cover
Contact Name
Imam Syafa'at
Contact Email
-
Phone
+6224-8505680
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang » Tel / fax : 0248505680 / 0248505680
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Majalah Ilmiah MOMENTUM
ISSN : 24069329     EISSN : 24069329     DOI : -
Core Subject : Education,
"MOMENTUM" adalah sebuah Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim dengan ISSN cetak 0216-7395. Terbit setahun dua kali yaitu tiap bulan April dan Oktober. Lingkup bidang yang dapat dipublikasikan di jurnal ini adalah teknik mesin, teknik kimia dan teknik informatika
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 2 (2023)" : 12 Documents clear
KARAKTERISASI FISIS DAN UNJUK KERJA MEMBRAN KERAMIK BERPORI UNTUK APLIKASI TEKNOLOGI PENJERNIH AIR Sugeng - Slamet; Ratri - Rahmawati; Choirul - Azis; Noor - Akhlis; Qomaruddin - Qomarudin
JURNAL ILMIAH MOMENTUM Vol 19, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jim.v19i2.8930

Abstract

Air sangat dibutuhkan manusia untuk berbagai keperluan sehari-hari. Air yang tercemar oleh polutan ringan maupun berat sangat membahayakan bagi manusia apabila digunakan. Tujuan dari penelitian ini melakukan karakterisasi fisis dan menganalisis unjuk kerja teknologi penjernih air menggunakan membran keramik berpori.   Keramik berpori memggunakan campuran tanah liat dengan aditif serbuk ragi dan serbuk gergaji kayu.  Komposisi campuran aditif dengan perbandingan berat 5%, 10%, 15% dan 20%. Ukuran serbuk ragi lolos mesh 200 dan serbuk gergaji kayu lolos mesh 100. Campuran tanah liat dan aditif dicetak dengan menggunakan cetakan berbentuk silinder dengan diameter 4 inchi. Keramik berpori selanjutnya dilakukan proses sintering pada temperatur 900oC. Spesimen keramik dilakukan pengujian densitas, porositas, penyusutan dan absorbsivitas. Unjuk kerja membran keramik berpori pada teknologi filtrasi air diuji parameter TDS (Total Dissolved Solid), kekeruhan, warna, bau, rasa dan pH sesuai Permenkes Nomor 2 Tahun 2023.Sifat fisis membran keramik berpori sangat dipengaruhi oleh ukuran partikel dan peningkatan komposisinya. Aditif serbuk ragi dengan ukuran partikel relatif kecil  menunjukkan penyusutan dan porositas rendah sehingga densitasnya meningkat. Penambahan komposisi aditif meningkatkan penyusutan serbuk gergaji kayu 20.10% dan serbuk ragi sebesar 21,16%. Penurunan densitas serbuk gergaji kayu 8,32% dan serbuk ragi sebesar 6,42%. Porositas meningkat pada aditif serbuk gergaji kayu 17,95% dan serbuk ragi 5,38%. Kemampuan penyerapan air pada serbuk gergaji kayu 24,74% dan serbuk ragi 17,60%. Teknologi filtrasi dengan menggunakan membran keramik berpori mampu meningkatkan kualitas air sesuai dengan Permenkes Nomor 2 Tahun 2023.
Pengembangan Media Tutorial Sistem Rem Sepeda Motor untuk Praktikum Siswa Sigit Purnomo; Prima N. Fatkhurahman; Nurcholish Handoyono; Dianna Ratnawati; Rabiman Rabiman
JURNAL ILMIAH MOMENTUM Vol 19, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jim.v19i2.9796

