cover
Contact Name
Deni eko saputro
Contact Email
061002218@uii.ac.id
Phone
+62274-881546
Journal Mail Official
editor.jsb@uii.ac.id
Editorial Address
Management Development Centre (MDC) Faculty of Business & Economics, Universitas Islam Indonesia Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Siasat Bisnis
ISSN : 08537666     EISSN : 25287001     DOI : https://doi.org/10.20885/jsb
Core Subject : Science, Social,
Jurnal Siasat Bisnis (JSB) is a peer review journal published twice a year (January and July) by Management Development Centre (MDC)-Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Islam Indonesia. JSB) addresses the broad area of management science and its applications in industry and business. It is particularly receptive to research relevant to the practice of management within the emerging regions and its effects beyond. It covers studies on how management work is done (descriptive) and/or should be done (normative) in diverse organisational forms, either in profit or non-profit firms, private or public sector institutions, or formal or informal social networks. We welcome qualitative studies with high-quality, rigorous methods, and strong impact on the field. Topics covered include, but not strictly limited to: 1. Business and management strategy 2. Marketing management 3. Operations management 4. Computing and technology management 5. Finance and investment management 6. Innovation and knowledge-based management 7. Entrepreneurship 8. Organisational behaviour and people management 9. Corporate social responsibility 10. Islamic business and management
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 18 No. 1 (2014)" : 10 Documents clear
PENGARUH KUALITAS LAYANAN PADA KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN PEMBELANJAAN DARING (KETERLIBATAN PRODUK SEBAGAI PEMODERASI) Cempaka Paramita; Sahid Susilo Nugroho
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 1 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss1.art8

Abstract

 Penelitian ini menguji pengaruh kualitas layanan elektronik, yang terdiri dari dimensi desain situs, reliabilitas, layanan pelanggan, keamanan/privasi, personalisasi, dan kesenangan, pada kepuasan dan loyalitas konsumen dalam pembelanjaan online atau dalam jaringan (daring). Penelitian ini juga menguji peran moderasi dari keterlibatan produk pada hubungan antara dimensidimensi kualitas layanan elektronik dan kepuasan konsumen. Sampel penelitian berdasarkan survei daring dan non-daring terhadap 198 pembeli daring. Pengujian hipotesis menggunakan regresi sederhana, regresi berganda, dan regresi hirarkis. Hasil penelitian menunjukkan dimensi reliabilitas dan keamanan/privasi merupakan dimensi utama penentu kepuasan konsumen, sementara dimensi desain situs, layanan pelanggan, personalisasi, dan kesenangan tidak berpengaruh pada kepuasan konsumen. Penelitian ini menegaskan pengaruh positif kepuasan pada loyalitas konsumen dalam pembelanjaan daring. Kepuasan konsumen memediasi pengaruh positif dimensi reliabilitas dan keamanan/privasi dari kualitas layanan elektronik pada loyalitas konsumen. Namun, keterlibatan produk ternyata tidak memoderasi hubungan dimensi-dimensi kualitas layanan elektronik dan kepuasan konsumen.Kata kunci: kualitas layanan elektronik, kepuasan, loyalitas
PENGARUH TINGKAT KESADARAN MASYARAKAT DALAM PERENCANAAN KEUANGAN KELUARGA TERHADAP KESEJAHTERAAN (Studi pada Warga Komplek BCP, Jatinangor) Fitria Adi Wulandari; Rosemarie Sutjiati
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 1 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss1.art3

Abstract

Penelitian ini menggambarkan perencanaan keuangan yang dilakukan oleh masyarakat di Komplek Bumi Cipacing Permai (BCP). Penelitian ini dimulai dengan survey awal ke beberapa komunitas di Komplek Bumi Cipacing Permai (BCP), yang telah melakukan perencanaan keuangan, tetapi tidak secara rinci dimana mereka hanya mendaftar sumber pendapatan dibandingkan daftar pengeluaran. Masalahnya adalah setiap bulan kadang-kadang ada banyak biaya tak terduga. Oleh karena itu diperlukan manajemen yang baik, agar terbentuk keluarga sejahtera. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner yang disebarkan kepada 230 responden dari warga Komplek BCP, jatinnagor. Data dianalisis dengan menggunakan Validitas dan Reliabilitas, Uji Normalitas dan regresi sederhana. Penelitian ini menguji pengaruh tingkat kesadaran masyarakat terhadap kesejahteraan perencanaan keuangan keluarga. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa variabel-variabel perencanaan keuangan mempengaruhi kesejahteraan.Kata kunci: investas,i perencanaan keuangan , keluarga, dan kesejahteraan
THE IMPACT OF TYPE OF INDUSTRY, COMPANY SIZE AND LEVERAGE ON THE DISCLOSURE OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY Case on Companies listed in Indonesia Stock Exchange 2009-2012 V. Mardi Widyadmono
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 1 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss1.art9

