cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 3 (2020): Edisi September 2020" : 20 Documents clear
Kajian Perbaikan Tanah Dasar dan Proteksi Lereng pada Rencana Jalur Ganda Kereta Api Antara Giham-Martapura oktario eko hidayat; lusmeilia Afriani; Amril ma'ruf siregar
Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain Vol 8, No 3 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The train is a means of transportation favored by the community because the train is one of the modes of transportation that has special characteristics and advantages. Along with the development of infrastructure development in Lampung Province and South Sumatra Province, the planning and design of a building must be done carefully and well, one of them is by building a double track between Giham - Martapura, South Sumatra because the application of one track has many obstacles. It is hoped that the addition of the double track can make the train schedule more timely and can improve the quality of the trip. Based on the results of the Atterberg boundary test the soil originating from the undisturbed soil sample of the Giham-Martapura railroad gets an PI value <LL-30 (26.51% <27.95%), then the land based on the AASHTO system is classified into A -7-5 that is clay soil and as subgrade material has normal to poor evaluation. Keywords: railroad, land, double track, slope protection.
Pengaruh Penambahan Serat Baja Terhadap Kuat Lentur Balok Beton Bertulang pada Beton Mutu Normal Asyrofi Miranda Putra; Vera Agustriana Noorhidana; Mohd Isneini
Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain Vol 8, No 3 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian pada skripsi ini merupakan studi eksperimental untuk menyelidiki pengaruh penambahan serat baja terhadap kuat lentur balok beton bertulang pada beton mutu normal. Penelitian ini juga membandingkan pola retak dan pola keruntuhan balok beton bertulang pada beton tanpa serat dan beton dengan campuran serat baja. Penelitian ini menggunakan sampel balok beton bertulang dengan ukuran 15 cm x 19 cm x 170 cm dengan 2 tulangan lentur D-10 mm (2D-10mm) dengan 1 buah sampel balok setiap volume fraction (Vf) 0%, 0,5%, 1% dan 1,5%. Sampel balok beton bertulang mempunyai bentang diantara dua tumpuan sederhana sepanjang 150 cm, dan diuji dengan dua beban titik secara bertahap dari nol sampai dengan runtuh. Pengujian tiap sampel dilakukan 28 hari setelah pengecoran. Dari hasil penelitian didapatkan: (1) Hasil uji kuat tekan tidak mengalami perbedaan yang signifikat dengan adanya penambahan serat baja., (2) Kuat tarik lentur balok beton tertinggi terdapat pada Vf 1,5% dan mengalami peningkatan sebesar 281,42% dari Vf 0%., dan (3) Kuat lentur balok beton bertulang dengan beban maksimum terdapat pada Vf 1,5% dan mengalami peningkatan sebesar 56,64% dari Vf 0%. Penambahan serat baja pada balok beton bertulang menyebabkan balok tersebut menjadi lebih kaku, penambahan serat juga dapat memperbaiki sifat getas pada beton.  Kata kunci : Serat Baja, Balok Beton Bertulang, Kuat Tekan, Kuat Tarik Lentur, dan Kuat lentur .
