cover
Contact Name
Ni Putu Widhia Rahayu
Contact Email
niputu@ubl.ac.id
Phone
+6281927740007
Journal Mail Official
manbis@ubl.ac.id
Editorial Address
Jl. Z.A Pagar Alam No. 26 Labuhan Ratu, Bandar Lampung, 35142
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : 20870701     EISSN : 27748898     DOI : http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v13i1.2831
Bisnis Internasional, Ekonomis Bisnis, Etika Bisnis, Kewirausahaan, Manajemen Administrasi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen Pendidikan, Manajemen Produksi, Manajemen Strategis, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pasar Modal, Perilaku Organisasi, Sistem Informasi Manajemen
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2016): Oktober" : 6 Documents clear
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Bengkel pada Q-Noy Variasi di Bandar Lampung Endang Sp Sudjito; Heri Permadi
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 7, No 1 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.557 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v7i1.843

Abstract

Pada dasarnya suatu bisnis adalah menjual produk berupa barang atau jasa kepada konsumen. Untuk menjual produk ke konsumen salah satu aspek yang penting didalamnya yaitu Kualitas Pelayanan. Kualitas Pelayanan harus ditingkatkan agar tercipta peningkatan penjualan produk  maupun kepuasan konsumen. Seperti bisnis Jasa  Bengkel pada Q-Noy Variasi di Bandar Lampung yang bergerak dibidang bengkel maka kualitas pelayanan itu sebagai kunci utama. Masalah yang dialami dalam penelitian ini yaitu mengalami penurunan sehingga tidak mencapai target yang sudah ditetapkan. Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy berpengaruh terhadap kepuasan konsumen jasa bengkel pada Q-Noy Variasi di Bandar lampung? Adapun tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui pengaruh tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa bengkel pada Q-Noy Variasi di Bandar lampung. Metode penelitian ini yaitu jenis penelitian ini menggunakan dua jenis yaitu penelitian lapangan dan kepustakaan, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kasual, populasi yang digunakan yaitu pengguna jasa bengkel Q-Noy dan sampelnya sebanyak 100 orang. teknik pengumpulan datanya dengan obsevasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Alat analisis yang digunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Berdasarkan hasil nilai regresi variabel Emphaty sebesar 0,417 ini artinya variabel Emphaty lebih berpengaruh dan dominan dibanding variabel penelitian lain dalam mempengaruhi  kepuasan konsumen pada bengkel Q-Noy Variasi di Bandar Lampung. (2) Hasil  pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa untuk variabel Tangibel diperoleh angka thitung sebesar 0,908 < ttabel sebesar 1,662. Untuk  variabel Realibilty, diperoleh angka thitung sebesar 1,265 <  ttabel sebesar 1.662. Untuk variabel Responsiveness , diperoleh angka thitung sebesar 0,317 <  ttabel sebesar 1.662. Untuk variabel Assurance , diperoleh angka thitung sebesar 1,776 >  ttabel sebesar 1.662. Untuk variabel Emphty, diperoleh angka thitung sebesar 5,250 >  ttabel sebesar 1.662. Artinya bahwa untuk variabel Tangibel, Reability dan  Responsiveness tidak ada pengaruh terhadap Kepuasan Konsumen Bengkel Q-noy Variasi Di Bandar Lampung. Sedangkan  variabel  Assurance dan Emphty berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen Bengkel Q-noy Variasi Di Bandar Lampung. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis 1, 2, dan 3 ditolak sedangkan hipotesis 4 dan 5 dapat diterima.Basically a business is to sell the product in the form of goods or services to consumers. To sell products to consumers one important aspect therein is the Quality of Service. Quality of Service should be increased in order to create increased product sales and customer satisfaction. As Business Services Workshop on Q-Noy Variations in Singapore engaged in the workshop so that service quality as the primary key. Problems experienced in this study is decreased so that did not achieve the targets set. Based on the identification of the problems above, which is the case in this study is whether the quality of service which consists of tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy affects customer satisfaction services at Q-Noy workshop Variations in Bandar Lampung? The purpose of this research is: To determine the effect of tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy to customer satisfaction of service users workshop on Q-Noy Variations in Bandar Lampung. This research method is the type of research uses two types of field research and literature, this study is a quantitative study is casual, the population used is the Q-Noy workshop services and sample as many as 100 people. data collection techniques by observation, interviews, documentation and questionnaires. The analytical tool used multiple regression analysis. The results of this study are (1) Based on the results of the regression of 0.417 Emphaty this means that the variable Emphaty more influential and dominant than the other study variables in influencing customer satisfaction in the garage Q-Noy Variations in Bandar Lampung. (2) The results of hypothesis testing showed that the obtained figures for tangible variables t value 0.908 <ttable 1,662. For Realibilty variables, obtained figures amounted to 1,265 t <t table amounted to 1,662. For variable Responsiveness, figures obtained t value 0.317 <ttable 1662. For variable Assurance, obtained figures amounted to 1,776 t> ttable 1662.  For Emphty variables, obtained figures amounted to 5,250 t> ttable 1662. This means that for the variable tangible, Reability and Responsiveness no effect on Customer Satisfaction Workshop Q-noy Variations in Bandar Lampung. While variable Emphty Assurance and Customer Satisfaction Workshop effect on Q-noy Variations in Bandar Lampung. Based on the explanation can be concluded that the hypothesis 1, 2, and 3 was rejected while hypothesis 4 and 5 are acceptable.
Analisis Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Produktifitas Kerja Karyawan pada PT. Bank Lampung di Way Kanan H. Achmad Subing; Erwin Hardianto
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 7, No 1 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.481 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v7i1.844

