cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 365 Documents
Media Pembelajaran Interaktif perasi Dasar Komputer Pada Smk N 1 Boyolali Ikasari, Indri; Puspitasari, Tri
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2013 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (908.323 KB)

Abstract

ABSTRACT : Learning Media and technology in the information age it is today is the demand and need. This facilitates and understanding of where the media and the material passing over from teacher to student. The media also serve as a subtitute from or material in the from modules or animations that are available during the teaching process to better facilitate student’s understanding of subject matter. The purpose of this study, to produce interactive media.So that teaching and learning activities more effective and efficient, delivery of material to student can be delivered properly. In making interactive learning media SMK N 1 Boyolali using literature methods, observations, interviews, literature, analysis, design, implementation, testing. Making interactive learning media is expected to benefit the SMK N 1 Boyolali on teaching and learning activities,especially teachers in the delivery of content and students can receive the material better. Key word : Interactive Learning Media ABSTRAK : Media Pembelajaran dalam era informasi dan teknologi seperti sekarang ini adalah tuntutan serta kebutuhan. Dimana media ini memudahkan pemahaman dan penyampian materi dari guru kepada siswa. Media juga berfungsi sebagai pengganti wujud atau bahan dalam bentuk modul atau animasi yang tersedia selama proses pengajaran untuk lebih mempermudah siswa memahami materi pelajaran. Tujuan dari Penelitian untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif, supaya kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan efesien, penyampaian materi kepada siswa bisa tersampaikan dengan baik. Dalam pembuatan media pembelajaran interaktif SMK N 1 Boyolali menggunakan metode pustaka, observasi, wawancara, literatur, analisis, perancangan, implementasi, uji coba. Pembuatan media pembelajaran interaktif ini diharapkan bermanfaat bagi SMK Negeri 1 Boyolali pada kegiatan belajar mengajar terutama guru dalam penyampaian materi dan siswa bisa menerima materi dengan lebih baik. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interatif
Pembuatan Sistem Informasi Administrasi Blangko Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Sragen Suripto, Muhammad Agus
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2013 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1495.404 KB)

