cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Equilibrium
Published by Universitas Kuningan
ISSN : 02165287     EISSN : 26145839     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal EQUILIBRIUM merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Eonomi FKIP Universitas Kuningan yang memuat karya tulis dan penelitian ilmiah dosen dan mahasiswa dibidang ilmu kependidikan dan Ekonomi. Jurnal EQUILIBRIUM terbit setiap 6 bulan sekali yaitu edisi Januari dan Juli Jurnal EQUILIBRIUM ini sudah memiliki ISSN No. 0216-5287(cetak) dan ISSN 2614-5839 (online).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 01 (2020): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi" : 6 Documents clear
UPAYA PENGUATAN KOMPETENSI MANAJERIAL TERHADAP PELAKSANAAN SUPERVISI DAN KINERJA SEKOLAH DI WILAYAH GUGUS I DAN II KECAMATAN GAYUNGAN SURABAYA Sri Khotami
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 17, No 01 (2020): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v17i1.2601

Abstract

Tugas pengawas madya menurut Permendikbud nomor 15 Tahun 2018 tentangPemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah antara lainmelaksanakan penilaian kinerja Guru dan/atau Kepala Sekolah, melaksanakan evaluasihasil pelaksanaan program pengawasan pada sekolah binaan, melaksanakanpembimbingan dan pelatihan profesional bagi Guru dan Kepala Sekolah.Berdasarkan hasil evaluasi yang pengawas lakukan terhadap 12 sekolah binaan,hasilnya adalah masih rendahnya kinerja kepala sekolah dalam menjalankan fungsimanajerial. Untuk itu pentingnya pengawas mengadakan workshop manajemen berbasissekolah sebagai upaya Penguatan Kompetensi Manajerial terhadap pelaksanaansupervisi dan kinerja sekolah di Wilayah Gugus Binaan I dan II Kecamatan GayunganSurabaya.Penelitian dilakukan di 12 Sekolah Dasar di wilayah gugus binaan I dan IIKecamatan Gayungan Kota Surabaya. Dengan mengadakan workshop yang diikutisecara bersama dari unsur Kepala Sekolah, Guru, Staf Administrasi (Laboran), KomiteSekolah dan Pengawas sebagai nara sumber.Prosedur penelitian dilakukan melalui dua Siklus dari tiap siklus terdapat tahapperencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi sehingga bisa dihasilkan suatu bentukdata sebagai bukti hasil pelaksanaan workshop untuk penelitian tindakan sekolah ini.Secara keseluruhan penelitian tindakan sekolah dapat disimpulkan bahwa dayaserap terhadap materi MBS pada siklus I dari 15 % menjadi 75,75% pada siklus II,sedangkan tingkat daya serap terhadap peranan masing-masing dalam MBS pada siklus 1dari 27.28% menjadi 69.70% pada siklus II.Kata Kunci : kompetensi manajerial, supervisi, kinerja sekolah
Evaluasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Komparatif pada SMK Negeri dan Swasta di Provinsi Banten) Dani Rahman Hakim; Dadang Suhendar
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 17, No 01 (2020): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v17i1.2598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pengelolaan dana bantuan sekolah(BOS) di SMK Negeri 3 Tangerang Selatan serta SMK Assalam Jayanti Kota Tangerang.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan konsep studi kasus. Metodepengumpulan data dilakukan dengan triangulasi dan dokumentasi. Analisis datadilakukan secara deskriptif kualitatif dengan pendekatan Miles dan Huberman. Hasilpenelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)di SMK yang dijadikan sampel cenderung sudah baik dan sesuai dengan Juknis BOStetapi masih perlu mengalami perbaikan-perbaikan. Meskipun sampel memilikikarakteristik yang berbeda, namun kendala yang ditemui dalam proses pengelolaan danaBOS yang dilakukan relatif memiliki kesamaan. Kendala utama dari pengelolaan danaBOS berkaitan dengan keterlambatan pencairan, kelengkapan berkas dalampembukuan, hingga penentuan skala prioritas penggunaan anggaran yang relatif belumterencana dengan baik. Ditemukan juga bahwa pengelolaan anggaran dana BOS yangdilakukan SMK negeri seperti SMKN 3 Tangsel cenderung lebih taat Juknis, tertibadministrasi, memilki SDM pengelolaan yang kompeten, serta menerapkan prinsiptransparansi dan akuntabilitas yang lebih baik. Namun demikian, dari aspek inovasipengelolaan keuangan SMK swasta seperti Assalam Jayanti swasta lebih memiliki tekadyang kuat untuk bertahan dengan mecari pendanaan-pendanaan tambahan yang kreatifdalam menutupi kekurangan dana BOS.Kata Kunci : BOS, Pelaporan, Pengelolaan
OPTIMALISASI ETOS KERJA GURU SMK JAKARTA BARAT MELALUI BUDAYA ORGANISASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL Euis Nessia Fitri; Dani Rahman Hakim
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 17, No 01 (2020): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v17i1.2599

