cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
NADWA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2017): Pendidikan Anak" : 15 Documents clear
Implementasi Pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an dengan Metode Iqra pada Anak Usia Dini di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal Srijatun, Srijatun
Nadwa Vol 11, No 1 (2017): Pendidikan Anak
Publisher : FITK UIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/nw.2017.11.1.1321

Abstract

The research aims to know how to read and write the application of Al quran with Iqro methods in early childhood and the factors that support and impede learning to read and write the Qur’an. This research is a qualitative descriptive which examines data quality (concepts, thoughts and actions) and describe what it is. The results of learning to read and write first penelititan Al quran with methods Iqro prepared in a planned and systematic based on the curriculum RA. Secondly, there is a supporting factor in the application of methods Iqro is the availability of books, media, and other learning tools that support this learning process. Their infrastructure and tenacity educators in the implementation of learning. While the inhibiting factors such as lack of training on a regular basis for the application of methods for Teachers Iqro RA. Still their parents are less attentive to the children in learning Al-Quran.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan baca tulis Al-Qur’an dengan metode Iqro pada anak usia dini dan faktor-faktor yang menunjang dan menghambat pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yakni mengkaji data-data kualitas (konsep, pemikiran dan tindakan) dan mendeskripsikannya apa adanya. Hasil penelititan, pertama pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode Iqro dipersiapkan secara terencana dan sistematis dengan berpedoman pada kurikulum RA. Kedua, terdapat faktor pendukung di dalam penerapan metode Iqro yaitu tersedianya buku-buku, media, dan alat-alat pembelajaran lainnya yang menunjang proses pembelajaran ini. Adanya sarana prasarana dan keuletan para pendidik di dalam pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat antara lain karena kurangnya pelatihan secara rutin untuk penerapan metode Iqro bagi Guru RA. Masih adanya orang tua yang kurang perhatian kepada anaknya dalam pembelajaran Al-Qur’an.
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Membaca Al Qur’an tentang Perintah Menjaga Kelestarian Alam Melalui Teknik Mind Mapping pada Siswa Kelas XI IPS2 SMA 1 Cepiring Semester 2 Tahun Pelajaran 2015-2016 Aliyah, Siti
Nadwa Vol 11, No 1 (2017): Pendidikan Anak
Publisher : FITK UIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/nw.2017.11.1.1320

Abstract

This study aim to know what the using of mind mapping learning model canimprove the activity and outcomes of learning of reading the Qur'an class XI SMAN IPS2 1 Cepiring Kendal in the academic year 2015/2016. This study design using classroom action research (Class Research and Development). Depending on the action, it can be concluded that: Using learning model mind map / mind mapping can improve learning outcomes recitation class XI student of SMAN 1 Cepiring IPS2 Kendal in academic year 2015/2016 from pre-conditions that they have not been able reading makhroj aspect, tajwid fluently to be able makhroj, tajweed and tartil fluently. Average value learning and reading outcomes also increased 70.52 into 86.88.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui pemanfaatanmodel pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar membaca Al Qur’an siswa kelas XI IPS2 SMA 1 Cepiring KabupatenKendal tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desainPenelitian Tindakan Kelas (Class Research and Developement). Berdasarkantindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Pemanfaatan modelpembelajaran peta pikiran/mind mapping dapat meningkatkan hasil belajarmembaca Al Qur’an siswa kelas XI IPS2 SMAN 1 Cepiring KabupatenKendal tahun pelajaran 2015/2016 dari kondisi awal belum mampumembaca dengan aspek makhroj, tajwid dan fasih-tartil secara baik dan benarmenjadi mampu membaca dengan aspek makhroj, tajwid dan fasih-tartil.nilai Nilai rata–rata hasil belajar membaca juga mengalami peningkatan darikondisi awal rata-rata hasil belajar membaca 70,52 menjadi 86,88. 
Menyelesaikan Problem Materi Belajar bagi Anak-anak Berkebutuhan Khusus dengan Research and Development in Education Irfan, Lukman
Nadwa Vol 11, No 1 (2017): Pendidikan Anak
Publisher : FITK UIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/nw.2017.11.1.1308