Abstract

Banyak peneliti tertarik pada pembukaan informasi tanggungjawab sosial perusahaan (CSR). Beberapa publikasi internasional membuktikan bahwa disclosure tanggungjawab sosial perusahaan ditentukan oleh tipe industri, ukuran perusahaan, dan leverage. Namun, hanya sedikit riset-riset tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) yang diterapkan pada konteks Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan perspektif pada perusahaan-perusahaan Indonesia yang membuka informasi mengenai tanggungjawab sosial perusahaan mereka. Memahami bagaimana perusahaan-perusahaan Indonesia membuka informasinya mengenai tanggungjawab sosial perusahaan akan membantu pemerintah dalam mengimplementasikan program-program CSR yang sesuai dengan aturan undang-undang. Sebanyak 86 perusahaan yang terdaftar di Indonesia Stock Exchange (IDX) dalam rentang 2009-2012 dipilih melalui teknik sampling purposive. Analisis regresi, uji-F, dan uji-t digunakan untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi perusahaan dalam mendisclosure informasi mengenai tanggungjawab sosial perusahaan mereka. Hasil analisis menunjukkan bahwa tipe industri, ukuran perusahaan, dan leverage memiliki pengaruh pada disclosure tanggungjawab sosial perusahaan. Hasil tersebut juga memberikan pengertian bahwa sebagian besar perusahaan Indonesia yang beroperasi di Indonesia mempersepsikan program-program CSR hanya memiliki manfaat jangka panjang dan sedikit keuntungan/manfaat pada jangka pendek.Kata kunci: tanggungjawab sosial perusahaan, tipe industri, ukuran perusahaan, dan leverage
FAKTOR –FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LEVERAGE PADA PT ASTRA INTERNATIONAL TBK DAN ANAK PERUSAHAANNYA Tita Deitiana; Evanti Anggraini
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 1 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss1.art2

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan, non-debt tax shield, profitabilitas, aset tetap, risiko bisnis, dan likuiditas leverage pada Astra Internasional Holding Company dan anak perusahaannya. Astra Internasional Holding Company adalah perusahaan besar yang mengontrol perusahaan lain dan lebih dari satu (anak perusahaan). Aturannya adalah perusahaan induk dapat mempengaruhi pendapatan, dan dikenal sebagai piramida. Jika lebih tinggi leverage, daripada risiko yang lebih tinggi pada perusahaan. Trade-off antara Risk dan Return yang menjadi paling penting pada holding perusahaan membuat keputusan. Dalam hal ini hubungan dengan pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan, non-utang tax shield, profitabilitas, aset tetap, risiko bisnis dan likuiditas untuk meningkatkan hubungan dengan trade off teori dan teori pecking order. Pengaruh Ukuran perusahaan, pertumbuhan, non-utang tax shield, profitabilitas, aset tetap, risiko bisnis, dan likuiditas leverage digunakan untuk kerangka teoritis maju untuk mengatasi enam uji hipotesis. Data sekunder dari Indonesian Capital Market Directory digunakan untuk menguji hipotesis efek dari ukuran perusahaan, pertumbuhan, non-utang tax shield, profitabilitas, aset tetap, risiko bisnis, dan likuiditas leverage. PT Astra International dan anak yang telah listing di Bursa Efek Indonesia periode 2003-2011 untuk diperiksa. Lima perusahaan memenuhi kriteria dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi dengan model yang berlaku tetap untuk data panel dilakukan untuk menguji hipotesis. Bukti-bukti empiris dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan likuiditas yang mempengaruhi leverage. Pertumbuhan, non-utang tax shield, profitabilitas, aset tetap, dan risiko bisnis tidak mempengaruhi leverage. Secara keseluruhan, ada pengaruh semua variabel independen secara bersamaan untuk leverage. Kata kunci: hutang, ukuran perusahaan, pertumbuhan, non-debt tax shield , profitabilitas, aktiva tetap, risiko bisnis, likuiditas
PENGARUH DUKUNGAN REKAN KERJA PADA KREATIVITAS KARYAWAN DENGAN AUTONOMI KERJA DAN EFIKASI-DIRI KREATIF SEBAGAI PEMODERASI Zainal Abidin Marasabessy; Budi Santoso
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 1 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss1.art4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dukungan rekan kerja pada kreativitas karyawan, pengaruh pemoderasian otonomi kerja dan efikasi diri kreatif pada pengaruh dukungan rekan kerja terhadap kreativitas karyawan. Obyek penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di perusahaan pertelevisian di Yogyakarta dan Bandung. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, didistribusikan ke karyawan yang bekerja pada divisi produksi di perusahaan pertelevisian. 131 kuesioner berhasil dikumpulkan dan dianalisis menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) untuk menguji hipotesis dengan aplikasi SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan rekan kerja berpengaruh positif pada kreativitas karyawan, sedangkan otonomi kerja tidak terbukti memoderasi pengaruh positif dukungan rekan kerja pada kreativitas karyawan dan efikasi diri kreatif pun tidak memoderasi pengaruh positif dukungan rekan kerja pada kreativitas karyawan.Kata Kunci: dukungan rekan kerja, otonomi kerja, efikasi diri kreatif, kreativitas karyawan
PENENTUAN HARGA JUAL STRATEJIK TERHADAP PRODUK DENGAN STRATEGI BIAYA RENDAH DAN DIFERENSIASI1 Diana Zuhroh; Cindy Pratiwi
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 1 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss1.art10

