cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Wahana Elektronik Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
PROFIL AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PRODUKTIF Zaelani, Yayan Sopian; Tarigan, David E; Rusnayati, Heni
Wahana Elektronik Pendidikan Fisika Vol 1, No 3 (2013): WePFi
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Fisika, FPMIPA UPI.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Profil Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif Penelitian berjudul “Profil aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kreatif dan produktif” ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya prestasi belajar siswa serta untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA-Fisika di sekolah yang dijadikan tempat penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil aktivitas dan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X salah satu SMA di kota Bandung yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes prestasi berupa soal-soal berbentuk pilihan ganda serta lembar observasi Aktivitas belajar siswa dan lembar observasi keterlaksanaan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif. Analisis data yang dilakukan adalah dengan cara menghitung skor gain yang dinormalisasi. Hasil analisis data diperoleh rata-rata gain yang dinormalisasi sebesar 0,60, sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif  berada pada kategori sedang.Hasil untuk profil aktivitas belajar siswa yaitu untuk pertemuan ke- 1 besarnya persentase rata-rata aktivitas visual adalah 65,5%, untuk pertemuan ke- 2 adalah 68,5% dan untuk pertemuan ke- 3 adalah 80%. Untuk profil aktivitas lisan, besarnya persentase rata-rata pada pertemuan ke- 1 adalah 41,3%, untuk pertemuan ke- 2 adalah 49,7% dan pada pertemun ke- 3 sebesar 52,3%. Sedangkan untuk profil aktivitas motorik, besarnya persentase rata-rata pada pertemuan ke- 1 adalah 69,7%, pada pertemuan ke- 2 adalah 71% dan pada pertemuan ke- 3 sebesar 79%. Kata kunci: Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar.      ABSTRACT Profile Activities and Student Achievement with Application of Creative and Productive Learning Model The study entitled "Profile Activities and Student Achievement with Application of Creative and Productive Learning Model" is motivated by low student achievement and to determine the students learning activities in science subjects-Physics in school to be a place of research. This study aims to determine the activity profile and student achievement after the implementation of Creative and Productive Learning Model. The method used in this study is a quasi experiment with the design of one-group pretest-posttest design. The samples in this study were the students of class X one high school in the city were taken by purposive sampling technique. Data collection was carried out in this study using achievement test questions in the form of multiple choice and student activity sheets observation and observation sheets keterlaksanaan Creative and Productive Learning Model. Data analysis was performed by calculating the normalized gain scores. Results of data analysis, the average normalized gain of 0.60, so it can be concluded that the increase in student achievement after application of Creative and Productive Learning Model in middle category.The results for the profile of students learning activities for the 1st meeting of the percentage of the average visual activity was 65.5%, for the meeting of 2 is 68.5% and for the 3rd meeting is 80%. For oral activity profiles, the percentage of the average at the meeting to-1 is 41.3%, for a meeting to-2 was 49.7% and in pertemun 3rd at 52.3%. As for the profile of motor activity, the percentage of the average at the meeting to-1 is 69.7%, at a meeting of the 2nd is 71% and at the meeting of the 3rd at 79%. Keywords: Creative Learning and Earning, Learning Activity, Learning Achievement.