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran dan mengetahui kelayakan video tutorial pada pembelajaran sistem rem mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TBSM 2 dan TBSM 3 Teknik Bisnis Sepeda Motor Sekolah Menengah Kejuruan. Prosedur yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri atas 4 tahapan yaitu (1) tahap pembuatan konsep yang meliputi analisa awal, analisa akhir, pengumpulan materi dan pendukung materi, (2) tahap pembuatan produk yang meliputi design dan assembly, (3) tahap uji coba (testing) validasi oleh ahli media, ahli materi, kemudian dilanjutkan evaluasi atau penilaian orang guru bidang studi, evaluasi atau penilaian  teman sejawat, dan uji coba terhadap siswa (4) distribution yaitu dengan mengunggah (uploud) di youtub. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran video tutorial adalah: (1) penilaian ahli materi sebesar 89,58%. (2) penilaian ahli media sebesar 94,04%. (3)  penilaian guru sebesar 94,04%. (4) penilaian tanggapan reviewer teman sejawat sebesar 95,4%. (5) tanggapan siswa  sebesar 81,06%. Berdasarkan hasil penilaian dan tanggapan yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial pembelajaran sistem rem ini sangat layak digunakan dan dikembangkan.
Komparasi Performansi Panel Surya Mono dan Polikristal Sebagai Sumber Tenaga Pada E-Scooter Angkut Alnanda Yuhanandri; Asrori Asrori
JURNAL ILMIAH MOMENTUM Vol 19, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jim.v19i2.9001

Abstract

Panel surya merupakan salah satu sumber energi baru terbarukan, di mana komponen ini dapat mengubah energi panas matahari menjadi energi listrik, dalam penelitian ini panel surya digunakan sebagai sumber energi pengisian baterai lithium iron phosphate (LiFePo4) pada kendaraan electric scooter angkut. Jenis panel surya yang sering digunakan adalah tipe monokristal dan polikristal, kedua panel surya tersebut memiliki spesifikasi dan performa yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui performa dan nilai efisiensi konversi energi dari sinar matahari ke energi listrik dari masing-masing jenis panel surya, saat diaplikasikan pada kendaraan e-scooter angkut. Metode penelitian dilakukan dengan membuat alat pengisian baterai menggunakan panel surya tipe monokristal dan polikristal pada e-scooter angkut. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan alat monitoring yang dapat mengukur dan mencatat tegangan, arus, dan daya output, serta daya pengisian baterai dari masing-masing panel surya, lalu dilakukan analisis perbandingan dari data yang telah dihasilkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan rata-rata nilai radiasi matahari saat penelitian berlangsung sebesar 574,8 W/m2, serta pengujian nilai efisiensi didapatkan hasil bahwa panel surya dengan tipe monokristal lebih efisien dibanding dengan panel surya polikristal dengan nilai efisiensi 15,72% dibanding 9,60%, selain itu penggunaan panel surya tipe monokristal juga cocok jika diaplikasikan pada kendaraan listrik karena memiliki dimensi dan berat yang lebih rendah.
SIFAT FISIK MATERIAL PAPAN KOMPOSITE BERBAHAN SERAT TEBU DENGAN MATRIX RESIN POLYESTER Nurmala Santi Dera; Faisal Kilo; Novriyanti Talango; Sahional Ishak; Wahyu Dwi Lestari
JURNAL ILMIAH MOMENTUM Vol 19, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jim.v19i2.9836