Abstract

Penentuan harga strategis merupakan salah satu strategi bisnis yang berfokus pada harga yang kompetitif yang memberikan manfaat bagi perusahaan yang akan menghadapi pesaing dalam produk yang kompetitif. Perusahaan yang menggunakan harga strategis akan dapat memenangkan persaingan global karena memiliki beberapa keuntungan dalam banyak aspek yang kurang diperhitungkan dalam menentukan harga strategis. Dengan harga strategis, perusahaan diharapkan untuk meningkatkan daya saing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis proses strategis penentuan harga jual atau harga strategis berdasarkan biaya siklus hidup produk dan posisi produk dalam siklus hidup produk. Ini akan diwujudkan dalam penggunaan strategi bisnis yang tepat untuk setiap produk dan perhitungan biaya penelitian, biaya desain, biaya produksi, mark-up yang disesuaikan dengan target konsumen untuk menghasilkan harga strategis dari produk yang bisa bersaing di kompetisi harga .Kata kunci: strategi penentuan harga, siklus hidup produk, biaya siklus hidup produk
KEBERHASILAN HOTEL BERWAWASAN RAMAH LINGKUNGAN DI ASIA-PASIFIK: FAKTOR PENDORONG APAKAH YANG DOMINAN? Cut Irna Setiawati; Palti Sitorus
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 1 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss1.art5

Abstract

Saat ini bidang operasional hotel ditekankan untuk lebih memperhatikan isu lingkungan karena dampak kerusakan yang ditimbulkan dari aktivitas perhotelan meningkat dan penggunaan jumlah sumber daya alam yang besar. Namun dalam penerapannya tergantung faktor pendorong antara lain government, customer demand, level of competition, greenness at the organizational level dan attitude toward change. Tujuan dari penelitian ini: (1) mendeskripsikan faktor pendorong dalam penerapan operasional hotel berwawasan ramah lingkungan; dan (2) menemukan faktor dominan penerapan operasional hotel ramah lingkungan pada kawasan Asia dan Pasifik secara spesifik. Berdasarkan tujuan, jenis penelitian ini adalah eksploratif. Teknik analisis dilakukan secara analisis isi (content analysis), analisis-sintesis serta model data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima faktor pendorong terdapat pada seluruh objek hotel ramah lingkungan dengan tingkat kekuatan mendorong yang berbeda. Selain itu, diperoleh faktor dominan holistic environmental practices-driven, resort-driven dan government-driven pada kawasan Asia dan Pasifik.Kata kunci: Operasional, Faktor Pendorong, Kinerja Lingkungan.
PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP MEREK PADA NIAT MEMBELI ULANG Five Sulistyani Rosannah
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 1 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss1.art6

