cover
Contact Name
Kharis Fadlullah Hana
Contact Email
kharis@iainkudus.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalbisnis@iainkudus.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam
ISSN : 24423718     EISSN : 24775533     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Bisnis hadir dengan penulis-penulis yang memberikan kontribusi di berbagai bidang bisnis. Bisnis syariah memang sangat dianjurkan karena sejalan dengan prinsip ekonomi islam. ketika akan memulai sebuah bisnis maka penting untuk membuat pondasi yang kokoh terlebih dahulu. pondasi bisnis kita harus dibangun dengan intention Islam, passion Islam dan knowledge Islam.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2021): BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam" : 20 Documents clear
Pengaruh Harga, Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli di Lazada (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus Angkatan 2017) Mawa, Sayyidati Fatihatul; Cahyadi, Iwan Fahri
BISNIS Vol 9, No 2 (2021): BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam
Publisher : Fakultas Ekonom dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/bisnis.v9i2.11901

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah asosiatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Snawball Sampling sehingga didapatkan sampel sejumlah 40 responden. Alat pengumpulan data yakni menggunakan kuesioner yang kemudian di analisis menggunakan teknik pengujian data yang meliputi uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda secara simultan variabel harga, online customer review dan rating berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Secara parsial variabel harga, online customer review dan rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.
The Impact of Online Consumer Reviews, E-Service Quality, and Content Marketing on Purchasing Decisions on the Shopee Seller Marketplace, with Islamic Business Ethics as a Moderation Variable Hana, Kharis Fadlullah; Miranti, Ajeng Rizki
BISNIS Vol 9, No 2 (2021): BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam
Publisher : Fakultas Ekonom dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/bisnis.v9i2.13477

Abstract

Today, there is a lot of interest in Indonesian spending on the market; in 2021, overall Indonesian expenditure on the market climbed by 26%. Shopee is an Indonesian marketplace app with 93,440,300 monthly users. Sellers in the Shopee marketplace, on the other hand, are still learning how to effectively handle the platform. As a result, the goal of this research is to see if OCR (Online Consumer Review), E-Service Quality, and Content Marketing influence purchasing decisions, and if so, whether implementing OCR, E-Service Quality, and Content Marketing with Islamic business ethics strengthens or weakens the influence of purchasing decisions. The quantitative technique was employed in this investigation. Students from IAIN Kudus, UMK, and UMKU who utilize the shopee marketplace are the focus of this study. Because the population in this study was unlimited, researchers utilized the lemeshow method to determine the sample size and acquired 96 research samples. This study employs nonprobability sampling methods using purposive sampling. The data gathering approach is done through disseminating questionnaires. SPSS version 2.3 is used to process the data obtained. Validity tests, reliability tests, statistical tests, and traditional assumption tests are all used in data analysis techniques. The findings of this study revealed that online consumer reviews, e-service quality, and content marketing all influenced purchase decisions on shopee seller marketplaces and MRA tests, indicating that Islamic business ethics is a pure moderator variable that has a positive impact on online consumer reviews, e-service quality, and content marketing.
Analisis Kinerja Keuangan Pelaku Usaha pada UD Al Qudsy Manggis andriasari, widi savitri; Aziz, Ahmad Syifaul; Nurjannah, Siti Lailatu; Febriana, Nia Monica; Safitri, Peni
BISNIS Vol 9, No 2 (2021): BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam
Publisher : Fakultas Ekonom dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/bisnis.v9i2.12038

