cover
Contact Name
Ni Putu Widhia Rahayu
Contact Email
niputu@ubl.ac.id
Phone
+6281927740007
Journal Mail Official
manbis@ubl.ac.id
Editorial Address
Jl. Z.A Pagar Alam No. 26 Labuhan Ratu, Bandar Lampung, 35142
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : 20870701     EISSN : 27748898     DOI : http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v13i1.2831
Bisnis Internasional, Ekonomis Bisnis, Etika Bisnis, Kewirausahaan, Manajemen Administrasi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen Pendidikan, Manajemen Produksi, Manajemen Strategis, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pasar Modal, Perilaku Organisasi, Sistem Informasi Manajemen
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2014): April" : 6 Documents clear
Analisis Kualitas Pertumbuhan Ekonomi di Tinjau dari Pendekatan Middle Income Trap Provinsi Lampung Iskandar A.A.
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 2 (2014): April
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (776.207 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v4i2.708

Abstract

Lampung masih menjadi daerah yangmiskin ketiga di bandingkan dengan beberapa provinsi lainnya di Pulau Sumatera, orientasi pembangunan ekonomi yang selama ini terlalu fokus pada eksploitasi sumber daya alam harus sudah di tinggalkan, sekarang harus memperkuat basis industri pengolahan. Selain itu, saatnya Provinsi Lampung menggeser orientasi dari  kuantitas ke kualitas. Middle Income Trap harus ditandai oleh dominasi kuantitasdaripada kualitas, maka saatnya Lampung fokus membenahi kualitas, mulai dari produk industri hingga Sumber Daya Manusia (SDM).Berdasarkan dari pemikiran tersebut maka perlu diketahui berapa jumlah penduduk yang masih tertinggal,  jumlah penduduk pada tahapan Middle class, atau yang sudah maju pesat. Sehingga kedepannya dapat menjadi parameter Pembangunan, khususnya pada kabupaten/kota yang mengalami masalah kualitas pertumbuhan  ekonomi.Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk  mengetahui tingkat kualitas pertumbuhan penduduk ditinjau dari pertumbuhan pendapatan perkapita daerah, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendorong pembangunan ekonomi di seluruh Kabuaten/kota di Provinsi Lampung melalui pendekatan Middle Income Trap, 3) Memberikan rekomendasi yang harus dilakukan untuk meningkatkan ekonomi daerah. Data dianalisis dengan menggunakan model yang sudah baku untuk keperluan penelitian ini yaitu model perhitungan PDRB riil, Perhitungan Laju Pertumbuhan Ekonomi dan Model Perhitungan Pendapatan Perkapita. Selama tahun 2003-2014. Pertumbuhan Indonesia hanya4,86% per tahun, sedangkan kontribusi pertumbuhan ekonomi Lampung   2,2%. Tahun 2014 merupakan batas waktuminimal untuk  menetapkan  sebagai Negaramiddle income. Secara kuantitatif model regresi atas variable PDRB ADHB dan PDRB ADHK dan jumlah   penduduk berpengaruh signifikan terhadap pendapatan perkapita. Jumlah penduduk terhadap pendapatan perkapita arah negatif, berarti jumlah penduduk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pendapatan perkapita, pendapatan perkapita lampung tahun 2014 Rp. 6,002,891 kalau dikonversi ke kategori World  Bank 2014  lower income < US$ 1.045.  Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Lampung masih  dalam kategori Lower Income.Lampung is still a poor area of the third compared to some other provinces in Sumatra Island, the orientation of economic development has been too focused on the exploitation of natural resources should have been on leave, it should strengthen the manufacturing base.In addition, it is time to switch the orientation of Lampung Province from quantity to quality. Middle Income Trap should be characterized by the dominance of quantity rather than quality. So, it's time to fix the quality focus Lampung, ranging from industrial products to the Human Resources (HR). Based on these ideas, you need to know how many people are still left behind, the number of people on the stage of Middle class, or already thriving. So that future development can be a parameter, especially in the districts / cities that have quality problems of economic growth.The purpose of this study are: 1) To determine the quality level of population growth in terms of growth of per capita income of the region, 2) To determine the factors enabling and constraining economic development throughout Kabuaten / town in the province of Lampung approach Middle Income Trap, 3) give a recommendation to boost the local economy. The data used in this research that GNI per capita as either a hedge of determining how the success of a state in managing the economy. The data were analyzed using GRDP Calculation Model, Palculation of Economic Growth and Percapita Income Calculation Model. Indonesia's growth is only 4.86% per year, while the contribution of Lampung economic growth of 2.2%. 2014 is the minimum amount of time to establish as a middle income country.Indonesia's growth is only 4.86% per year, while the contribution of economic growth Lampung 2.2%. 2014 is the minimum amount of time to establish as a middle income country.In quantitative terms the GDP variable regression model on  ADHB  and  the GDP  and  population  ADHK  significant  effect on per capita income, per capita income  population of the  negative  direction,  meaning the population  of a significant  negative  effect  on  per  capita  income, per capita  income  in 2014 of  Rp  Lampung. 6,002,891 if  converted  to a lower  category  of  the  World  Bank's  2014  income  < US $ 1,045. Based on the analysis, it can be concluded that the Lampung is still in the category Lower Income. One cause of this is the inability to achieve growth targets.
Pengaruh Segmentasi Terhadap Preferensi Konsumen di Koperasi BMT Insan Amanah Natar Lampung Selatan Defrizal DEFRIZAL; Gunawan Suryaatmaja
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 2 (2014): April
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (794.84 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v4i2.713