Abstract

Sugar cane fiber is an organic waste mostly produced by sugar factories in Indonesia such as inGorontalo Province. If it is properly processed, it will have high economic value and will help the community’seconomy during Covid 19 pandemic. This fiber, however, is easy to find, and it is not dangerous for humanhealth. The important thing is that this fiber can be degraded naturally. Hence it can be used as compositereinforcingfiberwhichcanhelpovercomeenvironmentproblems.Thisstudyaimedatinvestigatingthephysical characteristics of natural fiber composite-based new material with characteristics and structures whichcanbeusedforautomotiveindustry.Themethodappliedinthisstudywasbydoingphysicaltestsuchasdensity,watercontent,waterabsorption level,andthicknessdevelopmentwith random-pattern treatmentsconsisting of fraction variations of sugar cane fiber volumes of 10%, 30%, and 50% and fraction variations ofresin volumes of 90%, 80%, and 70%. Each treatment consisted of 3 specimens with determined size, and theywere tested in laboratory in order to find out the physical. Findings revealed that the highest density was inspecimen 3 with fiber volume of 50% and resin volume of 70%, and the average value was 1.162 g/cm3.Meanwhile, the highest water content was specimen 1 with fiber volume of 10% and resin volume of 90%obtaining value of 0.51%. The water absorption level during 24 hours that obtained maximal result and value of6.89%wasspecimen2withfibervolumeof30%andresinvolumeof80%.Theresultforthicknessdevelopment during 24 hours that obtained value of 10% was specimen 1 with fiber volume of 10% and resinvolume of 90%. If it is validated with Indonesian National Standard, some of physical test results should befurther formulated to get result based on Indonesian National Standard. Regarding the explanation, the fibervolume and resin volume fractions highly influenced the natural fiber (sugar cane fiber) composite-based newmaterialmakinganditcanbe usedfor automotiveindustry
Pengaruh Ketebalan Root Face dan Polaritas Terhadap Defect pada Tembusan Hasil Pengelasan SMAW Sanam Sanam; Inda Aidatul Azpah; Difqi Faza Umary; Muhamad Suhaedi; Ananda Yhuto Wibisono Putra
JURNAL ILMIAH MOMENTUM Vol 19, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jim.v19i2.8921

Abstract

Metode pengelasan SMAW digunakan secara luas dalam industri untuk menggabungkan material logam dengan kekuatan yang tinggi. Namun, pengelasan SMAW dapat menghasilkan cacat seperti porositas, retak, dan pengotoran yang dapat mempengaruhi kekuatan dan keandalan sambungan las. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh ketebalan root face dan polaritas terhadap defect pada tembusan hasil pengelasan SMAW (Shielded Metal Arc Welding) dengan kuat arus ideal. Adapun Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan acuan uji AWS D1.1. Teknik pengumpulan datanya dengan melakukan pengujian pelat menggunakan cairan dye penetrant test dengan waktu yang dibutuhkan selama 40 menit setiap spesimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketebalan root face yang optimal dapat mengurangi terbentuknya defect pada tembusan pengelasan SMAW. Ketebalan root face yang terlalu tipis dapat menyebabkan pengotoran dan porositas, sedangkan ketebalan yang terlalu tebal dapat menyebabkan retak atau reject pada sambungan las. Selain itu, polaritas juga mempengaruhi terbentuknya defect. Penggunaan polaritas yang tepat dapat mengurangi terjadinya porositas dan retak pada sambungan las. Dapat disimpulkan bahwa dimana polaritas DCEN  menghasilkan tembusan yang ideal pada root face 2 mm, sedangkan Polaritas DCEP  menghasilkan tembusan yang ideal pada root face 3 mm, maka dari itu kami rekomendasikan polaritas DCEN sangat cocok untuk  pengerjaan root face 2 mm pada proses pengelasan SMAW.
Pengaruh Variasi Clutch Housing dan Jenis Clutch Carrier Terhadap Daya pada CVT Sepeda Motor 110 cc Siti Shafiya Ayu Panjalu; Khambali Khambali
JURNAL ILMIAH MOMENTUM Vol 19, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jim.v19i2.9123

Abstract

Clutch housing merupakan bagian komponen kendaraan yang berfungsi menerima putaran dari kampas kopling, yang selanjutnya akan didistribusikan ke roda belakang. Sedangkan clutch carrier memiliki peran untuk menyalurkan dan memutus tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang dengan gaya sentrifugal. Semakin tinggi RPM semakin tinggi juga gaya sentrifugal pada pembawa kopling untuk menekan housing kopling. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh dari variasi housing kopling dan jenis pembawa kopling dengan dilakukan pengujian dari komponen-komponen tersebut. Pengujian dilakukan pada kecepatan putaran mesin 4000-8000 rpm dengan kelipatan 1000 rpm menggunakan dyno test. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah variasi housing kopling standar, housing kopling bubut kartel, dan jenis kopling pembawa standar, pembawa kopling kevlar. Untuk variabel terikat yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas, yaitu daya (Hp). Pada proses pengujian diperlukan variabel kontrol yang meliputi kondisi sepeda motor sesuai dengan spesifikasi pabrik, dan bahan bakar kendaraan menggunakan pertalite. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa daya terendah yaitu 8,08 Hp diperoleh pada variasi clutch housing standart dengan jenis clutch carrier standart dan daya tertinggi yaitu 8,83 Hp diperoleh pada variasi clutch housing kartel dengan jenis clutch carrier kevlar pada putaran mesin 7000 rpm.
Studi Eksperimen Pengaruh Campuran Hasil Pirolisis Polipropilena dengan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Prestasi Mesin Sepeda Motor 110cc Novi Laura Indrayani; Firza Mahendra Sulaiman; Riri Sadiana; R. Hengki Rahmanto; Fatimah Dian Ekawati
JURNAL ILMIAH MOMENTUM Vol 19, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jim.v19i2.9921