PENGARUH PENERAPAN METODE EXPERIMENTING AND DISCUSSION (ED) DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMP Nurjanah, Dewi Eliani; Rusnayati, Heni; Novia, Hera
Wahana Elektronik Pendidikan Fisika Vol 1, No 3 (2013): WePFi
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Fisika, FPMIPA UPI.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Penerapan Metode Experimenting and Discussion (ED) dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa SMP Hasil belajar fisika pada tingkat SMP kelas VIII tampaknya masih rendah, dari hasil studi pendahuluan nilai rata-rata UTS siswa masih rendah, yaitu 5,2. Selain itu sikap ilmiah siswa masih minim berkembang, seperti sikap ingin tahu, teliti, kerjasama, berpikir kritis, dan objektif. Sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode Experimenting and Discussion  (ED) terhadap hasil belajar fisika dan sikap ilmiah siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Bandung pada tahun ajaran 2012-2013 dengan sampel siswa kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes ranah kognitif berupa soal pilihan ganda 20 soal untuk pretest-posttest, angket sikap ilmiah diakhir pembelajaran pada kelas eksperimen, dan lembar observasi keterlaksanaan metode. Berdasarkan penelitian ini ternyata siswa yang mendapat pengaruh dari penerapan metode Experimenting and Discussion  (ED) mendapatkan hasil belajar fisika yang lebih baik dengan rata-rata 6,03 dibandingkan kelas konvensional dengan rata-rata 4,5 dan dari hasil uji T (Independent Sample T-Test) dengan taraf signifikansi 5%, ternyata nilai signifikansi nya 0,0000 atau lebih kecil dari 0,05, hal ini menunjukan dengan penerapan metode Experimenting and Disscussion (ED) dalam pembelajaran, berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pada ranah kognitif.  Sikap ilmiah siswa dapat berkembang dengan baik, dengan pencapaian rata-rata 82% (sangat baik), meliputi aspek sikap ingin tahu, sikap bekerjasama, sikap refleksi kritis, sikap respek terhadap data, dan sikap ketekunan. Kata kunci : experimenting, discussion, hasil belajar, sikap ilmiah  ABSTRACT Influence The Experimenting and Discussion (ED) Method on Learning Outcomes of Physics and Scientific Attitudes at Junior High School Students Learning outcomes of physics at the junior high school in class VIII apparently still low, the results of a preliminary study of the average value of mid-semester students is still low at 5,2. Besides the scientific attitude of students was minimal developed, such as the curious attitude, meticulous, collaboration, critical thinking, and objectivity. So this research is to find out how to influence the Experimenting and Discussion (ED) method on learning outcomes of physics and scientific attitudes at junior high school students. This research is quantitative-descriptive. The population was students in class VIII Junior High School 4 Bandung in the academic year 2012-2013 with a sample of eighth-grade students as an experimental class F and class VIII-C as a control class. Sampling was conducted with a purposive sample technique. The instrument research that used was a cognitive domain test, it was a 20 multiple choice questions for the pretest-posttest, scientific attitude questionnaire was given at the end of learning of the experimental class, and observation sheets to evaluate methods ED. Based on this study, students who are under the influence of Experimenting and Discussion (ED) method get better learning outcome of physics with an average of 6.03 compared to the conventional class with an average of 4.5 and the results of  T- tests (Independent Sample T-Test ) with a significance level of 5%, it turns out its significance value of 0.0000 or less than 0.05, suggesting that the application of the experimenting and disscussion (ED) method in learning, significantly influence the cognitive learning outcomes. Scientific attitude of students was develop well, with average achievement 82% (very good), covering aspects curiosity, co-operation, critical reflection, respect for evidence, and perseverance. Keywords : experimenting, discussion, learning outcomes, scientific attitude
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS PERMAINAN KUIS JEOPARDY DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMP Hakim, Arif Rahman; Rusdiana, Dadi; Wijaya, Agus Fany Candra
Wahana Elektronik Pendidikan Fisika Vol 1, No 3 (2013): WePFi
