cover
Contact Name
Vit Ardhyantama
Contact Email
vit.10276@gmail.com
Phone
+6285932141099
Journal Mail Official
jpppacitan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cut Nyak Dien No.4-A, Kebon, Ploso, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63515
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 20850581     EISSN : 24775851     DOI : -
Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian di bidang pendidikan (semua jenjang, tahapan dan proses) seperti manajemen pendidikan, pendidikan sekolah dasar, pendidikan lanjut, praktik terbaik pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pengajaran bahasa, pendidikan jasmani, pendidikan sejarah, dll.
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan" : 10 Documents clear
THE ROLES OF A TEACHER HAVE TO PLAY IN TEACHING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE Hafidah, Agustina Sri
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

It is true that teachers roles are very important in teaching learning process, especially in teaching learning English. Teaching English is an art which can be divided into two parts: the mastery of the theory and the mastery of the practice.The mastery of the art must be a matter of ultimate concern; there must be nothing more important in the world than art. Teaching English is also an art. English may cover a wide range of topics such as stages of the lesson, classroom management, lesson planning, and other topics.This paper will share a few of ideas of how to be a good teacher who master in the art of teaching English. These responses imply that aside from the teachers character and personality, which affect his or her teaching, the teachers support with students also plays an important role in the success of learning.Keyword : teaching English, important and good teacher.
KECERDASAN KENABIAN; Studi Pemikiran Hamdani Bakran Adz-Dzakiey ., Mukodi
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM Press STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konstruksi pemikiran Hamdani Bakran Adz-Dzakiey tentang Kecerdasan Kenabian (Prophetic Intelligence) sesungguhnya merupakan buah keseriusannya dalam menumbuh-kembangkan potensi rohaniah peserta didik. Konstruksi pemikiran Hamdani Bakran terlihat dari rekayasa pembentukan kepribadian islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan konstruksi pemikiran Hamdani Bakran Adz-Dzakiey terkait dengan Kecerdasan Kenabian (Prophetic Intelligence), serta ingin mengetahui dan menemukan Prophetic Intelligence sebagai sebuah pendekatan alternatif dalam pengembangan pendidikan Islam.  Kata kunci: Kecerdasan kenabian, Rekayasa kepribadian, dan pendidikan Islam.
THINKING ALLOUT PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS); Suatu Model Pembelajaran Kooperatif ., Jiyanto
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM Press STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode kerja kelompok idealnya dihindari, jika seorang guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian untuk mempersiapkan dan menyusun metode yang lebih baik. Yang diperkanalkan dalam metode pembelajaran cooperative learning bukan sekadar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model TAPPS  terhadap hasil belajar siswa. Serta ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan materi setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model TAPPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kooperatif model TAPPS berpengaruh positif terhadap ketuntasan daya serap peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.  Kata Kunci: pembelajaran kooperatif dan model TAPPS  
POLITIK ANGGARAN PENDIDIKAN; Konsep dan Kebijakan Pembiayaan Pendidikan di Indonesia Kurniadin, Didin
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM Press STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan mempunyai kedudukan sangat penting dalam pembangunan bangsa. Karenannya pendidikan merupakan human investment yang berarti kesuksesan masa depan bangsa sangat ditentukan oleh investasi saai ini. Pentingnya posisi pendidikan tersebut mensyaratkan pengelolaan pendidikan yang cermat melalui prosedur manajemen yang baik dan didukung dengan pembiayaan yang memadai.Undang-Undang mengamanatkan bawa angaran pendidikan selain biaya kedinasan dialokasikan minimal 20 persen dari APBN dan APBD. Akan tetapi, hingga saat ini amanat undang-undang tersebut belum dapat terpenuhi. Hal ini terkait dengan kemauan, kemampuan, keberanian dan political will pemerintah. Oleh karena itu dibutuhkan kebijakan politik anggaran pendidikan yang rasional, tegas dan konstitusional agar pendanaan pendidikan dapat sesuai dengan amanat undang-undang.Key wold: Pembiayaan Pendidikan, Politik anggaran pendidikan.
METODE SIMULASI TEMATIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS; Spesifikasi Teaching Speaking Sutrisno, Anis
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM Press STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahasa Inggris merupakan aset intelektual yang harus dimiliki oleh segenap komponen bangsa, terutama para generasi penerus. Ruang dan waktu belajar bahasa Inggris yang utama adalah di sekolah. Bentuk pembelajaran harus dikemas sedemikian rupa, sehingga target yang diharapkan sesuai dengan ketetapan standard kompetensi.          Adalah sebuah paradigma paradox, ketika Bahasa Inggris dicanangkan dan diprogramkan sebagai bahasa nasional kedua di negeri ini. Pola pendidikan disetting berbasis internasional, tehnik penyampaian materi diberikan dalam bentuk bilingual, tetapi di sisi lain kondisi kemampuan siswa terhadap bahasa Inggris masih sangat jauh dari harapan.          Metode pembelajaran dalam bentuk simulasi tematis sangat membantu para siswa dalam penguasaan bahasa Inggris komunikatif.  Kata kunci: Pembelajaran, simulasi tematis dan prestasi.
SISTEM MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN; Mengenal Manajemen Mutu ISO dalam Pendidikan Machali, Imam
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM Press STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem manajemen mutu merupakan sistem peting dalam menjamin produk dari sebuah proses produksi. Produksi dalam konteks pendidikan mencakup keseluruhan proses pendidikan yaitu input, proses dan output pendidikan. Untuk menghasilkan input, proses dan output yang bermutu harus dilakukan dengan system manajemen yang baik, dengan penerapan manajemen yang benar dan baik akan berdampak kepada efisiensi pelaksanaan program dan meningkatnya kualitas dan mutu pendidikan.Mutu pendidikan dalam praktek persekolahan dapat dilihat dari beberapa indikator mutu yang telah ditentukan. Indikator mutu menjadi guideline penilaian dan evaluasi dalam pelaksanaan proses pendidikan. Lembaga pendidikan atau sekolah yang memenuhi indikator-indikator tertentu termasuk dalam katagori sekolah bermutu. Bermutu dalam pengertian meningkatnya efektifitas, efisiensi dan produktivitas lembaga secara terus menerus.  Kata kunci: Peningkatan mutu, ISO dan sistem manajemen.
THE ROLES A TEACHER HAS TO PLAY IN TEACHING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUGE Hafidah, Agustina Sri
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM Press STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