Abstract

Suatu perusahaan harus tetap menjaga produktifitas karyawanya agar perusahaan terus berjalan lancar untuk mencapai tujuan perusahaan. Hal ini juga yang dialami oleh perusahaan PT Bank Lampung di Way Kanan untuk terus menjaga produktifitas karyawanya.  Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini yaitu: target peminjaman pada nasabah cenderung tidak tercapai rata-rata sebesar 77,2% per tahun. Tidak tercapai target ini mengindikasikan bahwa produktifitas kerja karyawan bagian peminjaman cenderung menurun, sehingga terjadi masalah yang mengakibatkan produktifitas kerja menurun pada PT. Bank Lampung di Way Kanan.  Berdasarkan masalah tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah menurunnya produktifitas kerja karyawan pada PT. Bank Lampung di Way Kanan dipengaruhi oleh kompensasi dan motivasi kerja? Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh kompensasi dan motivasi kerja terhadap produktifitas kerja karyawan pada PT. Bank Lampung di Way Kanan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dan kepustakaan, disain penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan populasi 37 dan penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Analisis regresi berganda menggunakan SPSS  windows 18.  Hasil dari penelitian ini yaitu koefisien determinasi R2x1x2y =0,555 atau 55,50%, arti bahwa besarnya perubahan pada variabel produktifitas kerja karyawan 55,50% dijelaskan oleh kompensasi dan motivasi kerja sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Hasil dari pengujian hipotesis pada penelitian ini yaitu (1) diperoleh angka t hitung sebesar 2,476 > ttabel sebesar 2,032 yang artinya ada pengaruh kompensasi terhadap produtkfitas kerja karyawan PT Bank Lampung di Way Kanan. (2) diperoleh angka t hitung sebesar 2,702 > t tabel sebesar 2,302 yang artinya ada pengaruh motivasi kerja terhadap produktifitas kerja PT Bank Lampung di Way Kanan. Nilai  Fhitung=21,235 > Ftabel= 3.28 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 menunjukan bahwa secara bersama-sama kompensasi dan motivasi kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktifitas kerja pada PT. Bank Lampung di Way Kanan. Berdasarkan hal tersebut yang berarti bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima.A company must maintain employee productivity for the company to continue running smoothly to achieve its goals. It is also experienced by PT Bank Lampung The Right Way to continue to maintain productivity karyawanya. The problems encountered in this study are: the target lending to customers less likely to be achieved on average by 77.2% per year. The target is not reached, indicating that part of the borrowing employee productivity tends to decrease, resulting in a problem that resulted in decreased work productivity at PT. Bank Lampung in the Right Way. Based on the problem, the problem in this research are: Are the decreasing productivity of employees at PT. Bank Lampung in Way Kanan is affected by compensation and motivation?. The purpose of this study is to analyze the effect of compensation and motivation to work productivity of employees at PT. Bank Lampung in the Right Way. This type of research is a field research and literature, the design of this research is descriptive method with a population of 37, and this research was population research. Technique data collecting use observation, interviews, documentation and questionnaires. The tools used in this research is using multiple regression analysis using SPSS Windows 18. The results of this analysis, the coefficient of determination R2x1x2y = 0.555 or 55.50%, meaning that the magnitude of the change in the variable employee productivity 55.50% explained by compensation and motivation while the rest is explained by other factors not examined in this study. The results of testing the hypothesis in this study were (1) obtained figures amounted to 2,476 t count> t table amounted to 2,032, which means there is influence employee compensation to produtkfitas PT Bank Lampung in the Right Way. (2) obtained figures amounted to 2,702 t count> t table of 2.302, which means there is the influence of work motivation on work productivity PT Bank Lampung in the Right Way. Value of F = 21.235> F table = 3.28 with a significance of 0.000 <0.05 indicates that jointly compensation and motivation have a significant impact on labor productivity at PT. Bank Lampung in the Right Way. Based on this, which means that the hypothesis can be accepted.
Analisis Pengaruh Kompensasi Manajemen Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Bursa Efek Indonesia) . Defrizal; Faris Mohammad Fardlani
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 7, No 1 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.717 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v7i1.840

