cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 14124521     EISSN : 26850885     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 3 (2021): Vol 19, Nomor 3, Tahun 2021" : 5 Documents clear
Mampukah Persepsi Nilai, Resiko dan Kepercayaan Mempengaruhi Minat Beli Makanan Online di Masa Pandemik Covid-19? Aslamia Rosa; Iisnawati Iisnawati; Ahmad Maulana
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 19, No 3 (2021): Vol 19, Nomor 3, Tahun 2021
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29259/jmbs.v19i3.15843

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan secara empirik kemampuan variabel persepsi nilai, persepsi resiko dan kepercayaan dalam mempengaruhi niat beli konsumen terhadap makanan online selama masa pandemic Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kausalitas dimana akan dilihat hubungan sebab akibat diantara persepsi nilai, persepsi resiko dan kepercayaan dalam mempengaruhi minat beli makanan online konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Palembang yang berminat melakukan pembelian produk makanan dari web secara online. Penelitian menggunakan data primer dengan membagikan kuesioner kepada 200 responden yang memenuhi karakteristik responden yang telah ditetapkan. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan purposive sampling. Hasil data menunjukkan bahwa minat konsumen untuk membeli makanan secara online meningkat selama pandemic Covid-19. Persepsi nilai dapat mempengaruhi minat konsumen untuk membeli makanan online selama pandemic Covid-19. Kepercayaan dapat mempengaruhi minat pelanggan untuk membeli makanan secara online selama pandemic Covid-19. Persepsi resiko konsumen juga mempunyai pengaruh terhadap kepercayaan konsumen tetapi kepercayaan tidak dapat mempengaruhi persepsi resiko konsumen. Penelitian ini hanya melingkupi area kota Palembang. Penelitian berikutnya diharapkan dapat menjangkau area yang lebih luas atau kota lain. Faktor lain yang mungkin tidak dimasukkan didalam penelitian dapat dikembangkan berdasarkan teori dan penelitian lain yang relevan. Penelitian ini meneliti fenomena terbaru yang terjadi setelah adanya pandemic Covid-19 yang belum ditulis oleh peneliti sebelumnya.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Mahasiswa di Kota Palembang) rumbiati rumbiati
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 19, No 3 (2021): Vol 19, Nomor 3, Tahun 2021
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29259/jmbs.v19i3.13870

Abstract

 Tujuan penelitian – Penelitian bertujuan untuk melihat factor-faktor yang mempengaruhi keputusan berlanja online. Desain/Metodologi/Pendekatan –Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, sampel pada penelitian ini meliputi mahasiswa yang ada di Kota Palembang. Kuisioner dibagikan kepada 110 mahasiwa dengan menggunakan beberapa kriteria-kriteria tertentu. Proses pengolahan data dilakukan melalui teknik ANOVA (analisis of variance). Temuan –Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan, kepercayaan, gaya hidup mempengaruhi keputusan belanja online. Sedangkan i risiko kemanan tidak mempengaruhi keputusan belanja online. Keterbatasan penelitian – Penelitian ini hanya menggunakan sampel mahasiswa yang ada di Kota Palembang, dan hanya menggunakan empat variable independen. Diharapakn pada peneliti lainnya untuk menggunakan sampel yang lebih banyak dari berbagai kalangan, serta menggunakan lebih banyak variable independen. Originality/value – Penelitian ini menjaskan tentang factor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian online. Dari keempat variable independen didapatkan bahwa variable kemudahan nilainya sangat besar dalam mempengaruhi keputusan pembelian, dengan nilai sebesar 47, 3 persen.
Usulan Strategi Marketing dalam Upaya Meningkatkan Penjualan UMKM (Studi pada Brand Om Brekele Chips) Salmaa Tuffahati Nugraha; Cecep Safa'atul Barkah; Tetty Herawaty; Lina Auliana
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 19, No 3 (2021): Vol 19, Nomor 3, Tahun 2021
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29259/jmbs.v19i3.14634

Abstract

 ABSTRAK Tujuan penelitian – penelitian ini memiliki maksud untuk menganalisis rekomendasi strategi marketing yang sesuai dengan perusahaan, sehingga dapat meningkatkan penjualan secara efektif serta mencapai target yang telah ditetapkan perusahaan. Desain/Metodologi/Pendekatan – Penelitian ini memanfaatkan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian desktiptif kualitatif, ialah metode penelitian yang menggunakan informasi kualitatif serta dijabarkan secara deskriptif. Teknik penghimpunan data yang dipakai terhadap penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Temuan – Hasil analisis yang dilakukan memberikan rekomendasi pada strategi marketing Om Brekele Chips, yaitu melakukan kolaborasi bisnis dengan perusahaan atau influencer yang memiliki kategori produk berbeda serta telah memiliki pasar yang cukup luas. Keterbatasan penelitian – pada penelitian ini, terdapat keterbatasan pada data penjualan makanan ringan yang tidak sesuai dengan kategori pada perhitungan, data yang didapatkan merupakan data yang cakupannya cukup luas dibandingkan dengan data penjualan perusahaan. Originality/value – Artikel ini berfokus kepada tahapan-tahapan analisis dalam menentukan strategi marketing yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan selaras dengan sasaran yang diinginkan. Keywords : Meningkatkan penjualan, Strategi Marketing, Kolaborasi Bisnis. 
Studi Pemetaan Sistematis: Strategi Employer Branding dalam Keberlanjutan Organisasi di Era VUCA Salma Annisa
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 19, No 3 (2021): Vol 19, Nomor 3, Tahun 2021
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29259/jmbs.v19i3.15666