Abstract

Lembaga keuangan mikro sebagai salah satu penopang perekonomian negara indonesia dengan memberikan pembiayaan terhadap usaha kecil sangat diharapkan dapat membantu dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia. Salah satunya adalah Baitul Maal wat Tamwil (BMT) yang memiliki standar operasional yang berbasis syariah. BMT menyelenggarakan usaha pelayanan jasa keuangan dalam skala mikro, kecil dan menengah memiliki misi sosial dan bisnis.BMT Insan Amanah merupakan koperasi jasa keuangan syariah yang berlokasi di Desa Natar, Lampung Selatan. Masalah dalam penelitian ini adalah terdapat penurunan jumlah nasabah yang terjadi setiap tahunnya, tingkat penghasilan nasabah yang pas-pasan dapat berpengaruh terhadap kurangnya modal, serta kurang tepatnya strategi segmentasi dalam meningkatkan jumlah nasabah. Permasalahan yang dirumuskan adalah seberapa besar pengaruh variabel segmentasi terhadap preferensi konsumen.Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh segmentasi geografik, demografik, psikografik, dan perilaku terhadap preferensi yang ada di BMT Insan Amanah. Metode penelitian yang di lakukan dalam penelitian ini meliputi jenis penelitian deskriptif, studi kepustakaan, dan studi lapangan. Analisis yang di lakukan adalah analisis regresi linier berganda dan diperoleh persamaan Y = 2.370 + 0. 265 X  + 0.397 X  + 0. 345 X  + 0. 172 X4 + e. Sedangkan untuk hasil Uji Koefisien Regresi Secara Bersama-Sama, diperoleh persamaan F hitung > F tabel (51.214 > 2.50) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh secara signifikan antara segmentasi konsumen terhadap Preferensi BMT Insan Amanah di Natar Lampung selatan.Uji Koefisien Regresi Secara Parsial (Uji t), diperoleh hasil Df = n – k – 1 = 80 – 4 – 1 = 75diperoleh nilai t Tabel (0,05;75) = 1,992.Dari hasil berdasarkan penjelasan variabel-variabel penelitian dengan pola yang diprediksi (berdasarkan teori) diperoleh bahwa segmentasi geografik, segmentasi demografik, segmentasi psikografik, dan segmentasi perilaku sangat berperan terhadap preferensi konsumen di BMT Insan Amanah.Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa segmentasi geografik, segmentasi demografik, segmentasi psikografik, dan segmentasi perilaku berpengaruh positif terhadap preferensi konsumen.Microfinance institution as one pillar of Indonesian economy by providing financing for micro, small, and medium enterprises is expected to assist in alleviating poverty in Indonesia. One of them is the Baitul Maal wat Tamwil (BMT), which has operational standards based on sharia. BMT organize business financial services in the micro, small and medium enterprises and also have a social mission and business. BMT Insan Amanah is a cooperative islamic financial services that is located in the village of NataR, South Lampung . The problem in this study is the decrease in the number of customers that always happen each year, the limited income of customer can affect the lack of capital, as well as the unsuitable segmentation strategy in increasing the number of customers. The formulted problem is : how much influence of the segmentation variables to consumer preferences. The purpose of this study was to determine the effect of geographic segmentation , demographic , psychographic , and behavior of the existing preferences in BMT Insan Amanah . The analysis is multiple linear regression and get equation as follows, Y = 2.370 + 0 . 0397 265 X + X + 0 . 345 X + 0 . X4 172 + e . As the results of Regression Coefficient Test which has done together, equation F count > F table ( 51 214 > 2.50) then Ho is rejected and Ha is accepted , it means there is significant influence between consumer segmentation to Preferences BMT Insan Amanah in South Lampung, Natar . Partial regression coefficient test (t test ) , the results obtained Df = n - k - 1 = 80 - 4 - 1 = 75 t Table value obtained ( 0.05 ; 75 ) = 1.992 . Explanation of the results based on the study variables with the predicted pattern ( based on theory ) found that geographic segmentation , demographic segmentation , segmentation psikografik , and behavioral segmentation greatly contributes to consumer preferences in BMT Insan Amanah . Thus the hypothesis that geographic segmentation , demographic segmentation , psychographic segmentation and behavioral segmentation have positive effect on consumer preferences .
Analisis Portopolio Produk Pada PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Cabang Lampung Menggunakan Matrik Boston Consulting Group (BCG) M. Yusuf S. Barusman; Soni Gunardi
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 2 (2014): April
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (789.36 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v4i2.709