Abstract

Abstrak: Administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, dan pengelolaan informasi kependudukan. Dalam pelaksanaan administrasi dibutuhkan blangko kependudukan seperti blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan blanko Pengantar Kependudukan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sragen adalah instansi pelaksana administrasi dan penyedia serta pengendali dalam penggunaan blangko tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pencatatan transaksi penerimaan dan pengendalian penggunaan blangko masih menggunakan cara konvensional dimana petugas masih melakukan pencatatan pada buku penerimaan dan buku penggunaan, kemudian direkap secara manual pada buku rekap blangko. Hal ini menyebabkan proses pencatatan membutuhkan waktu lama dan proses pencarian laporan menjadi terlambat. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan sistem informasi yang dapat berfungsi mencatat transaksi penerimaan dan pengendali penggunaan blanko. Tujuan utama dari penelitian ini adalah pembuatan sistem informasi administrasi blangko. Penelitian ini diharapkan agar memberi kemudahan dalam proses administrasi blangko kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sragen. Guna menunjang penelitian ini, metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, observasi, wawancara, analisis sistem, perancangan sistem, pembuatan program, pengujian program, dan implementasi program. Kata Kunci: Sistem informasi blangko, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sragen Abstract: Civil administration is a series of structuring and controlling the issuance and registration of population data through, civil registration and population information management. The administration of residence requires blank of National Identity Cards (KTP), Family Card (KK), and intermediary population blank. Department of Population and Civil Registration of Sragen is an implementing agency and provider as well as controller of the use of those blank. Research showed that in recording the transaction and control of the use blanks required in administration are still using conventional procedure which officers are still taking notes on the book of acceptance and the book usage, then manually recapitulated in the book of blank recaps. This has led to a delayed recording process and overdue in file searching process. To overcome this kind of situation, it is necessary to serve the information systems record transactions and controlling the use of blank receipt. The main objective of this research is to make an information administration system. This research is expected to make ease the administration process in the Department of Population and Civil Registration of Sragen. To support this research, the method of data collection is done by literature study, observations, interviews, system analysis, system design, programming, program testing, and program implementation. Keywords: Blank information system, Department of Population and Civil Registration of Sragen
Media Pembelajaran Sholat Jenazah Berbasis Multimedia Sugiharto, Dana Agus; Timur Astuti, Bekti Ratna
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2012 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The body is a kind of prayer prayers conducted for Muslim bodies. Every Muslim who died both men and women must disholati by Muslims who are still living with the obligatory legal status kifayah. One of the functions of the computer as a medium of information and data processing is effective for the users who can then be combined with multimedia. Multimedia can be simply defined as more than one medium or a combination of text, images, audio, animation and video. The information generated in this multimedia sisitem tidaka can only be seen from the printout, but also his voice can be heard and seen pictures. The purpose of this study was to implement Prayer body by combining multimedia technologies with software macromedia director. The method of writing data to the methods used were literature, interviews, observation methods, methods of implementation, and testing methodsAbstraksi sholat Jenazah adalah jenis sholat yang dilakukan untuk jenazah muslim. Setiap muslim yang meninggal baik laki-laki maupun perempuan wajib disholati oleh muslim yang masih hidup dengan status hukum fardhu kifayah. Abstract: Salah satu fungsi dari komputer adalah sebagai media informasi dan pengolahan data yang efektif bagi masyarakat pengguna yang selanjutnya bisa dipadukan dengan multimedia. Multimedia secara sederhana dapat diartikan sebagai lebih dari satu media atau gabungan dari teks, gambar, suara audio, animasi dan video. Informasi yang dihasilkan dalam sisitem multimedia ini tidaka hanya dapat dilihat dari hasil cetaknya tetapi juga dapat didengar suaranya dan dilihat gambarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan Sholat Jenazah dengan cara memadukan teknologi multimedia dengan menggunakan software macromedia director. Metode dari penulisan data yang dipergunakan adalah dengan metode kepustakaan, metode wawancara, metode observasi, metode implementasi, dan metode uji coba Kata kunci : Media Pembelajaran sholat jenazah
Pembuatan Video Company Profile Agrowisata Sondokoro Tasikmadu, Karanganyar Lupitasari, Erlin Andriana
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2013 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.697 KB)

Abstract

ABSTRACT:Multimedia also be able to produce something more interesting, one of the multimedia used is for visualization company profile to the public. Multimedia is the right media information to makes the delivery of information in a audio or video. A lot of public more interested in seeing the video than read brochures or newspaper. Via the video, the public easier to understand know more about the company profile Agrowisata Sondokoro Tasikmadu, Karanganyar. The purpose of this research is to promote Agrowisata Sondokoro Tasikmadu, Karanganyar Tasikmadu, Karanganyar to more known by the public. Hoped from this research is for the author to gain knowledge about the process of making a good and interest company profile , for Agrowisata Sondokoro Tasikmadu, Karanganyar is promotional tool for the public the university is compose an additional research report. This research use data collection methods include observation, interviews, literature, method of approach: analysis, design, shooting and capturing, editing, implementation and testing is done to get the maximum video capable the attention of the public. Key Word : Video Company Profile Agrowisata Sondokoro Tasikmadu, Karanganyar ABSTRAKSI: Multimedia juga mampu menghasilkan sesuatu menjadi lebih menarik, salah satu penerapan multimedia adalah untuk visualisasi company profile kepada masyarakat luas. Multimedia merupakan media informasi yang tepat untuk mempermudah penyampaian informasi dalam bentuk audio ataupun video. Banyak masyarakat luas lebih tertarik melihat tayangan video dibandingkan dengan membaca brosur-brosur atau surat kabar. Lewat tayangan video, masyarakat lebih mudah memahami dan mengenal lebih jauh tentang company profile agrowisata Sondokoro tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempromosikan Agrowisata Sondokoro Tasikmadu, Karanganyar agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Diharapkan dari penelitian ini adalah bagi penulis dapat memperoleh pengetahuan tentang proses pembuatan company profile yang baik dan menarik, bagi Agrowisata Sondokoro sendiri merupakan sarana promosi untuk masyarakat dan bagi universitas merupakan suatu tambahan yang akan menyusun laporan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode pendataan yang meliputi observasi, wawancara, kepustakaan, metode pendekatan : analisis, perancangan, pengambilan gambar dan capturing, pengeditan, implementasi serta uji coba dilakukan secara maksimal supaya mendapatkan hasil video yang mampu menarik perhatian masyarakat. Kata kunci : Video Company Profile Agrowisata Sondokoro Tasikmadu, Karanganyar
Pembuatan Video Klip Lagu Smartschool Pride And Happiness Sebagai Media Dokumentasi SMK Smart IT Medan Khusnia, Dina
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2013 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.851 KB)

