cover
Contact Name
Nia Kurniasih
Contact Email
sosioteknologi.jurnal@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
sosioteknologi.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Gedung Sosioteknologi, Labtek VII, Jalan Ganesha 10, Bandung 40132 Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Sosioteknologi
ISSN : 18583474     EISSN : 2443258X     DOI : -
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal Sosioteknologi is a journal that focuses on articles that discuss results of an intersection of research fields of science, technology, arts, and humanities as well as the implications of science, technology, and arts on society. It is published three times a year in April, August, and December. Jurnal Sosioteknologi is a collection of articles that discuss research results, conceptual ideas, studies, application of theories, and book reviews. Jurnal Sosioteknologi has been indexed by Google Scholar and Indonesian Publication Index (IPI). ISSN: 1858-3474 Jurnal Sosioteknologi adalah jurnal yang memfokuskan pada tulisan berupa penelitian interseksi bidang ilmu sains, teknologi, seni, dan ilmu kemanusiaan serta implikasi sains teknologi dan seni terhadap kehidupan masyarakat. Terbit tiga kali setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Jurnal Sosioteknologi berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan aplikasi teori, serta ulasan buku. Jurnal Sosioteknologi telah terindeks oleh Google Scholar, Citerseerx, dan Indonesian Publication Index (IPI). ISSN: 1858-3474
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 15 No. 3 (2016)" : 8 Documents clear
POLA KOMUNIKASI PROSESI MARHATA SINAMOT PADA PERNIKAHAN ADAT BATAK TOBA DALAM MEMBENTUK IDENTITAS BUDAYA SUKU BATAK TOBA DI BANDUNG Idola Perdini Putri; Sastrya Naibaho
Jurnal Sosioteknologi Vol. 15 No. 3 (2016)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.2016.15.3.3

Abstract

Marhata Sinamot merupakan kegiatan adat yang membicarakan mahar dan perlengkapan pesta agar terlaksana pernikahan secara adat Batak Toba. Di daerah asal kegiatan dilakukan berbeda hari, namun di Bandung disatukan dengan hari Martumpol (tunangan) untuk menghemat waktu karena kesibukan di kota. Penelitian ini bertujuan menjelaskan pola komunikasi Marhata Sinamot di Bandung, Jawa Barat.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Data diperoleh melalui observasi dan hasil wawancara dengan ketua bidang adat, Raja Parhata dan pengantin yang diuji kebenarannya dengan triangulasi waktu dan dianalisis dengan mereduksi, menyajikan dan menyimpulkan data.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pola komunikasi dimensi sosial menunjukkan komunikasi yang akrab dalam penentuan Raja Parhata dan dimensi konsep menunjukkan suasana ketat hukum adat dan memiliki simbol dan makna sebagai komunikasi verbal dan nonverbal sehingga membentuk identitas Batak Toba di Bandung.Pola komunikasi dimensi sosial dan konsep tersebut mampu membentuk identitas budaya Batak Toba di Bandung dan membedakannya dengan daerah asal. Kata Kunci : Marhata Sinamot, pola komunikasi, identitas budaya
Analisis Faktor Pembentuk Ekuitas Merek Toyota dan Daihatsu di Indonesia (Studi Komparasi Pada Masyarakat Bandung) Cristine Afriani Sigiro; Yuliani Rachma Putri; Ayub Ilfandy Imran
Jurnal Sosioteknologi Vol. 15 No. 3 (2016)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.2016.15.3.2