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Fisika, FPMIPA UPI.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbasis Permainan Kuis Jeopardy Dan Talking Stick Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMPPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep fisika siswa. Meski dalam kegiatan science hampir seluruhnya berhubungan dengan eksperimen, namun konsep-konsep science adalah hasil tanggapan pikiran manusia atas gejala-gejala yang terjadi di lingkungan atau alam. Dari sudut pandang psikologis, setiap manusia memiliki tahapan perkembangan dan juga pemenuhan kebutuhan psikologisnya, salah satunya adalah kebutuhan bersosialisasi serta bermain. Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan psikologis dan meningkatkan pemahaman konsep adalah dengan merancang suatu pembelajaran kooperatif yang memungkinkan siswa dapat bekerja sama dan bersosialisasi serta dengan menggunakan permainan berupa kuis Jeopardy dan Talking Stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis permainan kuis Jeopardy dan Talking Stick dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa SMP. Instrumen untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran digunakan lembar observasi terhadap aktivitas guru dan siswa, sedangkan untuk pemahaman konsep digunakan pilihan ganda. Peningkatan pemahaman konsep ditunjukkan melalui N-gain dan dilakukan uji hipotesis untuk mengetahui hasil peningkatan pemahaman konsep di kedua kelas. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode nonrandom sampling dengan teknik convenience sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan disain penelitian The Static Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa pada masing-masing kelas. Sementara itu dari uji hipotesis diketahui bahwa permainan kuis Jeopardy lebih dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa daripada Talking Stick. Sedangkan untuk masing-masing aspek pemahaman konsep diketahui bahwa pada aspek translasi dan interpretasi permainan kuis Jeopardy lebih dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa daripada Talking Stick dan tidak ada perbedaan peningkatan pemahaman konsep pada aspek ekstrapolasi.Kata kunci: Teams Games Tournament (TGT), pemahaman konsep, kuis Jeopardy, Talking Stick.       ABSTRACT THE USE OF JEOPARDY QUIZ AND TALKING STICK GAMES BASED COOPERATIVE LEARNING METHOD TYPE TEAMS GAMES TOURNAMENT ENHANCE UNDERSTANDING OF PHYSICS CONCEPT AT STUDENT’S JUNIOR HIGH SCHOOL  Research background of this research was low achievement in understanding of physics concept. Although almost in science activity was related to experiment however concepts of science is a result from human conception on indication that happens in the environment or nature. In the point of psychology view, every people have their development steps and also to fulfill psychology requirement, one of it is requirement to having socialization and playing. One ways to fulfill this psychology requirement and to improve in understanding concept is with make a cooperative learning design which possibly can make students to cooperate and socialization using games like Jeopardy quiz and Talking Stick. Purpose of this research is to know the effect of cooperative learning method application based on games of Jeopardy quiz and Talking Stick in improve understanding physics concept at junior high school students. To measure study activity used observation instrument to observe teacher and students activity, whereas to measure understanding concept used multiple choice question. Increasing on understanding concept showed in N-gain and hypothesis test is used to know the result of understanding concept. Interpretation data technic in this research is use nonrandom sampling method with convenience sampling technic. This research use quasi experiment type with the static group pretest-posttest design. The result of this research showed that understanding concept of student is improved in each class. While from hypothesis test known that Jeopardy quiz can be more improved student to understanding physics concept than Talking Stick. Whereas to each aspect of understanding concept known that in translation and interpretation aspect Jeopardy quiz can be more improved student to understanding physics concept than Talking stick and in the extrapolation aspect there is no differences in understanding concept improved.Keywords: Teams Games Tournament (TGT), understanding of concept, Jeopardy quiz, Talking Stick.
PROFIL KONSISTENSI REPRESENTASI DAN KONSISTENSI ILMIAH SISWA SMP PADA KONSEP GERAK Aminudin, Didin; Sutiadi, Asep; Samsudin, Achmad
Wahana Elektronik Pendidikan Fisika Vol 1, No 3 (2013): WePFi
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Fisika, FPMIPA UPI.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Profil Konsistensi Representasi dan Konsistensi Ilmiah Siswa SMP pada Konsep Gerak Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui informasi tingkat konsistensi representasi dan konsistensi ilmiah diperoleh melalui tes multi representasi, dimana sebelumnya siswa mendapatkan treatment. Metode yang digunakan adalah metode pre-eksperimental design dengan desain penelitian one shot case study. Subyek penelitian terdiri satu kelas dengan jumlah siswa 35 orang pada salah satu SMP di Kota Bandung. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes multi representasi, lembar observasi keterlaksanaan treatment, dan lembar kuesioner (angket). Hasil penelitian diperoleh tingkat konsistensi representasi siswa SMP, 14,3% atau 5 siswa berada pada tingkat konsisten. Dan tingkat konsistensi ilmiahnya, 14,3% atau 5 siswa berada pada tingkat konsisten. Pembelajaran dengan treatment yang didalamnya ada cara untuk melatihkan berbagai representasi dengan konsep yang sama mendapat respon positif dari siswa.  