Abstract

Manajemen sebagai pihak yang bertanggung jawab penuh mengelola perusahaan demi tercapainya kelangsungan hidup perusahaan dipandang sangat perlu mendapatkan apresiasi yang efektif dalam bentuk kompensasi. Seperti perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang selalu memberikan kompensasi untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Permasalahan penelitian ini yaitu: (1) Apakah kompensasi manajemen pada suatu tahun tertentu berpengaruh terhadap kinerja perusahaan pada tahun tersebut? (2) Apakah kompensasi manajemen pada suatu tahun tertentu berpengaruh terhadap kinerja perusahaan pada tahun berikutnya? (3) Apakah kinerja yang dicapai perusahaan pada tahun tertentu berbeda dengan kinerja tahun berikutnya? Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan (1) apakah kompensasi manajemen pada tahun tertentu berpengaruh terhadap kinerja perusahaan pada tahun tersebut, (2) apakah kompensasi manajemen pada tahun tertentu berpengaruh terhadap kinerja perusahaan pada tahun berikutnya, dan (3) apakah kinerja yang dicapai perusahaan pada tahun tertentu berbeda secara signifikan dengan kinerja tahun berikutnya. Metode analisisnya yaitu causal research dengan menggunakan alat analisis untuk pengujian hipotesis 1 (H-1) dan hipotesis 2 (H-2) adalah regresi berganda. Sedangkan untuk pengujian hipotesis 3 digunakan uji t beda rata-rata sampel berpasangan. Variabel yang dimasukkan dalam model penelitian, adalah kompensasi manajemen sebagai variabel independen dan variabel kinerja yang diukur dengan return on asset (ROA) sebagai variabel dependen. Penelitian ini memasukkan variabel pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan dan rasio leverage sebagai variabel kontrol. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive (purposive sampling). Sampel yang digunakan berjumlah 55 perusahaan non keuangan yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 5 tahun atau lebih. Data yang dibutuhkan harus disajikan dalam laporan keuangan perusahaan sampel, yaitu laporan keuangan yang termuat dalam  ICMD tahun 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kompensasi manajemen yang dibayarkan pada satu tahun tertentu berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan tahun tersebut, 2) kompensasi manajemen yang dibayarkan pada satu tahun tertentu berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan tahun berikutnya, dan 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja yang dicapai perusahaan pada satu tahun tertentu dengan kinerja perusahaan tahun berikutnya.Management as the responsible parties fully manage the company in order to achieve the company's survival is considered very necessary to get an effective appreciation in the form of compensation. As companies listed in Indonesia Stock Exchange which always provide compensation to improve company performance. The problems of this study are: (1) Is management compensation in a given year affect the company's performance during the year? (2) Is management compensation in a given year affect the company's performance in the next year? (3) Does the performance achieved by the company in a given year is different from the next year's performance? This study was conducted to prove (1) whether management compensation in a given year affect the company's performance in the year, (2) whether management compensation in a given year affect the company's performance in the next year, and (3) whether the performance achieved by the company in a given year is significantly different from the next year's performance. The method is causal research analysis using an analysis tool to test the hypothesis 1 (H-1) and hypothesis 2 (H-2) is a multiple regression. As for the hypothesis testing 3 different t test was used an average sample pairs. The variables included in the model study, is management compensation as independent variables and performance variables measured by return on assets (ROA) as the dependent variable. This study include variables company growth, company size and leverage ratio as control variables. The sample selection was done by purposive (purposive sampling). The samples used were 55 non-financial companies that have been listed in the Indonesia Stock Exchange for 5 years or more. The data needed to be presented in the financial statements of samples, that the financial statements contained in ICMD 2014. The results showed that 1) the management compensation paid in a given year has a positive effect on company performance of the year, 2) management compensation paid in a given year has a positive effect on the performance of the company the following year, and 3) there is a significant difference between the performance achieved by the company in a given year with the company's performance next year.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Adira Dinamika Multi Finance Cabang Lampung Mobil Prajawantoro Prajawantoro; Ni Dewa Ayu Dwi Susanti
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 7, No 1 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.275 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v7i1.845