Abstract

Toyota dan Daihatsu merupakan dua merek otomotif (mobil) yang sangat fenomenal di kalangan masyarakat Indonesia. Produk dari kedua merek tersebut memiliki persamaan yang identik, namun Toyota memasarkan produknya lebih mahal dibandingkan Daihatsu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan ekuitas merek Toyota dan Daihatsu menurut masyarakat Bandung. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian positivistik dengan metode penelitian studi komparatif melalui teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, independent t-test dan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan pembentuk ekuitas merek Toyota dan lima faktor. Faktor yang paling mendominasi ekuitas merek Toyota dan Daihatsu adalah faktor nilai merek. Berdasarkan pengolahan data melalui Independent T-Test diketahui bahwa terdapat perbedaan faktor pembentuk ekuitas merek Toyota dan Daihatsu di Indonesia menurut pandangan masyarakat Bandung. Kata Kunci : Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Kesan Kualitas, Loyalitas Merek, Aset Hak Milik Merek.
PENGARUH PROMOSI TRAVELOKA @TRAVELOKA MELALUI TWITTER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEI TERHADAP FOLLOWERS AKUN TWITTER @TRAVELOKA) Febrianty Magdalena Siagian; Martha Tri Lestari; Sylvie Nurfebiaraning
Jurnal Sosioteknologi Vol. 15 No. 3 (2016)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.2016.15.3.5

Abstract

Berkembangnya era modern saat ini khususnya di bidang era komunikasi, memberikan dampak yang cukup signifikan dalam berbagai bidang, terutama dalam bidang perekonomian. Banyaknya persaingan secara global dan tantangan pasar yang semakin meningkat mengharuskan perusahaan untuk terus berinovasi dalam menyusun strategi program-program promosinya agar dapat bersaing dengan pasar. Salah satu strategi yang digunakan adalah dengan melakukan promosi melalui media sosial twitter. Traveloka adalah sebuah perusahaan agen travel tiket pesawat dan hotel online  dimana dalam melakukan promosi penjualannya, menggunakan media sosial twitter. Traveloka melalui akun twitternya @traveloka memberikan informasi-informasi mengenai promosi yang ditawarkan kepada para followers. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh promosi Traveloka melalui Twitter terhadap Keputusan Pembelian konsumen. Penelitian ini bersifat kuantitatif yaitu dengan menyebarkan kuesioner dan menggunakan sample sebanyak 100 responden yang diambil dari para followers akun twitter @traveloka. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil uji t diketahui thitung > tabel, maka Ho ditolak dan H1 diterima. yaitu nilai thitung (7,295) >  tabel   (1,984). Berdasarkan koefisien determinasi didapat bahwa variabel Keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh Promosi melalui Twitter sebesar 35,2 % sedangkan sisanya sebesar 64,8 % dipengaruhi oleh variabel lainnya.Kata Kunci: Promosi melalui Twitter, Keputusan Pembelian
STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DALAM AKUN TWITTER @TELKOMSEL Harmika Pradnya Rosediana; Reni Nuraeni; Sylvie Nurfebiaraning
Jurnal Sosioteknologi Vol. 15 No. 3 (2016)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.2016.15.3.4

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat membuat gaya hidup masyarakat berubah. Pada tahun 2015, 38,4% masyarakat Indonesia atau sekitar 82,2 juta orang telah menggunakan internet dan 69 juta diantarnya aktif menggunakan sosial media facebook dan twitter. Fenomena ini menjadi peluang bagi perusahaan dalam memanfaatkan media untuk mengembangkan komunikasi perusahaan, salah satunya operator telekomunikasi di Indonesia, Telkomsel. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif dengan paradigma post-positvisme dimana peneliti memandang strategi sebagai fenomena yang ada dan utuh. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara dengan teknik purposive sampling dan dokumen. Informan merupakan meeka yang mengetahui strategi komunikasi relationship marketing Telkomsel dan mereka yang pernah berkomunikasi dengan twitter @Telkomsel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial twitter bermanfaat untuk PT. Telekomunikasi Seluler dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Fitur-fitur yang dimiliki seperti hashtag, mentions, link gambar dan video memudahkan Telkomsel untuk membuat komunikasi yang menarik. Telkomsel menggunakan strategi promosi, customer care, corporate communication dan publication dalam membangun komunikasi di akun twitter @Telkomsel. Dengan strategi tersebut, Telkomsel dapat menanamkan nilai-nilai relationship marketing berupa komunikasi, kepercayaan, komitmen, kerjasama, dan nilai bersama.
NILAI KREATIFITAS PADA KREASI KRIYA KERAMIK MAHASISWA 2010 DAN 2012 UPI Devi Astarina; Achmad Haldani; Bismo Jelantik
Jurnal Sosioteknologi Vol. 15 No. 3 (2016)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.2016.15.3.7