Abstract

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah limbah plastik yaitu dengan cara menjadikan limbah plastik sebagai bahan bakar alternatif melalui proses pirolisis, selain mengurangi masalah limbah plastik dapat juga mengurangi masalah kelangkaan BBM akibat meningkatnya jumlah penggunaan sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan limbah plastik jenis polipropilena hasil pirolisis 450°C dengan bahan bakar pertalite terhadap torsi, daya, efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor 4 langkah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengujian dilakukan pada sepeda motor Honda Beat 2011 110cc dengan 5 kelompok uji yakni pertalite murni (B100), pertalite 90% PP 10% (B90PP10), pertalite 95% PP 5% (B95PP5), pertalite 90% PP 10% dan eco racing (B90PP10E), pertalite 95% PP 5% dan eco racing (B95PP5E). Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh campuran minyak hasil pirolisis PP 450°C dan rendaman eco racing pada bahan bakar pertalite terhadap torsi, daya, efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang. Pengujian terhadap torsi dan daya pada awal putaran mesin 4500 rpm dengan campuran minyak hasil pirolisis PP 450°C dan rendaman eco racing mendapatkan nilai yang paling tinggi, sedangkan pada putaran mesin berikutnya berangsur mengalami penurunan. Penggunaan bahan bakar B90PP10E memiliki keefektifan yang lebih dalam meningkatkan torsi dan daya pada awal putaran mesin yaitu  torsi sebesar 10.72 Nm dan daya sebesar 6.8 HP, dibandingkan dengan bahan bakar lainnya. Untuk efisiensi, penggunaan bahan bakar B95PP5E yang paling efisien yaitu sebesar 36,8%. Dalam penelitian emisi gas buang, campuran minyak hasil pirolisis PP 450°C dan rendaman eco racing pada bahan bakar pertalite sudah lulus dalam ambang batas emisi hidrocarbon (2000 ppm), tetapi belum lulus dalam ambang batas emisi carbon monoksida (4.5%). Penggunaan bahan bakar B100 yang paling tinggi emisi hidrocarbon nya yaitu sebesar 1124 ppm, sedangkan penggunaan bahan bakar B95PP5 yang paling tinggi emisi carbon monoksida nya yaitu sebesar 6.31%.
Pengaruh Fraksi Volume Sekam Padi, Aluminium Oksida dan Besi Oksida Terhadap Sifat Mekanik Kampas Rem dengan Matriks Epoxy Deni Fajar Fitriyana; Rahmat Doni Widodo; Kriswanto Kriswanto; Ahmad Athoillah; Ares Yudi Prasetyo; Mochamad Dzaki Alrasyid; Muhammad Bustanul Aripin; Saeful Dimyati; Agustinus Purna Irawan; Tezara Cionita; Januar Parlaungan Siregar
JURNAL ILMIAH MOMENTUM Vol 19, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jim.v19i2.8752

