cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Intelektualita
ISSN : -     EISSN : 23545984     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Intelektualita adalah jurnal berkala ilmiah yang berbasis open-accass yang memuat hasil-hasil penelitian, book review dalam bidang kajian Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Supervisi, Kepemimpinan dan Psikologi. Jurnal intelektualita diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini memfokuskan diri pada pengkajian ilmu bidang pendidikan, manajemen pendidikan, supervisi Psikologi dan Konseling. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun (Juni dan Desember).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 01 (2017): Jurnal Intelektualita" : 6 Documents clear
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI SMP ABULYATAMA ACEH BESAR Ismail Anshari; Ela Zahara
Intelektualita Vol 6, No 01 (2017): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran kepala sekolah sangatlah penting dalam peningkatan profesionalisme guru, karena guru merupakan seorang pendidik yang harus memiliki kompetensi yang bagus sebelum mendidik peserta didiknya, namun permasalahan yang terjadi yaitu : pertama, guru masih kurang professional dalam proses pembelajaran terbukti bahwa adanya proses belajar mengajar tapi guru belum membuat RPP. kedua, karena tidak adanya pembuatan RPP bagi guru yang mengajar sehingga membuat guru tersebut susah memahami materi yang akan di ajarkan. Ketiga, guru masih kurang memahami metode yang harus diterapkan di dalam pembelajaran sehingga siswa yang sedang belajar keluar masuk kelas, oleh karena itu metode dan disiplin guru sangatlah di butuhkan dalam profesionalisme guru. Tujuan penelitian dalam Skripsi ini adalah untuk Untuk mengetahui peran sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru di SMP Abulyatama Aceh Besar dan Untuk mengetahui kendala dan solusi kepala sekolah dalam peningkatan pofesionalisme guru di SMP Abulyatama Aceh besar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif dalam bentuk deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan dua orang guru. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah SMP Abulyatama Aceh Besar menggunakan perannya sebagai educator dan supervisor. Kendala kepalasekolah SMP Abulyatama Aceh besar dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah banyak guru yang masih gaptek dalam menggunakan teknologi, adapun solusi yang kepala sekolah lakukan yaitu semua guru diwajibkan membawa laptop bagi yang mempunyainya untuk belajar bersama di saat ada waktu luang, dan kepala sekolah SMP Abulayatama juga sedang mencari solusi lainnya yang sedang dilakukan yaitu bermusyawarah dengan dinas pendidikan untuk bisa menentukan solusi yang tepat, karena memang itu yang menjadi permasalahan pendidikan saat ini.
URGENSI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM ISLAM Basidin Mizal
Intelektualita Vol 6, No 01 (2017): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam rangka membina dan mengembangkan seluruh potensi baik jasmani maupun rohani, dapat dilakukan melalui Pendidikan. Dengan proses Pendidikan, manusia mampu membentuk kepribadiannya.Untuk itu perlu diciptakan suasana kondusif agar terbentuk interaksi proses belajar mengajar yang mampu menyentuh dan menghubungkan seluruh aspek peserta didik. Ketersentuhan seluruh aspek anak didik akan mempermudah terangsangnya reaksi dan perhatian serta keinginan peserta didik untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Formulasi secara integral dan harmonis dalam setiap interaksi Pendidikan islam menawarkan tiga konsep pendekatan, yaitu al-basyar, al-insan, dan al-nas. Dengan konsep ini akan dapat menumbuhkan minat peserta didik untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya. Guna mewujudkanhal yang demikian itu diperlukan adanya norma akhlak dan aturan nilai moral yang disepakati bersama dan dijadikan sebagai acuan yang dapat membantu merumuskan tujuan Pendidikan, yaitu membentuk manusia agar memiliki akhlak mulia yang ditandai oleh adanya integritas kepribadian yang utuh, satu hati, ucapan dan perbuatan, memiliki tanggung jawab terhadap dirinya, masyarakat dan bangsanya.
KEBIJAKAN PENGELOLAAN BUDGETING DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 5 ACEH BESAR Nurussalami Nurussalami; Hapidah Aini
Intelektualita Vol 6, No 01 (2017): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kebijakan merupakan rangkaian konsep yang menjadi garis besar dan dasar rencana dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau cara bertindak dari pendidikan dalam menghadapi dan menangani sebuah masalah yang membuahkan sebuah keputusan dari semua stakeholder yang terkait untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. Akan tetapi kebijakan ini sering terjadi kekeliruan di dalam sebuah pendidikan. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan kepala sekolah terhadap pengelolaan budgeting dalam peningkatan mutu pendidikan di MAN 5 Aceh Besar, untuk mengetahui kendala kepala sekolah terhadap pengelolaan budgeting dalam peningkatan mutu pendidikan di MAN 5 Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan bendahara. Teknik pengumpulan data penelitian adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepala sekolah MAN 5 Aceh Besar telah melaksanakan kebijakan yang baik dalam pengelolaan budgeting untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah tersebut, adapun yang dapat membuktikan yaitu dalam bentuk ekstrakurikuler yang telah banyak didapatkan penghargaan dari luar dalam mengikuti sebuah pertandingan oleh siswa/i MAN 5 Aceh Besar. Kendala-kendala yang dihadapi di sekolah ini dalam pengelolaan budgeting untuk peningkatan mutu pada saat ini adalah salah satunya kurangnya dana yang masuk ke sekolah MAN 5 Aceh Besar dan dalam pelaksanaan sering terjadi perbedaan pendapat.