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kinerja keuangan menggunakan Rasio Likuiditas dan Rasio Profitabilitas pada UD AL-Qudsy Manggis. Pendekatan dalam penelitian yang mengunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian mengunakan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa rasio profitabilitas yaitu pada tahun 2018 sampai 2020 dengan nilai Net Profit Margin (NPM) sebesar 50,23% Sangat Baik. Sedangkan rasio likuiditas ditunjukkan dengan nilai Current Ratio rata-rata 2018-2020 sebesar 274,52% menunjukkan Sangat Baik, dan Quick Ratio sebesar 260,68% Sangat Baik. Current ratio selama tiga tahun merupakan nilai yang sudah mencapai Standar Perusahaan dagang. Hal tersebut menunjukan perusahaan mampu dan dapat membayar hutang lancarnya dengan aktiva lancar dan kas yang tersedia di perusahaan Al-Qudsy Manggis. Dari segi profitabilitasnya yaitu return on investment (ROI) 46,30% di nilai baik karena nilainya sudah mencapai Standar, sedangkan return on equity (ROE) pada tahun 2020 mengalami puncak dan dikatakan sangat baik karena nilainya melebihi Standar yaitu 60,91% nilai tersebut tidak signifikan karena rata-rata (ROE) 2018-2020 adalah 60,84%. Dilihat dari indikator tersebut kinerja keuangan dengan berdasarkan pada Keputusan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah tentang (UMK) UU No.14 Tahun 2009 dapat disimpulkan bahwa tingkat profitabilitas UD Al-Qudsy Manggis dalam kategori sangat baik karena nilai indicator diatas standartnya. Kemampuan dalam menghasilkan laba perusahan dengan modal perusahaan sendiri yang diinvestasikan kedalam usahanya sangat tinggi serta kemampuan yang dimiliki perusahaan dalam menghasilkan laba perusahaan sudah maksimal.
Generating Positive Words of Mouth in Healthcare Services Noor, Sufiana
BISNIS Vol 9, No 2 (2021): BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam
Publisher : Fakultas Ekonom dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/bisnis.v9i2.13361

Abstract

 Words of mouth is still an interesting issue to discuss. This research examine how service quality can influence trust to raise worth of mouth. Service quality divided into core services quality and peripheral service. Positive words of mouth measured by referencing intention. This study focus on how service quality effect both customer trust and words of mouth. The data were collected through a survey among patients in a private medical clinic in Kudus Regency. . The data were analyzed by using Structural Equation Model on AMOS 21. The findings in this study showed that core service quality influences trust and referencing intention directly also indirectly. Peripheral service quality has influences on trust but it has no direct effect on referencing intention. From this study, the medical clinic management can learn to improve service quality in order to increase positive words of mouth.
Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Islamic Social Reporting (ISR) sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2016 – 2020 Amalia, Nurika Rizki; Yudiana, Fetria Eka
BISNIS Vol 9, No 2 (2021): BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam
Publisher : Fakultas Ekonom dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/bisnis.v9i2.11897

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh Leverage (DER), Profitabilitas (ROA), terhadap Nilai Perusahaan (PBV) dengan Islamic Social Reporting (ISR) sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan yang Tercatat di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2016 – 2020. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan uji analisis jalur atau path analysis sebagai analisis data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil uji t yang menunjukkan bahwa variabel Leverage secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Profitabilitas secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Leverage secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap ISR, Profitabilitas secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap ISR, ISR berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Hasil Uji F menunjukan bahwa secara bersama-sama variabel Leverage, Profitabilitas dan Islamic Social Reporting (ISR) berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan hasil analisis jalur atau path analysis menunjukkan bahwa variabel Islamic Social Reporting (ISR) mampu memediasi pengaruh Leverage terhadap nilai perusahaan. Namun tidak dapat memediasi pengaruh Profitabilitas terhadap nilai perusahaan.
Pengaruh Locus of Control, Kepemimpinan Transformasional dan Spiritual At Work Terhadap Kinerja Karyawan Darmawan, Akhmad; Bagis, Fatmah; Anggraini, Intan Anggun Puspita
BISNIS Vol 9, No 2 (2021): BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam
Publisher : Fakultas Ekonom dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/bisnis.v9i2.11832

Abstract

This study aims to determine the effect of locus of control, transformational leadership and spiritual work on employee performance (Case study on employees of Perum Perhutani KPH East Banyumas). The population of 145 people who are employees of the production division of Perum KPH Banyumas Timur and the sample used in this study amounted to 145 samples. The sampling technique used was the purposive sampling method. The research used a questionnaire. The results of this study are based on data analysis using multiple linear regression test and coefficient of determination test. 1.Locus Of Control, transformasional leadership and work spiritually have a simultaneous effect on perfomance perum perhutani KPH east Banyumas. 2.Locus Of Control has a significant effect on performance perum perhutani KPH  east Banyumas. 3.significant transformational leadership to words performance perum perhutani KPH east Banyumas. 4.work spiritual have a significant effect on performance perum perhutani KPH east Banyumas.
Can Religious Tourism Meet Tourist Satisfaction through its Halal-Friendly? Saifudin, Saifudin
BISNIS Vol 9, No 2 (2021): BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam
Publisher : Fakultas Ekonom dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/bisnis.v9i2.11999