It is true that teacher’s roles are very important in teaching learning process, especially in teaching learning English. Teaching English is an art which can be divided into two parts: the mastery of the theory and the mastery of the practice. The mastery of the art must be a matter of ultimate concern; there must be nothing more important in the world than art. Teaching English is also an art. English may cover a wide range of topics such as stages of the lesson, classroom management, lesson planning, and other topics. This paper will share a few of ideas of how to be a good teacher who master in the art of teaching English. These responses imply that aside from the teacher’s character and personality, which affect his or her teaching, the teacher’s support with students also plays an important role in the success of learning.   Key words: teaching English, important and good teacher.
SINERGINITAS PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP BUDAYA MASYARAKAT ., Maryono
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM Press STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset paling berharga suatu bangsa. Karena padanya, maju mundurnya suatu bangsa dipertaruhkan. SDM yang berkualitas pun, turut mewarnai cipta, rasa dan karsa peradaban bangsa di kemudian hari. Jika, suatu bangsa memiliki SDM yang baik, bisa dipastikan ia akan memiliki budaya yang baik. Sebaliknya, jika suatu bangsa memiliki SDM yang buruk, buruk pula budaya dan peradabannya.Rekayasa pembangunan SDM yang berkualitas perlu segera diretaskan, mengingat sudah terlalu lama bangsa kita larut dalam keterpurukan dan keterbelakangan.Kata kunci: SDM, budaya, dan nilai budaya.
Hubungan Antara Kecerdasan Intelektual (IQ) dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas 4 dan 5 di SDN Jombang Andriyani, Anin
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM Press STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecerdasan intelektual adalah kecerdasan yang berporos pada kemampuan individu dalam menerima, mengolah, menyimpan, memahami dan berfikir mengenai berbagai fenomena. Faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar adalah faktor intelegensi yang sangat besar pengaruhnya dalam proses dan kemajuan belajar seseorang, apabila siswa memiliki intelegensi rendah sulit untuk memperoleh hasil belajar yang baik atau sebaliknya. Sesuai dengan studi pendahuluan pada bulan juni 2006 di SDN barong Sawahan I Jombang didapatkan data tidak semua siswa mampu mencapai nilai prestasi potensi yang diharapkan sesuai tingkat intelektualnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan intelektual (IQ) dengan prestasi belajar siswa kelas 4 dan 5 SDN Barong Sawahan I Jombang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir seluruhnya mempunyai nilai kecerdasan intelektual 90-109 (rata-rata) yaitu sebanyak 21 siswa (70%) hal ini dikarenakan jumlah responden yang terlalu kecil dan 20 siswa (66,7 %) mempunyai nilai prestasi belajar baik, yaitu antara 6,1-7,0. Berdasarkan hasil uji sattistik spearman rank didapatkan rho hitung (0,574) lebih besar dari rho tabel (0,364) yang berarti ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan intelektual (IQ) dengan prestasi belajar siswa kelas 4 dan 5 di SDN Barong Sawahan I Jombang. Kata kunci: Kecerdasan intelektual (IQ) dan prestasi belajar
MENINGKATKAN DAYA INGAT MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN; Studi Kasus di SMKN 2 Pacitan Pada Mata Pelajaran Matematika Suryanto, Sugeng
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM Press STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Efektifitas pembelajaran sejatinya berbarometer pada hasil pembelajaran siswa-siswi di suatu sekolah. Semakin tinggi tingkat ketuntasan siswa menyerap pembelajaran, berarti proses pembelajaran yang berlangsung bisa dikatakan efektif (berhasil). Sebaliknya, semakin minim kemampuan daya serap siswa-siswi mengusai pembelajaran, berarti proses pembelajaran yang berlangsung kurang berhasil (tidak efektif).Media pembelajaran merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran itu sendiri. Terlebih, untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Bahkan media pembelajaran yang tepat, disinyalir dapat pula meningkatkan kemampuan siswa-siswi mengingat materi dan topik pembelajaran. Kata kunci: Efektifitas pembelajaran, alat peraga, dan daya ingat.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2009 2009


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6 No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5 No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 2 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4 No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan More Issue