cover
Contact Name
salim
Contact Email
jpm@uho.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
salim@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 20868235     EISSN : 25973592     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu periode Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2: Juli 2014" : 8 Documents clear
Pemecahan Masalah Matematika dengan Pendekatan Teori Pembelajaran Perilaku pada Siswa Sekolah Menengah Atas La Misu; & Rosdiana
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2: Juli 2014
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.947 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v5i2.2052

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah: (1) Menetapkan  langkah-langkah pemecahan masalah matematik siswa melalui model pembelajaran perilaku, dan (2) menyusun implementasi model pembelajaran perilaku kaitannya dengan pemecahan masalah matematik baik siswa kelas XII IPA maupun kelas XII IPS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 7 Kendari, yang terdiri dari satu kelas IPA dan satu kelas IPS tahun ajaran 2014/2015.  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan 1). Langkah-langkah model pembelajaran perilaku dalam pemecahan masalah matematik siswa sebagai berikut (a) pemilihan kooperatif sebagai pendekatan pembelajaran, (b) Pemberian masalah matematik, (c)  Pemecahan masalah lebih ditekankan pada masalah dunia nyata, (d) Penyelesaian masalah matematik dengan berbagai cara, dan (f) Pemberikan penguatan positif dan penguatan negative. dan 2). Penggunaan model pembelajaran perilaku di SMAN 7 Kendari baik kelas IPA maupun kelas IPS umumnya cukup efektif, dengan rata-rata presentase partisipasi siswa sebesar 71% dan pelaksanaan proses pembelajaran oleh guru sebesar 76%.Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematik, Teori Pembelajaran Perilaku
Pengaruh Pembelajaran Kooperatif, Perilaku Berkarakter dan Pengetahuan Dasar Siswa terhadap Hasil Belajar Mira Sri Setyowaty; Faad Maonde; & Asrul Sani
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2: Juli 2014
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.682 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v5i2.2048

Abstract

Penelitian eksperimen desain 3x2 faktorial‍ pretest posttest by subject  dengan sampel sebanyak 180 siswa, bertujuan untuk mempelajari (i) deskripsi hasil belajar matematika setelah diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif dan perilaku berkarakter, (ii) pengaruh linier kovariat pengetahuan dasar siswa terhadap hasil belajar matematika, dan (iii) faktor interaksi model pembelajaran kooperatif (TSTS, Jigsaw dan STAD) dan perilaku berkarakter dengan mengontrol kedua faktor utama secara simultan mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan memperhitungkan kovariat pengetahuan dasar siswa. Hasil analisis menggunakan Anacova menunjukkan bahwa (i)  nilai rata-rata hasil belajar berfluktuasi pada masing-masing sel dalam mendukung hipotesis yang diajukan, (ii) kovariat pengetahuan dasar siswa mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan kontribusi sebesar 0,798 satuan, dan dengan memperhitungkan kovariat pengetahuan dasar siswa, (iii)  interaksi model pembelajaran kooperatif dan perilaku berkarakter secara simultan dengan mengontrol kedua faktor utama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika.Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, Jigsaw dan STAD, perilaku berkarakter kovariat pengetahuan dasar siswa.
Perbedaan Hasil Belajar Matematika Sekolah Menengah Atas Ditinjau Dari Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan IPA Kadir Tiya , Moh. Salam; & Magvira
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2: Juli 2014
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (872.168 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v5i2.2053

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 3x2 faktorial bertujuan mempelajari perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari model pembelajaran kooperatif (Jigsaw, TSTS, dan STAD) dan kemampuan IPA pada SMA Negeri 2 Kendari dengan jumlah sampel 90 siswa. Penilaian diri perilaku siswa dalam pembelajaran matematika relatif lebih baik. Hasil analisis dengan menggunakan analisis Statistik Uji-F dan Uji-t pada taraf signifikansi α=0,05 menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan TSTS lebih efektif dari STAD dengan syarat kemampuan IPA.Kata Kunci: Kooperatif tipe Jigsaw, TSTS, STAD), Kemampuan IPA, Hasil Belajar Matematika.
Perbedaan Hasil Belajar Matematika SMA Ditinjau Dari Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan Bahasa Inggeris Rosdiana .; Askar Anwar
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2: Juli 2014
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (714.064 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v5i2.2049