Analisis Struktur Bangunan Bawah Jembatan Kereta Api Way Pengubuan Aulia Vinandhitha; Setyanto Setyanto; Nur Arifaini
Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain Vol 8, No 3 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jembatan merupakan salah satu konstruksi yang berguna untuk melancarkan proses pengiriman batu bara yang diangkut oleh KA Babaranjang. Tujuan dari penelitian ini adalah merencanakan struktur bawah jembatan kereta api dan mengetahui tingkat keamanan berdasarkan beban dari aksi tetap, aksi lingkungan, beban lalu lintas, dan aksi lainnya.  Berdasarkan penelitian analisis struktur bawah didapatkan dimensi abutment dengan tinggi 7,67 m dan panjang 6 m. Dengan dimensi abutment tersebut diperoleh angka aman untuk kontrol stabilitas guling arah x sebesar 2,5825 dan arah y sebesar 28,9128, dengan batas aman stabilitas guling sebesar 2,5. Kontrol stabilitas geser arah x sebesar 1,1003 dan arah y sebesar 1,9991, dengan batas aman stabilitas geser sebesar 1,1. Dimensi pile cap digunakan tebal 1,5 m, lebar 8,8 m, dan panjang 6 m. Pondasi yang digunakan adalah pondasi tipe bored pile dengan diameter sebesar 1 m dan kedalaman sebesar 6 m. Jumlah pondasi yang dipakai 12 buah dengan susunan 3 x 4. Dan diperoleh daya dukung aksial maksimum sebesar 1979,497 kN serta daya dukung aksial izin sebesar 3072,403 kN. Kata Kunci : Struktur Bawah Jembatan, Abument, Pile Cap, Bored Pile
Analisis Hubungan Antara Volume,Kecepatan Dan Kepadatan Terhadap Jalan Perkotaan Studi Kasus Jalan Zainal Abidin Pagar Alam Bandar Lampung andya firgi juliend m; Dwi Herianto; sasana putra
Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain Vol 8, No 3 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPerkembangan transportasi yang pesat pasti selalu muncul permasalahan lalu lintas yang kompleks dalam sarana dan prasarana transportasi, terutama pada transportasi perkotaan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis karakteristik jalan dan mengetahui hubungan antara volume, kecepatan dan kepadatan pada jalan perkotaan yang ada di Bandar Lampung jalan Zainal Abidin Pagar Alam.Penelitian ini menggunakan model Greenshield sebagai metodenya. Metode ini mendapatkan hasil bahwa hubungan antara kecepatan dan kepadatan bersifat linier sehinggadapat melihat bagaimana pola hubungan antara kecepatan, kepadatan dan volume.Hasil dari penelitian ini didapat volume arus lalu lintas puncak terjadi pada pagi dan sore hari sebesar 15528,75 smp/jam arah menuju unila dan 1313,06 smp/jam menuju kedaton pada pagi hari. Kecepatan lalu lintas tertinggi terjadi pada pagi dan sore hari sebesar 22,25 km/jam menuju arah unila dan 28,29 km/jam menuju arah kedaton dan kepadatan lalu lintas tertinggi terjadi pada pagi dan sore hari yaitu sebesar 617,09 smp/km menuju arah kedaton dan 752,91 smp/km menuju arah unila pada pagi hari. Kata kunci:Greenshield;JalanPerkotaan;Hubungan Volume 
Analisa Kelongsorang Lereng Akibat Dari Peningkatan Kadar Air YangTinggi Muhamad Rizki Rinaldi; Lusmeilia Afriani; Yohanes Martono Hadi
Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain Vol 8, No 3 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The level of slope safety is influenced by several factors. Such as slope conditions with largeloads, steep slopes and heavy rain conditions. This often results in landslides around the TransSumatra toll road, Pematang Panggang. So that around the slopes reinforcement is needed so thatthe slopes are more stable.Based on the results of laboratory tests and research in the field, the results of the calculation ofthe slope safety value program with a 30% saturation degree condition, the safe factor value is1.2946, the degree of saturation 40%, the safe factor value is 1.2881 and the degree of saturationis 60%, the safety factor value is equal to 1,2761. Because the lowest safe factor value is at 60%saturation degree, slope stability is handled at 60% saturation degree, which is strengthened bythe cutting method on the slope body and using sheet pile to get slope reinforcement. Two methodsof handling slope stability were carried out. From the comparison of slope stability handling with60% degree of saturation, the safe slope conditions are in handling one because there is nosubsidence and soil displacement to the free slope area.
