cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 14124521     EISSN : 26850885     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya" : 7 Documents clear
Analisis Service Recovery Layanan Indihome Triple Play Kota Bandung Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) Faishal Pambudi; Erni Martini
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.909 KB) | DOI: 10.29259/jmbs.v15i2.5699

Abstract

Tujuan penelitian Layanan IndiHome Triple Play oleh PT Telkom diluncurkan tahun 2015. Sejak kemunculannya, permasalahan kegagalan dalam memberikan pelayanan untuk konsumen (service failure) menjadi masalah yang dhadapi perusahaan. Sampai 2017, terdapat ribuan keluhan yang disampaikan melalui call center yang belum teratasi. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis pemulihan layanan (service recovery) yang dilakukan PT Telkom terkait penyelesaian keluhan pelanggan IndiHome Triple Play.Desain/Metodologi/Pendekatan – Penelitian ini dilakukan di Kota Bandung yang memiliki jumlah terbesar pengguna layanan Indihome dan juga keluhan terbanyak periode 2016 - 2017. Populasi penelitian ini adalah pengguna Indihome Triple Play yang pernah mengadukan masalah layanan yang dihadapi ke layanan call center 147 dan atau Grapari. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 388 responden, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA).Temuan – Berdasarkan hasil CSI, konsumen Indihome Triple Play merasa cukup puas dengan layanan yang diberikan. Sedangkan berdasarkan IPA, PT Telkom perlu memperbaiki 5 item layanan mereka yaitu memberikan solusi permasalahan yang dirasakan konsumen, perlunya penjelasan dari PT Telkom atas masalah yang timbul, perlunya tindak lanjut dari keluhan yang disampaikan, kurangnya upaya perwakilan perusahaan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi konsumen, dan tidak adanya informasi penyelesaian masalah yang telah dilakukan PT Telkom.Keterbatasan penelitian – Penelitian ini dilakukan di Kota Bandung, penelitian selanjutnya dapat membandingkan dengan hasil di kota lainnya di Indonesia. Penelitian selanjutnya juga dapat menggunakan metode analisis korelasi untuk meneliti pengaruh service recovery terhadap kepuasan pelanggan..Originality/value – Artikel ini meneliti kepuasan pelanggan berdasarkan pada pemulihan layanan yang dilakukan perusahaan yaitu dimensi Distributive Justice, Procedural Justice, dan Interactional Justice yang kajiannya masih dapat berkembang lagi di industri lainnya selain telekomunikasi.
Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Terminal Penumpang Kapal Cepat Terhadap Kepuasan Konsumen Paisal .; Afrizawaty .
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.149 KB) | DOI: 10.29259/jmbs.v15i2.5695

Abstract

Tujuan penelitian – Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan jasa terminal penumpang terhadap kepuasan konsumen pada PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Palembang.Desain/Metodologi/Pendekatan– Objek yang diteliti adalah penumpang yang menggunakan jasa transportasi jalur air pada PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah 90 sampel dan menggunakan teknik sampling insidental. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik analisa data secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS for Windows versi 22.Temuan– Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien determinasi sebesar 0,682 atau 68,2 atau 68,2% kepuasan pelanggan disumbangkan oleh dimensi kualitas jasa. Selanjutnya, dimensi yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen adalah dimensi empati dengan persentase 71,2%.Keterbatasan penelitian– Dalam penelitian ini, penulis menyarankan kepada perusahaan harus mempertahankan aspek yang dinilai baik dan melakukan pendekatan langsung kepada penumpang. Hal ini bertu juan agar karyawan dapat mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen dan kepuasan konsumen dapat tercapai.Originality/value–. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dimensi pelayanan terhadap kepuasan dan betapa pentingnya pelayanan jasa pelabuhan kapal cepat terhadap penumpangnya.
Tema Humor Pada Iklan Serta Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Pesan Iklan dan Buying Readiness Stages Dessy Yunita; Eko Fitrianto; Nofiawaty .
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29259/jmbs.v15i2.5700

