cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. klaten,
Jawa tengah
INDONESIA
MAGISTRA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Majalah Ilmiah Universitas Widya Dharma Klate
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 29, No 99 (2017): Magistra Maret" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN PKn SD DI PROGRAM STUDI S1 PGSD Suwartini, Sri
MAGISTRA Vol 29, No 99 (2017): Magistra Maret
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.706 KB)

Abstract

Buku ajar menjadi unsur utama dalam proses belajar mengajar. Hasil studi yang telah dilakukanmenunjukkan buku ajar PKn SD di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar masih minim muatan karakter,dimana karakter menjadi perdebatan hangat saat ini. Penelitian ini mencoba untuk mengembangkan buku ajarPKn SD dengan konten karakter, dengan mengukur aktivitas siswa, prestasi dan respon mahasiswa. Penelitianini dilakukan dengan metode penelitian evaluasi kelas dengan menerapkan model 4-D. Subyek penelitian adalah20 mahasiswa semester 5D dan 20 mahasiswa kelas 5I Program Studi PGSD Unwidha Klaten. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa: aktivitas pembelajaran baik dengan 77,6% siswa aktif, 95% siswa mencapai ketuntasandengan rata-rata 80,75; bahan ajar layak digunakan dengan rata-rata 83,2% dan mahasiswa memberi responpositif terhadap buku ajar.Kata Kunci : Buku Ajar, Pendidikan Karakter, PKn SD
PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA BIOLOGI MATERI SISTEM DALAM KEHIDUPAN TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA VIII B SMP N 3 TULUNG KLATEN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017 ., Harjono
MAGISTRA Vol 29, No 99 (2017): Magistra Maret
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.749 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai upaya menjawab permasalahan yang terjadi di kelas VIII BSMPN 3 Tulung, yaitu, kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII B dalam memahami dan menjawabsoal-soal yang berkaitan dengan Sistem Kehidupan Tumbuhan dalam Pelajaran IPA Biologi. Rendahnya motivasidan hasil belajar siswa materi Sistem Kehidupan Tumbuhan ini menyebabkan banyak siswa yang mendapatkannilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dalam Pelajaran IPA Biologi.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIIISMPN 3 Tulung Sukorini dalam Pelajaran IPA Biologi. Metode yang digunakan untuk meningkatkan motivasidan hasil belajar siswa dalam penelitian ini adalah Metode Experiential Learning atau Pembelajaran melaluipengalaman.Penelitian ini menggunakan empat tahap PTK, yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi,penulis berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa secara signifikan. Dari hasil yang diperolehmelalui penelitian ini, penulis berkesimpulan bahwa  metode pembelajaran Experiential Learning mampumeningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMPN 3 Tulung dalam memahami materi SistemKehidupan Tumbuhan.Kata Kunci  : Kehidupan Tanaman, Experiential Learning
ANALISIS PENGARUH KETEPATAN WAKTU, FASILITAS DAN HARGA TIKET TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KERETA API DI STASIUN PURWOSARI Apriyadi, Dede
MAGISTRA Vol 29, No 99 (2017): Magistra Maret
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.503 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan ketepatanwaktu, fasilitas dan harga tiket terhadap kepuasan penumpang di Stasiun Purwosari, mengetahui dan menganalisispengaruh ketepatan waktu terhadap kepuasan penumpang di Stasiun Purwosari, mengetahui dan menganalisispengaruh fasiitas terhadap kepuasan penumpang di Stasiun Purwosari, mengetahui dan menganalisis pengaruhharga tiket terhadap kepuasan penumpang di Stasiun Purwosari.Kesimpulan: hasil penelitian menunjukkan bahwa ketepatan waktu, fasilitas dan harga tiket secara simultandan parsial berpengaruh terhadap terhadap kepuasan penumpang di Stasiun Purwosari. Nilai Adjusted R Squaresebesar 0.503 artinya variasi perubahan antara variabel independen dan variabel dependen dalam model regresisebesar 50.3% dan sisanya 49.7% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalampenelitian ini.Kata kunci: Ketepatan waktu, fasilitas, harga tiket dan kepuasan penumpang.
MODEL NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTUAN MAGIC CARD DALAM KURIKULUM 2013  SEKOLAH DASAR ., Fembri
MAGISTRA Vol 29, No 99 (2017): Magistra Maret
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.296 KB)

