cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 23, No 2 (2019): JURNAL PENELITIAN KOMUNIKASI DAN OPINI PUBLIK - Desember 2019" : 6 Documents clear
Tipology of Beginner Voters Based on Access to Political Information in Social Media Roni Jayawinangun; Dini Valdiani
Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol 23, No 2 (2019): JURNAL PENELITIAN KOMUNIKASI DAN OPINI PUBLIK - Desember 2019
Publisher : BPSDMP Kominfo Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33299/jpkop.23.2.2001

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipologi pemilih pemula berdasarkan akses informasi politik di media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pada 105 responden dengan metode sampling menggunakan quota sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, skor rataan dan Analisis Varian (ANOVA). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa karakteristik pemilih pemula di Kabupaten Bogor didominasi wanita, pendidikan SLTA. Instagram adalah media sosial yang paling banyak digunakan sebagai akses berita politik. Tipologi pemilih pemula dari persentase yang paling besar adalah pemilih apatis diikuti oleh pemilih naif, teralienasi dan setia, media, semakin banyak akses berita melalui media sosial mendorong pemilih menjadi setia, tanpa mengakses politik melalui media sosial membuat pemilih menjadi apatis.
Adoption of Innovation Online Transportation Application in Post-Millennial Generation in Pekanbaru City Muhammad Badri
Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol 23, No 2 (2019): JURNAL PENELITIAN KOMUNIKASI DAN OPINI PUBLIK - Desember 2019
Publisher : BPSDMP Kominfo Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33299/jpkop.23.2.2320

Abstract

Revolusi industri 4.0 mendorong berkembangnya industri transportasi berbasis aplikasi. Difusi inovasi aplikasi transportasi daring terjadi hampir di seluruh kota di Indonesia dan mulai dikenalkan di Kota Pekanbaru sejak 2017. Salah satu pengguna potensial aplikasi ini adalah generasi pasca-milenial. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui adopsi inovasi aplikasi transportasi daring pada generasi pasca-milenial di Kota Pekanbaru. Model penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan format deskriptif untuk menganalisis tahapan proses keputusan inovasi: (1) pengetahuan, (2) persuasi, (3) keputusan dan implementasi, dan (4) konfirmasi. Jumlah sampel penelitian 100 orang pengguna aplikasi transportasi daring berusia 17 sampai 23 tahun. Hasil penelitian menemukan bahwa skor tahap pengetahuan kuat (77,8%) terutama pada indikator pengguna gawai sangat aktif. Skor persuasi sangat kuat (80,6%) terutama indikator kemudahan instalasi aplikasi tansportasi daring. Tahap keputusan dan implementasi sebagian besar responden merupakan kelompok inovator (36%) dengan skor implementasi cukup (43,4%) paling banyak untuk layanan pengantaran makanan dan ojek. Pada tahap konfirmasi skor meningkat menjadi 59,8% dengan indikator tertinggi tetap menginstal aplikasi dan meningkatkan penggunaan transportasi ojek dan taksi.
The Influence of Digital Media Use on Sales Level of Culinary Package Product Among Female Entrepreneur Qurata Ayuni; Hafied Cangara; Arianto Arianto
Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol 23, No 2 (2019): JURNAL PENELITIAN KOMUNIKASI DAN OPINI PUBLIK - Desember 2019
Publisher : BPSDMP Kominfo Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33299/jpkop.23.2.2382

Abstract

The development of new media has changed the pattern of communication and market interaction. Cyberspace is a modern business model that provides space for buying and selling transactions. It requires entrepreneur to master technology, including womanpreneur. Its appearance is triggered by the facilities and opportunities of social media technology. This quantitative-descriptive research focus on the positive influence of digital media to increase the sales of specialty food products among womanpreneur in Makassar. The number of sample is 139 respondents, who are micro entrepreneurs and has been established at least six months and used social media were Facebook or Instagram. The independent variable is digital media utilization (X), the control variable is marketing mix (Z), and the dependent variable is level of sales (Y). The results of this research obtained that the variable digital media utilization (X) and marketing mix (Z) has an influence on the level of sales (Y). H1 is accepted whereas H0 is rejected, stating that digital media (e-marketing) utilizatin is a positive influence on increasing the sales of specialty food products among womanpreneurs in Makassar.
Village Development Strategy by Utilization of ICT in Pemalang Itsna Hidayatul Khusna
Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol 23, No 2 (2019): JURNAL PENELITIAN KOMUNIKASI DAN OPINI PUBLIK - Desember 2019
Publisher : BPSDMP Kominfo Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33299/jpkop.23.2.1309

