cover
Contact Name
Dr. Zamsir, M.Pd
Contact Email
zamsir@uho.ac.id
Phone
+6285228082375
Journal Mail Official
jppm@uho.ac.id
Editorial Address
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23386843     EISSN : 25990101     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2015)" : 12 Documents clear
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIOMPU BARAT Samsinar .; Muchtar Ibrahim; Rahmad Prajono
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.61 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i2.3011

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi sulitnya guru maupun siswa mengembangkan kemampuan berpikirkreatif dalam mata pelajaran matematika. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPNegeri 1 Siompu Barat yang terdiri dari 4 kelas dan dipilih sampel sebanyak 2 kelas. Pengambilansampel dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberianinstrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes kemampuan berpikir kreatif matematika berbentuk tes uraian. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang signifikan pada kelas yangmenggunakan model pembelajaran PBL, dengan peningkatan 0,747 sehingga klasifikasi tinggi. (2)Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang signifikan pada kelas yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional, dengan peningkatan 0,615 sehinggaklasifikasi sedang. (3) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar denganmenggunakan model pembelajaran PBL lebih tinggi secara signifikan daripada peningkatankemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatanpembelajaran konvensional.Kata Kunci: problem based learning; berpikir kreatif matematika; efektivitas
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN KONVENSIONAL KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 KENDARI Hardianti .; Busnawir .; Rosdiana .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.417 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i2.3007

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan teknik tes, dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Kendari yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ? (2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri Kendari yang diajar menggunakan model pembelajarankonvensional ? (3) Apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional ?Hasil penelitian secara deskriptif dansecara inferensial menunjukkan bahwa (1) Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) adalah 79,40, (2) Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional adalah 73,00, (3) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebihbaik secara signifikan peningkatannya dibandingkan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensionalKata Kunci: hasil belajar matematika; NHT; model pembelajaran 
ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL–SOAL DIMENSI TIGA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KENDARI Sigit Sugiarto; Kadir .; La Arapu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.747 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i2.3012

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas X SMA Negeri 2 Kendari dalam menyelesaikan soal-soal dimensi tiga; dan (2) faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa kelas X SMA Negeri 2 Kendari dalam menyelesaikan soal-soal dimensi tiga. Subyek dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas X.3, dan subjek yang diwawancaraidalam penelitian ini terdiri dari 6 orang dengan kriteria: (1) siswa yang banyak membuat kesalahan dalam menjawab setiap butir soal; dan (2) variasi kesalahan yang dilakukan siswa, berupa kesalahan konsep, prinsip, prosedural, dan teknis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) jeniskesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal dimensi tiga yang meliputi kesalahan konsep, prinsip, prosedural, dan teknis; dan (2) faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal dimensi tiga, yaitu: kurangnya pengetahuan prasyarat siswa, rendahnyamotivasi siswa, kurangnya pemahaman konsep siswa, siswa tidak dapat menyusun langkah-langkah sistematis dalam menyelesaikan soal, dan kecerobohan siswa.Kata Kunci: analisis kesalahan; dimensi tiga; hasil jawaban siswa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DENGAN SETTING KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KENDARI Maria Qulfasia; La Ndia; Arvyaty .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.035 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i2.3008

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah apakah rerata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan Setting Kooperatif Jigsaw lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi teorema Pythagoras. Tujuan penelitian ini mengetahui apakah rerata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan Setting Kooperatif Jigsaw lebih tinggi dari rerata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi teorema Pythagoras. Populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari yang terdiridari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan kelas VIII2 diajar menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan setting kooperatif jigsaw sebagai kelas  eksprimen dan siswa kelas VIII1 diajar model pembelajaran langsung sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian rerata hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen adalah 75,57 dan kelas kontrol adalah 66.98. Kata Kunci: hasil belajar matematika; model pembelajaran ARIAS; purposive sampling
PENGARUH PENDEKATAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN ANALOGI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KABAWO Siti Musitta; Hasnawati .; Salim .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.836 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i2.3013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui gambaran peningkatan kemampuan analogi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan discovery, (2) mengetahui gambaran peningkatan kemampuan analogi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional, (3) mengetahuikemampuan analogi matematis siswa yang menggunakan pendekatan discovery dibandingkan siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu: (1) Pada kelas eksperimen, kemampuan analogi matematis siswa menggunakan pendekatan discovery berdasarkan analisis deskriptif didapatkan bahwa untukdata preetest dan postest diperoleh nilai rata-rata sebesar 19,99 dan 55,49, standar deviasi sebesar 7,41 dan 20,92, minimum sebesar 8,33 dan 12,50, maximun sebesar 37,50 dan 91, 67, (2 ) Pada kelas kontrol, kemampuan analogi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan analisis deskriptif didapatkan bahwa untuk data preetest dan ostest diperoleh nilai rata-rata sebesar 15,13 dan 30,55, standar deviasi sebesar 4,50dan 8,20, minimum sebesar 6,67 dan 13,33, maximum sebesar 26,67 dan 43,33 Kata Kunci: pendekatan; discovery; kemampuan analogi matematis 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0 PADA MATERI BANGUN RUANG DI SMP NEGERI 9 KENDARI Aditian Yudiantara; Mohammad Salam; Ikman .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.13 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i2.3002