Abstract

Produk dapat dinilai potensial oleh target pasar karena keunggulannya atau kutilitas yang dapat dihasilkannya demikian juga yang di harapkan PT. Asuransi Umum Bumiputera 1967 Cabang Lampung. Masalah pada penelitian ini tahun 2013 hanya tercapai target se-besar 91% dan pertumbuhan tidak maksimal hanya sebesar 8,10% pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Lampung. Berdasarkan masalah maka perumusan masalah pada penelitian ini  yaitu: Bagaimana pemetaan  portopolio  produk  dan staretegi yang diterapkan PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Cabang Lampung meng-gunakan Matrik Boston Consulting Group (BCG)”. Adapun Tujuan penelitian ini yaitu: menganalisis pemetaan portopolio produk dan strategi yang diterapkan pada PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Cabang Lampung.  Metode analisis menggunakan Matrik Boston Consulting Group (BCG). Berdasarkan hasil pemetaan pada matrik Boston Consulting Group (BCG) dapat dijelaskan bahwa  kesebelas produk PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Cabang Lampung  menempati kuadran (posisi) yang berbeda-beda yaitu : Pada kuadran I  atau Question Mark terdapat enam produk yang dipetakan dalam posisi ini yaitu produk asuransi kebakaran, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi kredit, asuransi uang, dan asuransi kebongkaran. Ini menunjukan 55% produk yang dipasarkan PT.Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Cabang Lampung pangsa pasarnya masih lebih kecil dibandingkan kompetitor utama, tetapi tingkat pertumbuhan produk 5 tahun terakhir cukup tinggi. Pada Kuadran II atau Star, terdapat empat produk asuransi yaitu asuransi ke-sehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi surety bond, dan asuransi dokter liability. Ini menunjukan 37% produk yang dipasarkan PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Cabang Lampung dalam posisi yang optimal, di mana posisi yang semua perusahaan menginginkannya, di mana tingkat pertumbuhan dan tingkat pangsa pasar cukup tinggi. Pada Kuadran IV atau Dog terdapat satu produk asuransi yaitu marine cargo. Ini menunjukan hanya ada 0.09% produk yang dipasarkan PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Cabang Lampung dalam kondisi tidak lagi memiliki daya saing yang unggul dan tingkat pertumbuhan yang lambat.The products can be considered as potential market target because it’s excellence or quality that can be produced, as well as the expected in PT. Bumiputeramuda General Insurance 1967, Lampung Branch. The problem in this research is: by the year of 2013, they only reached the target of 91% and the growth is not maximum, only by 8.10% in PT. Bumiputeramuda General Insurance 1967, Lampung Branch. Based on this  problem formulation in this research is: How is mapping of product portfolios and strategy applied by PT. Bumiputeramuda General Insurance 1967, Lampung Branch using Boston Consulting Group (BCG) Matrix. The purpose of this study are: to analyze mapping product portfolio and strategy applied to the PT. General Insurance 1967 Bumiputeramuda Lampung branch. The method of analysis using  Boston Consulting Group (BCG) Matrix. Based on the mapping results of the matrix of the Boston Consulting Group (BCG) can be explained that the eleven product of PT. Bumiputeramuda 1967 General Insurance Lampung Branch occupies different a quadrant (position) : In the first quadrant or Question Mark there are six products that are mapped in this position. the product are fire insurance, automobile insurance, motorcycle insurance, credit insurance, money insurance, and insurance burglary. It shows 55 % of products marketed by PT .Bumiputeramuda 1967 General Insurance Lampung Branch market share is still smaller than the main competitors , but the rate of growth of the past 5 years the product is high enough. In Quadrant II or Star, there are four insurance products, the product are health insurance, personal accident insurance, surety bond insurance, and physician liability insurance. It shows 37 % of products marketed by PT .  Bumiputeramuda 1967 General Insurance Lampung Branch in the optimal position, in which position all companies want, which pertubuhan level and the level of market share is quite high. In Quadrant IV or the Dog, there is one product that is marine cargo insurance. It shows only 0:09 % of products marketed by PT. Bumiputeramuda 1967 General Insurance Lampung Branch in a state that  no longer has a superior competitiveness and slower growth rates .
Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DP2KA) di Kabupaten Way Kanan Habiburrahman HABIBURRAHMAN; Gede Agus Suwantara
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 2 (2014): April
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.875 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v4i2.710