Abstract

This paper discusses the problem of education for children with special needs (difable) related to problems of educational material for them, such as curriculum design, the design of textbooks, learning model, and the design of instructional media. Research conducted by the authors prove that these problems can be solved by using Method Research and Development (R & D) in Education. Excellence of R & D is a design study that combines theory, experts, and real conditions on the ground so that the results are very good and appropriate. R & D also has a very small risk in product development and learning materials for children with special needs, because product trials conducted in stages from small, medium, and then a large scale. Key Word: Education, Difable, R & D.AbstrakPaper ini membahas bertujuan menyelesaikan problem pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (difable) terkait dengan problem materi pendidikan bagi mereka, seperti desain kurikulum, desain buku ajar, model pembelajaran, dan desain media pembelajaran. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis membuktikan bahwa problem tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan Metode Research and Development (R & D) in Education. Keunggulan R & D di antaranya adalah desain penelitian yang menggabungkan antara teori, ahli, dan kondisi riil di lapangan sehingga hasilnya sangat bagus dan tepat. R & D juga mempunyai risiko yang sangat kecil dalam pengembangan produk materi belajar bagi anak-anak berkebutuhan khusus, karena uji coba produk dilakukan secara bertahap dari skala kecil, menengah, dan kemudian skala besar.
Implementasi Modul Analisis Kebijakan Pendidikan Berbasis Riset Fatkuroji, Fatkuroji
Nadwa Vol 11, No 1 (2017): Pendidikan Anak
Publisher : FITK UIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/nw.2017.11.1.1305

Abstract

Problems faced by students in understanding the subject of Educational Policy Analysis are: difficulties in identifying the strategic educational issues and low understanding of material. There are two problems in this research, they are: first, how to design Educational Policy Analysis module; second, can using the module improve student learning. This study uses Research and Developement (R&D) method. The subjects of this study are students who take the subject of Educational Policy Analysis. The techniques of data collecting used are observation, questionnaire and interview. Data analysis technique used quantitative and qualitative description by the expert judgment. The result shows that using module in learning can improve the quality of student learning. Based on the validation, using the Educational Policy Analysis module improves the quality of learning. Based on the results of t test, t count>t table (3.426> 2.021), with an error rate of  0,000%.AbstrakMasalah yang dihadapi para mahasiswa dalam memahami mata kuliah Analisis Kebijakan Pendidikan yaitu kesulitan menentukan isu-isu strategis dalam pendidikan dan rendahnya daya serap mahasiswa terhadap materi. Penelitian ini mempunyai dua tujuan, pertama: bagaimana desain modul Analisis Kebijakan Pendidikan, kedua: apakah belajar dengan modul dapat meningkatkan kualitas belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and developement (R&D). Subjek penelitiannya ialah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Analisis Kebijakan Pendidikan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner dan wawancara. Teknik analisis menggunakan deskripsi ahli validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan modul dapat meningkatkan kualitas belajar siswa. Berdasarkan hasil validasi, modul Analisis Kebijakan Pendidikan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan hasil uji t, diketahui t hitung >t tabel (3,426 >2,021), dengan margin eror 0,000%.
Signifikansi Brain Based Learning Pendidikan Anak Usia Dini Jazariyah, Jazariyah
Nadwa Vol 11, No 1 (2017): Pendidikan Anak
Publisher : FITK UIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/nw.2017.11.1.982

Abstract

This study based on the reality of learning in the early childhood level and the system has not noticed the potential of the brain learners. The potential and the working system of the brain is very important in early childhood. This paper aims to reveal the importance of brain-based learning in Early Childhood Education (ECD). The problem in this study are what the nature of early childhood education and how to use the potential and work system of the brain in early childhood learning. This study used library research. From the discussion showed that the brain-based learning was important for use in teaching and learning of young children. One of aplication, brain-based learning use quantum learning by optimizing learning with active learning strategies so that potential students can be optimized. This research had contribution to brain based learningAbstrakKajian ini dilatarbelakangi oleh realitas masih adanya pembelajaran di jenjang PAUD yang belum memperhatikan potensi dan system kerja otak peserta didik. Padahal potensi dan system kerja otak sangat penting dalam pembalajaran di PAUD. Tulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan pentingnya brain based learning pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Rumusan masalah pada kajian ini adalah seperti apa hakikat Pendidikan Anak Usia Dini dan bagaimana penggunaan potensi dan system kerja otak dalam pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode library research Dari hasil pembahasan menunjukkan bahwa brain based learning penting untuk digunakan dalam proses belajar mengajar anak usia dini. Salah satu pelaksanaan pembelajaran berbasis otak ini dapat menggunakan pembelajaran quantum dengan mengoptimalkan pembelajaran dengan strategi pembelajaran aktif sehingga potensi anak didik dapat dioptimalkan. Penelitian ini memiliki kontribusi pada pembelajaran berbasis otak.
Implementasi Pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an dengan Metode Iqra pada Anak Usia Dini di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal Srijatun, Srijatun
Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11, No 1 (2017): Pendidikan Anak
Publisher : FITK UIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/nw.2017.11.1.1321