Abstract

Kurikulum 2013 menghendaki karakteristik siswa sekolah dasar abad 21 mampu menghadapitantangan pembelajaran. Guru akan diuji dalam menyambut tantangan. Guru yg profesional akan membelajarkansiswa untuk mempunyai ilmu wawasan, teknologi, berprestasi, beretika dan menyenangkan. Siswa sekolahdasar menyukai pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Numbered Head Together (NHT) adalah salahsatu model pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa aktif dalam kelompok. Peserta didik dibagi dalamkelompok dengan tiap anak mendapatkan nomor. Pembelajaran ini di kombinasikan dengan media magic carddalam penerapan di kurikulum 2013. Magic card dibuat untuk pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajarankurikulum 2013 akan menjadi lebih bermakna dan menyenangkan dengan penerapan model NHT berbantuanmagic card. Model ini akan mempermudah guru menciptakan suasana kondusif di dalam kelas.Kata kunci: Model Number Head Together, Magic Cards, Kurikulum 2013
LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA Rofisian, Nela
MAGISTRA Vol 29, No 99 (2017): Magistra Maret
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.615 KB)

Abstract

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi sebagian siswa masih dirasakan sulituntuk dipahami. Hal ini terjadi karena siswa baru mampu mempelajari fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dangagasan pada tingkat ingatan, mereka belum dapat menggunakan dan menerapkannya secara efektif dalampemecahan masalah sehari-hari. Penggunaan media pembelajaran sangat dianjurkan untuk mempertinggi kualitaspembelajaran. Lingkungan sekitar yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran terdiri dari: lingkungansosial dan lingkungan fisik (alam). lingkungan sekitar sekolah adalah tepat digunakan untuk bidang studi IPA.Setelah mempelajari lingkungan sekitar sekolah diharapkan para siswa dapat lebih memahami materi pelajarandi sekolah serta dapat menumbuhkan cinta alam, kesadaran untuk menjaga dan memelihara lingkungan sekolah,turut serta dalam menanggulangi kerusakan dan pencemaran lingkungan serta tetap menjaga kelestariankemampuan sumber daya alam bagi kehidupan manusia.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN STRATEGI SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 TLOBONG, DELANGGU TAHUN AJARAN 2013/2014 ., Sumini
MAGISTRA Vol 29, No 99 (2017): Magistra Maret
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.194 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan penerapan strategisains teknologi dan masyarakat pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Tlobong, Delanggu Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksidengan strategi sains teknologi dan masyarakat yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan denganpenilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilairata-rata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 72,50 dari nilai awal sebesar 62,50; sedangkan nilairata-rata afektif pada siklus I sebesar i3,83 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rata-rata kognitif padasiklus II meningkat menjadi 88,30 dari siklus I yang hanya 72,50; sedangkan nilai rata-rata afektif rneningkatmenjadi 16,17 (termasuk kategori berminat). Berdasarkam hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajarandengan penerapan strategi sains teknologi dan masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada kelas VISD Negeri 2 Tlobong, Delanggu tahun ajaran 2013/2014.Kata kunci: Hasil belajar (aspek kognitif dan afektif), strategi sains teknologi dan  masyarakat.
PENGARUH FASILITAS TICKETING ON LINE, FASILITAS RUANG TUNGGU, DAN FASILITAS PARKIR TERHADAP CORPORATE IMAGE PT. KERETA API INDONESIA DI STASIUN KERETA API SRAGEN Prasetyo, Agus
MAGISTRA Vol 29, No 99 (2017): Magistra Maret
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.326 KB)

