cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
WARTA
ISSN : -     EISSN : 25495631     DOI : -
Core Subject : Education,
Warta LPM merupakan media komunikasi dan informasi ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat yang meliputi bidang ilmu-ilmu sosial, sains dan teknologi.
Arjuna Subject : -
Articles 36 Documents
Search results for , issue "WARTA LPM, Vol. 24, No. 1, Januari 2021" : 36 Documents clear
Mendorong Ekonomi Kreatif Melalui Produk Ecoprint Melalui Pemanfaatan Potensi Alam di Dukuh Glugo Bantul Saptutyningsih, Endah; Kamiel, Berli Paripurna
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 24, No. 1, Januari 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2036.429 KB) | DOI: 10.23917/warta.v24i1.11081

Abstract

Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mendorong ekonomi kreatif, perlu adanya kreativitas dan peningkatan kapasitas masyarakat dengan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitar. Tujuan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah untuk memanfaatkan potensi alami yang belum dimanfaatkan dengan baik dan masih rendahnya pengetahuan dan ketrampilan untuk mengelola potensi tersebut di Sorowajan, Dukuh Glugo, Desa Panggungharjo Sewon Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kontribusi PKM ini adalah dengan mengadakan pelatihan pembuatan ecoprint yang memanfaatkan potensi alam yang ada di lingkungan Sorowajan, Dukuh Glugo. Objek PKM ini adalah ibu-ibu Kelompok Dasawisma Lili dan Dasawisma Kenanga di Sorowajan, Dukuh Glugo sehingga mereka dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pengembangan ekonomi kreatif. Metode PKM berupa pelatihan pembuatan ecoprint dengan bahan pewarna alam dan pelatihan pemasaran agar ecoprint yang dihasilkan dapat dipasarkan ke masyarakat luas. Kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan meningkatkan pengetahuan Kelompok Dasawisma Lili dan Dasawisma Kenanga tentang ecoprint dari 34,3% menjadi 97,2%. Seluruh peserta merasakan manfaat pelatihan ecoprint tersebut. Demikian juga terjadi peningkatan pengetahuan tentang pemasaran online, dan sebanyak 68% ingin memasarkan produk ecoprint-nya melalui media online. Luaran PKM ini adalah peningkatan kapasitas Kelompok Dasawisma Lili dan Dasawisma Kenanga di Dukuh Glugo dalam membuat ecoprint kelompok; video teknik pembuatan ecoprint yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Kegiatan PKM ini juga dipublikasikan di jurnal nasional ber-ISSN yang diharapkan dapat menjadi acuan bagi kelompok masyarakat lain dalam mendorong ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas masyarakat dengan memanfaatkan potensi desa sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini melalui Kegiatan Mewarnai dan Hafalan Al Quran Slamet, Sri
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 24, No. 1, Januari 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/warta.v24i1.9917

Abstract

Perkembangan anak usia dini adalah hal yang sangat penting, karena sebagai penentu bagi diri anak di masa yang akan datang. Untuk itu sangatlah penting untuk menstimulasi dan memaksimalkan perkembangan anak usia dini yang meliputi aspek nilai agama, moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni. Dewasa ini, penggunaan gadget telah merebak pada anak usia dini. Hal ini terlihat dari orang tua yang mengasuh anak dengan gadget maupun dari anak itu sendiri yang sudah diperbolehkan dan terbiasa memakai gadget. Padahal penggunaan gadget pada anak usia dini akan mengakibatkan perkembangan anak terhambat dan terganggu. Untuk itu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan aktivitas yang dapat menstimulasi perkembangan anak, diantaranya adalah kegiatan mewarnai dan menghafal Al-Quran. Pada pengabdian ini dilaksanakan kegiatan mewarnai dan menghafal Al-Quran yang digelar dalam bentuk perlombaan. Kegiatan lomba mewarnai dan menghafal Al-Quran yang dilaksanakan di TK Islam Mardisiwi ini bertujuan agar orang tua lebih memperhatikan perkembangan anak dan mengetahui kegiatan serta manfaatnya yang baik bagi perkembangan mereka. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan praktek. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah meningkatnya kesadaran bahaya menggunakan gadget pada anak usia dini dan pentingnya aktvitas-aktivitas yang dapat mendorong perkembangan anak usia dini.
Cover & Susunan Redaksi Triyono, Agus
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 24, No. 1, Januari 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.704 KB) | DOI: 10.23917/warta.v24i1.13428

Abstract

Pendidikan Sepuluh Keterampilan Sosial untuk Anak-Anak di Desa Seririt Buleleng Bali Suwardika, Gede; Rahmani Putri, Dian; Suniantara, I Ketut Putu; Masakazu, Kadek
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 24, No. 1, Januari 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.263 KB) | DOI: 10.23917/warta.v24i1.10531