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8.0 dengan metode ADDIE pada materi bangun ruang di SMP Negeri 9 Kendari, dan untuk mengetahui apakah media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8.0 yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika di sekolah. Dari hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan: (1)pengembangan media melalui lima tahap. Tahap pertama analisis kurikulum, karakteristik siswa, penggunaan komputer, dan software. Tahap kedua pembuatan desain storyboard dan pembuatan alur pembelajaran. Tahap ketiga pembuatan produk berdasarkan storyboard, pengujian oleh ahli media dan ahli materi. Tahap keempat uji coba produk. Tahap kelima evaluasi dan merevisi media tahap akhir. (2) Hasil evaluasi ahli materi dan ahli media menyimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash 8.0 yang dikembangkan dari segi materi termasuk dalam kategori layak dan dari segi media termasuk dalam kategori sangat layak.Kata Kunci: macromedia flash 8.0; media pembelajaran interaktif; pengembangan media. 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA DI SMA NEGERI 6 KENDARI Ranti Pandin; La Misu; Era Maryanti
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.508 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i2.3009

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis matematik siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 6 Kendari yang terdiri dari 5 kelas dan dipilih sampel sebanyak 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian berjumlah 54 siswa. Tehnik pengumpulan datadilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes kemampuan berpikir kritis matematik berbentuk tes uraian. Dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan : (1) Kemampuan berpikir kritis matematik siswa sebelum pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) tergolong rendah dengan nilai rata – rata preetest sebesar 38,37. (2) Kemampuan berpikir kritis matematik siswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tergolong tinggi dengan rata – rata posttest 63,71. (3) Kemampuan berpikir kritis matematik siswa lebih baik secara signifikan, setelah diajar denganmenggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan rata – rata peningkatan sebesar 0,61 dengan klasifikasi sedang. Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah; berpikir kritis; purposive sampling
PENGARUH MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 ULUIWOI KABUPATEN KOLAKA TIMUR Agung Dwi Pangestu; Hafiludin Samparadja; Kadir Tiya
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.522 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i2.3005

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Uluiwoi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik propotional random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 71 orang siswa yakni 12 orang kelas Xa, 12 orang kelas Xb, 12 orang kelas XI IPA, 12 orang kelas XI IPS, 12 orang kelas XII IPA dan 11 orang kelas XII IPS. Data minat belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa diperoleh dengan cara pemberian angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yakni analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil análisis data diperoleh kesimpulan bahwa minat belajar siswa mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Uluiwoi dengan kontribusi sebesar 15,1%. Kata Kunci: minat belajar; hasil belajar matematika; ex post facto
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN SCAFFOLDING SISWA KELAS VIII-D SMP NEGERI 5 KENDARI Risnawati Syar; Muhammad Sudia; Latief Sahidin
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.589 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i2.3010

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VIII-D SMPN 5 Kendari melalui Strategi pembelajaran Scaffolding. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian disimpulkan: melalui strategi pembelajaran Scaffolding, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-D SMPN 5 Kendari dapat ditingkatkan, yaitu dari segi keterlaksanaan pembelajaran dari 75 % pada siklus I, 85 % pada siklus II, 95% pada siklus III dari segi kemampuan pemecahan masalah matematika meningkat dari hasil tes awal, yaitu dari 36 orang siswa hanya 6 orang atau 17,14 % siswa telah mencapai KKM meningkat pada hasil tes siklus I menjadi 13 orang siswa atau 37 % siswa telah mencapai KKM meningkat pada siklus II menjadi 22 orang siswa atau 63 % siswa telah mencapai KKM dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 31 orang siswa atau 89% siswa mencapai KKM.Kata Kunci: pemecahan masalah matematika; pembelajaran scaffolding; kooperatif
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KENDARI Wahyu Listiawati; Zamsir .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.256 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i2.3015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran hasil belajar matematika siswayang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pembelajaran konvensional serta menunjukan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHTlebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan, (1) Hasil belajar matematika siswa kelas VIII5 yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHTpada materi kubus dan balok memiliki rata-rata 90,20; modus 97, standar deviasi 9,65; nilai minimum 65 dan nilai maksimum 100, (2) Hasil belajar matematika siswa kelas VIII4 menggunakan pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok memiliki rata-rata 75,15;modus 72; standar deviasi 17,33; nilai minimum 40 dan nilai maksimum 97, dan (3) Rata-rata hasilbelajar matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional Kata Kunci: numbered head together; hasil belajar matematika; pembelajaran kooperatif

Page 1 of 2 | Total Record : 12