cover
Contact Name
Firman Sidik
Contact Email
firmansidik@iaingorontalo.ac.id
Phone
+6281356113648
Journal Mail Official
tadbirmpi@gmail.com
Editorial Address
IAIN Sultan Amai Gorontalo, Jl. Gelatik No. 1, Heledulaa Utara, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 23386673     EISSN : 24428280     DOI : https://doi.org/10.30603/tjmpi
Core Subject : Education,
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is a scientific journal that published by IAIN Sultan Amai Gorontalo. This journal encompasses research articles, original research report, reviews in Islamic education in any fields including: Policy in Education, Leadership in Education, School/Madrasah/Pesantren Management, Higher Education Management, Management of Curriculum and Educational Programs, Regulation and Supervision in Education, Education Management Information System, Management of Educational Institutions, Islamic Education and Education.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2019): Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam" : 7 Documents clear
KEPEMIMPINAN KETUA YAYASAN DALAM MEWUJUDKAN KUALITAS PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI SD SWASTA Lisdawati Muda
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2019): Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.443 KB) | DOI: 10.30603/tjmpi.v7i1.1006

Abstract

Lembaga pendidikan dasar /SD swasta merupakan sebuah organisasi formal untuk melaksanakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran di tingkat dasar yang melibatkan peran yayasan, guru, peserta didik, orang tua dan semua stakeholder terkait. Di dalam sebuah lembaga pendidikan dasar khususnya SD berstatus swasta tentunya sangat dipengaruhi oleh peran yayasan dalam menggerakkan semua aspek yang meliputi seluruh proses pembelajaran. Terkait dengan hal tersebut, maka seyogyanya peran yayasan yang dimotori oleh Ketua Yayasan amat dibutuhkan bukan hanya sekedar memberi dan menerima kritik dan saran dalam rangka perbaikan dan pengembangan lembaga pendidikan akan tetapi lebih daripada itu seorang Ketua Yayasan diharapkan bisa menjalankan peran kepemimpinannya dalam mengayomi, mengatur, mengarahkan dan membimbing SDM di lembaga pendidikan. Demikian pula seorang Ketua Yayasan dituntut agar dapat menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan orang tua peserta didik (komite), pemerintah dan semua komponen yang berkepentingan dalam membangun, menumbuhkembangkan dan mempertahankan kualitas pendidikan khususnya di lembaga pendidikan dasar/SD swasta.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN (STUDY KASUS MTS DARUL KHAIR MASING, KEC. BATUI, KAB. BANGGAI, SULAWESI TENGAH) Nur Gamar
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2019): Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.223 KB) | DOI: 10.30603/tjmpi.v7i1.1009

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) sumber-sumber pembiayaan pendidikan MTs Darul Khair Masing Luwuk Banggai; (2) prosedur Manajemen anggaran pendapatan pembiayaan pendidikan MTs Darul Khair Masing Luwuk Banggai; (3) penggunaan anggaran belanja pembiayaan pendidikan MTs Darul Khair Masing Luwuk Banggai; (4) Pertanggungjawaban pembiayaan pendidikan MTs Darul Khair Masing Luwuk Banggai ; dan (5) Pengawasan pembiayaan pendidikan TK An-Nur Luwuk Rajawali Banggai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, yaitu proses data, penyajian data, dan kesimpulan awal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Sumber-sumber pembiayaan pendidikan bersumber dari masyarakat umum, orang tua santri, dan donator tetap, (2) prosedur Manajemen anggaran pendapatan pembiayaan pendidikan sudah dibuat dalam bentuk program pencapaian anggaran pendapatan. Program-program tersebut berdasarkan jangka waktu yang telah ditetapkan, yaitu: Manajemen anggaran pendapatan pembiayaan jangka pendek dan menengah; (3) penggunaan anggaran belanja pembiayaan pendidikan disesuaikan dengan manajemen awal yang telah dibuat dan disepakati bersama dengan berdasarkan panduan atau patokan yang ada; (4) pertanggungjawaban pembiayaan pendidikanm MTs Darul Khair Masing Luwuk Banggai sudah sesuai dengan manajemen dan dilaksanakan pada akhir tahun. Pelaku penanggungjawab penggunaan anggaran pembiayaan di tersebut adalah bendahara selaku koordinator keuangan; dan (5) dan pengawasan pembiayaan pendidikan MTs Darul Khair Masing Luwuk Banggai ditugaskan pada tim khusus yang bertugas mengawasi dan mengotrol keuangan. Tim yang terlibat dalam pengawas anggaran adalah masyarakat selaku orang tua santri, humas, stakeholders pondok, dan pembina santri.
Penerapan Program Akademik dan Aplikasi SIAKAD Terhadap Mutu Pelayanan Mahasiswa di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo Irma Purnima Niha; Buhari Luneto; Razak Umar
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2019): Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.592 KB) | DOI: 10.30603/tjmpi.v7i1.1054