Abstract

Peranan fungsi pimpinan dalam motivasi dan disiplin akan sangat menentukan prestasi pegawai. Masalah pada penelitian ini kinerja pegawai yang belum maksimal pegawai bersikap pasif terhadap pekerjaan, kurangnya motivasi, tidak tercapai target, datang terlambat. Permasalahan penelitaian ini yaitu bagaimana pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DP2KA) Kabupaten Way Kanan?”. Adapun tujuan pada penelitian ini yaitu Untuk mengetahui pengaruh motivasi dan disiplin  kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Way Kanan. Metode analisis yang digunakan yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini populasinya berjumlah 68 orang. Hasil penelitian, berdasarkan Uji T secara parsial, Thitung = 13,979 > dari Pvalue  0,000 pada α = 0,005 (5%). Hipotesis yang penulis ajukan tetap diterima artinya terdapat pengaruh positif. Sedangkan hasil Uji F secara simultan, Fhitung 1,067 siknifikansi pada Pvalue = 0,350 artinya nilai Fhitung = 1,067 > dari Pvalue = 0,350.  Haasil Analisis kolerasi ganda (R) diperoleh nilai koefisien korelasi simultan yaitu hubungan antara motivasi disiplin dengan kinerja pegawai diperoleh nilai koefisien R sebesar 0,178 berarti secara simultan terdapat hubungan   positif antara motivasi dan disiplin kerja dengan kinerja sebesar 0,178 kategori hubungan positif  tidak begitu kuat. Sedangkan hasil analisis determinasi (R2) secara simultan besarnya kontribusi diperoleh nilai R skure (R2) sebesar 0,32 atau 3,2 %. Besarnya kontribusi atau sumbangan motivasi dan disiplin kerja terhadap kenaikan dari kinerja pegawai sebesar 3,2% sisanya 96,8% pengaruh dari faktor lain. Berdasarkan hasil analiasis, maka hipotesis yang menyatakan motivasi dan disiplin secara parsial dan simultan berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai pada dinas pendapatan pengelolaan keungan dan aset (DP2KA) di kabupaten Way Kanan dapat diterima.The role of the leadership function in motivation and discipline will determine the achievements of employees. The problem in this study the performance of employees who have not been maximum and the employee passively lack of motivation, not reached the target, and came too late. The problem of this research this is How is the influence of motivation and discipline on the performance of employees at the Department of Finance and Asset Management Revenue (DP2KA )in Way Kanan District? The purpose of this research is to determine the effect of motivation and discipline on Employee Performance Management Revenue Finance and Asset Way Kanan District. The analytical method used is qualitative and quantitative methods. In this study population the number 68 people. The results of this study, based on Test T partially, Tscore = 13.979> of pvalue 0,000 at α = 0.005 (5%). While the results of Test F simultaneously, Tscore 1.067 siknifikansi on pvalue = 0.350 means that the value of F = 1.067> of pvalue = 0.350, mean motivation and discipline simultaneously positive effect on the performance of employees. Result Analysis of determination (R) obtained a correlation coefficient simultaneously, namely the relationship between motivation and discipline with employee performance values obtained coefficient R of 0.178 after consultation with the criteria stated above, there is simultaneously a positive relationship between motivation and discipline with a performance of 0.178 categories of relationship positive are not so strong, because it is located between the grades from 0.00 to 0.99. While the results of the analysis of determination (R2) simultaneously amount of the contribution that the value of R skure (R2) of 0.32 or 3.2%. The amount of the contribution or donation of motivation and discipline to the increase of performance of employees by 3.2% the remaining 96.8% of the influence of other factorns. Based on result of analysis the hypothesis is accepted that stated motivation and labor discipline partially and simultaneously positive effect on the performance of employees in The Financial Services and Asset Management Income (DP2KA) in Way Kanan District is accepted.
Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen di Bubur Gabe Bandar Lampung Andala Rama Putra Barusman; Yoshoa YOSHOA
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 2 (2014): April
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (769.826 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v4i2.711

