cover
Contact Name
Dr. Zamsir, M.Pd
Contact Email
zamsir@uho.ac.id
Phone
+6285228082375
Journal Mail Official
jppm@uho.ac.id
Editorial Address
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23386843     EISSN : 25990101     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2015)" : 12 Documents clear
DESKRIPSI FAKTOR SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 2 KUSAMBI KABUPATEN MUNA BARAT Badrun Iju; La Ndia
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.867 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i3.3016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi faktor sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 2 Kusambi. Dari hasil analisis dan pembahasan diperoleh bahwa : (1) 5.88% orang tua siswa SMA Negeri 2 Kusambi tidak tamat SD, 35.29% tamat SD, 17.65% tamat SMP, 23.53% tamat SMA dan 17.65% lulus perguruan tinggi; (2) 13.24%pendapatan orang tua siswa SMA Negeri 2 Kusambi kategori sangat tinggi, 7.35% kategori tinggi, 7.35% kategori sedang, 22.06 kategori rendah dan 50% sangat rendah; (3) 64.71% orang tua siswa SMA Negeri 2 Kusambi berprofesi sebagai petani, 22.06% PNS dan 13.23% nelayan; (4) 9.0% rata-rata prestasi belajar matematika siswa termaksud kategori sangat baik, 18.0% kategori baik, 43.0% kategori cukup, 20.0% kategori rendah dan 10% kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa secara umum status sosial ekonomi orang tua siswa sangat rendah dan prestasi belajar matematika siswa berada pada kategori  cukup. Kata Kunci: status sosial ekonomi; prestasi belajar matematika; orang tua siswa
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 KENDARI Novi Triana Lestari Bandi; Hasnawati .; Ikman .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.691 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i3.3022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui secara deskriptif hasil belajar matematika siswa sebelum diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. (2) Untuk mengetahui secara deskriptif hasil belajar matematika siswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan yaitu: (1) Hasilbelajar matematika siswa sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tergolong cukup dengan persentase 78,13% dan tergolong baik dengan persentase 21,87%.(2) Hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tergolong baik dengan persentase 65,62% dan tergolong tinggi dengan persentase 28,13%. (3) Pembelajaran menggunakan pendekatan model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Operasi Aljabar, kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 12 Kendari tahun ajaran 2015/2016.Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah; hasil belajar matematika; model pembelajaran 
PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 15 KENDARI PADA MATERI SEGIEMPAT Sitti Sastriana Bada; La Misu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.675 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i3.3027

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan kepada peserta didik mulai dari tingkat dasar sampai ke jenjang yang lebih tinggi. Pembelajaran matematika di SMP Negeri 15 Kendari,khususnya pada materi pokok segiempat, guru masih menggunakan model pembelajarankonvensional yang membuat siwa menjadi pasif dan kurang kreatif. Pendekatan PembelajaranReciprocal Teaching adalah salah satu alternatif pembelajaran untuk mengatasi hal tersebut. Untukitu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajardengan menggunakan pendekatan Reciprocal Teaching dan yang diajar dengan model pembelajaranlangsung. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas, diperoleh kesimpulan sampel berdistribusinormal dan mempunyai varians data yang sama, sehingga untuk menguji hipotesis digunakan uji t.Berdasarkan uji ketaksamaan rata-rata diperoleh t hitung = 4,497 sedangkan t tabel = 1,675. Karena t > t tabel  maka Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa secara signifikan hasil belajar kelas eksperimen lebihbaik daripada hasil belajar kelas kontrol.Kata Kunci: pengaruh; hasil belajar; reciprocal teachinghitung
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 WAKORUMBA UTARA KABUPATEN MUNA Eka Anjarsari; Muchtar Ibrahim
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.913 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i3.3017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. (3) Untuk mengetahuipengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Matematika siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensisal. Berdasarkan analisis data diperoleh beberapa kesimpulan yaitu: (1) Rerata hasil belajar siswa kelas eksperimen (VIIIA) di SMPN 2 Wakorumba Utara yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 74,47. (2) Rerata hasil belajar matematika siswa kelas kontrol (VIIIC) di SMPN 2 WakorumbaUtara yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung di adalah 69,41. (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini, dapat direkomendasikan sebagai alternatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: hasil belajar matematika; pembelajaran kooperatif; pembelajaran langsung 
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 7 KENDARI Nurasia Sirajuddin; Hafiludin Samparadja
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.933 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i3.3023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) siswa kelas VII E SMP Negeri 7 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian ini adalah: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes evaluasi hasil belajar dan lembar observasi untuk guru dan siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 7 Kendari semester genap tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 24 orang, yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Ketuntasan hasil belajarsiswa secara klasikal pada tes awal mencapai 41,66%, tes siklus I mencapai 70,83%, dan tes siklus II mencapai 87,5%. Dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII E SMP Negeri 7 Kendari.Kata Kunci: model kooperatif; think-pair-share; hasil belajar 
PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 KENDARI PADA MATERI OPERASI ALJABAR Yuliati Palaki; Fahinu .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.934 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i3.3028

