cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2014): JUNI" : 7 Documents clear
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA, VARIAN OBAT DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN APOTEK YAKERSUDA BANGKALAN Woro Utari
Neo-Bis Vol 8, No 1 (2014): JUNI
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v8i1.518

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan , harga dan varian obat dan fasilitas farmasi untuk kepuasan pelanggan apotek Bangkalan Yakersuda . Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan untuk menguji pengaruh satu atau lebih variabel independen terhadap variabel dependen . Unit analisis dalam penelitian ini adalah pelanggan di apotek Yakersuda . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden . Teknik sampling yang digunakan accidental sampling dengan memberikan kuesioner kepada 100 pelanggan yang ditemui selama penelitian berlangsung . Selanjutnya , data dianalisis menggunakan alat statistik SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan farmasi di Yakersuda baik , ini ditunjukkan oleh respon pelanggan melalui kuesioner yang diberikan kepada pelanggan . Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa pelanggan merasa puas dengan pelayanan , harga yang kompetitif serta banyak varian obat dan fasilitas yang memadai . Hasil lebih lanjut menunjukkan bahwa kualitas layanan , harga dan varian obat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan , sedangkan fasilitas farmasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan . Varian obat adalah variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan
PENGARUH PERSON-ORGANIZATION FIT(P-O FIT) TERHADAP ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) DENGAN KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada KPPBC TMP Tanjung Emas Semarang) Djoko Santoso; Isnu Irwantoro
Neo-Bis Vol 8, No 1 (2014): JUNI
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v8i1.476

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Organization Citizenship Behaviour ( OCB ) dari petugas KPPBC TMP di Tanjung Emas . Penelitian ini menggunakan variabel Person - Organization Fit ( P-O Fit ) untuk menganalisis pengaruh Organization Citizenship Behaviour ( OCB ) dengan menggunakan kepuasan kerja dan komitmen organisasi sebagai variabel intervening . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petugas KPPBC TMP di Tanjung Emas Semarang sebanyak 246 petugas dengan tingkat pendidikan mereka di sekolah tinggi setidaknya antara usia 20 sampai 55 tahun dan memiliki kemampuan di bidang masing-masing pekerjaan dan dalam pandangan peneliti memiliki jenjang karir yang baik. Berdasarkan populasi sebanyak 246 petugas ditentukan sampel sebanyak 170 petugas dengan menggunakan metode pengambilan sampel secara stratified random sampling,  yang tersebar di seluruh unit kerja di KPPBC TMP Tanjung Emas Semarang . Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara dan kuesioner sensus , dengan memberikan kuesioner dalam pertanyaan terbuka dan wawancara dengan responden secara langsung . Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis SEM ( Structure Equation Modelling ) yang dioperasikan dengan menggunakan AMOS 21 . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Person - Organisasi Fit ( P-O Fit ) memiliki dampak yang signifikan dan positif terhadap kepuasan kerja dan variabel komitmen organisasi  tetapi dampaknya tidak signifikan dan negatif terhadap variabel Organization Citizienship Behavior ( OCB ) . Variabel kepuasan kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel komitmen organisasi . Selanjutnya , kepuasan kerja dan variabel komitmen organisasi memiliki dampak yang signifikan dan positif terhadap variabel Organization Citizienship Behavior ( OCB ) .
FAKTOR-FAKTOR KOMITMEN ORGANISASI SERTA PENGARUHNYA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) (Studi pada Karyawan PT. Nusa Tama Furniture) - Hidayat
Neo-Bis Vol 8, No 1 (2014): JUNI
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v8i1.513

Abstract

Komitmen organisasi bagi karyawan sangatlah penting artinya, komitmen organisasi akan berdampak pada keseriusan karyawan dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji komitmen organisasi dimana komitmen tersebut  mempunyai 3 komponen yaitu komitmen afektif, komitmen kontinuitas, dan komitmen normative terhadap organizational citizenship behavior (OCB).Penelitian ini dilakukan di  perusahaan Furniture yaitu di PT. Nusa Tama Furniture Surabaya. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling, Yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu 50 karyawan PT Nusa Tama Furnitur.  Data dikumpulkan dengan menggunakan  instrumen kuisioner, dan diukur dengan menggunakan skala likert. Selanjutnya data dianalisis dengan pendekatan statistik  menggunakan Regresi Linier Berganda menggunakan bantuan program SPSS versi 12.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa secara simultan komitmen afektif , komitmen kontinuitas , dan komitmen normatif berpengaruh positip terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Demikian juga secara parsial  komitmen afektif , komitmen kontinuitas dan komitmen normatif berpengaruh signifikan  terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Komitmen kontinuitas merupakan variabel bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap organizational citizenship behavior karyawan PT. Nusa Tama Furnitur Surabaya, karena mempunyai nilai Standardized Coefficients Beta paling besar.
KAJIAN STRUKTUR PASAR GABAH DAN BERAS DI INDONESIA Irham Lihan
Neo-Bis Vol 8, No 1 (2014): JUNI
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v8i1.515