Abstract

Dalam mengatasi persaingan di dunia bisnis  diperlukan strategi pemasaran yang titik sentralnya ad alah kepuasan pelanggan adalah titik sentralnya. didalam pemasaran mnggunakan strategi sebagai penentu hidup dan matinya sebuah usaha. Bubur Gabe merupakan salah satu jenis usaha dibidang makanan cepat saji atau instan yang belokasi di Jalan Pangeran Antasari no 109 Bandar lampung.Permasalah dalam penelitian ini adalahKurang dominannya pengaruh strategi bauran pemasaran promosi mengakibatkan kurang puasnya konsumen.Tujuan penelitian ini ingin mengetahui strategi bauran pemasaran manakah yang paling dominan terhadap kepuasan konsumen di bubur gabe, Bandar Lampung. Metode Penelitian yang dilakukan dalam penulisan ini meliputi penelitian deskriptif, Studi Kepustakaan dan Studi Kelapangan yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data secara Observasi, Wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Analisis yang digunakan analisis Koefisien Korelasi dimana korelasi dilambangkan (r) dengan ketentuan nilai r tidak lebih dari harga ( - 1 < r < + 1) apabila nilai r = -1 artinya korelasi negatif sempurna r = 0 artinya tidak ada korelasi dan r = 1 berarti korelasi sangat kuat dan analisis Koefisien Determinasi untuk menyatakan besar kecilnya pengaruh variabel X terhadap Y dapat ditentukan dengan  KP = r2 x 100%. Sedangkan hasil pengujian Hipotesis t tabel didapat dari n-2 dimana  (30- 2 = 28 ) dapat kita lihat pada lampiran t tabel dengan tingkat signifikan 0,05 Dengan hipotesis nol (Ho) dari hipotesis alternatif (Ha), yaitu : Jika thitung   ≥ttabel, maka tolak Ho, terima Ha artinya signifikan dan,  thitung≤ ttabel, terima Ho, tolak Ha artinya tidak signifikan. Berdasarkan keempat variabel tersebut yaitu produksi, harga, promosi dan saluran distribusi dimana keempat variabel tersebut merupakan komponen yang digunakan untuk mengukur bauran pemasaran maka dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan,. Hal ini terbukti bahwa keempat variable tersebut memiliki nilai  thitung  ≥ttabel.In the current era of globalization, the competition in business world is getting tougher. To be able to maintain our business there’s a need to plan our  marketing strategy. The most fundamental thing in the marketing strategy is an understanding of the concept of marketing where customer satisfaction is the central point. Marketing use a strategy as the life and death determinant of business. Gabe porridge is one kind of business in fast food or instant that located in Jalan Pangeran Antasari No. 109 Bandar Lampung. Problem in this study is a less dominant effect of promotional marketing mix strategy caused  less consumer satisfaction. The purpose of this study :  To know which one is the most dominant marketing mix strategy to consumer satisfaction in Gabe Porridge, Bandar Lampung. Research methods conducted in this paper include descriptive studies, literature study and spaciousness study conducted with data collected by observation, interview, documentation and questionnaires. The analysis used the analysis of correlation coefficients which symbolized correlation (r) with the provisions of the r value of not more than the price (- 1 <r <+ 1) if the value of r = -1 means a perfect negative correlation r = 0 means no correlation and r = 1 means the correlation is very strong and analysis coefficient of determination to declare the size of the effect of variable x to Y can be determined by KP = r2 x 100%. While the test results obtained from the table Hypothesis t n-2 where (30- 2 = 28) we can see in the attachment t table with a significant level of 0.05 the null hypothesis (Ho) of the alternative hypothesis (Ha), namely: If thitung ≥ ttabel, then reject Ho, Ha received significant meaning and, thitung ≤ ttable, thank Ho, Ha reject means insignificant. Based on the four variables, namely production, price, promotion and distribution channels in which the four variables are used to measure the components of the marketing mix, it can be concluded that the marketing mix and significant impact on customer satisfaction. It is evident that the four variables that have tcount ≥ ttable.
Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Motor Merk Mio J CW FI pada PT. Bahana Pagar Alam di Bandar Lampung. H. Achmad Subing; Ferdian Dwi Saputra
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 2 (2014): April
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.352 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v4i2.712

