cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
PREDIKSI
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 1 (2015)" : 10 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN OPTIMISME DENGAN PROBLEM FOCUSED COPING PADA MAHASISWA S1 KEPERAWATAN STIKES TELOGOREJO SEMARANG Sulistyowati, Dwi Ari; Wismanto, Y. Bagus; Utami, Cicilia Tanti
PREDIKSI Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : PREDIKSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empirik hubungan antara kecerdasan emosional dan optimisme dengan problem focused coping pada mahasiswa S1 Keperawatan STIKES Telogorejo Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasional.Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 Keperawatan STIKES Telogorejo semester 3 tingkat II sebanyak 43 orang. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik Analisa Regresi Dua Prediktor dan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Berdasarkan dari hasil analisis ditemukan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dan optimisme dengan problem focused coping Fhitung = 16,209 dengan p < 0,01.
INDIVIDUAL COACHING PROGRAM DENGAN METODE GROW UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI COACHING KEPALA SUB BAGIAN PERSONALIA PDAM TIRTA BUMI SERASI KABUPATEN SEMARANG Indriastuti, Marieta; Hindiarto, Ferdinandus; Haryanti, Kristiana
PREDIKSI Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : PREDIKSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Individual Coaching Program dengan menggunakan metode GROW sebagi kerangka berpikir dapat meningkatkan kompetensi coaching Kepala Sub Bagian Personalia PDAM Tirta Bumi Serasi Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian subyek tunggal, dengan desain A-B-A. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan skala penguasaan kompetensi coaching yang diadaptasi dari Coaching Skills Proficiency Survey. Sedangkan analisis datanya dengan menggunakan analisis deskriptif. Indvidual coaching program dilakukan sebanyak 7 sesi selama 7 bulan. Hasil penelitian menunjukkan Individual Coaching Program dengan metode GROW dapat meningkatkan penguasaan kompetensi coaching pada Kepala Sub Bagian Personalia PDAM Tirta Bumi Serasi Kabupaten Semarang
RESILIENSI PEREMPUAN KORBAN KONFLIK AMBON Hitiyahubessy, Arthur Ardiansa; Utami, M. Sih Setija; Widiyatmadi, Edy
PREDIKSI Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : PREDIKSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada resiliensi perempuan korban konflik Ambon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mempelajari dinamika psikologis resiliensi perempuan yang menjadi korban konflik Ambon. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan obsrevasai untuk mengumpulkan data dari empat subjek. Subjek dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive, yaitu para perempuan korban konflik yang sudah mampu bangkit tanpa memperlihatkan tanda-tanda trauma. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode theoritical coding. Teknik pemeriksaan data dalam penelitian ini berdasarkan pada empat kriteria, yaitu; kredibilitas, keteralihan, kebergantungan dan kepastian atau konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa para perempuan korban konflik Ambon, memiliki kemampuan penyesuaian multidimensi dalam menghadapi berbagai tekanan akibat konflik yang terjadi. Secara garis besar kemampuan penyesuaian multidmensi terdiri atas lima bentuk, yaitu; kemampuan penyesuaian sosial, kemampuan penyesuaian kognitif, kemampuan penyesuaian moral, kemampuan penyesuaian spiritual, dan kemampuan penyesuaian afektif. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa kemampuan penyesuaian yang dimiliki oleh para subjek tidak terlepas dari adanya faktor pendukung lain, yang berupa dukungan keluarga dan dukungan lingkungan sosial budaya
PENGARUH PELATIHAN KETERAMPILAN MENJUAL TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PENJUALAN STAF MARKETING PT. BPR MEKAR NUGRAHA Dewi Saktya, Oktavian Putra; Hindiarto, Ferdinandus; Setyorini, Th. Dewi
PREDIKSI Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : PREDIKSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pelatihan keterampilan menjual terhadap kinerja penjualan staf marketing di PT. BPR Mekar Nugraha. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh pelatihan keterampilan menjual terhadap kinerja penjualan staff marketing PT. BPR. Mekar Nugraha. Subjek penelitian adalah staff marketing PT. BPR Mekar Nugraha yang berjumlah empat orang dengan kriteria tidak mencapai hasil penjualan sesuai target yang telah ditetapkan. Pengukuran kinerja penjualan diperoleh dari dokumen hasil penjualan masing- masing staf marketing PT. BPR Mekar Nugraha. Penelitian ini menggunakan design Quasi eksperimen One group Pre test-Post test Design. Analisis dilakukan dengan analisis kuantitatif berdasarkan grafik hasil penjualan. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pelatihan keterampilan menjual terhadap kinerja penjualan staff marketing PT. BPR. Mekar Nugraha. Kinerja penjualan staf marketing PT. BPR Mekar Nugraha lebih tinggi setelah mengikuti pelatihan keterampilan menjual dibandingkan sebelum mengikuti pelatihan keterampilan menjual.
METODE TRACING HANDWRITING WITHOUT TEARS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NAMA PANGGILAN PADA SISWA TK B Anggraini, Fauzia Chafitsa; Eriyani, Praharesti; Goeritno, Haryo
PREDIKSI Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : PREDIKSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis nama panggilan sebelum dan sesudah diberi perlakukan Tracing Handwriting Without Tears (HWT) pada subjek penelitian yang bersekolah di TK B Islam Bunga Teratai Semarang. Hipotesis penelitian ini ada peningkatan keterampilan menulis nama panggilan setelah dilakukan intervensi dengan metode Tracing HWT pada subjek penelitian yang bersekolah di TK B Islam Bunga Teratai Semarang. Subjek penelitian sejumlah 4 siswa dengan rentang usia 5 – 6 tahun yang belum bisa menulis nama panggilannya dengan urutan, bentuk, dan bunyi huruf yang tepat. Penelitian dilakukan selama 13 kali pertemuan yang terbagi dalam tiga sesi: baseline pertama selama 3 kali pertemuan, intervensi Tracing HWT 7 kali pertemuan, dan baseline kedua selama 3 kali pertemuan. Analisa data menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisa kuantitatif yang menggunakan uji Kruskal-Wallis menunjukkan peningkatan keterampilan menulis nama panggilan yang signifikan dengan rentang p= 0.007 (p<0.05). Analisa kualitatif menunjukkan huruf bertekstur yang diraba dengan tangan menimbulkan rasa senang dan menjadi penguat pada peningkatan keterampilan. Kesimpulan penelitian yaitu terjadi peningkatan keterampilan menulis nama panggilan setelah menggunakan metode Tracing HWT.