Analisis Perbandingan Data Pemodelan Pasang Surut BIG Dengan Data Pengukuran Pasang Surut UHSLC Pada Stasiun Tanjung Lesung Brigitha Cindy Sitanaya; Ahmad Zakaria; Dwi Joko Winarno
Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain Vol 8, No 3 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Data pasang surut diperlukan untuk menentukan elevasi bangunan pantai. Badan Informasi Geospasial (BIG) telah menyediakan data pemodelan pasang surut yang dapat diunduh secara gratis. Namun untuk mengetahui keakuratannya, dilakukan perbandingan data BIG dengan data pengukuran tide gauge yang dipublikasikan oleh University of Hawaii Sea Level Centre (UHSLC). Data yang digunakan yaitu data pasang surut 30 harian dari stasiun Tanjung Lesung periode waktu 2008-2012 yang dianalisis menggunakan metode Least Squares dan 9 komponen harmonik pasang surut melalui program ANFOR. Hasil analisis ANFOR diolah sehingga didapat nilai penyimpangan serta keakuratan dari data pasang surut yang dibandingkan. Dari hasil penelitian ini, didapat nilai penyimpangan berdasarkan elevasi yaitu 3,3906 %, nilai koefisien korelasi langsung berdasarkan elevasi sebesar 0,9673, nilai penyimpangan berdasarkan amplitudo komponen pasut K1 sebesar 15,7853 %, O1 sebesar 4,8253 %, P1sebesar 28,1752 %, M2 sebesar 3,2388 %, S2 sebesar 10,6345 %, N2 sebesar 10,5147 %, K2 sebesar 41,3055 %, M4sebesar 97,4340 %, dan MS4 sebesar 97,2310 %, sementara nilai koefisien korelasi berdasarkan amplitudo komponen pasut yaitu 0,9898. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa antara data pemodelan BIG dan data pengukuran UHSLC memiliki tingkat keakuratan tinggi.
Evaluasi Diameter Partikel Tanah Terhadap Derajat Kepadatan Tanah Menggunakan Metode Tekanan R. Nofan Hendra Adyaksa; Idharmahadi Adha; Setyanto Setyanto
Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain Vol 8, No 3 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Soil is a material to build any infrastructure. So, soil becomes very important and influential in construction. Soil quality determine the power of construction on it, the good soil is soil that has a high density in each particles and contain less water levels. The quality of soil is depending on physic and mechanic soil condition, that’s why we need to test it out. Soil compaction is process of increasing the soil density by reducing the particles proximity so it can reduce the air volume. Compaction is divided into four types. In this research is using two types of compactions that are type A and Type C with purpose to find out the effect of soil particles diameter by passing sieve analysis to soil compaction.Compaction is done based on blow method and pressure method. In pressure method is using modification compaction tool with 5 Mpa, 10 Mpa, and 15 Mpa pressures.The result of this research can be conclude that the blow method compaction type A has a higher water content than type C, but the value of maximctum dry volume weight Type C higher than type A. In pressure method it can be concluded that as the higher pressure so the water content and the maximum dry volume weight are also getting higher.
Perencanaan Sistem Jaringan Air Limbah di Fakultas Teknik Universitas Lampung Imannurichsan Essra; Geleng Perangin Angin; Ofik Taufik Purwadi
Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain Vol 8, No 3 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fakultas Teknik adalah salah satu fakultas terbaik di Universitas Lampung, dan menjadi pusat penelitian di bidang teknologi. dengan bertambahnya civitas maka akan bertambah juga volume air limbah cair domestik yang di hasilkan, sehingga berpotensi terjadinya pencemaran lingkungan.Pembuangan air limbah tanpa melalui proses pengolahan terlebih dahulu akan menjadi sebab terjadinya pencemaran lingkungan. Oleh karena itu perencanaan sistem jaringan air limbah di Fakultas Teknik Universitas Lampung perlu mendapat perhatian yang penting guna menghidari penurunan kualitas air baku akibat pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah debit air limbah cair domestik yang dihasilkan di Fakultas Teknik Universitas Lampung dan mendesain sistem jaringan air limbah cair domestik sesuai dengan ketentuan.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kapasitas air limbah domestik di Fakultas Teknik Universitas Lampung sebesar 12600 liter/hari atau 0,1447 liter/detik, dan debit puncak 0,2170 liter/detik, ukuran desain bak pengolahan air limbah adalah panjang 6 meter, lebar 1 meter. sistem pengolahan air limbah menggunakan sistem terpusat dengan metode aerob-anaerob. Saluran pembawa air limbah di desain dengan pipa diameter 6 inci / 150 milimeter menggunakan bahan PolyvinilChloride(PVC) Kata kunci:Air Limbah domestik, Aerob-anaerob, Bak pengolahan.