Abstract

Tujuan penelitian – Penelitian ini bertujuan untuk menguji pemilihan tema iklan humor serta pengaruhnya terhadap tahap proses pembelian.Desain/Metodologi/Pendekatan – Penelitian ini menggunakan desain konklusif dengan single cross sectional. Jumlah sample sebanyak 200 responden merupakan orang yang pernah menonton iklan yang menjadi objek penelitian ini. Tema iklan, sikap, pemahaman serta buyer readiness stages digunakan untuk membahas hasil penelitian.Temuan – Tema humor mampu mempengaruhi sikap dan perilaku, sementara sikap dan perilaku tersebut mampu mempengaruhi pemahaman terhadap pesan iklan serta buyer readiness stages. Namun, pemahaman terhadap pesan iklan tidak mampu mempengaruhi buyer readiness stages.Keterbatasan penelitian – Tema humor menjadi fokus pada penelitian ini, dimana terdapat beberapa tema iklan lain yang dapat digunakan, seperti tema keluarga, olahraga, dan lain lain. Penelitian lanjutan dapat dilakukan pada tema lain dan penggunaan media selain media televisi.Originality/value – Penelitian ini mencoba menjelaskan secara komprehensif mengenai hubungan penggunaan tema iklan, pemahaman pemirsa terhadap iklan dan pengaruhnya terhadap buyer readiness stages.
Karakteristik Biografis dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Individual yang dimediasi oleh Kepuasan Kerja Wita Farla; Kosasih Zen; Yuliansyah Diah
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.134 KB) | DOI: 10.29259/jmbs.v15i2.5696

Abstract

Tujuan Penelitian – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari karakteristik biografis terhadap kepuasan kerja dan kinerja individual serta apakah kepuasan kerja mampu menjadi variabel mediasi antara karakteristik biografis dengan kinerja individual.Desain/Metodologi/Pendekatan – Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dan data yang digunakan adalah data kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 220 orang. Data dianalisis menggunakan analisis jalur.Temuan – 1) Tidak ada pengaruh karakteristik biografis terhadap kinerja individual, 2) Ada pengaruh karakteristik biografis dan kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja individual, dan 3) Kepuasan kerja mampu menjadi variabel mediasi (intervening) antara karakteristik biografis dan kinerja individual dosen.Keterbatasan Penelitian – Untuk penelitian selanjutnya dapat ditambahkan variabel lainnya seperti karakteristik pekerjaan dan karakteristik organisasi.
Pengaruh Firm Size dan Market to Book Ratio terhadap Return Portofolio Dormauli Justina
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29259/jmbs.v15i2.5701

Abstract

Tujuan penelitian – To examine effect of firm size and market to book ratio on portfolio return.Desain/Metodologi/Pendekatan – Research sample consists of manufacture firm stock listed in Indonesian Stock Exchange 2011-2013. Portfolio return measured by excess return of average 5 highest return and 5 lowest return. Portfolio firm size measured by differences of average return of 5 biggest firm size with 5 smallest firm size. Portfolio book to market ratio measured by differences of average return of 5 highest book to market ratio with 5 lowest book to market ratioTemuan – Based on regression analysis, firm size and book to market ratio have negative effect on portfolio return. The result confirms existence of three factor model in return determination. Investor captures the size effect and financial distress indication of book to market ratio in return estimation and stock investment decision making.Keterbatasan penelitian – This research only used manufacture firm as sample, so the result could not be generalized to all firm population at Indonesia Stock Exchange. This research also did not separate between active stock and inactive stock which were traded monthly, so it probably there was bias return calculation because of the inactive stock.Originality/value – the high of book to market ratio showed that the firm had bad performance and tend to financial distress or poor prospect.
Analisis DOL, DFL dan DCL Terhadap Profitablitas Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2016 Leonita Putri; Supardi Bakrie; Samadi Bakar
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29259/jmbs.v15i2.5697