Abstract

Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity melanda dunia bisnis. Untuk dapat terus bertahan, setiap organisasi berlomba-lomba dalam mendapatkan talenta terbaik sebagai aset utama organisasi (the war for talent). Hal tersebut membuat tugas organisasi menarik calon talenta potensial menjadi lebih sulit dilakukan sehingga diperlukannya strategi employer branding sebagai keunggulan kompetitif yang dapat organisasi tawarkan. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum hasil pemetaan sistematis kajian employer branding. Penelitian ini merupakan studi sekunder menggunakan metode systematic mapping study (SMS) Berdasarkan hasil pemetaan sistematis, tren publikasi atas kajian employer branding masih sedikit dilakukan. Publikasi employer branding baru dimulai dari 2011 dan memiliki tren tertinggi pada tahun 2021. Negara yang mendominasi publikasi adalah dari Eropa, yaitu Germany. Pendekatan yang paling banyak digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Hal tersebut sesuai dengan fokus terbanyak yang diteliti, yaitu mengenai employer branding identification yang bertujuan untuk mengetahui hubungan sebab akibat dari employer branding dengan berbagai variabel lainnya. Jenis penelitian terbanyak yang diteliti adalah evaluation research dengan fokus terbayak adalah institusi karena mahasiswa tingkat akhir dianggap sebagai calon tenaga kerja potensial bagi setiap organisasi. Hasil penelitian pemetaan sistematis ini memberikan temuan bahwa penelitian mengenai konsep employer branding masih sangat perlu untuk dikembangkan. Penelitian dengan jenis phyloshopical research dan metode grounded theory masih sangat sedikit dilakukan. Dengan pentingnya konsep employer branding bagi keberlanjutan organisasi di masa depan, kajian mengenai employer branding tentu akan lebih banyak dan dikembangkan ke depannya
Internal Brand Management and Its Effects on Employees’ Attitude in an Indonesian Airline Company Muhammad Irfan Syaebani; Siti Rahmah Muthia; Dindha Vitri Primadini
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 19, No 3 (2021): Vol 19, Nomor 3, Tahun 2021
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29259/jmbs.v19i3.15833

Abstract

ABSTRACTResearch Aims – This study investigates the impact of Internal Brand Management (IBM) towards brand commitment, employee job satisfaction, and intention to stay in an airline company in Indonesia.Design/methodology/approach – This study is a quantitative study and the hypotheses are tested from 131 questionnaires from the employees of an airline company and are analysed using Structural Equation Modelling (SEM).Research Result – The result shows that IBM affects positively brand commitment and employee job satisfaction. Job satisfaction impacts positively brand commitment, while both job satisfaction and brand commitment give a positive effect on the intention to stay.Research limitations – The information and research on IBM are limited especially the implementation of IBM in Indonesia. The literature on IBM is also dominated from a marketing point of view rather than human resource management and strategic management point of view.Originality/Value – This study is conducted in an airline company in Indonesia while the previous researches were conducted in financial institutions in South Africa and Saudi Arabia. Even though IBM comes originally from the marketing concept, but it has a significant impact on determining the attitude and behaviour of employees at work.Keywords : Airline, Brand Commitment, Human Resource, Internal Brand Management, Intention To Stay,  Job Satisfaction.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 21, No 1 (2023): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 20, No 1 (2022): Vol 20, Nomor 1, Tahun 2022 Vol 20, No 4 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 20, No 3 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 20, No 2 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 19, No 4 (2021): Vol 19, Nomor 4, Tahun 2021 Vol 19, No 3 (2021): Vol 19, Nomor 3, Tahun 2021 Vol 19, No 2 (2021): Vol 19, Nomor 2, Tahun 2021 Vol 19, No 1 (2021): Vol 19, Nomor 1, Tahun 2021 Vol 18, No 4 (2020): Volume 18, Nomor 3, Tahun 2020 Vol 18, No 3 (2020): Volume 18, Nomor 3, Tahun 2020 Vol 18, No 2 (2020): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 18, No 1 (2020): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 17, No 4 (2019): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 17, No 3 (2019): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 17, No 2 (2019): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 17, No 1 (2019): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 16, No 4 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 16, No 3 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 16, No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 16, No 1 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 15, No 4 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 15, No 3 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 15, No 1 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 14, No 4 (2016): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 14, No 3 (2016): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 14, No 2 (2016): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 14, No 1 (2016): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 13, No 4 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 13, No 3 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 13, No 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 12, No 4 (2014): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 12, No 3 (2014): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 12, No 2 (2014): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 12, No 1 (2014): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 11, No 4 (2013): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 11, No 3 (2013): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 11, No 2 (2013): JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 11, No 1 (2013): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 9, No 18 (2011): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 9, No 17 (2011): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 8, No 16 (2010): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 8, No 15 (2010): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 7, No 14 (2009): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 7, No 13 (2009): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya More Issue