cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman
ISSN : 20872305     EISSN : 26152282     DOI : -
Core Subject : Education,
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman — ISSN (print) 2087-2305. diterbitkan oleh Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Keislaman (PKPI2) Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang sebagai media pengembangan kajian tentang ilmu-ilmu pendidikan dasar (Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar) dan Keislaman.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2016): MAGISTRA" : 7 Documents clear
PENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA BERVISI SETS DENGAN PENDEKATAN SAVI UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI SADENG 03 Bayu Wijayama
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 7, No 1 (2016): MAGISTRA
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/mgs.v7i1.1773

Abstract

ne"> Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan efektifitas,karakter peduli lingkungan, rasa ingin tahu dan disiplin dalampembelajaran IPA bervisi SETS dengan pendekatan SAVI.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dimulaidari 1) perencanaan tindakan (planning), 2) penerapantindakan (action), 3) pengamaatan (observing) 4) refleksimengevaluasi proses dan hasil tindakan (reflecting). Kegiatanpenelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Perencanaanpembelajaran dimulai dengan membuat perangkat Silabus,RPP, LKPD dan soal. Hasil penelitian pembelajaran IPA bervisiSETS dengan pendekatan SAVI efektif dapat meningkatkanhasil belajar peserta didik secara klasikal pada materi sistempernafasan manusia. Data hasil penelitian menunjukkanpeningkatan prosentase dari kegiatan pra siklus 54,8%kemudian di siklus I menjadi 77,4% dan di siklus II prosentasesebesar 80,6%. Hasil analisis karakter peduli lingkungandengan skor 3,5, rasa ingin tahu dengan skor 3,44 dan karakterdisiplin dengan skor 3,5 sudah melebihi indikator keberhasilanpenelitian dengan Skor Akhir Sa 3,25< skor < 4 ketuntasanklasikal ≥75% pada kriteria membudaya (MK) dengandemikian penelitian berhasil meningkatkan karakter pedulilingkungan, rasa ingin tahu dan disiplin.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS MI Ali Imron
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 7, No 1 (2016): MAGISTRA
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/mgs.v7i1.1985

Abstract

Madrasah merupakan institusi pendidikan bercorak ke-Islaman, dari sisi budaya posisi ini sangat strategis sebab karakter ke-Islaman dapat dibangun secara moderat sejak dini. Secara politis, eksistensi madrasah dapat dijadikan sebagai parameter kekuatan Islam. Madrasah memiliki kontribusi penting dalam keikutsertaannya mencerdaskan kehidupan bangsa. Banyaknya jumlah Madrasah di Indonesia serta jumlah peserta didiknya pada tiap Madrasah, menjadikan lembaga ini layak diperhitungkan dalam pembangunan bangsa di bidang pendidikan dan moral. Perbaikan secara terus menerus dilakukan terhadap madrasah, baik dari segi manajemen, akademik (kurikulum) maupun fasilitas, hingga menjadikan madrasah keluar dari kesan tradisional dan kolot. Madrasah Ibtidaiyah (MI) setingkat Sekolah Dasar (SD), sebagai sebuah institusi di tingkat dasar MI memiliki peran yang cukup vital karena merupakan institusi pendidikan Islam di tingkat dasar yang berperan ganda. MI tidak hanya mengenalkan ilmu pengetahuan umum, namun juga melakukan transfer nilai-nilai keagamaan, sehingga diperlukan pengelolaan yang baik dan profesional. Salah satu bidang keagamaan yang disampaikan di MI adalah bidang studi Al-Qur’an Hadits, dengan tujuan memberikan kemampuan dasar membaca, menulis, membiasakan, dan menggemari membaca Al-Qur’an dan Hadits. Membina dan membimbing perilaku peserta didik dengan berpedoman pada isi kandungan ayat Al-Qur’an dan Hadits. Tujuan sebagai hasil belajar tersebut membutuhkan metode untuk mencapainya, dan di antara metode yang digunakan adalah metode demonstrasi.Kata kunci: hasil belajar, metode demonstrasi, Al-Qur’an Hadits MIMadrasah is an Islamic educational institution. From culture side, this positionis very strategic because the Islamic characters can be built moderately early. Politically, the existence of madrasah can be used as parameter of Islamic power. Madrasah has an important contribution in educating the nation. A large number of Madrasah in Indonesia as well as the number of learners in each Madrasah, making this institution to be reckoned in the national development in education and moral. Continual improvements always do to madrasah, both in management, academic (curriculum) and facilities. Those make madrasah is not like traditional and out of date. Islamic Elementary School (MI) as level as Elementary School (SD), is an institution on basic level. MI has a vital role because is an Islamic education institution on basic level which has dual roles. MI not only introduces the general science, but also to transfer religious values, so needed good management and professional. One of religious field delivered by MI is Al- Qur'an Hadits study. It goals to give basic skills of reading, writing, adapt, and fond of reading Al-Qur'an and Hadits. Nurture and guide learners’ behavoiur based on the content of Al-Qur'an and Hadits. The aim of learning result need some methods to achieve it, and among those methods used is demonstration method.Keywords: Learning Result, Demonstration Method, Al-Quran and Hadits for MI
MEMBANGUN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL JAWA Ahmad Tabi&#039;in
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 7, No 1 (2016): MAGISTRA
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/mgs.v7i1.1983

