cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
darman-saputra@ubb.ac.id
Editorial Address
Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung, Desa, Balun Ijuk, Merawang, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33172
Location
Kab. bangka,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Holistic Journal Of Management Research
ISSN : 23379243     EISSN : 26858525     DOI : 10.33019
Core Subject :
Holistic Journal of Management Research (Jurnal Riset Manajemen Terpadu) adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung sebagai media komunikasi mengenai ilmu manajemen tingkat nasional dan internasional. Terbitan berkala ini hadir dengan frekuensi penerbitan satu tahun 2 (dua) kali, yaitu pada bulan April dan Agustus.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2020): Holistic Journal of Management Research" : 6 Documents clear
TREND LAJU PERTUMBUHAN PENDUDUK DAN KEMISKINAN DI PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG TAHUN 2014-2018 Neng Veni Suryani; Aning Kesuma Putri
Holistic Journal of Management Research Vol 3 No 1 (2020): Holistic Journal of Management Research
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.114 KB) | DOI: 10.33019/hjmr.v3i1.1730

Abstract

Laju pertumbuhan penduduk merupakan suatu pertambahan maupun pengurangan jumlah penduduk di suatu daerah setiap tahunnya. Tujuan dari laju pertumbuhan penduduk untuk memprediksi jumlah penduduk suatu daerah di masa mendatang. Semakin tinggi laju pertumbuhan penduduk dapat menyebabkan kesenjangan dan berdampak terhadap meningkatnya kemiskinan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui trend laju pertumbuhan penduduk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berdampak pada kemiskinan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisa trend. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Laju pertumbuhan penduduk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dalam kurun waktu lima tahun yakni tahun 2014-2018 menurun semakin stabil. Penurunan tersebut dikarenakan oleh keberhasilan program Keluarga Berencana (KB). Faktor lainnya adalah karena mayoritas sumber penghidupan penduduk berada pada sektor primer (tambang dan pertanian) sehingga penduduk cenderung mudah berpindah-pindah. Selain itu tidak tersedianya fasilitas sosial dan ekonomi yang diperlukan penduduk sehingga mendorong penduduk melakukan migrasi keluar guna memenuhi kebutuhan sosial mereka. Tingginya jumlah penduduk miskin menunjukkan bahwa ketimpangan rata-rata pengeluaran penduduk miskin meningkat.
PERANAN TUTOR TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA PENDIDIKAN JARAK JAUH Anfas Anfas; Minrohayati Minrohayati
Holistic Journal of Management Research Vol 3 No 1 (2020): Holistic Journal of Management Research
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.381 KB) | DOI: 10.33019/hjmr.v3i1.1733

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Peranan Tutor terhadap motivasi belajar mahasiswa pada sistem belajar jarak jauh di UPBJJ-UT Ternate. Populasi penelitian adalah mahasiswa UPBJJ-UT Ternate yang menerima beasiswa Bidikmisi dan CSR sebanyak 44 mahasiswa. Dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Dari hasil analisis regresi menghasilkan persamaan Y = a + bX = 94,020 + 0,364X. Artinya bahwa setiap peningkatan kualitas Peranan Tutor sebesar 1 satuan, maka akan meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa sebesar 0,364 satuan. Hasil koefisien determinasi R2 (R Square) sebesar 0,716 menjelaskan bahwa presentase sumbangan pengaruh variabel Peranan Tutor (X) terhadap variabel Motivasi Belajar (Y) sebesar 71,60%. Sedangkan sisanya 28,40% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti mengusulkan agar UT harus terus dapat meningkatkan standar kopetensi tutor agar pelaksanaan tutorial semakin baik.
Kata Kunci : Realisasi Kinerja, REALISASI KINERJA DAN ANGGARAN RENCANA KERJA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN BANGKA Vira Augusria; Devi Valeriani; Khairul Amri
Holistic Journal of Management Research Vol 3 No 1 (2020): Holistic Journal of Management Research
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.996 KB) | DOI: 10.33019/hjmr.v3i1.1736