Abstract

Pekembangan perekonomian mendorong pertumbuhan pada sektor usaha jasa pengkreditan. Dimana salah satu faktor yang menentukan tingkat keberhasilan perusahaan jasa adalah kemampuan perusahaan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada konsumen. Seperti PT. Adira Dinamika Multi Finance cabang Lampung Mobil merupakan salah satu perusahaan multifinance yang bergerak dalam bidang pembiayaan kendaraan bermotor yang berkonsentrasi pada pembiayaan kendaraan roda empat. Masalah yang di hadapi dalam penelitian ini yaitu  perusahaan mengalami fluktuasi volume penjualan yang cenderung menurun,  selain itu juga,  rendahnya kepuasan konsumen.  Berdasarkan identifikasi masalah maka rumusan permasalahan penelitian ini yaitu: Apakah kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik (Tangibles), keandalan (Realibility), daya tanggap (Responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada PT. Adira Dinamika Multi Finance Cabang Lampung Mobil? Mengacu pada perumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik (Tangibles), keandalan (Realibility), daya tanggap (Responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty) terhadap kepuasan konsumen pada PT. Adira Dinamika Multi Finance cabang Lampung Mobil.  Metode penelitian ini yaitu penelitian lapanagan dan kepustakaan, disain penelitianya merupakan penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen dengan sampelnya sebesar 100 konsumen. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis kulaitatif dan kualtitatif dengan alat regresi berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan hasil regresi berganda uji t untuk variabel bukti fisik (tangible) diperoleh nilai t hitung  sebesar 2,252> t tabel sebesar 1,661 artinya  bahwa variabel bukti fisik (tangible) berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan demikian hipotesis 1 diterima.  Untuk variabel keandalan (reliability) diperoleh hasil nilai t hitung sebesar 2,277> t tabel sebesar 1,661.  Artinya bahwa variabel keandalan (reliability) berpengaruh yang  signifikan terhadap kepuasan kepuasan konsumen, dengan demikian hipotesis 2 diterima.  Untuk variabel daya tanggap (responsiveness) diperoleh nilai t hitung sebesar 2,152> t tabel sebesar 1,661.  Artinya bahwa variabel daya tanggap (responsiveness)   berpengaruh  yang signifikan terhadap kepuasan kepuasan konsumen, dengan demikian hipotesis 3 diterima.  Untuk variabel jaminan (assurance) diperoleh nilai t hitung sebesar  2,818> t tabel sebesar 1,661.  Artinya variabel  jaminan (assurance) berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kepuasan konsumen, dengan demikian hipotesis 4 diterima.  Untuk variabel empati (emphaty) diperoleh nilai t hitung sebesar 3,130> t tabel sebesar 1,661. Berdasarkan peenjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa seluruh hipotesis yang diajukan dapat diterima.The development of the economy is driving growth in the crediting business sector. Where one of the factors that determine the success rate of service companies is the ability of the company in providing quality services to consumers. Such as PT. Adira Dinamika Multi Finance branch Lampung cars is one of the multifinance companies engaged in the field of motor vehicle financing that concentrates on financing four-wheeled vehicles. Problems faced in this research is the company experiencing fluctuations in sales volume tends to decline, but also, low customer satisfaction. Based on problem identification, the research problem is: Is the quality of service consisting of physical evidence (Tangibles), reliability (Realibility), Responsiveness, assurance and empathy affecting customer satisfaction at PT. Adira Dinamika Multi Finance Branch Lampung cars ?  Referring to the formulation of the above problem, the purpose of this research are: To know the influence of service quality consisting of physical evidence (Tangibles), reliability (Realibility), Responsiveness, Assurance and Empathy to Satisfaction Consumers at PT. Adira Dinamika Multi Finance branch Lampung cars. This research method is research of lapanagan and bibliography, its research design is descriptive research with data collection technique using observation, interview, documentation and questionnaire. The population in this study is all consumers with a sample of 100 consumers. Analytical tool used is qualitative and qualitative analysis with multiple regression tool. The result of this research is based on multiple regression test t test for tangible variable obtained t value equal to 2,252> t table equal to 1,661 meaning that variable of physical evidence (tangible) have a significant effect to consumer satisfaction, thus hypothesis 1 accepted. For the variable reliability (reliability) obtained t value value of 2.277> t table of 1.661. This means that the variable reliability (reliability) has a significant effect on customer satisfaction satisfaction, thus hypothesis 2 accepted. For the variable responsiveness (responsiveness) obtained t count value of 2.152> t table of 1.661. This means that the variable responsiveness (responsiveness) has a significant effect on customer satisfaction satisfaction, thus hypothesis 3 accepted. For assurance variables (assurance) obtained t value counted 2.818> t table of 1.661. This means that the variable assurance (assurance) have a significant effect on customer satisfaction satisfaction, thus hypothesis 4 accepted. For empathy variable (empathy) obtained value of t count equal to 3,130> t table equal to 1,661. Based on these clarification can be concluded that all hypothesis proposed can be accepted. 
Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Brand Loyalty pada Monique’s Cakery di Bandar Lampung Sapmaya Wulan; Sayori Rahayu
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 7, No 1 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.547 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v7i1.841

