cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
husnaina.mailisa@unmuha.ac.id
Editorial Address
Jl. Muhammadiyah No. 91 Batoh - Lueng Bata Kota Banda Aceh Tel / fax : 0651-21024 / 0651-21024
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh
ISSN : 20880588     EISSN : 27165094     DOI : http://dx.doi.org/10.37598/
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Manajemen diterbitkan secara berkala 6 bulanan yaitu pada Edisi Januari-Juni dan Edisi Juli-Desember
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2019): Edisi: Juli - Desember 2019" : 10 Documents clear
PENGARUH KOMUNIKASI PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. CENDANA TOUR & TRAVEL BANDA ACEH Tuwisna Tuwisna
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 9, No 2 (2019): Edisi: Juli - Desember 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.837 KB) | DOI: 10.37598/jimma.v9i2.782

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Komunikasi Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Cendana Tour Travel Banda Aceh. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner, dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t dimaksud untuk mengetahui secara serempak dan secara parsial pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Objek dalam penelitian ini adalah Komunikasi Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Cendana Tour Travel Banda Aceh. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 86 responden. Hasil penelitian berdasarkan secara parsial komunikasi pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Cendana Tour Travel Banda Aceh. Secara parsial kepuasan  berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Cendana Tour Travel Banda Aceh. Secara simultan komunikasi pelayanan dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Cendana Tour Travel Banda Aceh
PENGARUH PANDANGAN IKLAN DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP MINAT BELI SEPEDA MOTOR MATIC MEREK SCOOPY DI PT. CAPELLA DINAMIK NUSANTARA BANDA ACEH Nara - Pristiwa
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 9, No 2 (2019): Edisi: Juli - Desember 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1071.248 KB) | DOI: 10.37598/jimma.v9i2.783

Abstract

Permasalahan  dalam  penelitian  ini adalah pengaruh Pandangan Iklan dan Daya Tarik Iklan terhadap Minat Beli Sepeda Motor Matic Merek Scoopy di PT. Capella Dinamik Nusantara Banda Aceh. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Pandangan Iklan dan Daya Tarik Iklan terhadap Minat Beli Sepeda Motor Matic Merek Scoopy di PT. Capella  Dinamik  Nusantara  Banda  Aceh.  Jumlah  sampel  penelitian  ini  sebanyak  97 responden. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner, dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis  menggunakan  analisis  regresi  linier  berganda,  uji  F dan  uji  t  dimaksud  untuk mengetahui secara serempak dan secara parsial pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05).  Hasil penelitian berdasarkan uji simultan menunjukan bahwa variabel Pandangan Iklan dan Daya Tarik Iklan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Sepeda Motor Matic Merek Scoopy di PT. Capella Dinamik Nusantara Banda Aceh. Sedangkan secara parsial variabel Pandangan Iklan dan Daya Tarik Iklan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Sepeda Motor Matic Merek Scoopy di PT. Capella Dinamik Nusantara Banda Aceh
PENGARUH PERSONAL KNOWLEDGE,JOB PROCEDURE DAN TECHNOLOGY TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS SOSIAL ACEH Miswar Arifandi; Febyolla Presilawati, S.E., M.M
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 9, No 2 (2019): Edisi: Juli - Desember 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.282 KB) | DOI: 10.37598/jimma.v9i2.814

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Personal Knowledge, Job Procedure dan Technology terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Sosial Aceh. Metode penelitian ini yaitu dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F (simultan) dan uji t (parsial) dimaksud untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Objek dalam penelitian ini yaitu Personal Knowledge, Job Procedure dan Technology terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Sosial Aceh, ukuran sampel penelitian ini sebanyak 63 Pegawai. Data penelitian dikumpulkan melalui  daftar pertanyaan/kuisioner dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara uji simultan antara variabel Personal Knowledge, Job Procedure dan Technology berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Sosial Aceh. Kemudian secara parsial yaitu Personal Knowledge berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Sosial Aceh. Job Procedure berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Sosial Aceh. Kemudian  secara  parsial  yaitu  Technology  berpengaruh  terhadap  Kinerja  Pegawai  pada Dinas Sosial Aceh
PENGARUH SUKU BUNGA BI, INFLASI DAN BOPO TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2014-2016 Lilik Nur Anisa; Zuraidah Zuraidah
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 9, No 2 (2019): Edisi: Juli - Desember 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v9i2.984