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu : 1) untuk mengetahui pengaruh Program Akademik terhadap Mutu Pelayanan Mahasiswa 2) untuk mengetahui pengaruh Aplikasi SIAKAD terhadap Mutu Pelayanan Mahasiswa Di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo.Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2.140 orang dengan sampel yang diteliti berjumlah 96 orang. Selanjutnya pengumpulan data penulis menggunakan angket, dan jenis analisis yang digunakan yaitu berupa analisis regresi Linear Sederhana dan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian dan pembahasan, menujukkan bahwa Program Akademik dan Aplikasi SIAKAD berpengaruh Terhadap Muu Pelayanan Mahasiswa setelah diuji menggunakan rumus Regresi sederhana masing-masing Y=6.461 + 1.189 X1 dan Y= 20.292 + 1.562 X2. Hal ini membuktikan bahwa Program Akademik dan Aplikasi SIAKAD memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Mutu Pelayanan Mahasiswa serta mengakibatkan peningkatan masing-masing sebesar 1.189 dan 1.562 pada konstanta 25.791 dan 20.292.hal ini juga dibuktikan dengan pengujian Hipotesis dimana uji parsial masing masing thitung > ttabel yaitu X1 (2.684 > 1,989) dan X2 (5,408 > 1,989). Maka H0 ditolak. Demikian juga dengan menggunakan rumus analisis Regresi berganda Y= a+ b1X1+b2X2= 9,952 + 0,478 X1 + 1,142 X2, maka pengujian hipotesis secara bersama-sama di dapat Fhitung > Ttabel atau 63.962 > 1,989, maka H0 di tolak dan Ha di terima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor Program Akademik dan Aplikasi SIAKAD memberikan sumbangan efektif sebesar 57,9%, dapat diartikan Mutu Pelayanan Mahasiswa dipengaruhi oleh Program Akademik dan Aplikasi SIAKAD sedangkan 42,1 % merupakan pengaruh dari luar variabel yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.
Pengelolaan Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo Aji Al-Falah; Supiah Supiah; Said Subhan Posangi
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2019): Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.008 KB) | DOI: 10.30603/tjmpi.v7i1.1055

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Efektivitas Pengelolaan madrasah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo yang sesuai dengan indikator-indikator efektifitas madrasah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualititatif Pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data untuk efektivitas pengelolaan madrasah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo yaitu meliputi; kepala madrasah, komite madrasah, tenaga pendidik dan peserta didik. Dari sumber data ini diperoleh dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi sedangkan data sekunder diperoleh dari studi dokumen. Kedua jenis data ini kemudian diproses dengan melakukan konfirmasi data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumen. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan proses reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan maupun verifikasi. Peneliti ini menarik kesimpulan bahwa secara umum pengelolaan madrasah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah sidah tergolong efektif, seehinggasangat berpengaruh terhadap mutu pendidikan. Dengan penelitian ini disarankan agar seluruh elemen yang mencakup pengelolaan madrasah ikut andil demi terwujudnya pendidikan yang bermutu.
Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru SMP Negeri Se-Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo Nikson A.Kadir Umar; Muh. Hasbi; Herson Anwar
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2019): Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.632 KB) | DOI: 10.30603/tjmpi.v7i1.1059