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan 3x2 faktorial bertujuan mempelajari perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari model pembelajaran kooperatif (Jigsaw, TSTS, dan STAD) dan kemampuan Bahasa Inggris pada SMA Negeri 7 Kendari dengan jumlah sampel 90 siswa. Hasil analisis dengan menggunakan analisis Statistik Uji-F dan Uji-t pada taraf signifikansi α=0,05 menunjukkan bahwa : (1) karakter dapat dipercaya, bertanggung jawab secara sosial, adil dan peduli melalui penerapan RPP berkarakter, (2) hasil belajar matematika untuk kombinasi model pembelajaran kooperatif (Ai) dan Bahasa Inggris berbeda dalam mendukung hipotesis yang diajukan dengan rata-rata nilai tertinggi yaitu 80,80, (3) rerata hasil belajar matematika untuk semua sel yang dibentuk oleh model pembelajaran kooperatif dan kemampuan Bahasa Inggris secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan.Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, TSTS, STAD, Kemampuan Bahasa Inggris, Hasil Belajar Matematika.
Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Lambertus ,Suhar; & Ainun Nadzir Lutfi
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2: Juli 2014
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (697.489 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v5i2.2050

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemapuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain Randomized Control Group Pretest-Posttest.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposivedan tehnik penentuan kelas secara random. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematik yang signifikan antara siswa setelah diajar menggunakan pembelajaran konvensional; (2) Peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah lebih baik secara signifikan dari peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional.Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Koneksi Matematik
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Assesmen Kinerja terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Program Linear Anetha LF Tilaar
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2: Juli 2014
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.081 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v5i2.2046

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2x2 yang bertujuan untuk mempelajari pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted  Individualization (TAI)  dan assesmen kinerja terhadap hasil belajar mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Program Linear. Hasil penelitian menggambarkan bahwa: (i) secara empiris data penelitian mendukung hipotesis penelitian yang diajukan; (ii) berdasarkan statistik uji  F, model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan penerapan assesmen kinerja memberi pengaruh yang signifikan terhadap rata-rata hasil belajar mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Program Linear; (iii) berdasarkan statistik uji t, untuk mahasiswa yang memperoleh treatment pembelajaran model kooperatif tipe TAI dan berbasis masalah, hasil belajarnya berbeda secara signifikan dengan mahasiswa yang memperoleh treatment pembelajaran secara klasikal.Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe TAI, assesmen kinerja berbasis masalah.
Model Diagnostik Kesulitan Belajar Siswa Berbasis Ujian Nasional: Implementasi pada Mata Pelajaran Matematika Zamsir .
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2: Juli 2014
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.267 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v5i2.2051

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model diagnostik kesulitan belajar siswa berbasis ujian nasional. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Sampel uji coba produk diperluas terdiri dari enam SMP Negeri dengan melibatkan 6 orang guru Matematika. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) model diagnostik kesulitan belajar siswa berbasis ujian nasional dinyatakan layak untuk diterapkan, (2) kompetensi dan indikator yang belum dikuasai oleh siswa pada ujian nasional bulan Mei 2014 pada mata pelajaran Matematika terdapat dua kompetensi dan empat indikator, dan (3) hasil pelaksanaan tindakan perbaikan diperoleh penguasaan siswa yang dicapai pada mata pelajaran Matematika mayoritas pada Level 3. Di masa yang akan datang model diagnostik kesulitan belajar siswa ini dapat diterapkan pada bentuk format tes yang lainnya.Kata kunci: model diagnostik; ujian nasional; kesulitan belajar
Perbedaan Hasil Belajar Ditinjau dari Pembelajaran Kooperatif, Perilaku Berkarakter dan Disposisi Matematis Fajar Euis Nagara Putri; Faad Maonde; & Kadir
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No 2: Juli 2014
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (742.622 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v5i2.2047

Abstract

Penelitian eksperimen‍ desain 3x2 faktorial pretest posttest by subject dengan sampel 180 orang siswa bertujuan untuk mengkaji: (1) deskripsi hasil belajar matematika siswa setelah diberi perlakuan pembelajaran kooperatif dan perilaku berkarakter, (2) disposisi matematis siswa mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika, (3) dengan memperhitungkan kovariat disposisi matematis siswa, interaksi pembelajaran kooperatif dan perilaku berkarakter secara simultan dengan mengontrol kedua faktor utama mempunyai perbedaan pengaruh terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis menggunakan Anacova menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika berfluktuasi pada masing-masing sel dalam mendukung hipotesis yang diajukan. Kovariat disposisi matematis berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,606 satuan. Dengan memperhitungkan kovariat disposisi matematis, interaksi pembelajaran kooperatif (TGT, Jigsaw dan STAD) dan perilaku berkarakter secara simultan dengan mengontrol kedua faktor utama mempunyai perbedaan pengaruh yang signifikan.   Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, TGT,  STAD, Jigsaw, Perilaku Berkarakter, Disposisi Matematis Siswa, Hasil Belajar Matematika

Page 1 of 1 | Total Record : 8