cover
Contact Name
Jurnal Derivat
Contact Email
derivat@upy.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
derivat@upy.ac.id
Editorial Address
Jl. PGRI I Sonosewu No. 117
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JURNAL DERIVAT: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
ISSN : 24073792     EISSN : 25492616     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, e-ISSN: 2549-2616, p-ISSN: 2407-3792 Is an information container containing scientific articles of research, literature studies, ideas, the application of theory, the study of critical analysis, and Islamic studies in the field mathematics and mathematics education. DERIVAT JOURNAL is published twice in ane year, January-June and August to December period, published by Mathematics Education Study Program of Universitas PGRI Yogyakarta.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Derivat (Desember 2015)" : 7 Documents clear
Peramalan Kurs IDR Terhadap USD Menggunakan Double Moving Averages Dan Double Exponential Smoothing Jana, Padrul; Rokhimi, Rokhimi; Prihatiningsih, Ismi Ratri
Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Derivat (Desember 2015)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.986 KB) | DOI: 10.31316/j.derivat.v2i2.132

Abstract

Kurs IDR terhadap USD yang fluktuatif sangat mempengaruhi ekonomi Indonesia saat ini, dibutuhkan suatu metode untuk meramalkan Kurs IDR terhadap USD agar bisa diprediksi. Diharapkan  para pemangku kepentingan segera mengambil kebijakan strategis demi stabilitas ekonomi nasional. Metode peramalan dalam tulisan ini menggunakan Double Moving Averages dan Double Exponential Smoothing dengan . Hasil peramalan menggunakan metode Double Moving Averages diperoleh IDR/USD, IDR/USD, IDR/USD dan Double Exponential Smoothing diperoleh IDR/USD, IDR/USD, IDR/USD. 14"> Kata Kunci: IDR, USD, Double Moving Averages, Double Exponential Smoothing.
Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta Sumaryati, Agata Sri; Hasanah, Dwi Uswatun
Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Derivat (Desember 2015)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (750.563 KB) | DOI: 10.31316/j.derivat.v2i2.133

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII C di SMP Negeri 11 Yogyakarta pada pokok bahasan kubus dan balok dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta. Objek penelitian adalah pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan kubus dan balok. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes pemahaman konsep, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta dengan pokok bahasan kubus dan balok dapat: (1) Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yaitu sebelum dilaksanakan tindakan pembelajaran rata-rata nilai siswa sebesar 39,74 dan ketuntasan sebesar 0% (kategori rendah), setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 71,62 dan ketuntasan sebesar 55,88% (kategori cukup) pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 85,66 dan ketuntasan sebesar 85,29 % (kategori tinggi) pada siklus II. (2) Keterlaksanaan pembelajaran dilihat dari kegiatan guru sebesar 73,33% (kategori cukup), kegiatan siswa sebesar 56,47% (kategori cukup) pada siklus I dan pada siklus II keterlaksanaan pembelajaran dilihat dari kegiatan guru meningkat menjadi 96,67% (kategori tinggi), kegiatan siswa menjadi 83,71% (kategori tinggi). Kata kunci : Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Quantum Teaching (QT) Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 2 Turi Dwiyani, Monita; Utami, Niken Wahyu
Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Derivat (Desember 2015)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.34 KB) | DOI: 10.31316/j.derivat.v2i2.134

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas model kooperatif, efektivitas model Quantum Teaching (QT), dan efektivitas model Quantum Teaching (QT) bila dibandingkan dengan model kooperatif jika ditinjau dari kreativitas belajar siswa.Populasi dari penelitian semu ini adalah  siswa kelas VIII SMP N 2 Turi yaitu VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D. Sampel penelitian adalah VIII B (kelas control) dan VIII A (kelas eksperimen). Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kreativitas yang sudah diujicobakan (untuk diketahui valid dan reliable).Uji hipotesis berupa uji proporsi satu populasi dan uji proporsi dua populasi. Berdasarkan uji proporsi satu populasi kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004 dengan taraf nyata 5% (0,004<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif tidak efektif. Sedangkan berdasarkan uji proporsi satu populasi kelas eksperimen diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,020 dengan taraf nyata 5% (0,020<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching tidak efektif. Jika kedua model dibandingkan maka berdasarkan uji proporsi dua populasi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,869 dengan taraf nyata 5% dan dapat diketahui bahwa nilai signifikansi lebih besar daripada taraf nyata (0,869>0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching lebih efektif daripada model Kooperatif. Kata Kunci:     Efektivitas Pembelajaran, Model Quantum Teaching, Kreativitas Belajar
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi Untuk Memfasilitasi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Suparni, Suparni
Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Derivat (Desember 2015)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.07 KB) | DOI: 10.31316/j.derivat.v2i2.129