Abstract

Era globalisasi yang penuh dengan persaingan saat ini membutuhkan kreativitas yang sangat tinggi pada segala lini kehidupan. Salah satunya pada sistem pengajaran di sekolah. Pembelajaran formal saat ini masih menekankan pada cara berpikir konvergen pada peserta didiknya, sementara kemampuan berpikir divergen atau kreatif masih jarang diperhatikan, hal ini menjadi sebuah kekhawatiran yang menyebabkan kreativitas verbal peserta didik akan menurun. Kreativitas bukanlah sesuatu yang given, melainkan harus diupayakan untuk memilikinya. Kreativitas hanya bisa dimiliki oleh mereka yang mempunyai curiosity, pendorong untuk bisa melakukan sesuatu demi mengatasi kondisi tertentu. Permainan pada anak mempunyai pengaruh pada perkembangan pribadi anak itu sendiri. Ada berbagai permainan yang dapat meningkatkan kreativitas bagi peserta didik salah satunya adalah permainan tradisional. Permainan tradisional merupakan simbolisasi dari pengetahuan yang turun nenurun dan mempuyai bermacam-macam fungsi atau pesan dibaliknya.Kata Kunci: membangun, kreativitas anak, permainan tradisional JawaAbstractIn this globalization era which full of competition need high creativity in all aspects of life. One of them is on teaching system in schools. Formal learning nowdays is still emphasis on the way to think convergent for students, while the ability to think divergent or creative is still rarely considered, it is become a concern that cause to verbal creativity of learners will decline. Creativity is not something given, but must be pursued to have it. Creativity only be owned by those who have the curiosity, abooster to be able to do something to overcome certain conditions. Games for children having an influence on the personal development of the children themselves. There are many various games which can increase the creativity of students, one of it is the traditional games. Traditional game is a symbol of knowledge hereditarily and having various functions or message behind it.Keywords: building, children creativity, Javanese traditional games
PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MEMPERMUDAH PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS Ummu Jauharin Farda
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 7, No 1 (2016): MAGISTRA
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/mgs.v7i1.1986