Abstract

Tujuan Penelitian –. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh secara simultan DOL (Degree of Operating Leverage), DFL (Degree of Financial Leverage), DCL (Degree of Combined Leverage) memiliki pengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2016.Desain/Metodologi/Pendekatan – Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dan data yang digunakan adalah data kuantitatif. Merupakan perusahaan perbankan yang terdaftar dan sahamnya masih aktif diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Perusahaan tersebut menerbitkan Laporan keuangan bulanan secara lengkap dari 2011 sampai 2016 yang dapat di akses melalui Website Bursa Efek Indonesia dan Website perusahaan yang terkaitTemuan – Dalam penelitian ini, digunakan metode deret waktu yaitu dari tahun 2011-2016. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 21, baik pengujian secara individu DOL dengan profitabilitas dan DFL dengan profitabilitas maupun pengujian bersama DOL dan DFL terhadap profitabilitas didapatkan bahwa DOL dan DCL memiliki pengaruh secara signifikan terhadap perubahan Profitabilitas perusahaan (ROE, ROA, dan EPS), sementara untuk DFL didapatkan hasil DFL tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan profitabilitas perusahaan.Keterbatasan Penelitian – Penelitian ini focus pada objek perbankan yang terdaftar di BEI, perbedaan karakteristik antar perbankan dapat ditindaklanjuti dengan membandingkannya dengan perbankan daerah atau yang belum go-publik.Originality/Value: Penelitian ini bermanfaat bagi perbankan di Indonesia untuk menganalisa, perencaan dan melakukan pengendalian keuangan di perusahaan terhadap kinerja perusahaan.
Pengaruh Corporate Governance Index Terhadap Risk-Taking dan Dinamika Bisnis Perbankan di Indonesia Nilam Kesuma; Efva Gozali; Ahmad Syathiri
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.999 KB) | DOI: 10.29259/jmbs.v15i2.5698

Abstract

Tujuan Penelitian – Penelitian ini mencoba untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance terhadap keputusan manajemen perbankan dalam operasional bank yang mengandung risiko dan dinamika perbankan dalam menyalurkan kredit.Desain/Metodologi/Pendekatan – Variable Corporate Governance diukur menggunakan indicator rapat direksi, gaji dan remunerasi, komite remunerasi, komite nominasi, komite audit dan dewan direksi. Variable risk-taking diukur menggunakan indicator non-performance loan dan z-score. Variable business dynamic diukur menggunakan indicator fee-based income dan loan to deposit ratio. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Partial Least Squares untuk membantu analisis hubungan antara variable dan indikatornya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berdasarkan laporan tahunan 2016.Temuan – Hasil pengujian mendapatkan adanya pengaruh positif dan signifikan tingginya indek GCG terhadap keputusan operasional mengandung risiko dan pengaruh tidak signifikan terhadap dinamika bisnis bank terutama terkait dengan keputusan pemberian kredit dan menentukan penyaluran berbasis bunga ataupun non bunga. Keberadaan komite audit, komite remunerasi, besaran gaji dan remunerasi direksi sangat menentukan arah kebijakan perbankanKeterbatasan Penelitian – Penelitian memfokuskan pada kajian mengenai tata kelola, manajemen risiko, dan dinamika bisnis bank.Originality/Value: - Keterbatasan penelitian ini adalah hanya terbatas pada perbankan konvensional, tahun pengambilan sampel dan masih sedikitnya indicator untuk variable risk-taking dan dinamika bisnis.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 21, No 1 (2023): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 20, No 1 (2022): Vol 20, Nomor 1, Tahun 2022 Vol 20, No 4 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 20, No 3 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 20, No 2 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 19, No 4 (2021): Vol 19, Nomor 4, Tahun 2021 Vol 19, No 3 (2021): Vol 19, Nomor 3, Tahun 2021 Vol 19, No 2 (2021): Vol 19, Nomor 2, Tahun 2021 Vol 19, No 1 (2021): Vol 19, Nomor 1, Tahun 2021 Vol 18, No 4 (2020): Volume 18, Nomor 3, Tahun 2020 Vol 18, No 3 (2020): Volume 18, Nomor 3, Tahun 2020 Vol 18, No 2 (2020): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 18, No 1 (2020): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 17, No 4 (2019): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 17, No 3 (2019): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 17, No 2 (2019): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 17, No 1 (2019): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 16, No 4 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 16, No 3 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 16, No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 16, No 1 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 15, No 4 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 15, No 3 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 15, No 1 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 14, No 4 (2016): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 14, No 3 (2016): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 14, No 2 (2016): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 14, No 1 (2016): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 13, No 4 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 13, No 3 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 13, No 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 12, No 4 (2014): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 12, No 3 (2014): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 12, No 2 (2014): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 12, No 1 (2014): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 11, No 4 (2013): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 11, No 3 (2013): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 11, No 2 (2013): JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 11, No 1 (2013): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 9, No 18 (2011): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 9, No 17 (2011): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 8, No 16 (2010): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 8, No 15 (2010): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 7, No 14 (2009): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 7, No 13 (2009): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya More Issue