Abstract

Peran masyarakat sangat penting dalam pendidikan karakter anak-anak, setelah peran orang tua dan keluarga dekat. Dalam konteks Bali, masyarakat memiliki lembaga yang disebut banjar di mana warga dapat berkumpul untuk melaksanakan kegiatan sosial apa saja. Mulai dari pertemuan rutin untuk membahas tentang kondisi lingkungan aktual, upacara keagamaan, kesehatan masyarakat, sarana dan prasana umum sampai dengan kegiatan pendidikan untuk anakanak. Salah satu contoh lokasi, di wilayah Kecamatan Seririt, Buleleng, Bali, di mana banyak terdapat bale banjar yang digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan juga Taman Kanak-Kanak (TK), serta tempat bermain bagi anak-anak Sekolah Dasar (SD). Pendidikan Sepuluh Keterampilan Sosial (PSKS) yang telah dilaksanakan oleh tim pengabdian masyarakat, membantu anak-anak dalam menemukan dan memperbaiki kekurangan dari setiap kepribadian melalui berbagai teknik dan juga berbagai materi dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), yang mencakup pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran dan teknik pembelajaran, serta pelaksanaan sharing dan pembagian modul untuk orang tua dan guru-guru. Tim pengabdian masyarakat mengajak bersama-sama melaksanakan PSKS. Pelaksanaan kegiatan tim pengabdian masyarakat dibantu oleh mahasiswa Bidikmisi Universitas Terbuka Denpasar. Kegiatan ini telah dilaksanakan di masing-masing banjar selama 8 bulan. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah adanya perubahan sikap anak-anak setelah melaksanakan kegiatan yaitu menjadi lebih sopan-santun, lebih percaya diri untuk aktif bertanya dan menjawab, lebih fokus, serta bersemangat dalam melaksanakan proses belajar.
Memahami Konsep Ilmiah Strategi Belajar Bahasa Ke-dua Sebagai Pengembangan Kompetensi Pedagogis Guru Fauziati, Endang; Karmila, Karmila; Shektas, Shakesha Febrisha
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 24, No. 1, Januari 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.457 KB) | DOI: 10.23917/warta.v24i1.11461

Abstract

Guru sebagai tokoh utama dalam proses pendidikan dituntut untuk memiliki beberapa kompetensi termasuk kompetensi pedagogis. Salah satu kompetensi pedagogis adalah memahami peserta didik yang dapat dijadikan pertimbangan dalam penyusunan program dan proses belajar mengajar. Salah satu hal terkait dengan peserta didik adalah strategi pembelajaran bahasa ke-dua, yang merupakan fokus pengabdian masyarakat ini. Dari studi awal diperoleh gambaran bahwa rata-rata guru belum menguasai konsep ilmiah tentang strategi belajar bahasa ke-dua secara memadai. Umumnya jawaban para guru masih bersifat volk knowledge. Untuk itu, pengabdian masyarakat ini dilaksanakan. Dengan pemahaman konseptual ilmiah ini para guru diharapkan dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran maupun penelitian. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan model workshop melalui aplikasi Zoom dan Schoology. Secara keseluruhan loka karya berjalan lancar. Peserta terlibat secara aktif dalam setiap sesi yang telah direncanakan. Salah satu indikator keberhasilannya adalah peserta mampu menjelaskan strategi belajar bahasa ke-dua (language learning strategy) secara konseptual berdasarakan teori yang relevan. Peserta juga mampu membuat topic penelitian yang relevan. Dari hasil kegiatan ini, disarankan agar program ini dapat dilanjutkan di masa mendatang.
Knowledge Enhancement on Lung Cancer and the Disease Prevention for People of Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar Rejeki, Mirah; Kartikawati, Umi
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 24, No. 1, Januari 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.495 KB) | DOI: 10.23917/warta.v24i1.11202

Abstract

Degenerative Disease contributes 63% of dead worldwide. It counts for 36 million people’s death every year. The prevalence number of the disease in Indonesia increases constantly. Lifestyle and food consumption habit are identified as two reasons why the disease takes place. One type of the diseases is cancer, where according to the data of World Health Organization, this is the second highest reason of death after cardiovascular disease. Type of cancer with the highest incidence and the top reason of death is lung cancer. In Karanganyar, according to the Health Department data, the occurrence of lung cancer increased from 1 case in 2016 to 5 cases in 2017. This increment alerts the urgent need for prevention and treatment of the disease. The lack of knowledge about lung cancer is the main reason leading to a possible high prevalence number. Based on the situation, the people knowledge about the lung cancer needs to be enhanced. This community development program was set up to achieve that objective through activity of presentation, discussion, and consultation. It involved 36 people in the age of 30-65 year old selected by the local government of Selokaton. The knowledge improvement of the attendees was assessed using pre-test and post-test. It was measured that the knowledge of participants increases from 4.58 at pre-test to 8.53 at post-test. This may indicate their interest on the program. It is expected that their knowledge will motivate then changing lifestyle in order to prevent the disease.
Pelatihan Jurnalistik di SMA Negeri Gondangrejo Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah Gama, Betty; Kusumawati, Henny Sri
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 24, No. 1, Januari 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/warta.v24i1.9975