Abstract

Media flashcard dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Inggris dalam pokok bahasan Fruits And Vegetables. Dapat dibuktikan dengan hasil evaluasi nilai rata-rata 85 dan hasil ketuntasan klasikal sebesar 86%. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan media flashcard. Model penelitian meliputi beberapa tahap, yaitu Perencanaan (Planning), Implementasi Tindakan dan Pengamatan (Acting and Observe) dan Refleksi (Reflecting). Proses penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus yang terdiri atas dua kali pertemuan. hasil analisis data menyatakan bahwa, ada peningkatan yang signifikan pada nilai tes tiap siklus. Pada siklus I, siswa yang mendapat nilai lebih dari 75 sebanyak 23 (66%) siswa dengan nilai rata-rata yang dicapai 73. Pada siklus II siswa yang mendapat nilai lebih dari 75 sebanyak 30 (86%) siswa dengan nilai rata-rata 85.Kata kunci: ptk, media flashcard, kosakata bahasa inggrisAbstackFlashcard can increase the mastery of vocabulary for fourth grade primary school in English subject for theme Fruits and Vegetables. It proved by the result of average score evaluation is 85 and the percentage of whole exhaustiveness is 86%. The method used in this Action Research is flashcard. Research Model covering some steps, they are Planning, Acting and Observe, and Reflecting. Research Process done in two cycles which consist of two meetings. Based on the analysis, there are significanse increase on test score in every cycle. In cycle 1, there are 26 (66%) students who get score more than 75 with 73 in itsaverage. In cycle 2, there are 30 (86%) students who get score more than 75 with 85 in its average.Keywords: action research, flashcard, english vocabulary
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BERDASARKAN LINGKUNGAN SEKITAR DI SD HONGGOSOCO 4 KUDUS Muhammad Misbahul Munir
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 7, No 1 (2016): MAGISTRA
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/mgs.v7i1.1987

Abstract

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu membawa siswa berhubungan langsung dengan lingkungannya. Tujuan penelitian untuk mendapatkan perangkat pembelajaran IPS SD berbasis lingkungan sekitar dengan pendekatan konstruktivisme yang valid, efektif dan praktis. Pengembangan Perangkat pembelajaran dilakukan dengan model Thiagarajan dengan fase-fase: 1) define, 2) desain, 3) develop. Penelitian ini dilakukan di SDN Honggosoco 04. Penelitian ini menghasilkan perangkat yang efektif, valid, dan praktis: 1) Silabus (rata-rata 3,5), 2) RPP (rata-rata 3,62), 3) Bahan Ajar (rata-rata 3,8), 4) LKPD (rata-rata 3,92), 5) Tes (rata-rata 4.0). Skor keefektifan dari uji N-Gain 0,44 (kategori sedang), ketuntasan klasikal diatas 80% dan keaktifan siswa 86% (kategori tinggi). Responden guru 91% dan siswa 92% dengan kategori sangat baik. Saran 1). Pendekatan konstruktivisme dapat dijadikan alternatif dalam mengajarkan IPS 2). Bahan ajar hendaknya berorientasi terhadap keadaan nyata di sekitar siswa, 3). Pilihlah gambar bahan ajar yang sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar, 4) Pilihlah bahasa yang mudah dipahami.Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, pendekatan konstruktivismeAbstractA good learning is learning which able to bring students in direct contact with the environment. The aim of this research is to get learning media of social science for elementary school (SD) based on around environment with valid constructivism approach,effective and practical. The development of learning media is conducted with Thiagarajan with phases: 1) defining, 2) designing, 3) developing. This research conducted in SDN Honggosoco 04. The study produced learning media that effective, valid and practical: 1) Syllabus (average 3.5), 2) RPP (average 3.62), 3) Subjects (average -rata 3.8), 4) LKPD (average 3.92), 5) Tests (average 4.0). The effectiveness score of N-Gain test 0.44 (medium category), classical completeness above 80% and student activeness 86% (high category). Teacher respondents 91% and students 92% with very good category. Recommendation 1). Constructivism approach can be an alternative in teaching social science 2). Teaching materials should be oriented to the real condition around student, 3). Choose picture of teaching materials which appropriate to the around environment, 4) Choose the language that easy to understand.Keywords: development, learning media, constructivism approach
ANALISIS MUATAN IPA MATERI POKOK SUMBER ENERGI PADA BUKU TEKS PELAJARAN TEMATIK TERPADU MI KELAS IV TEMA 2 Ratna Prilianti
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 7, No 1 (2016): MAGISTRA
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/mgs.v7i1.1988