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin modern membuat setaip pemilik usaha untuk mengenalkan produknya melalui media sosial. Seperti yang dilakukan oleh Monique’s Cakery yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kuliner kue. Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini yaitu: volume penjualan Monique’s Cakery mengalami fluktuasi dan beberapa semester terakhir cenderung menurun. Masalah yang dirumuskan adalah apakah media sosial Instagram berpengaruh terhadap Brand Loyalty pada Monique’s Cakery. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh media sosial Instagram terhadap Brand Loyalty pada Monique’s Cakery. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Monique’s Cakery yang berjumlah 615 orang, dan mengambil sample responden sebanyak 62 orang yang diambil secara purposive sampling dan accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebarkan secara online. Uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan bantuan hasil dari SPPS versi 18 adalah valid dan reliabel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji-t. Adapun hasil analisis data kualitatif yang menyatakan tanggapan responden terhadap media sosial Instagram menunjukkan hasil yang fluktuatif dengan rata-rata sebesar 74,07%, dan tanggapan responden terhadap Brand Loyalty menunjukkan hasil yang sangat baik dengan rata-rata nilai 80,51%. Sedangkan Hasil analisi regresi linear sederhananya adalah y=25,108+0,410x. Koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,286 yang berarti variabel X memberikan kontribusi sebesar 28,6%.  Uji t media sosial Instagram terhadap Brand Loyalty, dengan taraf signifikansi 5%, dk (62-2=60) 1,671, thitung sebesar 4,907 lebih besar dari ttabel 1,671, maka dengan demikian Ha diterima Ho ditolak, yang artinya media sosial Instagram berpengaruh signifikan terhadap Brand Loyalty pada Monique’s Cakery di Bandar Lampung. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan media sosial Instagram berpengaruh terhadap Brand Loyalty pada Monique’s Cakery di Bandar Lampung terbukti kebenarannya dan dapat diterima.The development of more modern era made the business owners to introduce their products through social media. As performed by Monique's Cakery which is a company engaged in the field of culinary cake. The problems encountered in this study are: Monique's Cakery sales volume fluctuated and some last semester tends to decrease. The problem that is formulated is whether social media Instagram influence on Brand Loyalty on Monique's Cakery. The aim of this study was to analyze the influence of social media Instagram for Brand Loyalty on Monique's Cakery. Population in this research is that consumers Monique's Cakery totaling 615 people, and take a sample of respondents as many as 62 people were taken by purposive sampling and accidental sampling. Gathering data using questionnaires distributed online. Validity and reliability testing using the aid of SPSS version 18 the results are valid and reliable. The qualitative data analysis stating respondents to Instagram social media showed a fluctuating with an average of 74.07%, and respondents to Brand Loyalty showed very good results with an average value of 80.51%. The analytical method used is a simple linear regression analysis, the coefficient of determination, and a T-test. Results of simple linear regression analysis was y = 25.108 + 0,410x. The coefficient of determination obtained a value of 0.286 which means that the variable X contributed 28.6%. Social media Instagram Ttest for Brand Loyalty, with significant level of 5%, dk (62-2 = 60) 1.671, tcount equal to 4.907 greater than ttable 1.671, it is thus accepted Ha and Ho is rejected, which means social media influence Instagram significantly to Brand Loyalty on Monique's Cakery in Bandar Lampung. Thus, the hypothesis that social media Instagram effect on Brand Loyalty on Monique's Cakery in Bandar Lampung proved to be true and acceptable.
Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Nathani Indonesia di Bandar Lampung Hepiana Patmarina; Harto Hentonto
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 7, No 1 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.393 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v7i1.842

