cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnal@stiepari.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal@stiepari.ac.id
Editorial Address
Jl. Lamongan Tengah No.2, Bendan Ngisor, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50233
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata
ISSN : 14115077     EISSN : 27748987     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian, ulasan ilmiah dan informasi lainnya di bidang pariwisata dan perhotelan. terbit 3 kali dalam setahun (Januari, Mei dan September).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 2 (2021): GEMAWISATA MEI 2021" : 7 Documents clear
KESAKRALAN WISATA RELIGI NYATNYONO UNGARAN SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KABUPATEN SEMARANG Asihananto, Setiyo
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 17, No 2 (2021): GEMAWISATA MEI 2021
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kesakralan Nyatnyono menjadi tema dalam penulisan skripsi ini, sehingga penulis dapat merumuskan masalah menjadi 3 rumusan masalah. Rumusan masalah 1. Bagaimana kesakralan atraksi wisata religi Nyatnyono, ke 2. Faktor apa saja yang mendorong dan menghambat kesakralan wisata religi Nyatnyono Ungaran menjadi daya tarik wisata di Kabupaten Semarang dan yang ke 3. Bagaimana kegiatan pemberdayaan masyarakat setempat dengan adanya Nyatnyono sebagai atraksi wisata. Dari hasil penelitian ini, diperoleh hasil bahwa kesakralan menjadi daya tarik wisata pada aspek keunikan dan budayanya. Adapun faktor yang mendorong kesakralan Nyatnyono menjadi daya tarik wisata adalah masih kuatnya budaya masyarakat setempat untuk merawat situs-situs di Nyatnyono dan maraknya kegiatan ziarah yang dilakukan oleh masyarakat yang mengunjunginya. Sedangkan faktor penghambat adalah minimnya sarana wisata yang diperlukan pengunjung selama melakukan kegiatan di Nyatnyono. Kegiatan pemberdayaan masyarakat secara sosial ekonomi sudah memadai dengan adanya kegiatan perdagangan berupa kios cenderamata, warung makan, sewa sarung dan terkoordirnya sarana transportasi berupa ojek dan angkutan di sekitar area
PENGUATAN EKONOMI KREATIF KULINER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM RANGKA MEMBANGUN JEJARING CITA RASA GASTRONOMI MENDUNIA (KAJIAN KAMPUNG SINGKONG DI KOTA SALATIGA) Denik Risyanti, Yustina; Samtono, Samtono; Maryani, Tri
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 17, No 2 (2021): GEMAWISATA MEI 2021
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kota Salatiga memiliki aneka ragam kearifan lokal yang dapat dimanfaatkan menjadi produk untuk menciptakan nilai tambah dalam mendukung pengembangan ekonomi kreatif. Dalam hal ini diperlukan terciptanya pengembangan ekosistem ekonomi kreatif yang handal sehingga mampu menjadi katalisator kontribusi bagi peningkatan perekonomian dan tercapainya pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemberdayaan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal di Kota Salatiga khususnya subsektor kuliner kategori gastronomi dengan bahan baku singkong. Berkaitan dengan pengembangan ekonomi kreatif dibutuhkan tumbuhnya kota kreatif sebagai salah satu daya dukung kemajuan berjalannya pengembangan perekonomian suatu daerah. Berbekal keunggulan tersebut melalui program UNESCO Creative Cities Network (UCCN) Kota Salatiga mendapat kesempatan diproyeksikan menjadi nominator Kota Kreatif untuk bersaing dengan kota atau kabupaten lain. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, studi literatur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji petik tim Penilaian Mandiri Kabupaten/ Kota Indonesia (PMK3I), ekonomi kreatif Kota Salatiga memiliki keunggulan pada subsector kuliner. Potensi tersebut dalam mengusahakan bahan baku dari luar wilayah Salatiga dan pengolahan cita rasa, sehingga dapat berpotensi menumbuhkan jejaring dengan wilayah lain. Kota Salatiga dengan konsep ekonomi baru terus mengupayakan dan mengintensifkan salah satu unggulan dengan mengandalkan ide, kreativitas dan inovasi sebagai Kota Kreatif Kuliner.
NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL TRADISI SAPARAN DUSUN WARAK DI KOTA SALATIGA Denik Risyanti, Yustina
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 17, No 2 (2021): GEMAWISATA MEI 2021
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji eksistensi budaya lokal tradisi Saparan Desa Warak di era modern, jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan memaparkan data berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan juga studi pustaka pendukung. Hasil analisis menunjukkan bahwa tradisi Saparan masih dipertahankan eksistensinya sejalan dengan perkembangan zaman. Masyarakat di Desa Warak meyakini bahwa budaya lokal ini secara spiritual memiliki nilai luhur dan pesan moral untuk mencapai keselarasan hidup. Oleh karena itu warisan budaya ini masih melekat dan diugemi masyarakat setempat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tradisi Saparan di kalangan masyarakat Desa Warak, Kecamatan Dukuh, Kota Salatiga keberadaannya tetap dipertahankan dan dilestarikan di tengah-tengah pesatnya perkembangan zaman. Rekomendasi yang diberikan dalam penelitian ini agar masyarakat menyikapi perkembangan zaman secara arif dan bijaksana, serta melakukan pewarisan budaya kepada generasi penerus sehingga warisan budaya tetap terpelihara keberadaannya.  
PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN DI OMA LONDO CAFE SEMARANG, JAWA TENGAH kumalasari, Suprapti
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 17, No 2 (2021): GEMAWISATA MEI 2021
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara sosial media marketing dan brand trust terhadap kepuasan pelanggan di Oma Londo Cafe Semarang, serta untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan. Metode ini yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif.data yang digunakan ada dua jenis yaitu data primer dan data sekunder.alat dalam penelitian ini adalah metode pustaka dan metode kuisioner yang kemudian diolah dengan spss for windows 25.0. Jumlah sampel dalam penelitian merupakan responden sebanyak 89 pelanggan Oma Londo Cafe Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, maka hipotesis yang diajukan baik secara persial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan, hal ini juga didukung dengan persamanaa regresi Y = 0,404 X1 + 0,526 X2 + e , serta terbukti bahwa variabel brand trust berpengaruh paling besar terhadap variabel sosial media marketing dengan koefisien regresi 0,526. Kesimpulan dari penelitian ini adalah brand trust paling berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan di Oma Londo Cafe Semarang. Jadi apabila brand trust lebih ditingkatkan maka kepuasan pelanggan akan semakin meningkat.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN TAMU DI KUROGI CAFE SEMARANG Rinda Dwi Pratiwi, Veren
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 17, No 2 (2021): GEMAWISATA MEI 2021
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan Kurogi Cafe Semarang yang bertujuan untuk menganalisa dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan tamu, serta untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan tamu Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan analisis kuantitatif, sedangkan desain penelitiannya menggunakan regresi dan korelasi yang terdiri dari satu faktor atau lebih. Data yang digunakan ada dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Alat dalam penelitian ini adalah kuisioner, dan observasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 responden yang berkunjung di Kurogi Cafe Semarang. Berdasarkan hasil hitung SPSS, hipotesis pada taraf teruji signifikan dan positif berpengaruh dengan persamaan regresi, Y = 0.419X1+0.432X2 serta terbukti bahwa variabel lokasi berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan wisatawan dengan koefisien regresi sebesar 0.432 Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dari dua variabel independen, lokasi adalah yang paling berpengaruh positif terhadap kepuasan tamu  Kurogi Cafe di Semarang
PENGARUH INOVASI PRODUK MAKANAN DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI ATHAYA COFFEE SEMARANG Ayu Rachmawati, Puspita
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 17, No 2 (2021): GEMAWISATA MEI 2021
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Athaya Coffee Semarangdengan tujuan untuk menganalisa dan menjelaskan  pengaruh Inovasi Produk Makanan dan Pelayanan  Terhadap Kepuasan Konsumen di Athaya Coffee Semarang. Data penelitian ini diperoleh melalui kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 70 responden. Data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Analis kunatitatif menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Uji hipotesis dan sebelumnya diuji dengan uji validitas dan uji realibilitas. Hasil analis regresi menunjukkan bahwa Pelayananmempunyai pengaruh paling besar serta dominan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji analisis regresi berganda menunjukkan nilai F yang signifikan dengan nilai korelasi determinasi R2 square sebesar 0.771 hal ini menunjukkan untuk meningkatkan kepuasan  konsumen maka perlu mengelola Pelayanan yang dilakukan bersama-sama dengan variabel yang lainnya
PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN DI UMKM KATERING DI SEMARANG BARAT Kharisma1, Dina; Nurkomalasari, Nyayu
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 17, No 2 (2021): GEMAWISATA MEI 2021
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagai salah satu pilar penting sektor ekonomi nasional, nafas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terjadinya pelemahan ekonomi dimasa pandemi virus Corona atau Covid19 saat ini. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mendorong UMKM berkembang adalah dengan digitalisasi pemasaran.Penelitian ini berfokus pada penerapan bauran pemasaran di salah satu UMKM bidang kuliner yang pemasarannya terganggu setelah adanya pandemi, yaitu di UMKM Aning Catering yang berlokasi di Semarang Barat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi UMKM memang perlu disegerakan secepatnya dan semua pihak perlu turut membantu. Sebab teknologi makin berkembang, UMKM perlu variasi bauran pemasaran dalam memasarkan produknya

Page 1 of 1 | Total Record : 7