Abstract

Internet adalah entitas dari kreativitas yang tanpa batas, bahkan merobohkan batas-batas yang selama ini ada. Pada saat ini internet begitu banyak memengaruhi dan membantu perkembangan manusia. Internet bisa menghubungkan manusia dengan berbagai macam bentuk informasi dan bertukar informasi dalam skala global. Internet mampu menjangkau setiap pelosok terpencil di mana teknologi lain tidak bisa menjangkaunya. Keunggulan seperti ini yang bisa dimanfaatkan untuk pembangunan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembanguanan bisa merobohkan tiga hambatan yaitu hambatan ke pengetahuan, hambatan ke partisipasi dan hambatan ke peluang ekonomi. Penelitian ini hendak menjawab rumusan masalah penelitia yaitu bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembangunan desa di Kabupaten Pemalang. Pelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Setelah dilakukan penelitian, hasil yang ditemukan melalui wawancara dan telaah dokumentasi melalui website, yaitu Pemerintah Kabupaten Pemalang membuat PUSPINDES yaitu Pusat Pemberdayaan Informatika Perdesaan. Ini merupakan sebuah website yang berusaha menyinergikan semua data dan informasi seluruh desa di Kabupaten Pemalang.Kata kunci: internet, pemberdayaan, sinergi
IMAGES OF INDONESIA IN PROPAGANDA OF FREE PAPUA MOVEMENT: CASES OF ATTACKS ON CIVILIANS IN NDUGA REGENCY Dhahir, Darman Fauzan
Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol 23, No 2 (2019): JURNAL PENELITIAN KOMUNIKASI DAN OPINI PUBLIK - Desember 2019
Publisher : BPSDMP Kominfo Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33299/jpkop.23.2.2432

Abstract

Propaganda Papua Merdeka yang dilakukan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) melalui media online menjadikan pesan-pesan OPM menyebar dengan cepat dan luas ke tengah-tengah masyarakat global, sehingga OPM cenderung mendapat perhatian dan dukungan dunia. Pada pertengahan hingga akhir Tahun 2018, terjadi serangan oleh salah satu faksi bersenjata OPM terhadap warga sipil. Kasus tersebut diangkat dalam beberapa berita pada media online milik OPM. Untuk mengetahui cara OPM mencitrakan Pemerintah Indonesia dalam kasus tersebut, penelitian ini dilakukan. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif interpretatif, dan teknik analisis wacana kritis model Van Dijk, telah dilakukan analisis wacana kritis terhadap teks berita yang dimuat dalam situs web freewestpapua.org. Hal yang diamati adalah unsur tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris dari setiap berita yang dipilih menjadi sampel berdasarkan teknik purposif. Hasil penelitian menunjukkan OPM tidak henti-henti mengggambarkan Indonesia dengan citra sadis, brutal, licik, tak berperi kemanusiaan, dan penjajah tanah air Papua, sekalipun wacana yang diberitakan adalah suatu kekerasan yang pelakunya adalah OPM sendiri, dan korbannya adalah bukan orang Papua. OPM lebih mengedepankan bahwa pihak Papua adalah korban kelicikan dan keganasan Indonesia.
Ideology and Government Power on Maritime Connectivity Development Discourse – A Critical Discourse Analysis of DBU LPP RRI Sorong Broadcasting Material, 20 October 2017 Vience Mutiara Rumata; Santhy Verawati Elfrida
Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol 23, No 2 (2019): JURNAL PENELITIAN KOMUNIKASI DAN OPINI PUBLIK - Desember 2019
Publisher : BPSDMP Kominfo Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33299/jpkop.23.2.1954

Abstract

Digital Broadcasting Unit (DBU) merupakan program siaran berbasis dialog interaktif kerja sama antara Radio Republik Indonesia (RRI) dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Siaran DBU sebagai wadah diskusi berbagai kepentingan, tidak saja pemerintah dan warga, dengan tujuan untuk membangun pemahaman serta mencapai solusi terhadap suatu isu tertentu. Wacana yang dikonstruksikan dalam siaran DBU, dengan pola komunikasi langsung tetapi disiarkan melalui radio, menjadi suatu hal yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini mencoba menganalisis wacana dengan menggunakan analisis wacana Van Dijk dengan memperhatikan skema reproduksi kekuatan Van Dijk. Data primer merupakan rekaman siaran DBU RRI Sorong pada tanggal 20 September 2017. Hasilnya bahwa pemangku kebijakan sebagai pemegang akses dominan serta pengendali wacana. Ideologi yang terbangun adalah upaya pemerintah untuk menggiring masyarakat agar mendukung pembangunan tol laut. Sementara masyarakat lebih dominan menekankan pada dampak yang cenderung negatif dari pembangunan tol laut ini terhadap komunitas masyarakat setempat.

Page 1 of 1 | Total Record : 6