Abstract

ABSTRAKSI: Video Klip adalah salah satu media penyampaian informasi yang sangat ideal dalam menyampaikan sebuah ide, pesan dan citra kepada para penontonnya.Dengan penggabungan elemen penglihatan, audio dan gerakan, serta rancangan produksi yang baik dapat menciptakan sebuah video klip dengan kesan yang menarik pada penontonnya. SMK Smart IT Medan memiliki lagu Mars Sekolah yang berjudul SmartSchool Pride And Happiness, yang belum terdokumentasi dalam bentuk multimedia (audio video). Pihak yang bersangkutan ingin mendokumentasikannya dalam bentuk audio video.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan video klip yang menarik dari lagu SmartSchool Pride And Happiness. Manfaat dari penelitian ini adalah digunakan sebagai media dokumentasi bagi SMK Smart IT Medan. Adapun Metode penelitian yang penulis gunakan adalah : interview, kepustakaan, analisis, perancangan, capturing, pengeditan, uji coba dan implementasi. Kata Kunci : Produksi Audio Video, Multimedia ABSTRACT: Video clips are one of the ideal communication media to convey an idea, message and image to the audience. By merging elements of visual, audio, and motion, as well as a good production design can create a video clip with an interesting impression on the audience. SMK Smart IT Medan has a song Mars School with title SmartSchool Pride And Happiness, which has not been documented in the form of multimedia (audio video).The school want to document them in the form of audio video. The purpose of this research is to produce an interesting video clip of the song SmartSchool Pride And Happiness. The benefits of this research are used as a medium of documentation for SMK Smart IT Medan. There search method used by the writer are : interviews, library research, analysis, design, capturing, editing, testing and implementation. Keyword : Audio Video Production, Multimedia
Perancangan Sistem Pengolahan Data Administrasi Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri 1 Rembang Berbasis Web Sholikhin, Akhmad; Supriyadi, Eko
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2012 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang saat ini berkembang dengan begitu pesatnya. Hal itu juga didukung oleh sumber daya alam dan sumber daya manusia yang memadai dan berkualitas. Berbagai informasi dan pengelolaan manajemen instansi saat ini sangat mendukung untuk bisa dikembangkan menjadi sistem yang mengandalkan kemajuan teknologi. Pengolahan Data Administrasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Rembang saat ini sebagian besar masih menggunakan sistem konvensional dengan mencatat dalam buku, seperti proses pembayaran administrasi siswa, kenaikan kelas dan pengolahan nilai, meskipun ada beberapa pekerjaan yang sudah menggunakan sistem yang terkomputerisasi, seperti rekap nilai akhir tahun. Tujuan utama penelitian ini adalah pembuatan sistem pengolahan data yang dapat digunakan untuk administrasi siswa. Penelitian ini diharapkan agar memberikan kemudahan dalam pelaksanaan kegiatan pengolahan nilai, pembayaran sekolah, serta kenaikan kelas yang dilakukan oleh bapak, ibu guru pengajar dan petugas tata usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kepustakaan, analisis, perencanaan, perancangan atau desain, pembangunan, uji coba sistem serta implementasi sistem. Kata Kunci : Administrasi , SMKN 1 Rembang Abstract: Developments in science and technology is developing so rapidly. It was also supported by the natural resources and human resources are adequate and qualified. A variety of management information and management strongly supports the agencies to be developed into a system that relies on technological advances. Data Processing Administration in Vocational High School (SMK) School 1 Rembang now most still use the conventional system with the notes in the book, such as the payment of student administration, grade and processing increases the value, although there are some jobs that have been using computerized systems, such as year-end recap. The main objective of this study is the creation of data processing systems which can be used for student administration. This study is expected to provide the ease of implementation of the value of the processing, payment of school, as well as higher grade by father, mother, teacher educators and administrators. The method used in this study were observation, interviews, library research, analysis, planning, design or the design, development, system testing and system implementation. Keywords : Administration , Vocational High School (SMK) School 1 Rembang
Instalasi Jaringan Lokal Area Network Dengan Memanfaatkan Program Netop School Sebagai Remote Akses Di Laboratorium Komputer Kkpi Smk Veteran 1 Sukoharjo ., Tribudiyono
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2013 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2133.195 KB)