Abstract

The research aims to know how to read and write the application of Al quran with Iqro methods in early childhood and the factors that support and impede learning to read and write the Qur’an. This research is a qualitative descriptive which examines data quality (concepts, thoughts and actions) and describe what it is. The results of learning to read and write first penelititan Al quran with methods Iqro prepared in a planned and systematic based on the curriculum RA. Secondly, there is a supporting factor in the application of methods Iqro is the availability of books, media, and other learning tools that support this learning process. Their infrastructure and tenacity educators in the implementation of learning. While the inhibiting factors such as lack of training on a regular basis for the application of methods for Teachers Iqro RA. Still their parents are less attentive to the children in learning Al-Quran.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan baca tulis Al-Qur’an dengan metode Iqro pada anak usia dini dan faktor-faktor yang menunjang dan menghambat pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yakni mengkaji data-data kualitas (konsep, pemikiran dan tindakan) dan mendeskripsikannya apa adanya. Hasil penelititan, pertama pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode Iqro dipersiapkan secara terencana dan sistematis dengan berpedoman pada kurikulum RA. Kedua, terdapat faktor pendukung di dalam penerapan metode Iqro yaitu tersedianya buku-buku, media, dan alat-alat pembelajaran lainnya yang menunjang proses pembelajaran ini. Adanya sarana prasarana dan keuletan para pendidik di dalam pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat antara lain karena kurangnya pelatihan secara rutin untuk penerapan metode Iqro bagi Guru RA. Masih adanya orang tua yang kurang perhatian kepada anaknya dalam pembelajaran Al-Qur’an.
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Membaca Al Qur’an tentang Perintah Menjaga Kelestarian Alam Melalui Teknik Mind Mapping pada Siswa Kelas XI IPS2 SMA 1 Cepiring Semester 2 Tahun Pelajaran 2015-2016 Aliyah, Siti
Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11, No 1 (2017): Pendidikan Anak
Publisher : FITK UIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/nw.2017.11.1.1320

Abstract

This study aim to know what the using of mind mapping learning model canimprove the activity and outcomes of learning of reading the Qur'an class XI SMAN IPS2 1 Cepiring Kendal in the academic year 2015/2016. This study design using classroom action research (Class Research and Development). Depending on the action, it can be concluded that: Using learning model mind map / mind mapping can improve learning outcomes recitation class XI student of SMAN 1 Cepiring IPS2 Kendal in academic year 2015/2016 from pre-conditions that they have not been able reading makhroj aspect, tajwid fluently to be able makhroj, tajweed and tartil fluently. Average value learning and reading outcomes also increased 70.52 into 86.88.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui pemanfaatanmodel pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar membaca Al Qur’an siswa kelas XI IPS2 SMA 1 Cepiring KabupatenKendal tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desainPenelitian Tindakan Kelas (Class Research and Developement). Berdasarkantindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Pemanfaatan modelpembelajaran peta pikiran/mind mapping dapat meningkatkan hasil belajarmembaca Al Qur’an siswa kelas XI IPS2 SMAN 1 Cepiring KabupatenKendal tahun pelajaran 2015/2016 dari kondisi awal belum mampumembaca dengan aspek makhroj, tajwid dan fasih-tartil secara baik dan benarmenjadi mampu membaca dengan aspek makhroj, tajwid dan fasih-tartil.nilai Nilai rata–rata hasil belajar membaca juga mengalami peningkatan darikondisi awal rata-rata hasil belajar membaca 70,52 menjadi 86,88. 
Menyelesaikan Problem Materi Belajar bagi Anak-anak Berkebutuhan Khusus dengan Research and Development in Education Irfan, Lukman
Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11, No 1 (2017): Pendidikan Anak
Publisher : FITK UIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/nw.2017.11.1.1308