Abstract

ABSTRACTThis study aims to analizing the effect of organization culture and emotionalintelligence of teachers on work ethic in vocational high school teacher at thewest Jakarta. Research method is quantitative with multiple regression. Researchmethode is quantitative approach with regression analisys to proving the theorywhich is basis of the research hypotesys. Collecting data method is used thequestionnaire with sample of 135 vocational teacher in public and private schoolof West Jakarta. Result of this research indicate that organizational culture andemotional intelligence significantly influencing the work ethic. Based on thatresult, vocational school management shoud be able to build an effectiveorganizational culture and provide emotional spiritual questions (ESQ) trainingto the teacher in order to improve their work ethic.Keyword : Emotional_Intelligence, Organizational_Culture, Work_Ethic
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PERILAKU KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA PARA PELAKU SEKTOR INFORMAL DI PASAR TALAGA KABUPATEN MAJALENGKA Pupu Saeful Rahmat
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 17, No 01 (2020): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v17i1.2600

Abstract

ABSTRAK: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnyaperkembangan usaha para pelaku sektor informal di Pasar TalagaKabupaten Majalengka. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1)Untuk mengetahui pengaruh simultan tingkat pendidikan dan perilakukewirausahaan terhadap perkembangan usaha sektor informal di PasarTalaga Kabupaten Majalengka; (2) Untuk mengetahui pengaruh tingkatpendidikan terhadap perkembangan usaha sektor informal di Pasar TalagaKabupaten Majalengka; (3) Untuk mengetahui pengaruh perilakukewirausahaan terhadap perkembangan usaha sektor informal di PasarTalaga Kabupaten Majalengka.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatifjenis survey. Hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:Tingkat pendidikan, perilaku kewirausahaan berpengaruh secara simultanterhadap perkembangan usaha sektor informal.Alat untuk menguji hipotesis menggunakan uji statistik berupa Uji-tKoefisien Regresi Parsial, Uji Hipotesis Koefisien Regresi Keseluruhan(Uji-F), dan Uji Koefisien Determinasi Majemuk (R2). Hasil penelitiannyaadalah: tingkat pendidikan dan perilaku kewirausahaan secara bersamasamaberpengaruh secara simultan terhadap perkembangan usaha sektorinformal di Pasar Talaga Kabupaten Majalengka. Perilaku kewirausahaanmemiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usahasektor informal di Pasar Talaga Kabupaten Majalengka. Artinya denganadanya perilaku kewirausahaan yang tinggi maka akan bertambah pulaperkembangan usaha sektor informal di Pasar Talaga KabupatenMajalengka.Kata Kunci: tingkat pendidikan, perilaku kewirausahaan, perkembanganusaha, pelaku sektor informal.
PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT.IT SEBAGAI ENRICHMENT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS Sri Mulyati
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 17, No 01 (2020): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v17i1.2602

Abstract

AbstractThe background of this research is a minimal learning process that is supported bystudents' creativity and learning to take advantage of internet technology, a specialapplication of E-Learning as a medium for learning in the classroom. The purpose ofthis paper is to describe the use of the kahoot.it application in lectures on the basicconcepts of social studies that discuss integrated economics, geography, history andsociology. The success of this learning media is expected to be one of the solutions toimprove students' thinking abilities and also be able to improve social studies that aredifficult, rigid, monotonous, unattractive, and so on. Basically the use of kahoot.itlearning media in learning is an online evaluation tool for enrichment in class. Theresearch method used is qualitative with the objectives obtained using the mediakahoot.it in class. The use of instructional media does not only focus on specific learningmethods, but can be combined with any learning method that is tailored to thecharacteristics of students.Keywords: kahoot.it; social studies learning; and think creatively.
The Influence of Headmaster Supervision Role on Teachers’ Competences and Motivation and Its Implication on Teachers’ Performance Entin Jumantini; Santy Wijaya
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 17, No 01 (2020): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v17i1.2597

Abstract

Background of the research is begun from the low quality of teachers’ competence andmotivation. This may be the cause of teachers’ performance which is low and lower.Therefore the research is done to find out the influence of headmaster supervision onteachers’ motivation and competences and its implementation on teachers’ performance.The method used in this study was correlation-descriptive design. The population was allEconomy teachers in all state vocational high schools in Kuningan, West java, namely 55teachers from nine state vocational high schools in Kuningan. The instrument wasquestionnaires using Likert scale with five options. The technique used in analyzing thedata was path analysis. All analysis and calculations was done by SPSS Program version20.0.The result of the study were: (1) Headmaster Supervision has a positive influence onTeacher’s Performance with number of coefficient 0,101 (2) Teacher’s Competence hasno significant influence on Teacher’s Performance with number of coefficient 0,360 (3)Teacher’s Motivation has no significant influence on Teacher’s Performance with numberof coefficient 0,157 (4) Headmaster Supervision has a positive influence on Teacher’sCompetence with number of coefficient 0,451, (5) Headmaster Supervision has nosignificant influence on Teacher’s Motivation with number of coefficient 0,220.In short,this study reveals that Headmaster Supervision has an important role in improvingteacher’s competence and give a good impact on teacher’s performance. Therefore, it isrecommended that the headmaster should do some training in supervision to improve thequality of their leadership.Key words: Supervision, Teachers’ Competence, Teachers’ Motivation, Teachers’Performance.

Page 1 of 1 | Total Record : 6