Kata kunci : konsistensi representasi, konsistensi ilmiah, tes multi repersentasi.  ABSTRACT Representation Consistency and Consistency Scientific Profile of Motion Concept in Junior High School Students Research has been conducted to determine the level of consistency of information representation and scientific consistency is obtained through a multi-representation test, where previous students get treatment. The method used was a pre-experimental design methods to the design of one-shot case study research. Study subjects comprised a class of 35 students the number of people at one junior high school in Bandung. Data collection was performed using a test instrument multi representation, observation sheets enforceability of treatment, and the questionnaire. The results obtained by the consistency of representation of students of SMP, 14.3% or 5 students are at a consistent level. And scientific consistency level, 14.3% or 5 students are at a consistent level. Learning to treatment in which there is a way to melatihkan various representations with the same concept received a positive response from students. Keywords : representation consistency, consistency scientific, multi-representation test
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA Nurfitri, Alia; Tayubi, Yuyu Rahmat; ., Waslaludin
Wahana Elektronik Pendidikan Fisika Vol 1, No 3 (2013): WePFi
Publisher : Prodi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Fisika, FPMIPA UPI.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penerapan Model Pembelajaran Kreatif-Produktif dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAPenelitian penerapan model pembelajaran kreatif-produktif dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fisika. Pembelajaran fisika di sekolah masih menggunakan metode konvensional yang cenderung berpusat pada guru. Pengelolaan  KIT di sekolah yang kurang optimal juga menjadi salah satu faktor yang melatarbelakangi penelitian ini. Melalui penerapan model pembelajaran kreatif-produktif ini, diharapkan pembelajaran fisika dapat lebih melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, juga dapat menjadi alternatif solusi untuk masalah rendahnya optimalisasi KIT yang ada di sekolah. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran fisika, juga dapat mencapai tujuan pembelajaran fisika yang meliputi proses, produk dan sikap. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian One Group Tes awal-Tes akhir Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X disalah satu SMA Negeri di kota Bandung semester genap tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 36 siswa. Peningkatan hasil belajar siswa pada domain pengetahuan/knowledge domain diketahui dengan menghitung skor tes awal dan tes akhir. Perolehan rata-rata gain yang dinormalisasi sebesar 0,565 dengan kategori peningkatan sedang. Sedangkan profil hasil belajar siswa pada domain proses sains (domain of science process) dengan rata-rata IPK sebesar 77,26% dengan kategori terampil, profil hasil belajar pada domain kreativitas (creativity domain) dengan rata-rata IPK sebesar 83,20% dengan kategori terampil, dan profil hasil belajar pada domain sikap (attitudinal domian) dengan rata-rata IPK sebesar 80,86% dengan kategori baik. Kata kunci : kreatif-produktif, hasil belajar, taksonomi pendidikan sains       ABSTRACT The Implementation of Creative-Productive Learning Model on Physics Learning Enhance Learning Outcome of Senior High School Students  The results of a preliminary study showed that the learning and teaching physics has no two-way interaction between teacher and student and has a few  practical activities. In addition, students’ capability to draw conclusions is also very low. The research focused on improving the skills of students through the application of drawing conclusions through co-constructive classroom interactions which is based on science investigation. The purpose of this study was to determine the enhancement of ability of drawing conclusions as a result of the application of co-constructive classroom interactions based on scientific investigation and to know the processes that occur during the interaction of co-constructive classroom-based science investigation carried out. The method used is a quasy-experimental design with tes awalt-posttest one group design. This study sample was 40 students in class X in one of the Senior High school in Bandung. The data was collected through testing and observation sheet. The results infer that the students’ skills in drawing conclusion were increased by a score of n-gain of 0.41 is included in the medium category. From quantitative perspective, the processes that occur during the interaction of constructive and co-class scientific investigation carried out of science is more dominant, but when it is viewed by qualitative one, co-constructive classroom interaction play a role in influencing the improvement the skills of senior high school students to draw conclusions. Keywords : Creative-productive, learning outcomes, taxonomy of science education

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2013 2013