Stabilitas Campuran Aspal Berbahan Dasar Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) Fatra Hariz Akrom; Sasana Putra; Dwi Herianto
Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain Vol 8, No 3 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode penanganan kerusakan perkerasan jalan dapat dilakukan dengan prinsip greenroads, yaitu menggunakan material yang didaur ulang (recycle) yang bisa didapat dari hasil pengerukan atau pembongkaran lapis perkerasan jalan yang telah mengalami kerusakan atau RAP (Reclaimed Asphalt Pavement). Namun perlu dilakukan pengujian kembali untuk meninjau parameter marshall pada campuran aspal berbahan dasar RAP, mengingat material tersebut merupakan bahan daur ulang yang telah mengalami penurunan kekuatan. Hasil penelitian ini diperoleh nilai IKSbenda uji campuran AC-WC dengan persentase RAP 25%, 50%, 75% menggunakan KAO berturut-turut 5,8%, 5,6%, dan 5,4% sebesar 96,63%, 91,82%, dan 86, 27%. hal ini menunjukkan nilai IKS pada campuran RAP 25% dan 50% memenuhi persyaratan yang disyaratkan Bina Marga yaitu sebesar 90%, sedangkan RAP 75% tidak memenuhi standar.
Analisis Perbandingan Data Pemodelan Pasang Surut BIG Dengan Data Pengukuran Pasang Surut UHSLC Pada Stasiun Sadeng Titik Ayuningsih; Ahmad Zakaria; Dyah Indriana Kusumastuti
Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain Vol 8, No 3 (2020): Edisi September 2020
Publisher : Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis karakteristik pasang surut dan membandingkan data peramalan pasang surut dengan data terukur. Data yang digunakan merupakan data pasang surut jam-jaman periode tahun 2011-2015 yang diunduh dari website BIG dan UHSLC pada wilayah stasiun Sadeng, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Data yang digunakan untuk setiap analisis adalah data 30 harian atau 720 jam. Hasil perbandingan dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan analisis data elevasi langsung dan besaran nilai amplitudonya. Untuk besaran nilai amplitudo komponen pasang surut didapatkan menggunakan program ANFOR yang mengaplikasikan metode Least Square. Berdasarkan pada hasil penelitian dapat diketahui bahwa tipe pasang surut yang terjadi pada stasiun Sadeng tergolong pasang surut campuran condong harian ganda. Berdasarkan data elevasi langsungnya, nilai kesalahan relatif dari perbandingan kedua sumber data sebesar 5,7748 % dengan selisih elevasi rata-rata 15,99 cm. Nilai koefisien korelasi langsung berdasarkan elevasinya sebesar 0,9838. Sedangkan berdasarkan perbandingan amplitudo komponen pasang surutnya didapatkan nilai kesalahan relatif yang bervariasi sebagai berikut: K1 sebesar 7,8981 %, O1 sebesar 3,8318 %, P1 sebesar 23,2832 %, M2 sebesar 1,8287 %, S2 sebesar 6,0048 %, N2 sebesar 5,8659 %, K2 sebesar 15,7505 %, M4 sebesar 95,0682 % dan MS4 sebesar 94,9316 %. Dari analisa amplitudo data peramalan pasang surut diperoleh korelasi sebesar 0,9977.

Page 1 of 2 | Total Record : 20