Abstract

Pada saat ini pembelajaran yang mengutamakan kemampuan berpikir kritis mahasiswa banyak menjadi pembicaraan. Berpikir kritis merupakan salah satu karakter yang akhir-akhir ini memang menjadi isu pendidikan, selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa.. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa perlu dilakukan inovasi pembelajaran. Berdasarkan pemikiran itulah maka peneliti akan melakukan penelitian  pengembangan untuk mengembangkan bahan ajar yang berbasis integrasi interkoneksi untuk memfasilitasi peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi.Penelitian ini merupakan penelitian pemgembangan dengan menggunakan desain yang mengadaptasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Langkah tersebut terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap uji produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan bahan ajar berbasis integrasi interkoneksi dengan kualitas sangat baik dengan persentase keidealan sebesar 87,6 % dari ahli materi, 86% ahli media, dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebesar 17,5135.  Kata Kunci: Bahan ajar,  integrasi interkoneksi, berpikir kritis.
Pengembangan Prototipe Perangkat Pembelajaran Penjumlahan Pecahan Dengan Pendekatan PMRI di Kelas IV Pratini, Haniek Sri; Rianasari, Veronica Fitri
Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Derivat (Desember 2015)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (828.277 KB) | DOI: 10.31316/j.derivat.v2i2.135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI untuk topik penjumlahan pecahan di kelas IV sekolah dasar. Berdasarkan tujuannya maka jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas IVA SD Negeri Adisucipto 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan  observasi, wawancara, dan pemberian angket. Observasi dan wawancara dilakukan untuk mendapatkan data needs assessment yang merupakan data kualitatif. Sedangkan angket digunakan untuk mendapatkan data validasi perangkat oleh ahli dan data respon siswa terhadap pembelajaran. Pengembangan prototipe perangkat pembelajaran matematika menggunakan prosedur pengembangan dari Sugiyono, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, dan revisi produk. Hasil penelitian adalah prototipe perangkat pembelajaran matematika topik Penjumlahan Pecahan kelas IV SD yang terdiri dari: silabus yang mengakomodasi katakteristik PMRI, RPP yang memuat langkah-langkah PMRI, serta LKS, bahan ajar, dan evaluasi yang memuat masalah kontekstual. Kata Kunci: PMRI, perangkat pembelajaran, penjumlahan pecahan 
Peningkatan Konsentrasi Dan Hasil Belajar Komposisi Fungsi Dan Fungsi Invers Dengan Pembelajaran Kooperatif Type Numbered Head Together (NHT) Pada Kelas XI TP 2 Mahmudah, Nurlaila
Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Derivat (Desember 2015)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (955.951 KB) | DOI: 10.31316/j.derivat.v2i2.130

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran yang mampu meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar;  2) meningkatkan konsentrasi belajar; dan 3) mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan diterapkanya type pembelajaran Numbered Head Together  (NHT) pada kompetensi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers di kelas XI TP 2 SMK N 3 Yogyakarta.Setting dan subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TP 2 yang berjumlah 32 siswa. Data tentang konsentrasi dikumpul dengan instrumen lembar observasi dan hasil belajar diambil dari hasil tes ahir siklus. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian adalah 100% siswa mencapai kriteria BAIK untuk indikator konsentrasi dan untuk indikator hasil belajar 75% peserta didik minimal mencapai KKM.Hasil penelitian pada pra tindakan   skor konsentrasi 6,6% dengan kriteria baik  dan  hasil belajar diatas KKM sebesar 41%. Skor konsentrasi pada siklus I naik menjadi 50% mencapai kriteria baik diikuti kenaikan hasil belajar sebesar 50% mencapai nilai diatas KKM. Pada siklus II pencapaian skor konsentrasi dengan kriteria baik meningkat drastis menjadi 100% dan hasil belajar sebesar 91 % diatas KKM.  Kata Kunci : Numbered Head Together (NHT), Konsentrasi, Hasil Belajar.
Aljabar Lintasan Leavitt Semiprima Astriawati, Ningrum
Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Derivat (Desember 2015)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (888.397 KB) | DOI: 10.31316/j.derivat.v2i2.131

Abstract

Suatu graf dapat direpresentasikan sebagai aljabar lintasan dan jika graf tersebut diperluas dapat didefinisikan suatu aljabar lintasan Leavitt, yang pada kenyataannya merupakan Z-aljabar bertingkat. Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai sifat semiprima pada aljabar lintasan dan aljabar lintasan Leavitt yang berlaku dalam sebarang graf. Serta menyelidiki kaitan antara semiprima pada aljabar lintasan dengan semiprima pada aljabar lintasan Leavitt.Kata Kunci: Graf Berarah, Aljabar Lintasan, Aljabar Lintasan Leavitt, Aljabar Linta-san Leavitt Semiprima.

Page 1 of 1 | Total Record : 7