATING THE EFFECT OF IMPLEMENTATION OF LOCAL FRUIT PROTECTION LAW ON CONSUMER PURCHASE DECISION IN BALI Seminari, Ni Ketut; Ardani, I Gusti Agung Ketut Sri
Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.026 KB) | DOI: 10.23887/ekuitas.v6i1.14239

Abstract

Buah telah menjadi kebutuhan setiap rumah tangga, bahkan di Bali terutama kebutuhan buah yang sangat tinggi.Kebutuhan ini memberikan peluang bagi buah impor yang merajalela di pasar.Hal ini mengakibatkan buah lokal semakin tersingkir.Padahal buah lokal yang diproduksi di Indonesia sangat beragam.Ini mendorong pemerintah daerah untuk mengeluarkan peraturan No. 3 tahun 2013 tentang perlindungan buah lokal.Adanya peraturan ini ingin mempengaruhi sikap masyarakat sebagai konsumen buah lokal.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan Perda terhadap sikap pada keputusan pembelian, pengaruh peraturan lokal terhadap keputusan pembelian, pengaruh sikap terhadap keputusan pembelian, dan peran sikap dalam memediasi implementasi peraturan lokal tentang keputusan pembelian lokal di Bali.Pengumpulan data dilakukan dengan purposive sampling, menggunakan kuesioner.Jumlah responden adalah 105 orang.Data dianalisis menggunakan jalur dan alat analisis uji.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan legislasi perlindungan buah lokal memiliki dampak yang signifikan dan positif terhadap sikap konsumen.Implementasi peraturan buah lokal memiliki dampak yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian.Sikap memiliki dampak yang signifikan dan positif pada keputusan pembelian konsumen.Serta peran sikap secara signifikan menengahi pelaksanaan undang-undang perlindungan buah lokal pada keputusan pembelian konsumen.Sebagai saran penelitian, pemerintah dan seluruh masyarakat diharapkan bekerja sama untuk memahami isi peraturan lokal dan membudidayakan buah lokal.

Page 1 of 1 | Total Record : 5