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dan motivasi kerja dengan kinerja guru di SMP Negeri di Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo secara parsial maupun simultan.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder primer dari penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan mendalam mengenai hubungan antara kompetensi profesional guru dan motivasi kerja dengan kinerja guru SMP negeri di kecamatan Biluhu kabupaten Gorontalo. adapun yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru SMP negeri di Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo berjumlah orang 27,karena jumlah populasi dalam penelitian ini dibawah seratus orang, maka seluruh populasi dijadikan sebagai sampel dengan jumlah guru sebanyak 27 orang, Selanjutnya pengumpulan data penulis menggunakan angket, dan jenis analisis yang digunakan yaitu berupa analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial maupun simultan kompetensi profesional guru dan motivasi kerja memiliki hubungan positif dan signifika dengan kinerja guru SMP negeri di kecamatan Biluhu kabupaten Gorontalo.nilai koefisien korelasi hubungan antara variabel bebas (kompetensi profesional guru dan motivasi kerja) dengan variabel terikat (kinerja guru) berada pada kategori hubungan yang kuat. Kemudian sisa nilai determinan terhadap kinerja guru dapat dari variabel penelitian yakni sebesar 0,931 (93,1%).
Manajemen Kepemimpinan Sayid Idrus Bin Salim Aljufri Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Alkhairaat Ramlah Pontoh; Kasim Yahiji; Lisdawati Muda
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2019): Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.023 KB) | DOI: 10.30603/tjmpi.v7i1.1061

Abstract

The leadership and managerial ability of the leader of an educational institution is one of the determinants of the development of the educational institution. This study aims to describe the portrait of educational management from Sayid Idrus bin Salim Aljufri in developing educational institutions. This study uses a qualitative approach. Data collection methods are observation, in-depth interviews and documentation. Data is analyzed by data reduction, presentation, and verification. The results showed that Sayid Idrus bin Salim Aljufri was a person who had a broad understanding of leadership and management, including management of education. This is indicated by its ability to develop educational institutions to carry out managerial functions of education management in planning, organizing, implementing and evaluating and monitoring. The application process by Sayid Idrus bin Salim Aljufri is a process of adaptation in accordance with the conditions and challenges of future education. Kepemimpinan dan kemampuan manajerial pimpinan suatu lembaga pendidikan merupakan salah satu faktor penentu perkembangan lembaga pendidikan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potret manajemen pendidikan dari Sayid Idrus bin Salim Aljufri dalam mengembangkan lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, presentasi, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sayid Idrus bin Salim Aljufri adalah orang yang memiliki pemahaman luas dalam kepemimpinan dan manajemen, termasuk manajemen pendidikan. Hal ini ditunjukkan oleh kemampuannya mengembangkan lembaga pendidikan untuk melaksanakan fungsi manajerial manajemen pendidikan dalam perencanaan, pengorganisasian, implementasi dan evaluasi serta pemantauan. Proses aplikasi oleh Sayid Idrus bin Salim Aljufri adalah proses adaptasi sesuai dengan kondisi dan tantangan pendidikan ke depan.
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Minat Belajar Siswa Devita Meli; Arten H. Mobonggi; Alfian Erwinsyah
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2019): Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30603/tjmpi.v7i1.1117

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Gorontalo. Adapun dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan angket (kuesioner). Angket tersebut berjumlah 27 item pernyataan yang sudah peneliti lakukan uji coba sebelumya. Pernyataan atau angket tersebut di sebarkan kepada sampel penelitian yang berjumlah 32 untuk variabel X dan 80 untuk variabel Y orang responden. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar siswa dengan persamaan regresi Y = 20.450 + 0.710 x. di mana signifikanya berpengaruh tersebut ditunjukan oleh nilai thitung (uji t) di mana thitung > ttabel yaitu 3.959 > 0.361 dengan nilai signifikansi < 0.05 yaitu 0.000 dengan sumbangan relatif sebesar 100% dan sumbangan efektif 34.3%. Melalui analisis regresi sederhana pada tabel R Square, diketahui Pengaruh variabel X (Kompetensi pedagogik guru) terhadap variabel Y (minat belajar siswa) di SMP Negeri 11 Gorontalo sebesar 34.3%, hal ini berarti 65.7% minat belajar siswa dipengaruhi oleh faktor yang lain. Setelah diketahui bahwa terdapat pengaruh antara variabel X (kompetensi pedagogik guru) dan variabel Y (minat belajar siswa) di SMP Negeri 11 Gorontalo sebesar .34.3%. Maka nilai koefisien korelasi tersebut, dapat menjadi acuan yang sangat kuat untuk mengajukan penelitian ini dalam pengujian regresi sederhana untuk mendapatkan nilai konstanta variabel Y (minat belajar siswa) dan sekaligus mendapatkan nilai persamaan regresi yang bertujuan untuk meramalkan perubahan nilai variabel Y (minat belajar siswa) di SMP Negeri 11 Gorontalo yang disebabkan oleh variabel X (kompetensi pedagogik guru).

Page 1 of 1 | Total Record : 7