PEMBELAJARAN KESADARAN FONEMIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALISIS SINTESIS (SAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS SATU SEKOLAH DASAR Retnaningrum, Septiana Dwi; Primastuti, Emiliana; Utami, Cicilia Tanti
PREDIKSI Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : PREDIKSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran kesadaran fonemik dengan menggunakan metode struktural analisis sintesis (SAS) terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas satu sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen One Group Pretest Posttest Design, dengan subyek penelitian sebanyak 7 orang siswa kelas satu sekolah dasar yang belum bisa membaca permulaan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca permulaan yang terdiri dari soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh nilai Z = -2,371 dengan p < 0,018 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca permulaan sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran kesadaran fonemik dengan menggunakan metode SAS. Kemampuan membaca permulaan sesudah pembelajaran lebih baik daripada sebelum pembelajaran (Mean Pretest = 10,14 menjadi Mean Posttest = 25,86). Hasil ini menunjukkan hipotesis penelitian yang diajukan diterima.
SAND TRAY THERAPY UNTUK MENURUNKAN GEJALA DEPRESI PADA ANAK PASCA PERCERAIAN ORANGTUA Lestari, Herdian Kurnia; Sumijati, V. Sri; Hastuti, Lita Widyo
PREDIKSI Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : PREDIKSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efek penerapan sand tray therapy untuk menurunkan gejala depresi pada anak. Subjek penelitian ini adalah anak laki-laki berusia 12 tahun yang mempunyai satu atau lebih gejala depresi. Penelitian ini menggunakan single subject design. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara.Analisis data gejala depresi ini menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan tujuan penelitian tercapai, bahwa sand tray therapy dapat menurunkan gejala depresi pada anak.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA PSIKOLOGI Pribadi, Agung Santoso; Goeritno, Haryo; Utami, Cicilia Tanti
PREDIKSI Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : PREDIKSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran kooperatif jigsaw untuk meningkatkan komunikasi interpersonal pada mahasiswa Psikologi.Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan komunikasi interpersonal pada mahasiswa Psikologi sebelum dan sesudah dikenai model pembelajaran kooperatif jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan subjek penelitian berjumlah 42 mahasiswa.Desain penelitian ini menggunakan model one group pretest and posttest design. Data dikumpulkan dengan menggunakan peer cheklist komunikasi interpersonal. Hasil analisis data komunikasi interpersonal dengan membandingkan pretest dan posttest subjek penelitian diperoleh nilai t sebesar -6,533 (p<0.01). Mean sebelum diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif jigsaw sebesar 94,21 dan sesudah perlakuan sebesar 107,95. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan komunikasi interpersonal pada mahasiswa Psikologi. Hal ini berarti bahwa hipotesis diterima.
EFEKTIVITAS PELATIHAN ENTREPRENEURSHIP SKILL UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENJADI ENTREPRENEUR Sugiarto, Jhonij; Wismanto, Y. Bagus; Utami, Cicilia Tanti
PREDIKSI Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : PREDIKSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelatihan entrepreneurship skill untuk mengembangkan minat entrepreneurship siswa SMP Karangturi. Subyek pelatihan ini adalah siswa SMP Karangturi dengan jumlah sebanyak 25 siswa. Peneliti menggunakan populasi yang tersedia dengan desain pretest-posttest control group design. Minat entrepreneurship diukur dengan menggunakan skala. Dengan analisis uji t diperoleh hasil t = 4.434 dan p < 0.01 maka terdapat perbedaan signifikan. Hal ini menunjukan bahwa ada perbedaan minat entrepreneurship antara kelompok eksperiemen dan kelompok kontrol sesudah mengikuti pelatihan entrepreneurship skill. Kelompok eksperimen memperoleh skor yang lebih tinggi dari pada kelompok eksperimen, yang mempunyai arti bahwa pelatihan entrepreneurship mempunyai efektifitas untuk meningkatkan minat entrepreneurship.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA PSIKOLOGI Pribadi, Agung Santoso; Goeritno, Haryo; Utami, Cicilia Tanti
PREDIKSI Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : PREDIKSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran kooperatif jigsaw untuk meningkatkan komunikasi interpersonal pada mahasiswa Psikologi.Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan komunikasi interpersonal pada mahasiswa Psikologi sebelum dan sesudah dikenai model pembelajaran kooperatif jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan subjek penelitian berjumlah 42 mahasiswa.Desain penelitian ini menggunakan model one group pretest and posttest design. Data dikumpulkan dengan menggunakan peer cheklist komunikasi interpersonal. Hasil analisis data komunikasi interpersonal dengan membandingkan pretest dan posttest subjek penelitian diperoleh nilai t sebesar -6,533 (p<0.01). Mean sebelum diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif jigsaw sebesar 94,21 dan sesudah perlakuan sebesar 107,95. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan komunikasi interpersonal pada mahasiswa Psikologi. Hal ini berarti bahwa hipotesis diterima.Save to Mendeley

Page 1 of 1 | Total Record : 10