Abstract

Pembangunan merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang makmur dan sejahtera. Sebagai salah satu fungsi pembangunan daerah, perencanaan memiliki peran vital dalam memastikan keberhasilan kinerja pembangunan daerah. Bappeda merupakan institusi yang ditunjuk dan berfungsi sebagai koordinator dalam penyelenggaraan perencanaan daerah yang juga mengkoordinasikan perencanaan-perencanaan yang bersifat sektoral di daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis realisasi capaian kinerja dan anggaran rencana kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bangka Tahun 2019 Triwulan II. Penggunaan data dalam menganalisis adalah rencana kerja; rencana strategis; target capaian kinerja dan anggaran dan realisasi capaian kinerja dan anggaran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bangka Tahun 2019 Triwulan II. Variabel dalam penelitian ini adalah realisasi capaian kinerja, realisasi anggaran, dan rencana kerja. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menguraikan tentang realisasi capaian kinerja dan anggaran rencana kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bangka Tahun 2019 Triwulan II. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata tingkat realisasi capaian kinerja dan rata-rata tingkat realisasi anggaran rencana kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bangka Tahun 2019 Triwulan II mendapat predikat sangat rendah (SR). Kata Kunci : Realisasi Kinerja, Realisasi Anggaran, Rencana Kerja
Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Pelanggan Geprek Bensu Di Kota Malang Andrian Wahyu Laksono; Nanang Suryadi
Holistic Journal of Management Research Vol 3 No 1 (2020): Holistic Journal of Management Research
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.557 KB) | DOI: 10.33019/hjmr.v3i1.1804

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, brand trust, dan quality product terhadap brand loyalty pada pelanggan Geprek Bensu di Kota Malang. Jenis Penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan atau membuktikan hubungan atau pengaruh antar variabel independen dan dependen. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 195 responden dimana penyebaran kuisioner dilaksanakan di Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari responde yang berdomisili di Kota Malang atau menetap sementara di Kota Malang, berusia minimal 17 tahun, merupakan pelanggan Geprek Bensu yag mempunyai pengetahuan atau pernah mendapatkan informasi secara online tentang Geprek Bensu, dan melakukan pembelian produk Geprek Bensu minimal 3x (tiga kali). Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan SPSS ver. 20. Hasil analisis yang didapat dalam penelitian ini adalah Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Brand Loyalty, Brand Trust berpengaruh signifikan terhadap Brand Loyalty, dan Product Quality berpengaruh signifikan terhadap Brand Loyalty. Berdasarkan hasil uji t didapatkan bahwa variabel Product Quality mempunyai nilai t hitung dan koefisien beta yang paling besar. Sehingga variabel Quality Product mempunyai pengaruh yang paling kuat dibandingkan dengan variabel yang lainnya maka variabel Quality Product mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Brand Loyalty. Kata kunci: Brand Image, Brand Trust, Product Quality, Brand Loyalty
Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung Angkatan 2016-2018 Kurnia Sandi; Sumar Thoyib; Christianingrum Christianingrum
Holistic Journal of Management Research Vol 3 No 1 (2020): Holistic Journal of Management Research
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.939 KB) | DOI: 10.33019/hjmr.v3i1.1825

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian online; pengaruh kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian online; dan pengaruh viral marketing dan kepercayaan konsumen secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian online. Penelitian ini dapat dikategorikan dalam penelitian kuantitaif karena data yang diperoleh berupa angka yang berasal dari kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 136 responden dengan menggunakan metode Proportionate stratified random sampling. Model analisis data yang digunakan regresi linear berganda, dengan uji f, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan uji t lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel sebesar 5,681; 2) kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan uji t lebih kecil dari 0,05 dan nili t hitung lebih besar dari t tabel sebesar 7,818; 3) viral marketing dan kepercayaan konsumen secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai F sebesar 389,682 dengan nilai signifikan 0,000. Hasil analisis koefisien determinasi (R2) menunjukan determinasi R2 pada penelitian ini 85,2% dan masih ada 14,8% variabel lain diluar penelitian yang masih bisa dikembangkan untuk penelitian berikutnya.
PENGARUH SUMBER PENGETAHUAN EKTERNAL TERHADAP TYPE INOVASI : SEBUAH TINJAUAN BERBASIS PELAKU PASAR DAN SCIENCE BASED ACTORS (STUDI EMPIRIS PADA UMKM DI YOGYAKARTA) Siti Nursyamsiah; Saiful Hidayat
Holistic Journal of Management Research Vol 3 No 1 (2020): Holistic Journal of Management Research
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (769.861 KB) | DOI: 10.33019/hjmr.v3i1.1826

Abstract

The research aims to determine the influence of external knowledge sources based on market actors and science actors on the types of innovations including product innovation, process innovation, market innovation and organizational innovation in innovating SMEs food and beverage at D. I Yogyakarta. This research is based on 60 samples obtained from the dissemination of questionnaires directly and through Google form. To analyzed data, this study utilized a logistic regression model with SPSS 23. The findings show that the external knowledge source of market base actors has significant effect on 4 types of innovation. However, the best prediction is shown in Model 1 that is market base actors to product innovation. While analysis of external knowledge sources of Science based actors shows there is no influence on 4 types of innovations, either on models 1 to model 4. Analysis of the control variables also showed no significant influence on innovation. Therefore, the age difference and size of the company in SMEs are not important factors in innovating. The results of this study contribute to the development of innovation in SMEs.

Page 1 of 1 | Total Record : 6