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh suku bunga BI (BI rate), inflasi, dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap profitabilitas (return on assets) Bank Umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2016. Sampel yang digunakan sebanyak 30 Bank Umum yang terdaftar di BEI dikalikan dengan 3 periode 2014-2016, sehingga diperoleh 90 data keuangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan Software SPSS versi 22,0. Selama periode pengamatan hanya variabel biaya operasional pendapatan operasional (BOPO) yang berpengaruh secara parsial terhadap profitabilitas (return on assets) dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. Sedangkan variabel suku bunga BI dan Inflasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (return on assets). Dan secara simultan suku bunga BI, inflasi dan BOPO berpengaruh terhadap profitabilitas. Koefisien determinasi dari output SPSS adalah sebesar 0,727. Hal ini berarti 72,7% dari profitabilitas (return on assets) dijelaskan oleh variabel suku bunga BI, inflasi dan BOPO, sedangkan sisanya sebesar 27,3% dijelaskan oleh variabel-variabel yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian ini.
PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA YANG DIMODERASI OLEH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH) Erlinda Erlinda; Rika Astuti
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 9, No 2 (2019): Edisi: Juli - Desember 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v9i2.985

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce terhadap minat berwirausaha yang dimoderasi oleh pendidikan kewirausahaan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh, dengan sampel sebanya 95 mahasiswa. Metode analisis data menggunakan regresi linear sederhana guna memastikan signifikansi pengaruh e-commerce terhadap minat berwirausaha. Selanjutnya   metode moderated regression analysis digunakan untuk melihat pengaruh variabel moderasi pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce secara partial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Pendidikan    kewirausahaan secara signifikan memederasi dan memperkuat pengaruh e-commerce terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh.
PENGARUH PENDIDIKAN, KEMAMPUAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SMP NEGERI 3 BANDA ACEH Rahmat Irawan; Agus Ariyanto
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 9, No 2 (2019): Edisi: Juli - Desember 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v9i2.986

Abstract

Tujuan  dalam  penelitian  ini  adalah  untuk mengetahui  pengaruh antara Pendidikan, Kemampuan Kerja dan Kompensasi terhadap kinerja pegawai pada SMP Negeri 3 Banda Aceh. Permasalahan  dalam  penelitian  ini adalah pengaruh Pendidikan, Kemampuan Kerja dan Kompensasi terhadap kinerja pegawai pada SMP Negeri 3 Banda Aceh. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 61 pegawai. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner, observasi dan wawancara. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F (serempak) dan uji t (parsial) dimaksud untuk mengetahui secara serempak dan secara parsial pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Hasil penelitian berdasarkan uji serempak menunjukan bahwa antara variabel Pendidikan, Kemampuan Kerja dan Kompensasi berpengaruh sangat nyata (high significant) terhadap Kinerja Pegawai pada SMP Negeri 3 Banda Aeh. Sedangkan secara parsial variabel Pendidikan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai pada SMP Negeri 3 Banda Aceh sedangkan variabel Kemampuan Kerja dan Kompensasi tidak mempengaruhi Kinerja Pegawai pada SMP Negeri 3 Banda Aceh. Variabel yang paling dominan berpengaruh yaitu Pendidikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 53,2%. Hal ini, yang dilakukan oleh pegawai dalam meningkatkan kinerjanya sudah sesuai dengan perencanaanya masing-masing seperti seperti Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Gaya Kepemimpinan, Pelatihan Kerja serta latar belakang pegawai untuk meningkatkn Kinerja. Artinya dari hasil penelitian ini bahwa guru di SMP Negeri 3 Banda Aceh berkualitas dalam mengajar, kemudian kuantitas dalam pengajaran di SMP Negeri 3 Banda Aceh selalu memadai kemudian setiap guru mempunyai kehandalan dalam memberikan pengajaran sudah sangat baik serta para guru yang mengajar di SMP Negeri 3 Banda Aceh sudah memiliki pengalaman dalam bekerja.
STRATEGI PEMASARAN BNI KARTU KREDIT DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk KANTOR CABANG BANDA ACEH Erry Dianto; Marlizar Marlizar
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 9, No 2 (2019): Edisi: Juli - Desember 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v9i2.979