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendemonstrasikan pengaruh kepercayaan dan kepuasan merek pada evaluasi konsumen pada ritel dan niat membeli ulang. Pada penelitian ini, model Zboja dan Voorhees (2006) digunakan sebagai model konfirmasi. Model tersebut dikembangkan dan diuji menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), khususnya ketika menguji pengaruh langsung dan mediasi. Model yang diajukan dalam penelitian ini meliputi lima dimensi (kepercayaan merek, kepuasan merek, kepercayaan ritel, kepuasan ritel, dan niat membeli uang). Konsumen produk sampo menjadi responden untuk penelitian ini. Perangkat lunak AMOS 6.0 digunakan untuk menganalisis model penelitian. Terdapat delapan hipotesis yang bisa dikembangkan dalam penelitian ini dan seluruh hipotesis terdukung sehingga model Zboja dan Vorhees (2006) dapat digeneralisasi pada produk-produk convenience. Berdasarkan temuan yang muncul, peneliti berpandangan bahwa para manajer pemasaran harus menyadari persepsi merek yang ditransfer pada pihak ritel yang mengangkut produk-produk tersebut. Hal tersebut agar pihak ritel mampu memuaskan konsumen dan memperoleh kepercayaan dan niat membeli ulang dari para konsumennya.Kata kunci: kepercayaan merek, kepercayaan ritel, kepuasan merek, kepuasan ritel, dan niat membeli ulang
PENGARUH SUMBERDAYA POLITIS TERHADAP KINERJA PERBANKAN PUBLIK DI INDONESIA Badri Munir Sukoco; Sri Gunawan; Ngesthi Nirmala Dewi
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 1 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss1.art1

Abstract

Banyak perusahaan di Indonesia menggunakan pejabat atau mantan pejabat sebagai anggota dewan direksi atau dewan komisaris, yang mana dikenal sebagai sumberdaya politis perusahaan. Namun belum ada bukti empiris apakah mengumpulkan dan mengelola sumberdaya politis tersebut akan berkontribusi positif terhadap kinerja perusahaan. Untuk mengklarifikasi hal tersebut, peneliti menganalisa data diantara perbankan Indonesia yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2008 hingga tahun 2010. Hasil analisa mengindikasikan bahwa sumberdaya politis yang ditempatkan sebagai dewan direksi memiliki pengaruh yang negatif terhadap return on assets (ROA). Pengaruh sumberdaya politis yang ditempatkan sebagai dewan komisaris tidak mendapatkan dukungan empiris akan meningkatkan kinerja perusahaan. Implikasi manajerial dan akademis akan dibicarakan lebih lanjut dalam tulisan ini.Kata kunci: sumberdaya politis, kinerja, perbankan di Indonesia
CORPORATE GOVERNANCE, CHARTER VALUE, TIPE KEPEMILIKAN, DAN PENGAMBILAN RISIKO PERBANKAN DI INDONESIA Hikmatul Fitri
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 1 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss1.art7

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh corporate governance dan charter value terhadap pengambilan risiko perbankan pada bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 20042013. Jenis data dalam penelitian ini adalah data panel tidak berimbang. Corporate governance diukur dengan jumlah komisaris, persentase komisaris independen, kualitas manajemen risiko, dan jumlah rapat gabungan komisari dan direksi per tahun. Charter value diukur dengan Tobins’Q. Proksi pengambilan risiko yang digunakan adalah berdasarkan data pasar saham (market based measure) dan data akuntansi (accounting based measure). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate governance dan charter value mampu mendisiplinkan pengambilan risiko perbankan. Kepemilikan asing dan domestik sebagai ultimate shareholder di suatu bank, tidak menunjukkan perbedaan terkait pengambilan risiko mereka. Kedua kelompok kepemilikan tersebut menginginkan return yang lebih tinggi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengambilan risiko yang dilakukan oleh pihak manajemen bank lebih tercermin dalam pengukuran risiko berdasarkan data akuntansi, karena pengukuran tersebut memberikan hasil yang lebih konsisten.Kata kunci: corporate governance, charter value, tipe kepemilikan, pengambilan risiko, z-score

Page 1 of 1 | Total Record : 10