Abstract

Abstrak. Kreatifitas merupakan kemampuan seseorang untuk mencipta. Salah satu bidang ilmu yang dekat hubungannya dengan kreatifitas, ialah bidang ilmu Kriya, Desain, dan Seni Rupa. Untuk membedah kreatifitas di bidang tersebut, digunakan teori kreatifitas Primadi Tabrani dan teori visual A.A. M. Djelantik. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan instrumen observasi lapangan. Observasi lapangan dilakukan terhadap kreasi mahasiswa 2010 dan mahasiswa 2012 pada Mata Kuliah Kriya Keramik, Departemen Pendidikan Seni Rupa UPI. Dari hasil observasi lapangan, ditemukan beragamnya perbedaan visual. Permasalahannya adalah, sistem penilaian atau alat ukur kreatifitas cukup dengan menggunakan alat ukur visual, ataukah ada faktor-faktor lain yang harus pula diukur. Target dari penelitian ini, ialah mengidentifikasi sistem penilaian, serta merumuskan sistem penilaian yang relevan untuk mengukur kreatifitas. Hasil penelitian ini, menyebutkan bahwa ada cukup hubungan antara visual dengan kreatifitas sebuah kreasi. Namun, sistem penilaian kreatifitas, mencakup pula faktor-faktor lain. Seperti faktor konsep di dalam benak atau wawasan apresiator tentang bentuk-bentuk yang sudah dibuat sebelumnya, sejarah pendidikan yang tidak membina kreatifitas, teori belajar, serta latar belakang lingkungan yang kurang mendukung kreatifitas. Didapatkan kesimpulan akhir, bahwa sistem penilaian yang baik dan relevan dalam mengukur kreatifitas, ialah tidak saja menilai kreasi dari hasil, melainkan lebih penting menilai proses yang dilakukan mahsiswa. Juga tidak dengan cara membandingkan kreasi antar mahasiswa di kelas.  Karena setiap manusia, berbeda fisik, kreatif, dan rasionya, yang berarti berbeda pula latarbelakang lingkungan, tingkatan kreatif, serta selera keindahannya. 
ANALISIS MODEL BISNIS PADA BISNIS SEPATU GUTEN.INC MENGGUNAKAN MODEL BISNIS KANVAS David Adhitya; Marheni Eka
Jurnal Sosioteknologi Vol. 15 No. 3 (2016)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.itbj.2016.15.3.1

Abstract

Guten.inc merupakan salah merek sepatu kulit handmade berasal dari Bandung yang berdiri sejak tahun 2014 dan menawarkan produk sepatu kulit dengan harga yang relatif murah dibanding dengan para pesaing seperti Brodo dan Amble. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara jelas model bisnis existing Guten.inc dengan menggunakan model bisnis kanvas meliputi sembilan blok yang terdiri dari nilai proposisi, segmen konsumen, saluran, hubungan pelanggan, kemitraan, aktivitas kunci, sumber daya utama, struktur biaya dan arus pendapatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian menggambarkan bahwa Guten.inc memiliki nilai proposisi yaitu sepatu kulit dengan harga murah, desain western style dan inovasi belanja melalui website dengan segmen konsumen dari level freshman-fresh graduate serta saluran penjualan melalui online(website) dan offline(toko). Guten.inc memberikan garansi perbaikan sepatu dan layanan customer service sebagai bentuk hubungan pelanggan. Untuk menciptakan nilai proposisi Guten.inc memiliki mitra seperti vendor, pemasok bahan baku hingga media partner dimana hal tersebut menjadi sumber daya utama yang dimiliki Guten.inc untuk menjalankan aktivitas kunci Guten.inc yaitu produksi dan distribusi dimana hal tersebut juga memerlukan biaya. Sampai saat ini arus pendapatan Guten.inc hanya melalui penjualan produk. Peneliti melihat perlunya penambahan beberapa kegiatan dalam  kesembilan blok model bisnis Guten.inc saat ini yang akan dijelaskan dalam bentuk saran.
ANALISIS STRATEGI PROMOSI PARIWISATA MELALUI MEDIA SOSIAL OLEH KEMENTRIAN PARIWISATA RI (studi deskriptif pada akun Instagram @indtravel) ANALYSIS TOURISM PROMOTION STRATEGY THROUGH SOCIAL MEDIA BY TOURISM MINISTRY OF REPUBLIC INDONESIA (descriptive stud Gita Atiko; Ratih Hasanah Sudrajat; Kharisma Nasionalita
Jurnal Sosioteknologi Vol. 15 No. 3 (2016)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.2016.15.3.6