Abstract

ABSTRAKSI : Permasalahan yang dialami oleh Laboratorium KKPI di SMK Vetran 1 Sukoharjo adalah minimnya peralatan yang tidak sesuai dengan jumlah siswa praktek serta pengawasan penggunaan komputer yang kurang optimal. Terutama penggunaan satu Printer untuk digunakan seluruh siswa yang sedang praktek, dan Penggunaan Komputer oleh siswa yang tidak sesuai dengan materi yang sedang diajarkan (misal bermain game dll.) Salah satu alternatif pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran yang memungkinkan hal tersebut adalah dengan pemanfaatan program Local Area Network (LAN) dan NetOp School. Dengan Local Area Network (LAN), satu printer bisa digunakan secara bersama-sama. Net Op School adalah sebuah program yang khusus di ciptakan untuk membantu dalam proses pembelajaran maupun pengawasan penggunaan komputer oleh siswa. NetOp School terbagi menjadi dua yang pertama adalah NetOp School Teacher, yang di gunakan oleh guru,dan NetOp School Student yang di pasangkan di komputer siswa atau student. Dengan software ini guru bisa memonitor seluruh tampilan layar siswa atau melihat program apa saja yang di jalankan oleh siswa dan sebaliknya, guru bisa menampilkan apa yang ada di monitornya supaya terlihat di komputer siswa. Guru melalui NetOp School teacher bisa berkomunikasi secara tulisan maupun dengan video audio, selain itu guru bisa mengunci komputer siswa bila siswa melakukan tindakan yang tidak berkenan. Dengan NetOp School guru juga bisa mematikan/menghidupkan komputer siswa secara remote.
Proses Produksi Video Klip Menggunakan Kamera Digital Berbasis Multimedia Urbani, Yunanto Happi; Purnama, Bambang Eka
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2012 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Produksi Audio – Video yang biasa disebut produksi video klip dewasa ini sangat beragam variasi dalam teknik proses produksinya. Ada yang menggunakan kamera MD, HD, bahkan kamera DSLR. Namun dengan semua teknik tersebut tidak kalah juga dengan teknik pengambilan video yang menggunakan kamera digital. Asalkan kualitas lensa dari kamera digital sudah cukup lumayan jernih, maka dapat digunakan untuk pengambilan gambar video atau syuting. Karena dalam proses produksi video klip tidak mutlak menggunakan mikrofon eksternal, atau yang biasa disebut Gain Mic. Proses produksi video klip tidak membutuhkan perekaman atau pengambilan suara sewaktu syuting, jadi tidak perlu menggunakan gain mic atau mikrofon eksternal, hanya dibutuhkan kualitas gambar yang jernih saja. Jika dilakukan dengan kamera digital yang mempunyai resolusi cukup jernih, maka semua itu dapat terwujud dengan baik. Asalkan teknik pengambilan view angle cukup variatif dan kreatif, maka hasilnya akan cukup bagus. Karena suara atau audio dalam video klip sudah siap tersediadalam bentuk rekaman yang sudah siap pakai, yaitu berupa rekaman lagu. Disamping juga memerlukan teknik editing video yang harus cermat dan teliti, apalagi jika bisa menambahkan efek teknik editing yang bervariasi, maka akan menghasilkan video klip yang sangat bagus. Kekuatan teknik editing video merupakan implementasi dari penggunaan aplikasi multimedia yang memegang peranan penting dalam proses produksi sebuah video. Tentunya harus cukup tepat dalam pemilihan software editing yang digunakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana cara proses memproduksi sebuah video klip dengan menggunakan kamera digital dan aplikasi multimedia. Tujuannya adalah untuk menghasilkan sebuah video klip dengan proses produksi yang cukup efisien. Manfaatnya untuk memberikan referensi yang kreatif dan variatif dalam teknik pembuatan sebuah video klip. Kata kunci / Key word : Produksi Audio – Video, Multimedia
Komputerisasi pengolahan data perpustakaan Pada MTs Negeri Gembong Pati Berbasis Multiuser ., Sunandar