KEPEMIMPINAN GANDA DALAM PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL DAYAH AR-RAHMAH DAN TK TAHFIZUL QUR’AN Mumtazul Fikri; Nurul A’la
Intelektualita Vol 6, No 01 (2017): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepemimpinan ganda merupakan kepemimpinan yang dilakukan oleh seorang pemimpin dalam memimpin dua lembaga pendidikan sekaligus, untuk dapat memimpin kedua lembaga tersebut membutuhkan seorang pemimpin yang berkemampuan tinggi dalam mengelola lembaga pendidikan. Keberhasilan kepemimpinan ganda dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal ini ditentukan oleh keberhasilan pimpinan dalam mengelola tenaga kependidikan dan segala kebutuhan yang tersedia di lembaga pendidikan, namun permasalahan yang terjadi yaitu kekurangan tenaga pendidikan, sarana dan prasarana, dan keuangan sekolah. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi kepemimpinan ganda dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal Dayah Ar-Rahmah dan TK Tahfizul Qur’an, kendala kepemimpinan ganda dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal dan solusi kepemimpinan ganda dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenispenelitian deskriptif kualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, tenaga pengajar, dan siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, strategi kepemimpinan ganda dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal (1) memberi motivasi karyawan, (2) menata lingkungan belajar yang asri dan nyaman dalam lembaga, (3) penetapan kebijakan terkait kekurangan keuangan lembaga, (4) pembagian waktu pengawasan lembaga, (5) merekrut tenaga pengajar yang profesional. Kedua, Kendala kepala sekolah dalampengelolaan lembaga pendidikan nonformal yaitu; (1)aspek tenaga pengajar(2) aspek guru dan siswa, (3) aspek waktu, (4) aspek keuangan. Ketiga, Solusi kepala sekolah dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal, yaitu; 1)memberikan arahan, pemahaman, dan pembinaan yang baik, meminta bantuan santri yang ada di Dayah, (2) menyerahkanpengelolaan lembaga kepada staf lembaga yang pimpinan kepada orang yang percayai, (3) proses belajar di Dayah dilaksanakan pada malam hari dan proses belajar di TK dilaksanakan pada pagi hari, (4) mengadakan rapat dengan wali santri.
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGAMBILAN KEBIJAKAN AKADEMIK DI SMAN 3 BANDA ACEH Sri Rahmi; Bayurah Bayurah
Intelektualita Vol 6, No 01 (2017): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepala sekolah merupakan seorang pemimpin yang sangat berperan penting dalam memimpin suatu lembaga pendidikan untuk dapat mengarahkan para bawahannya, membimbing dan membina para guru dan staf agar dapat mencapai keberhasilan yang dipimpinnya. Kepala SMAN 3 Banda Aceh dalam pelaksanaan akademik penempatan guru kelas yang setiap tahun ajarannya mengajar di kelas yang berbeda-beda. Kepala SMAN 3 Banda Aceh dalampengambilan kebijakan akademik selalu melakukan dengan baik, setiap dalam pengambilan kebijakan akademik oleh kepala sekolah para guru selalu mudah dalam menerima suatu kebijakan dari kepala sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pengambilan kebijakan akademik di SMAN 3 Banda Aceh, untuk mengetahui fungsi kepala sekolah dalam pengambilan kebijakan akademik di SMAN 3 Banda Aceh, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam pengambilan kebijakan akademik di SMAN 3 Banda Aceh. Penelitian yang digunakanadalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka humas dan guru. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala SMAN 3 Banda Aceh memiliki dua gaya kepemimpinan yaitu gaya kepemimpinan demokratis dan gaya kepemimpinan karismatik. Kemudian fungsi kepala sekolah SMAN 3 Banda Aceh gunakan adalah fungsi instruktif, konsultatif, partisipatif, delegasi dan pengendalian. Kendala kepala SMAN 3 Banda Aceh dalam pengambilan kebijakan akademik yaitu tidak semua kebijakan itu berjalan sebagaimana dinginkan. Pertama, dana yang kurang juga menjadi suatu hambatan di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Kedua, waktu juga termasuk karena kesibukan kepala sekolah di berbagai hal sehingga sulit dalam membagikan waktu.
REKRUTMEN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MAS DARUZZAHIDIN ACEH BESAR Ainul Mardhiah; Marwan Marwan
Intelektualita Vol 6, No 01 (2017): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari, menemukan dan mendorong para calon pelamar yang memiliki kriteria atau kualifikasi yang tepat untuk bekerja pada suatu organisasi atau lembaga tertentu. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses rekrutmen, hambatan hambatan yang timbul dalam proses rekrutmen, dan usaha-usaha untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut di MAS Daruzzahidin Aceh Besar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses rekrutmen, hambatan-hambatan yang dihadapi dalam proses rekrutmen, dan usaha-usaha untuk mengatasi hambatan hambatan tersebut di MAS Daruzzahidin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha dan Staf-staf Tata Usaha bagian tenaga pengajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini meliputi tahap opservasi awal, tahap melakukan penelitian lapangan, dan tahap analisis data. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses rekrutmen di MAS Daruzzahidin belum maksimal. Kendala-kendala yang ada di  antaranya waktu, tempat, mutasi atau pengunduran secara tiba-tiba dan kurangnya fasilitas. Usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang ada antara lain menjadikan ruang guru untuk menjadi ruang proses rekrutmen, pihak yayasan memberikan pengarahan kepada kepala madrasah untuk selalu manganalisa atau mengecek anggotanya agar tidak terjadi pengunduran diri secara tiba-tiba.

Page 1 of 1 | Total Record : 6