Abstract

Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang terus meningkat membuat jumlah pengguna Internet yang juga semakin tinggi diseluruh dunia setiap tahunnya, tak terkecuali Negara Indonesia. Selain Facebook, Twitter, Youtube, Path, Line, dan BBM yang menjadi media sosial favorite masyarakat Indonesia salah satu media sosial yang kini pertumbuhannya terjadi dengan cepat adalah Instagram. Dengan jumlah pengguna yang terus meningkat, Instagram menjadi peluang yang besar bagi para pelaku bisnis dalam melakukan kegiatan promosi tak terkecuali pemerintah Indonesia yaitu Kementrian Pariwisata yang berupaya mempromosikan Indonesia melalui berbagai jenis media baru tak terkecuali Instagram. Penelitian ini dilakukan dengan mengadakan pertemuan offline dengan pihak divisi pemasaran Kementrian Pariwisata yang berwenang atas akun Instagram @indtravel, admin, dan salah satu followers. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi promosi pariwisata yang dilakukan oleh Kementrian Pariwisata melalui media sosial Instagram. Penelitian ini bersifat kualitatif yang diuraikan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kementrian Pariwisata RI telah melakukan kegiatan promosi pariwisata dengan maksimal melalui Instagram untuk meningkatkan wisatawan di Indonesia baik dalam negeri maupun mancanegara. Penyusunan strategi promosi menggunakan media sosial Instagram yang dilakukan oleh Kemenpar memiliki beberapa tahapan yang mampu mempermudah Kemenpar dalam mencapai tujuannya. Tahapan yang dilakukan adalah penciptaan konten, penentuan platform, perencanaan program, implementasi program, monitoring dan evaluasi. Tahapan pembuatan strategi promosi pariwisata melalui Instagram oleh Kemenpar ini sangat membantu dalam menciptakan awareness akan keindahan alam dan keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia bagi bagi target marketnya.Kata Kunci: Kementrian Pariwisata, Pariwisata, Strategi Promosi, Instagram
Islamic Character Building, Membangun Insan Kamil, Cendikia Berakhlak Qur’ani Elsa Silvia Nur Aulisa
Jurnal Sosioteknologi Vol. 15 No. 3 (2016)
Publisher : Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/sostek.2016.15.3.8

Abstract

Buku ini merupakan buku wajib mata kuliah Agama dan Etika di Institut Teknologi Bandung yang dilengkapi dengan kata pengantar dari Rektor ITB. Di dalamnya terdiri dari 17 bab yang sangat solid, dimulai dari pembahasan soal alam dan hukum alam serta eksistensi manusia. Pembahasan dilanjutkan kepada konsep Islam holistik serta konsep perwujudan peradaban unggul yang rahmatan lil ‘alamin. Pembahasannya sangat sistimatis dan rasional sehingga mudah dipahami, bersifat komprehensif dan universal sehingga pembaca merasa mendapatkan sajian Islam ilmu yang kaffah dan benar-benar mencerahkan, juga secara konten sangat kohern dan konsisten, tegas tapi bijaksana, jelas hukumnya tapi tidak mencerca. Pembahasan Islam integralistik yang dipaparkan oleh Zaenal Ausop memadukan pendekatan teologis dan scientific sehingga pembaca merasa memperoleh menu Islam kontekstual, rasional dan objektif.

Page 1 of 1 | Total Record : 8