cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pos dan Informatika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Research Questions, Concepts & Operationalisation Hoker, Ian
Jurnal Penelitian Pos dan Informatika Vol 1, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pos dan Informatika
Publisher : Puslitbang Penyelenggaraan Pos dan Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

People frequently confuse the terms hypothesis and theory. They are very different. A hypothesis is very mucha tentative set of statements based on observations – or even hunches and guesses – but there is no body oftested evidence to support them. When does a hypothesis become a theory?
PERANCANGAN SISTEM PELACAKAN SOFTWARE BERLISENSI DAN HELP DESK SYSTEM (Studi Kasus : PT. PUPUK KUJANG CIKAMPEK JAWA BARAT) Effendi, Diana; Wiratama, I Made
Jurnal Penelitian Pos dan Informatika Vol 2, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pos dan Informatika
Publisher : Puslitbang Penyelenggaraan Pos dan Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (827.868 KB)

Abstract

PT Pupuk Kujang merupakan Badan Usaha Milik Negara, dimana aktivitas bisnisnya terbilang kompleks.Salah satu software yang merupakan bagian dari sistem informasi yang mendukung aktivitas bisnisnya adalahpenggunaan software berlisensi yang selalu ada audit secara berkala dari pihak vendor. Permasalahaccccnnyaadalah terjadi penyalahgunaan software berlisensi oleh beberapa komputer client, misalnya penyalahgunaanjumlah lisensi, terjadinya penggunaan software bajakan. Permasalahan lain yaitu sedikitnya staf technicalsupport di Biro Teknologi Informasi (TI). Hal ini menyebabkan terjadinya kelambatan penyelesaian masalahinternal teknologi informasi di PT Pupuk Kujang. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian inibertujuan merancang sistem pelacakan software berlisensi dan Help desk. Dalam pengumpulan data, penulismenggunakan metode observasi, dan metode pengembangan sistem yaitu model prototype. Rancanganini direkomendasikan untuk diimplementasikan menggunakan Java Virtual Machine (JVM), dan Oraclesebagai aplikasi basisdata dengan pertimbangan Data Base Management System yang sudah digunakan diPT. Pupuk Kujang adalah Oracle, Apache Tomcat untuk aplikasi web server. Diharapkan rancangan aplikasiyang dibuat dapat bermanfaat untuk pelacakan, pengidentifi kasian awal pnggunaan software berlisensisebelum dilakukannya audit oleh pihak vendor, digunakan untuk pendukung keputusan akan jenis dan jumlahsoftware licensed yang lebih dibutuhkan PT Pupuk Kujang. Help desk System diharapkan bisa mengefi siensikanpenanganan masalah teknis di bidang TI di PT Pupuk Kujang.
STUDI PEMANFAATAN LAYANAN POSPAY PADA MASYARAKAT DI KOTA MATARAM Ratnawati, Atjih
Jurnal Penelitian Pos dan Informatika Vol 2, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pos dan Informatika
Publisher : Puslitbang Penyelenggaraan Pos dan Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.662 KB)

Abstract

PT Pos Indonesia sebagai salah satu penyelenggara jasa layanan pos, telah beralih dari pelayanan possecara manual ke sistem digital berbasis komputerisasi dan internet. Penelitian ini merupakan penelitiandeskriptif untuk mengetahui sejauh mana manfaat layanan pospay dan kualitas layanannya yang diberikan PTPos Mataram kepada masyarakat pengguna pos di kota Mataram. Metode Penelitian yang digunakan adalahdengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode survei dengan sampel populasi masyarakat penggunalayanan pospay yang ada di kantor pos Kota Mataram. Hasil penelitian tentang Studi Pemanfaatan LayananPospay Pada Masyarakat di Kota Mataram menunjukkan bahwa layanan pospay yang diberikan PT Posbermanfaat bagi masyarakat. Masyarakat merasa aman mengadakan transaksi di kantor pos, layanan pospaydigunakan untuk pembayaran baik angsuran kredit kendaraan atau rumah, pembayaran listrik, air minum(PDAM), pajak , telepon, pensiun, pembelian tiket pesawat ataupun kereta api melalui kantor pos dengankualitas yang diberikan PT Pos. Kepercayaan masyarakat terhadap PT pos mulai meningkat.Kata Kunci : Layanan Tik dan kualitas.
PENGELOLAAN LOGISTIK DALAM RANTAI PASOK PRODUK PANGAN SEGAR DI INDONESIA1 Fizzanty, Trina
Jurnal Penelitian Pos dan Informatika Vol 2, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pos dan Informatika
Publisher : Puslitbang Penyelenggaraan Pos dan Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.622 KB)