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk menganalisis strategi pemasaran BNI Kartu Kredit dalam menghadapi persaingan global pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dimana jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari berbagai laporan dan dokumentasi dari PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Banda Aceh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memasarkan kartu kredit BNI Cabang Banda Aceh strategi yang dapat digunakan adalah strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar (Differentiated marketing) yaitu menentukan segmentasi pasar yang akan dituju sesuai dengan target jenis produk kartu kredit yang dimiliki sesuai dengan segmentasinya. BNI Cabang Banda Aceh juga menggunakan strategi pemasaran yang terkonsentrasi (Concentrated Marketing) seperti pemasaran Kartu Kredit affinity BNI-Unsyiah yang difokuskan kepada alumni Universitas Syiah Kuala yang ada diseluruh Indonesia. Disamping itu strategi lain yang digunakan oleh BNI Cabang Banda Aceh dalam memasarkan BNI Kartu Kredit yaitu dengan cara menerbitkan kartu kredit pre aproval, dimana terhadap nasabah-nasabah tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku langsung diusulkan untuk diterbitkan kartu kredit atas nama nasabah tersebut, apabila nasabah menyetujui atas penerbitan kartu tersebut langsung dapat dilakukan aktivasi kartu. Selanjutnya BNI memberikan kemudahan bertransaksi non tunai melalui aplikasi YAP (Your All Payment) sebagai alat pembayaran untuk (cashless) dan tanpa menunjukkan kartu debit atau kartu kreditnya (Cardless) melalui smartphone. Aplikasi YAP ini merupakan keunggulan yang dimiliki oleh BNI dan pertama di Indonesia.
PENGARUH KETERLIBATAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BANK ACEH BANDA ACEH Fauzi Firdaus; Sulfitra Sulfitra
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 9, No 2 (2019): Edisi: Juli - Desember 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v9i2.987

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterlibatan kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan pada PT Bank Aceh Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 orang dari seluruh karyawan PT. Bank Aceh Banda Aceh. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui convenience sampling.dan dianalisa secara kuantitatif. Analisa data untuk melihat pengaruh variabel terikat dan variabel bebas menggunakan analisis persamaan regresi linear berganda. Uji hipotesis menggunakan Uji t dan Uji F, dengan bantuan komputer program SPSS V.21 For Windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel keterlibatan kerja dan variabel komitmen organisasional berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan PT. Bank Aceh Banda Aceh, dan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja karyawan adalah komitmen organisasional.
PENGARUH KETERLIBATAN PEGAWAI DAN STANDAR OPERASIONAL TERHADAP KOMITMEN PEGAWAI PT. ALFA SCORPII LAMBARO Mawaddah Mawaddah; Tarmizi Gadeng
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 9, No 2 (2019): Edisi: Juli - Desember 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v9i2.982

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Kerja dan Standar Operasional terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Alfa Scorpii Lambaro. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 32 Karyawan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi empiris dengan  pendekatan  penelitian  Asosiatif.  Data  penelitian  dikumpulkan melalui kuisioner, dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t dimaksud untuk mengetahui secara serempak dan secara parsial pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Objek penelitian mengenai Kinerja karyawan, Lingkungan Kerja dan Standar Operasional PT. Alfa Scorpii Lambaro. Hasil penelitian berdasarkan uji simultan menunjukan bahwa variabel Lingkungan Kerja dan Standar Operasional berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Alfa Scorpii Lambaro. Sedangkan secara parsial variabel Lingkungan Kerja dan Standar Operasional berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Alfa Scorpii Lambaro
PENGARUH KOMPETENSI, KOMUNIKASI DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KIP ACEH Mulliyandar Mulliyandar; Husnaina Mailisa Safitri
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 9, No 2 (2019): Edisi: Juli - Desember 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v9i2.983

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kompetensi terhadap kinerja pegawai pada Kantor KIP Aceh dan untuk mengetahui pengaruh komunikasi terhadap kinerja pegawai pada Kantor KIP Aceh serta untuk mengetahui pengaruh Kesejahteraan terhadap kinerja pegawai pada Kantor KIP Aceh.  Data penelitian dikumpulkan melalui daftar pernyataan/kuisioner dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F (simultan) dan uji t (parsial) pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Objek penelitian ini adalah tentang Kompetensi, komunikasi kerja dan Kesejahteraan serta kinerja pegawai pada Kantor KIP Aceh. Ukuran sampel penelitian ini sebanyak 66 pegawai. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara uji simultan antara variabel Kompetensi, komunikasi dan Kesejahteraan berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Kantor KIP Aceh. Kemudian secara parsial  yaitu variabel Kompetensi dan Kesejahteraan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor KIP Aceh. Sedangkan variabel Komunikasi tidak   berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor KIP Aceh.

Page 1 of 1 | Total Record : 10