Abstract

Karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk menganalisis muatan IPA materi pokok sumber energi pada buku teks pelajaran tematik terpadu SD kelas IV tema 2 “Selalu Berhemat Energi”. Hasil kajian ini dapat dipergunakan sebagai referensi penggunaan dan revisi buku guru dan buku siswa Kurikulum 2013, terutama pada muatan IPA. Tujuan kajian ini adalah untuk menganalisis keberadaan muatan IPA pada buku guru dan buku siswa kelas IV tema 2 untuk subtema 1, 2, dan 3 berdasarkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD); Kajian ini menggunakan dasar lampiran Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk menganalisis keberadaan muatan IPA. Pada kajian ini ditemukan beberapa hal, yaitu (1) muatan IPA hampir ada pada setiap pembelajaran, baik tertulis maupun tidak tertulis pada KD, dari 16 kali pertemuan di tema 2 ini, muatan IPA ada dalam 14 kali pertemuan; (2) materi tentang energi alternatif nuklir belum dibahas di dalam buku teks pelajaran.Kata kunci: analisis, muatan IPA, buku guru, buku siswa, Kurikulum 2013AbstractThe aim of this scientific paper is to analyze the Science content on main material of energy sorce in lesson textbook of integrated thematic for IV grade of MI (theme 2: “Selalu Berhemat Energi”). The results of this study can be used as a reference and teacher book revision and students' books in Curriculum 2013, especially on Science content. The purpose of this study is to analyze the presence of Science content on teacher book and student book for IV grade themes 1, 2, and 3 based on Core Competence(Kompetensi Inti/KI) and the Basic Competence (Kompetensi Dasar/KD). This study use basic attachment of Permendikbud No. 24 2016 about Core Competence and Basic Competence to analyze the existence of the Science content. In this study there are found some things, they are (1) Science content almost in every lesson, both written and unwritten on KD, of 16 meetings in this theme 2, Science content in 14 meetings; (2) material about nuclear alternative energy not discuss yet in textbooks.Keywords: analysis, science content, teacher books, student books, curriculum 2013
PENERAPAN STRATEGI JURNAL KATA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DI KELAS V SD Ersila Devy Rinjani
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 7, No 1 (2016): MAGISTRA
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/mgs.v7i1.1989

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia adalah agar peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan eti-ka yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis. Namun, faktanya pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 kurang menggunakan strategi pembelajaran yang kreatif, sehingga dengan keterampilan guru yang kurang berdampak pada keaktivan dan hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik yang rendah. Penelitian ini berupaya untuk melihat penerapan strategi jurnal kata dalam meningkatkan keterampilan guru, aktivitas, dan hasil belajar peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan guru, aktivitas peserta didik, dan hasil belajar pada kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan menemukan gagasan utama dengan strategi jurnal kata di setiap siklusnya.Kata kunci: keterampilan menemukan gagasan utama, jurnal kataAbstractOne of the goals of learning Indonesian is that learners have the ability to communicate effectively and efficiently in accordance with the applicable ethic, both orally and writing. However, the fact that Indonesian language learning in class V of SDN Kalibanteng Kidul 01 is less in using creative learning strategies,so with the less teacher skill causes the activity and the result of Indonesia language study by students are low. This study is to understand about applying word journal strategy for increasing teacher skill, students activity, and study result of students. This study was conducted at tree cycles, each cycle once meeting. Data collection techniques are use tests, observations, interviews, questionnaires, documentation, and field notes. The data analysis techniques used are descriptive quantitative and descriptive qualitative. These results indicate an increase in the teacher's skill, student activities, and learning outcomes in the quality of the Indonesian language learning in particular on the skills of finding the main ideas using Word Journal strategy each cycles.Keywords: skills of finding the main idea, Word Journal

Page 1 of 1 | Total Record : 7