Abstract

This paper discusses the problem of education for children with special needs (difable) related to problems of educational material for them, such as curriculum design, the design of textbooks, learning model, and the design of instructional media. Research conducted by the authors prove that these problems can be solved by using Method Research and Development (R D) in Education. Excellence of R D is a design study that combines theory, experts, and real conditions on the ground so that the results are very good and appropriate. R D also has a very small risk in product development and learning materials for children with special needs, because product trials conducted in stages from small, medium, and then a large scale. Key Word: Education, Difable, R D.AbstrakPaper ini membahas bertujuan menyelesaikan problem pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (difable) terkait dengan problem materi pendidikan bagi mereka, seperti desain kurikulum, desain buku ajar, model pembelajaran, dan desain media pembelajaran. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis membuktikan bahwa problem tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan Metode Research and Development (R D) in Education. Keunggulan R D di antaranya adalah desain penelitian yang menggabungkan antara teori, ahli, dan kondisi riil di lapangan sehingga hasilnya sangat bagus dan tepat. R D juga mempunyai risiko yang sangat kecil dalam pengembangan produk materi belajar bagi anak-anak berkebutuhan khusus, karena uji coba produk dilakukan secara bertahap dari skala kecil, menengah, dan kemudian skala besar.
Implementasi Modul Analisis Kebijakan Pendidikan Berbasis Riset Fatkuroji, Fatkuroji
Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11, No 1 (2017): Pendidikan Anak
Publisher : FITK UIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/nw.2017.11.1.1305

Abstract

Problems faced by students in understanding the subject of Educational Policy Analysis are: difficulties in identifying the strategic educational issues and low understanding of material. There are two problems in this research, they are: first, how to design Educational Policy Analysis module; second, can using the module improve student learning. This study uses Research and Developement (RD) method. The subjects of this study are students who take the subject of Educational Policy Analysis. The techniques of data collecting used are observation, questionnaire and interview. Data analysis technique used quantitative and qualitative description by the expert judgment. The result shows that using module in learning can improve the quality of student learning. Based on the validation, using the Educational Policy Analysis module improves the quality of learning. Based on the results of t test, t countt table (3.426 2.021), with an error rate of  0,000%.AbstrakMasalah yang dihadapi para mahasiswa dalam memahami mata kuliah Analisis Kebijakan Pendidikan yaitu kesulitan menentukan isu-isu strategis dalam pendidikan dan rendahnya daya serap mahasiswa terhadap materi. Penelitian ini mempunyai dua tujuan, pertama: bagaimana desain modul Analisis Kebijakan Pendidikan, kedua: apakah belajar dengan modul dapat meningkatkan kualitas belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and developement (RD). Subjek penelitiannya ialah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Analisis Kebijakan Pendidikan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner dan wawancara. Teknik analisis menggunakan deskripsi ahli validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan modul dapat meningkatkan kualitas belajar siswa. Berdasarkan hasil validasi, modul Analisis Kebijakan Pendidikan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan hasil uji t, diketahui t hitung t tabel (3,426 2,021), dengan margin eror 0,000%.
Signifikansi Brain Based Learning Pendidikan Anak Usia Dini Jazariyah, Jazariyah
Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11, No 1 (2017): Pendidikan Anak
Publisher : FITK UIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/nw.2017.11.1.982

Abstract

This study based on the reality of learning in the early childhood level and the system has not noticed the potential of the brain learners. The potential and the working system of the brain is very important in early childhood. This paper aims to reveal the importance of brain-based learning in Early Childhood Education (ECD). The problem in this study are what the nature of early childhood education and how to use the potential and work system of the brain in early childhood learning. This study used library research. From the discussion showed that the brain-based learning was important for use in teaching and learning of young children. One of aplication, brain-based learning use quantum learning by optimizing learning with active learning strategies so that potential students can be optimized. This research had contribution to brain based learningAbstrakKajian ini dilatarbelakangi oleh realitas masih adanya pembelajaran di jenjang PAUD yang belum memperhatikan potensi dan system kerja otak peserta didik. Padahal potensi dan system kerja otak sangat penting dalam pembalajaran di PAUD. Tulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan pentingnya brain based learning pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Rumusan masalah pada kajian ini adalah seperti apa hakikat Pendidikan Anak Usia Dini dan bagaimana penggunaan potensi dan system kerja otak dalam pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode library research Dari hasil pembahasan menunjukkan bahwa brain based learning penting untuk digunakan dalam proses belajar mengajar anak usia dini. Salah satu pelaksanaan pembelajaran berbasis otak ini dapat menggunakan pembelajaran quantum dengan mengoptimalkan pembelajaran dengan strategi pembelajaran aktif sehingga potensi anak didik dapat dioptimalkan. Penelitian ini memiliki kontribusi pada pembelajaran berbasis otak.

Page 1 of 2 | Total Record : 15