Abstract

PT. Bahana Pagar alam di Bandar Lampung merupakan perusahaan milik swasta, yang telah lama beroperasi di Bandar Lampung. Perusahaan ini menghasilkan beraneka produk motor merk Yamaha dengan kualitas yang baik. Masalah yang dihadapi perusahaan adalah dengan mengalami penurunan volume penjualan pada bulan oktober sampai  bulan desember 2012, Strategi yang dipakai juga kurang tepat untuk menghadapi pesaing. Maka permasalahan yang dirumuskan adalah “Apakah menurunnya volume penjualan produk Yamaha Mio J CW FI disebabkan oleh strategi pemasaran yang kurang tepat?. Aadapun Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa strategi pemasaran yang dapat meningkat-kan volumei penjualan produk Yamaha Mio J CW FI di PT. Bahana Pagar Alam.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Reseach), penelitian lapangan (Field Reseach), melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu dengan meng-gunakan analisis SWOT dan posisi pangsa pasar. Dari hasil pembahasan berdasarkan analisis SWOT, PT. Bahana Pagar Alam di Bandar Lampung memiliki keunggulan dari segi harga dan potongan penjualan ini membuat perusahaan memiliki peluang untuk menaikkan harga dilihat dari produk yang dihasilkan mempunyai kualitas yang sama dengan pesaing. Kelemahan terbesar perusahaan adalah dari segi kurangnya karyawan dan tidak ada bonus untuk karyawan. Berdasarkan analisis posisi pangsa pasar diperoleh nilai tingkat pertumbuhan pasar sebesar 18% sedangkan untuk perhitungan pangsa pasar diperoleh nilai sebesar 1.10. Hal ini menunjukkan bahwa PT. Bahana Pagar Alam berada pada Kuadran II, yaitu Daerah Bintang (Stars) yang memiliki pangsa pasar relatif tinggi dan rata-rata pertumbuhan pasar yang tinggi. Organisasi sebaiknya memanfaatkan kesempatan untuk tumbuh dan menghasilkan laba yang tinggi. Strategi yang cocok untuk posisi tersebut adalah integrasi ke depan. Disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan PT. Bahana Pagar alam dalam analisis SWOT yang paling dominan adalah strategi SO dan WO.PT. Bahana Pagar alam is a privately owned company in Bandar Lampung which has operated for a long time in Bandar Lampung. The company sells a variety of brand Yamaha motor products with good quality. Problems faced by the company is there’s a decrease of sales volume in October to December of 2012, the adopted strategy also wasn’t suitable to face the competitors. Then the defined problem is "Is the decrease in sales volume of Yamaha Mio J CW FI caused by the lack of proper marketing strategy ?. The purpose of this study was to analyze the marketing strategy to increase sales volume of Yamaha Mio J CW FI in PT. Bahana Pagar Alam. The method used in this research are research library, field research, through observation, interviews and documentation. The analytical tool used is qualitative analysis by using SWOT analysis and market share position. From the discussion based on SWOT analysis, PT. Bahana Pagar alam in Bandar Lampung has an advantage in terms of price and sales discounts, this makes the company have a opportunity to raise prices, it can be seen from the products that have the same quality with competitors. The biggest weakness of the company is in terms of the lack of employees and no bonuses for employees. Based on the analysis of market share position obtained market value growth rate of 18% whereas for the calculation of market share obtained a value of 1:10. This indicates that PT. Bahana Pagar Alam is located in Quadrant II, namely the Regional Stars) which has a relatively high market share and average market growth is high. Organizations should take advantage of the opportunity to grow and generate high profits. Strategy that is suitable for this position is forward integration. It was concluded that the most dominant marketing strategy of PT. Bahana pagar alam in SWOT analysis are WO SO strategy.

Page 1 of 1 | Total Record : 6