Abstract

Anggapan bahwa kenaikan harga beras akan diikuti secara proposional oleh kenaikan harga gabah di tingkat petani dapat dimungkinkan akan terjadi, jika struktur pasar gabah di tingkat petani padi adalah pasar persaingan sempurna. Sebaliknya apabila struktur pasar gabah di tingkat petani bukan pasar persaingan sempurna terlebih pasar monopsoni, kenaikan harga beras tidak akan meningkatkan harga gabah di tingkat petani. Kenaikan harga beras ini hanya akan dinikmati oleh pedagang pengumpul dan lembaga-lembaga lain yang ikut dalam tataniaga beras. Tujuan dari penelitian ini tidak hanya menguji pengaruh kenaikkan harga gabah terhadap harga beras di tingkat petani tetapi juga untuk mengetahui struktur pasar atau pola harga dari kedua komoditas tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua komoditas ini memiliki struktur pasar yang monopsonistik, dan hanya 33% dari kenaikkan harga yang diterima oleh petani sedang sisanya 67% diterima oleh pedagang.
KAJIAN ATAS KONSEP “SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE” DARI NICOLE P. HOFFMAN DAN PENGEMBANGANNYA Ahmad Rizki Sridadi
Neo-Bis Vol 8, No 1 (2014): JUNI
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v8i1.474

Abstract

Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengetahui perkembangan definisi , sumber dan kontribusi keunggulan kompetitif yang berkelanjutan ( SCA ) . Ruang lingkup SCA dibahas dalam makalah ini adalah dalam bidang disiplin ilmu manajemen strategis. Makalah ini mengangkat isu-isu sebagai berikut : Pertama, bagaimana perkembangan definisi, sumber dan kontribusi SCA sampai 2011. Kedua, bagaimana SCA berkaitan dengan konsep manajemen strategis. Pembahasan dalam makalah ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan menelusuri sumber-sumber literatur pada jurnal internasional yang berkaitan dengan konsep SCA. Tulisan ini termasuk implikasi akademis untuk memperkaya khazanah literatur dasar konsep , sumber dan kontribusi SCA sehingga dapat digunakan oleh pembicara dan akademisi lain sebagai bahan ajar dan bahan penelitian lanjutan. Makalah ini difokuskan pada pemaparan dari definisi, sumber dan kontribusi terhadap SCA yang dibagi menjadi dua ( 2 ) bagian utama. Bagian pertama membahas jurnal utama Hoffman. Bagian kedua membahas jurnal yang mendukung dan terus membahas tinjauan singkat dari bidang psikologis . Beberapa sumber penting dari SCA adalah keterampilan yang unggul dan sumber daya yang unggul. Dari sini, perusahaan memiliki 4 ( empat ) atribut sumber daya yang penting, yaitu : kelangkaan, nilai, ketidakmampuan untuk ditiru dan ketidakmampuan untuk diganti. Sumber lebih lanjut dari SCA adalah inovasi psikologis modal, benchmarking, inovasi dan pemasaran yang positif. Selain itu, kontribusi terhadap kompetensi SCA misalnya inti, aset berbasis pasar, heterogenitas sumber daya dan pembangunan berkelanjutan. Akhirnya, pembahasan SCA ditambah dengan konsep-konsep lain dalam bidang manajemen strategis seperti orientasi pasar, nilai pelanggan, hubungan pemasaran dan jaringan bisnis .
ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN DAGING SAPI OLEH KONSUMEN RUMAH TANGGA (Kasus: Hipermarket Giant Taman Yasmin Bogor) Joko Purwono; Sri Sugyaningsih; Meiryanti Andryani
Neo-Bis Vol 8, No 1 (2014): JUNI
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v8i1.517

Abstract

Peningkatan harga daging sapi akan berdampak pada pembelian pangan hewani lainnya, seperti daging ayam dan ikan. Peningkatan juga terjadi pada pasar modern di Kota Bogor yang menjual daging sapi. Kajian ini menganalisis proses pembelian daging sapi oleh konsumen, tingkat kepentingan dan kinerja atribut daging sapi di Giant Taman Yasmin. Dengan menggunakan metode Costumer Satisfaction Index (CSI) dan metode Importance Performance Analysis (IPA), hasil yang didapat yaitu tingkat kepuasan konsumen dari penjualan daging sapi di Giant Taman Yasmin berada pada kriteria puas, dimana konsumen telah merasa kinerja dari daging sapi yang dijual oleh Giant Taman Yasmin telah baik namun masih ada yang perlu diperbaiki, dan atribut harga merupakan prioritas utama perusahaan yang harus diperbaiki.
DETEKSI MANAJEMEN LABA MELALUI BEBAN PAJAK TANGGUHAN, AKRUAL DAN ARUS KAS OPERASI (Studi Pada Perusahan Real Estate dan Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia) Ardi Hamzah
Neo-Bis Vol 8, No 1 (2014): JUNI
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/nbs.v8i1.475

Abstract

Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari beban pajak tangguhan, akrual, dan arus kas operasi terhadap deteksi earnings manajemen untuk menghindari pelaporan pendapatan yang berkurang dan merugi. Sampel riset adalah real estat dan perusahaan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk 2006 -2008 dengan menggunakan metoda purposive random sampling. Ada 10 perusahaan dari 39 perusahaan yang diambil sebagai sampel. Metoda analisis dari  riset ini menggunakan regresi logistik. Hasil dari riset menunjukkan bahwa (1) beban pajak tangguhan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap manajemen pendapatan  untuk menghindari pelaporan pendapatan yang menurun; (2) accrual dan arus kas operasi tidak mempunyai pengaruh  terhadap deteksi earnings manajemen untuk menghindari pelaporan pendapatan yang menurun; (3) beban pajak, accrual, dan arus kas operasi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan dalam  pendeteksian manajemen pendapatan   untuk menghindari pelaporan yang  merugi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7