Abstract

Penelitian tentang material alam sebagai pengganti material asbes dalam komposit material gesek kampas rem motor terus mengalami peningkatan. Material dalam kategori biomassa sebagai reinforcement komposit agar mendapatkan karakteristik material yang sesuai standar material gesek kampas rem motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fraksi volume sekam padi, aluminium oksida, dan besi oksida terhadap sifat mekanik dari spesimen komposit material gesek kampas rem. Proses pembuatan spesimen menggunakan metode hand lay-up dengan fraksi volume material epoksi (100 wt% dan 50 wt%), sekam padi (0 wt% dan 20 wt%), aluminium oksida (25 wt% dan 15 wt%), dan besi oksida (25 wt% dan 15 wt%). Pada penelitian ini, didapatkan pengaruh fraksi volume sekam padi, aluminium oksida, dan besi oksida terhadap sifat mekanik dari spesimen komposit material gesek kampas rem motor yaitu dapat meningkatkan nilai dari masing-masing hasil pengujian. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan material epoksi 50 wt%, sekam padi 20 wt%, aluminium oksida 15 wt%, dan besi oksida 15 wt% membuat ikatan antar partikel spesimen komposit material gesek kampas rem motor semakin baik dikarenakan kandungan silikanya yang tinggi. Oleh karena itu, didapatkan spesimen komposit material gesek kampas rem sepeda motor dengan sifat mekanik yang baik sesuai standar SNI nomor 09-0143-1987 dan SAE J661-1997.
Analisis Temperature Temper dan Cooling Rate Terhadap Sifat Mekanik Baja Paduan Rendah Veny Selviyanty; Desmarita Leni
JURNAL ILMIAH MOMENTUM Vol 19, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jim.v19i2.9507

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh temperature temper (TT) dan cooling rate (CR) terhadap sifat mekanik baja paduan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang meliputi pengumpulan data, analisis data dengan menggunakan korelasi pearson dan regresi linear. Kemudian dilihat nilai R-squared untuk mengevaluasi seberapa baik model regresi menjelaskan variasi dari variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi negatif yang cukup lemah antara TT dan YS/UTS, korelasi positif yang cukup lemah antara TT dengan EL/RA, dan korelasi positif yang cukup kuat dengan IS. Dari hasil koefisien regresi linear menunjukkan bahwa semakin tinggi TT maka akan semakin rendah sifat mekanik baja paduan rendah YS dan UTS. Namun, hasil regresi linear dengan CR menunjukkan bahwa semakin tinggi CR maka sifat mekanik baja paduan rendah YS dan UTS akan meningkat dan CR akan menurunkan sifat mekanik baja paduan rendah EL/RA/IS.
Pengaruh Tekanan Pengepresan Terhadap Kualitas Briket Arang Kulit Buah Mahoni(Swietenia Mahagoni) Sarjono - -; Saepul Huda; Mudji Mudjijanto
JURNAL ILMIAH MOMENTUM Vol 19, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36499/jim.v19i2.9937

Abstract

Pengelolaan limbah kulit buah mahoni menjadi briket arang kulit buah mahoni merupakan sumber energi altenatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengeahui pengaruh variasi tekanan cetakan briket arang kulit buah mahoni tehadap besarnya kadar air, kadar abu, kadar zat terbang, karbon terikat dan nilai kalor. Pemberian cetakan tekanan berbeda ternyata memberikan pengaruh yang berbeda dan snagat nyata untuk kadar air, kadar abu, kadar zat terbang,  karbon terikat dan nilai kalor. Nilai rata-rata kadar air pada penelitian ini 4,3% sampai 5,5%, kadar abu 8,8% sampai 9,1%, kadar zat terbang 13,9% sampai 16,8% dan nilai kalor 6356,77 kal/gr sampai 6665,23 kal/gr. Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin tinggi tekanan pencetakan briket arang kulit buah mahoni semakin rendah kadar airnya, meskipun tidak signifikan. Semakin tinggi kadar abunya, hal iniini kemungkinan terjadi karena waktu pembakaran yang terbatas. Kadar zat terbangnya yang semakin menurun dan sudah memenuhi standar SNI. Kadar karbon terikatnya yang juga semakin tinggi dan nilai kalornya yang sudah memenuhi SNI.

Page 1 of 2 | Total Record : 12