Abstract

Kurangnya pemahaman terhadap lembaga bisnis pedesaan dan lingkungan bisnis telah berpotensimengurangi kapasitas bisnis pedesaan untuk meningkatkan kontribusinya terhadap perekonomian Indonesia.Makalah ini bertujuan untuk mengkaji pengalaman Indonesia dalam membangun rantai pasok pedesaan dalammendukung usaha pertanian dan kinerjanya dengan menggunakan enam prinsip manajemen kunci rantaipasok. Pada beberapa kasus, desain rantai pasok diawali dari bantuan internasional, instansi pemerintah, atauperusahaan swasta. Pelajaran yang diperoleh dari dua studi kasus rantai pasok hortikultura ini digunakan untukmeninjau praktek rantai pasok dan kinerja mereka. Penelitian ini menunjukkan, dua kasus yang mengalamikegagalan dalam memenuhi enam kunci prinsip rantai pasok yang pada akhirnya tidak dapat melanjutkankerjasamanya. Singkatnya, ketidakmampuan untuk mengenali sistem bisnis yang ada di pedesaan dapatmengurangi potensi masyarakat pedesaan untuk memperoleh manfaat dari sistem modern ini. Hasil studi inijuga menunjukkan bahwa pengelolaan logistik itu tidak dapat berdiri sendiri tetapi harus dikelola bersamasamadengan lima fungsi lainnya dalam rantai pasok.Kata Kunci : pangan segar, hortikultura, Indonesia logistik , prinsip rantai pasok, disain rantaipasok
POLA PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DI KALANGAN ANAK DAN REMAJA (Kasus di Kota Jayapura Provinsi Papua) karman, karman
Jurnal Penelitian Pos dan Informatika Vol 2, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pos dan Informatika
Publisher : Puslitbang Penyelenggaraan Pos dan Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.659 KB)

Abstract

Anak dan remaja memiliki hak mengakses informasi. Hak ini perlu diperhatikan, dilindungi, dan dipenuhi.Indonesia –bekerjasama dengan berbagai organisasi- berupaya mengembangkan kebijakan dan programprogramuntuk memenuhi hak tersebut. Salah satu programnya adalah kota layak anak. Penelitian inimemberikan dukungan data dan informasi mengenai pola penggunaan media digital pada anak dan remaja diPapua. Pendekatan penelitian ini bersifat kualitatif-eksploratif dengan teknik pengumpulan data dengan FGD.Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media digital bertujuan untuk mendapatkan informasi danhiburan termasuk media sosial. Salah satu tempat mereka mengakses internet adalah warnet. Menurut data,sebagian besar warnet tidak dilengkapi dengan teknologi fi ltering atau pemberitahuan berbentuk pampletatau lainya. Selain itu, mereka belum pernah mendapatkan sosialisasi internet sehat. Akibatnya, sisi negatifpenggunaan internet lebih kuat dan lebih dominan ketimbang sisi positifnya (seperti penggunaan internetuntuk belajar, memperoleh informasi, dan interaksi sosial). Dampak negatif yang dimaksud adalah penggunaaninternet sebaagi medium berpacaran. Selain itu, keranjingan bermain games online mendorong anak danremaja mencuri uang dan melakukan pemalakkan, serta menggunakan waktu secara tidak proporsional.Sedangkan sisi positifnya adalah internet membantu pengerjaan tugas sekolah. Karena itu, pemerintahdiharapkan menangani dampak negatif penggunaan internet.Kata Kunci : Penggunaan Media; Media Digital.
POLA PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DI KALANGAN ANAK DAN REMAJA (Kasus di Kota Jayapura Provinsi Papua) karman, karman
Jurnal Penelitian Pos dan Informatika Vol 2, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pos dan Informatika
Publisher : Puslitbang Penyelenggaraan Pos dan Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.659 KB)

Abstract

Anak dan remaja memiliki hak mengakses informasi. Hak ini perlu diperhatikan, dilindungi, dan dipenuhi.Indonesia –bekerjasama dengan berbagai organisasi- berupaya mengembangkan kebijakan dan programprogramuntuk memenuhi hak tersebut. Salah satu programnya adalah kota layak anak. Penelitian inimemberikan dukungan data dan informasi mengenai pola penggunaan media digital pada anak dan remaja diPapua. Pendekatan penelitian ini bersifat kualitatif-eksploratif dengan teknik pengumpulan data dengan FGD.Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media digital bertujuan untuk mendapatkan informasi danhiburan termasuk media sosial. Salah satu tempat mereka mengakses internet adalah warnet. Menurut data,sebagian besar warnet tidak dilengkapi dengan teknologi fi ltering atau pemberitahuan berbentuk pampletatau lainya. Selain itu, mereka belum pernah mendapatkan sosialisasi internet sehat. Akibatnya, sisi negatifpenggunaan internet lebih kuat dan lebih dominan ketimbang sisi positifnya (seperti penggunaan internetuntuk belajar, memperoleh informasi, dan interaksi sosial). Dampak negatif yang dimaksud adalah penggunaaninternet sebaagi medium berpacaran. Selain itu, keranjingan bermain games online mendorong anak danremaja mencuri uang dan melakukan pemalakkan, serta menggunakan waktu secara tidak proporsional.Sedangkan sisi positifnya adalah internet membantu pengerjaan tugas sekolah. Karena itu, pemerintahdiharapkan menangani dampak negatif penggunaan internet.Kata Kunci : Penggunaan Media; Media Digital.

Page 1 of 1 | Total Record : 6