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh gambaran kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Saintifik dengan cara berkelompok, (2) memperoleh gambaran kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan pendekatan Saintifik tidakberkelompok,dan (3) mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Saintifik dengan cara berkelompok dan pendekatan Saintifik tidak berkelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Dari hasil analisis datadiperoleh kesimpulan (1) gambaran kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Saintifik dengan cara berkelompok, pada materi Operasi Aljabar diperoleh nilai rata-rata yaitu 68,98, (2) gambaran kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Saintifik tidak berkelompok pada materi operasi aljabar dipeoleh nilai rata-rata yaitu 61,31 dan (3) kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan pendekatan Saintifik dengan cara berkelompok lebih baik secara signifikan peningkatannya daripada kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan pendekatan Saintifik tidakberkelompok. Kata Kunci: pendekatan saintifik; kemampuan pemahaman matematik; operasi aljabar
ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WAWOTOBI DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PECAHAN Heppinia, Merit; Tiya, Kadir
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.579 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i3.3018

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pecahan. (2) untuk mengetahui apakah faktor-faktor?yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal pecahan (3) untuk?mengetahui besar persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pecahan?(4) untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesalahan yang telah?dilakukan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Wawotobi Tahun Ajaran 2014/2015 pada?kelas VIIA. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, hasil tes dan hasil?wawancara. Analisa data dilakukan melalui langkah-langkah menelaah seluruh data, reduksi data,?penyajian data, dan verifikasi data. Validasi data dilakukan dengan triangulasi data. Pedoman yang?digunakan untuk melakukan analisis kesalahan adalah kesalahan ditinjau dari objek matematika yaitu kesalahan dalam memahami konsep, kesalahan dalam menerapkan prinsip dan kesalahan prosedur.?Data hasil wawancara digunakan sebagai pembanding data hasil tes untuk mengetahui faktor-faktor?penyebab siswa melakukan kesalahan.Kata Kunci: analisis kesalahan siswa; objek matematika; hasil jawaban siswa
DESKRIPSI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI DI KABUPATEN BUTON UTARA Qasim .; Kadir .; Awaludin .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.065 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i3.3024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan literasi matematika siswa SMP Negeri di Kabupaten Buton Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri di Kabupaten Buton Utara, yang terdiri dari 14 SMP Negeri dengan tiga kategori berdasarkan akreditasi sekolah yaitu SMPN berakreditasi A, B, dan C.. Sekolah berakreditasi A dipilih dua, yaitu SMPN 1Kulisusu Utara dan SMPN 2 Kulisusu. Sekolah berakreditasi B dipilih tiga, yaitu SMPN 1 Kulisusu, SMPN 4 Kulisusu dan SMPN 2 Bonegunu. Sekolah berakreditasi C hanya satu, yaitu SMPN 3 Bonegunu. Masing-masing sekolah tersebut dipilih secara acak satu kelas VIII sebagai sampel penelitian.Pengambilan data dilakukan dengan Tes Kemampuan Literasi Matematika (TKLM). Berdasarkan hasil analisis data TKLM diperoleh bahwarata-rata kemampuan literasi matematika siswa SMP Negeri di Kabupaten Buton Utara masih rendah, yaitu kurang dari60% untuk masing-masing level. Dalam skala 100, rata-rata kemampuan literasi matematika siswa hanya sebesar 5,9. Kata Kunci: kemampuan; literasi matematika; akreditasi 
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH OPEN-ENDED MATEMATIK SISWA KELAS VII.1 SMPN 15 KENDARI MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA DENGAN BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI HIMPUNAN Mira Harpiana; Muhammad Sudia; La Masi
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.224 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i3.3020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah melalui pendekatan tutor sebaya, kemampuan menyelesaikan masalah open-ended kelas VII SMPN 15 Kendari dapat ditingkatkan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2014 di kelas VII.1 SMPN 15 Kendari, dimana terdapat 27 orangsiswa di kelas VII.1 SMPN 15 Kendari. Penelitian tindakan kelas ini direncanakan akan dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 (dua) kali pertemuan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kemampuan menyelesaikan masalah open-ended siswa kelas VII.1 SMP Negeri 15 Kendari dapat ditingkatkan melalui pendekatan tutor sebaya. Hal ini diketahui denganadanya peningkatan kemampuan menyelesaikan masalah open-ended siswa pada setiap tes siklus.  Pada tes awal, tidak ada seorang pun siswa yang berhasil mencapai KKM yaitu nilai minimal 70. Pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan memecahkan masalah open-ended siswa sebanyak 13orang atau sekitar 48,9% siswa memperoleh nilai minimal 70. Kemampuan memecahkan masalah open-ended siswa meningkat lagi pada hasil tes siklus II dimana 24 orang siswa atau sekitar 88,9% siswa memperoleh nilai di atas 70.Kata Kunci: open-ended; tutor sebaya; saintifik
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-B SMPN 5 KENDARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH Ria Agmikavita; Ikman .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.95 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v3i3.3025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VIII-B SMPN 5 Kendari melalui model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklusdilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus mengikuti tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian ini disimpulkan: melalui model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-B SMPN 5 Kendari dapat ditingkatkan, yaitu dari segi keterlaksanaan pembelajaran dari 75 % pada siklus I 100 % pada siklus II, dari segi kemampuan pemecahan masalah matematika meningkat dari hasil tes awal, yaitu dari 35 orang siswa hanya 8 orang atau 22,9 % siswa telah mencapai KKM meningkat pada hasil tes siklus I menjadi 19 orang siswa atau 54,3 % siswa telah mencapai KKMdan meningkat lagi pada siklus II menjadi 31 orang siswa atau 88,6 % siswa telah mencapai KKM.Kata Kunci: kemampuan; pembelajaran berbasis masalah; masalah matematika 

Page 1 of 2 | Total Record : 12