Abstract

Artikel ini berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitasticketing on line, ruang tunggu, dan parkir terhadap corporate image PT Kereta Api Indonesia di StasiunKereta Api Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen kereta api di Stasiun Kereta ApiSragen dalam kategori tak terhingga. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin. Teknikpengumpulan data primer dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Sedangkan pengumpulan data sekundermelalui dokumentasi. Teknik pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisisdata yang digunakan adalah uji asumsi klasik (yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas),analisis regresi berganda, uji f, uji t, dan uji koefisien determinasi (R2).Hasil penelitian ini adalah 1) Fasilitas ticketing on line, ruang tunggu, dan parkir, masing-masing secaraindividu berpengaruh positif dan signifikan terhadap corporate image PT Kereta Api Indonesia di StasiunKereta Api Sragen; 2) Keseluruhan fasilitas ticketing on line, ruang tunggu, dan parkir berpengaruh secarasimultan dan signifikan terhadap corporate image PT Kereta Api Indonesia di Stasiun Kereta Api Sragen; dan3) Fasilitas ticketing on line, dengan nilai koefisien regresi standar yaitu sebesar 0.443 telah terbukti menjadifasilitas yang paling berpengaruh atau dominan apabila dibandingkan dengan fasilitas ruang tunggu dan fasilitasparkir.Kata Kunci: ticketing on line, ruang tunggu, fasilitas parkir, corporate image
ANALISIS PENGARUH PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO BATIK KERIS NONONGAN SURAKARTA Septiawati, Eliya
MAGISTRA Vol 29, No 99 (2017): Magistra Maret
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.103 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan pelayanan,kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko PT. Batik Keris NononganSurakarta, mengetahui dan menganalisis pengaruh pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di TokoPT. Batik Keris Nonongan Surakarta, mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusanpembelian konsumen di Toko PT. Batik Keris Nonongan Surakarta, mengetahui dan menganalisis pengaruhpromosi terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko PT. Batik Keris Nonongan Surakarta.Kesimpulan: hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan, Kualitas Produk dan Promosi secara simultandan parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko PT. Batik Keris Nonongan Surakarta.Nilai Adjusted R Square sebesar 0,451, artinya variasi perubahan antara variabel independen dan variabeldependen dalam model regresi sebesar 45,1% dan sisanya 54,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketigavariabel yang digunakan dalam penelitian ini.Kata kunci: Pelayanan, Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 30, No 103 (2018): Magistra Maret Vol 29, No 102 (2017): Magistra Desember Vol 29, No 101 (2017): Magistra September Vol 29, No 100 (2017): Magistra Juni Vol 29, No 99 (2017): Magistra Maret Vol 28, No 98 (2016): Magistra Desember Vol 28, No 97 (2016): Magistra September Vol 28, No 96 (2016): Magistra Juni Vol 28, No 95 (2016): Magistra Maret Vol 26, No 91 (2015): Magistra Edisi Maret 2015 Vol 27, No 93 (2015): Magistra September Vol 27, No 92 (2015): Magistra Juni Vol 27, No 91 (2015): Magistra Maret Vol 26, No 94 (2015): Magistra Desember Vol 26, No 93 (2015): Magistra Edisi September Vol 26, No 92 (2015): Magistra Edisi Juni Vol 26, No 90 (2014): Magistra Edisi Desember Vol 26, No 89 (2014): Magistra Edisi September Vol 26, No 88 (2014): Magistra Edisi Juni Vol 26, No 87 (2014): Magistra Edisi Maret Vol 25, No 86 (2013): Magistra Edisi Desember Vol 25, No 85 (2013): Magistra September Vol 25, No 84 (2013): Magistra Edisi Juni Vol 25, No 83 (2013): Magistra Edisi Maret Vol 24, No 82 (2012): Magistra Edisi Desember Vol 24, No 81 (2012): Magistra Edisi September Vol 24, No 80 (2012): Magistra Edisi Juni Vol 24, No 79 (2012): Magistra Edisi Maret Vol 23, No 78 (2011): Magistra Edisi Desember Vol 23, No 76 (2011): Magistra Edisi Juni Vol 23, No 75 (2011): Magistra Edisi Maret No 77 (2011): Magistra Edisi September Vol 22, No 74 (2010): Magistra Edisi Desember Vol 22, No 73 (2010): Magistra Edisi September Vol 22, No 72 (2010): Magistra Edisi Juni Vol 21, No 70 (2009): Magistra Edisi September Vol 21, No 69 (2009): Magistra Edisi Juni Vol 21, No 68 (2009): Magistra Edisi Maret Vol 20, No 67 (2008): Magistra Edisi Desember Vol 19, No 61 (2007): Magistra Edisi Juni Vol 19, No 60 (2007): Magistra Edisi Maret Vol 23, No 58 (2006): Magistra Edisi September Vol 27, No 55 (2005): Magistra Edisi Desember Vol 26, No 50 (2004): Magistra Edisi September Vol 26, No 48 (2004): Magistra Edisi Maret Vol 16, No 51 (2004): Magistra Edisi Desember Vol 16, No 49 (2004): Magistra Edisi Juni Vol 16, No 48 (2004): Magistra Edisi Maret Vol 14, No 40 (2002): Magistra Edisi Maret More Issue