Abstract

Perkembangan dunia usaha yang dinamis dan akan terus berkembang semakin bersaing secara ketat . hal ini juga yang dirasakan PT. Nathani Indonesia yang merupakan usaha yang bergerak di bidang penjualan peralatan pertanian. Masalah yang dihadapi yaitu volume penjualan mengalami fluktuasi, beberapa tahun terakhir yaitu Pada tahun 2012 mengalami penurunan sebesar 10,02 % dan  pada  tahun 2014 mengalami penurunan sebesar 0,72%. Berdasarkan masalah maka rumusan masalah penelitian ini yaitu: Apakah terdapat pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen?  Adapun tujuan pada penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan lokasi  terhadap kepuasan konsumen. Disain penelitian ini yaitu penelitian assosiatif, populasi dari penelitian ini yaitu konsumen PT. Nathani Indonesia, teknik pengambilan sampel yaitu dengan  purposive sampling, jadi jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 48 responden. Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu  Nilai koefisien determinasi (adjusted R2) yang diperoleh sebesar 0,689 atau sebesar 68,9 % variabel kepuasan konsumen dapat dipengaruhi oleh variasi dari variabel kualitas produk, kualitas pelayanan dan lokasi.  Berdasarkan hasil uji simultan diperoleh F hitung 35,651 > F tabel 2,82 dan tingkat signifikansi a 0.000 <0,05, maka dapat dikatakan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, dan Lokasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap  kepuasan konsumen. Sedangkan Hasil analisis uji t untuk variabel kualitas produk diperoleh  nilai t hitung 5,323 > nilai t tabel 2,015 dan tingkat signifikansi 0,000 < probabilitas signifikansi α = 0,05. Artinya  bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Untuk variabel kualitas pelayanan diperoleh nilai t hitung 3,050 > nilai t tabel 2,015 dan tingkat signifikansi 0,004 < probabilitas signifikansi α = 0,05. Dengan demikian hasil penelitian ini menyatakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Serta untuk variabel lokasi diperoleh nilai t hitung 2,340 > nilai t tabel 2,015 dan tingkat signifikansi 0,024 < probabilitas signifikansi α = 0,05. Dengan demikian hasil penelitian ini menyatakan bahwa lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan penjelasan tersebut berarti semua hipotesis yang diajukan dapat diterima.The development of a dynamic business world and will continue to grow more and compete closely. it is also perceived PT. Nathani Indonesia which is a business engaged in the sale of agricultural equipment. Problems faced by the volume of sales has fluctuated, the last few years, namely the year 2012 decreased by 10.02% and in 2014 decreased by 0.72%. Based on the formulation of the problem of this research problem is: Is there any influence product quality, service quality, and location of the customer satisfaction? The purpose of this research is: To determine the effect of product quality, service quality and location of the customer satisfaction. The design of this study is associative study, the population of this research that consumers PT. Nathani Indonesia, the sampling technique is purposive sampling, so the sample size in this study is 48 respondents. Technique data collecting by observation, interviews, documentation and questionnaires. The analytical tool used is multiple regression analysis. The results of this analysis, coefficient of determination (adjusted R2) obtained at 0.689 or 68.9% of consumer satisfaction variables can be influenced by variation of the variable product quality, service quality and location. Based on test results obtained simultaneous 35.651 F count> F table of 2.82 and a significance level of 0.000 <0.05, it can be said that the quality of products, quality of service, and location together affects customer satisfaction. While the t-test analysis results for the variable quality of the products obtained by value t count 5,323> t table 2.015 and 0.000 significance level <probability of significance of α = 0.05. This means that product quality and significant positive effect on customer satisfaction. For service quality variables obtained t value 3,050> t table value of 2.015 and a significance level of 0.004 <α = 0.05 significance probability. Thus the results of this study stated that service quality and significant positive effect on customer satisfaction. As well as to the location variable obtained t count 2,340> t table value of 2.015 and a significance level of 0.024 <α = 0.05 significance probability. Thus the results of this study stated that the location of positive and significant impact on customer satisfaction. Based on the explanation means all hypothesis can be accepted.

Page 1 of 1 | Total Record : 6