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2012 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: In the era of globalization, technological development is very fast, so we have to keep up with technology over time, technology can help us to send, receive or obtain information quickly and widely in use by agencies and institutions because of its simplicity But not all schools have the facilities and infrastructure, such as those in MTs Gembong district. Starch, a data processing system libraries still use manual methods such as book search that requires a long time to find the book in the search. From this research can facilitate data processing system that runs the library there and minimize difficulties book search in large numbers Abstrak : Di era globalisasi perkembangan teknologi sangatlah cepat, sehingga kita harus mengikuti perkembangan teknologi dari waktu ke waktu, teknologi dapat memudahkan kita mengirim, menerima atau mendapatkan informasi dengan cepat dan banyak di gunakan oleh lembaga- lembaga dan intitusi karena kemudahannya Namun tidak semua sekolah mempunyai sarana dan prasarana yang lengkap, seperti yang ada di MTs Negeri Gembong Kab. Pati, sistem pengolahan data perpustakaannya masih menggunakan metode manual seperti saat pencarian buku yang memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencari buku yang di cari. Dari penelitian ini diharapkan dapat memudahkan sistem pengolahan data perpustakaan yang berjalan di sana dan meminimalisasi kesulitan pencarian buku dengan jumlah yang banyak Kata kunci: perpustakaan, sistem informasi
Perancangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 3 Pada Sekolah Dasar Islam Kauman Kabupaten Pati Waluyo, Teguh
Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer Seruni 2012 - Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer
Publisher : Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstraksi: Perubahan global dalam perkembangan pengetahuan dan teknologi, terutama yang berhubungan dengan sistem pendidikan di sekolah menuntut adanya perubahan sikap guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Dengan mengembangkan media pembelajaran konvensional menjadi lebih efektif, efisien dan edukatif menggunakan komputer multi media sangat membantu guru dalam penyampaian materi pelajaran kepada siswa. Saat ini game menjadi salah satu bagian dalam kehidupan masyarakat modern dari anak kecil sampai dengan orang dewasa. Banyaknya orang yang memainkan game maka pengembangan game mulai mengarah ke dalam industri game edukasi. Hal ini dimaksudkan selain mendapatkan hiburan dalam bermain game, pemain juga mendapatkan nilai tambah yaitu pengetahuan. Namun siswa didik SD Islam Kauman masih membutuhkan media tanya jawab yang menarik agar dapat membantu daya ingat dan melatih kecerdasan siswa dari materi pelajaran yang telah disampaikan. Sedangkan guru membutuhkan suatu media pembelajaran yang mampu membantu dalam mempermudah pembelajaran siswa dalam menerima pelajaran yang sudah disampaikan oleh guru. Saat ini sistem pengajaran di SD Islam Kauman adalah mengajar dengan cara metode konvensional. Dan siswa kebanyakan tidak memperhatikan pelajaran yang telah disampaikan oleh gurunya. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui prosedur membuat game yang dapat meningkatkan daya pikir dan kretifitas anak. Selain membuat game untuk bermain, penulis juga membuat game untuk membantu proses belajar mengajar. Dari penelitian ini diharapkan tercipta game yang mampu meningkatkan pola pikir anak sekaligus menambah pengetahuan anak, yang tidak bersifat hiburan semata tetapi juga sebagai media pendidikan. Dan nantinya media game education yang dibangun memberikan tambahan referensi metode baru dalam pembelajaran. Kata kunci/Key word : Game Edukasi, IPA

Page 1 of 37 | Total Record : 365