Abstract

This study aims to determine the effect of halal-friendly tourism on tourist satisfaction in Demak religious tourism. The exogenous variables of halal-friendly accommodations, halal foods, halal-friendly facilities, halal-friendly services, and halal-friendly locals and other travellers were tested for their effect on the endogenous variable, namely tourist satisfaction. Sampling using purposive sampling. The data used are primary data obtained from 534 respondents. The study results explain that halal-friendly accommodations, halal-friendly facilities, and halal-friendly locals and other travellers affect tourist satisfaction. However, halal foods and halal-friendly services do not affect tourist satisfaction.
Potensi dan Strategi Pengembangan Wisata Goa Pancur dalam Meningkatkan Ekonomi Warga Lokal Suparwi, Suparwi; Rakhmawati, Ita
BISNIS Vol 9, No 2 (2021): BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam
Publisher : Fakultas Ekonom dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/bisnis.v9i2.12151

Abstract

The main purpose of this study was to identify and identify and analyze the potential and strategies for developing Goa Pancur tourism in Jimbaran Kayen Pati Village in improving the local tourism economy. First, what is the potential of Goa Pancur tourism so that it has differentiation from other tours. Second, formulating the right strategy to increase the number of tourists and third, what is the right development strategy in increasing the local tourism economy. The data analysis method used descriptive qualitative analysis. From the results of the analysis, it was found that the tourism potential of Pancur Cave is very large but its development has not been maximized, especially the Pancur Cave itself and the existence of a swamp in front of the cave which is very different from other tours. The development strategy in increasing tourists uses a porter approach in which tourism differentiation must be maximized, tourism cost leadership to be maintained and finally segmentation efforts need to be carried out in its development. The future development strategy to improve the local economy is the stability strategy,
Peran Komunitas Pengusaha Muslim Dalam Mengembangkan Bisnis Syariah di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi kasus: Jogja Muslimah Preneur) Hamidah, Raisa Aribatul; Alam, Azhar; Wijayanti, Devi; Nurrahman, Aditya
BISNIS Vol 9, No 2 (2021): BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam
Publisher : Fakultas Ekonom dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/bisnis.v9i2.11914

Abstract

Penelitian membahas peran komunitas bisnis Syariah dalam mengembangkan bisnis Syariah di Tengah Pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan strategi komunitas dalam mengembangkan bisnis syariah dan mempertahankan nilai-nilai syariah dalam bermuamalah selama Pandemi Covid-19. Dengan subjek penelitian menggunakan sebelas responden yang terdiri dari pendiri, pengurus dan anggota komunitas pengusaha muslim di Wilayah Yogyakarta. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian kasus (case study), penelitian yang mendalam tentang                    individu, kelompok, institusi dan sebagainya dalam waktu tertentu. Pengumpulan data dengan cara mewawancarai pengurus dan anggota komunitas serta mengumpulkan dokumen-dokumen literatur tentang mempertahankan bisnis syariah di tengah Pandemi. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas Jogja Muslimah Preneur (JMP) memberikan peran dalam bentuk pemberian fasilitas berupa kegiatan-kegiatan dan event-event yang berguna untuk menambah wawasan, meningkatkan kemampuan daya saing, dan melihat peluang dari sudut pandang yang berbeda. Komunitas juga berperan mempertahankan nilai-nilai syariah yang harus dijaga dalam berbisnis meskipun dalam keadaan sulit seperti pandemi Covid-19 saat ini. Dengan segala keterbatasan penelitian yang dihadapi, pelajaran penting dari penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk wilayah lain yang ingin mendirikan komunitas pengusaha muslimah dengan tetap mempertahankan nilai-nilai syariah yang sebenarnya.
Keputusan Penggunaan Uang Elektronik di Era Pandemi Covid-19 pada Masyarakat Kudus Nisa, Nurul Izzatun; Mustaqim, Muhamad
BISNIS Vol 9, No 2 (2021): BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam
Publisher : Fakultas Ekonom dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/bisnis.v9i2.13083

Abstract

Di era pandemi penggunaan pembayaran uang elektronik mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh trust dan pengetahuan produk terhadap keputusan penggunaan uang elektronik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penyebaran kuesioner dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik sampling insidental dengan jumlah sampel 100 pengguna uang elektronik di Kabupaten Kudus. Penelitian ini memperoleh hasil temuan, yaitu pertama, adanya pengaruh yang signifikan variabel trust terhadap keputusan penggunaan uang elektronik. Kedua, adanya pengaruh yang signifikan variabel product knowledge terhadap keputusan penggunaan uang elektronik.

Page 1 of 2 | Total Record : 20