Abstract

SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar saat ini belum memiliki media komunikasi dan informasi antara guru, siswa dan orang tua dalam bentuk majalah sekolah. Hal ini mengakibatkan pelajaran ilmu jurnalistik belum atau tidak diajarkan kepada siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu diadakan pelatihan jurnalistik kepada siswa SMA Negeri Gondangrejo. Pelatihan jurnalistik sangat membantu siswa dalam mengasah kreatifitas dan bakat seseorang. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan pelatihan. Secara teoritis, peserta pelatihan diharap dapat mengetahui bagaimana proses membuat berita mulai dari pencarian data di lapangan, mengemas dan menyusun berita hingga berita tersebut layak dipublikasikan atau terbit. Metode yang digunakan adalah berupa penjelasan mengenai ilmu jurnalistik. Untuk mengetahui sampai seberapa jauh tingkat pemahaman peserta terhadap pelatihan yang diberikan maka dilakukan pre test dan post test terlebih dahulu. Target khusus pelatihan ini antara lain menumbuhkan minat dan motivasi siswa akan pentingnya media untuk menampung kreativitas dan aktivitas siswa dalam menyalurkan bakat dan potensi diri yang dimiliki. Berdasarkan pre test dan post test dapat diketahui seberapa jauh progres atau peningkatan pengetahuan seluruh peserta. Sebanyak 4 siswa termasuk kategori tinggi (20%) dalam memahami ilmu jurnalistik dan sisanya 2 siswa termasuk kategori sedang (10%) dan 14 siswa termasuk kategori rendah (70%). Tetapi secara personal setiap peserta mengalami peningkatan dari nilai pre test ke nilai post test.
Daftar Isi & Kata Pengantar Triyono, Agus
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 24, No. 1, Januari 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.855 KB) | DOI: 10.23917/warta.v24i1.13429

Abstract

Pengenalan Teknologi Kloning Melalui Media Pembelajaran Interaktif “Lakon” pada Siswa SMA di Kota Yogyakarta Bimantara, Arif; Tunggali, Ade Putranto Prasetyo Wijiharto; Rasyid, Erwin
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 24, No. 1, Januari 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.936 KB) | DOI: 10.23917/warta.v24i1.10652

Abstract

Media pembelajaran interaktif menjadi salah satu perangkat pembelajaran yang efektif dalam asimilasi pengetahuan baru kepada siswa. Pengabdian masyarakat dalam artikel ini bertujuan mengenalkan dasar ilmu kloning sebagai salah satu teknologi rekayasa genetika melalui media pembelajaran interkatif kepada siswa SMA di Kota Yogyakarta. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman yang benar kepada siswa tentang teknologi kloning di tengah maraknya berita hoax mengenai teknologi ini. Media interaktif yang digunakan bernama Labirin Kloning atau disingkat “Lakon” yang berbentuk puzzle terdiri dari bahan yang digunakan dalam proses kloning materi genetik. Pre-test dan post-test dilakukan untuk mengevaluasi keefektifan media pembelajaran ini. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pemahaman siswa mengenai teknologi kloning melalui Lakon meningkat secara signifikan ditunjukkan dengan peningkatan ratarata jumlah siswa yang menjawab dengan benar pada saat dilakukan pre-test (45,86%) dibandingkan dengan post test (85,71%). Lakon diharapkan dapat menjadi prototype media pembelajaran interaktif bagi para guru dalam menanamkan ilmu pengetahuan baru kepada siswanya.
PKM Edukasi dan Neurorestorasi pada Pasien Pasca Stroke di Praktik Fisioterapi Mj_9 Fisioterapi Center Rahayu, Umi Budi; Ambarwati, Ambarwati
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 24, No. 1, Januari 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/warta.v24i1.9912

Abstract

Pelayanan rumah sakit maupun klinik/layanan fisioterapi mempunyai keterbatasan waktu dan tempat dalam perawatan pasca stroke, sementara tidak semua pasien mampu melanjutkan perawatan khususnya rawat jalan di rumah sakit. Perlu tempat layanan fisioterapi baik di praktik mandiri maupun di rumah pasien sendiri dengan pemahaman dan kemampuan yang memadahi untuk melakukannya sehingga dapat mengoptimalkan fungsi dan kualitas hidup pasca stroke. Permasalahannya adalah bagaimana memberikan edukasi dan neurorestorasi untuk optimalisasi fungsi pasien pasca stroke. Tujuan kegiatan memberikan program pengabdian kepada masyarakat tentang edukasi dan neurorestorasi pada pasien pasca stroke di Praktik Fisioterapi MJ_9 Fisioterapi Center dan di rumah pasien. Metode kegiatan edukasi berupa penyuluhan informasi melalui leaflet untuk pasien dan keluarga. Kegiatan selanjutnya memberikan neurorestorasi pasien pasca stroke oleh fisioterapis baik di rumah maupun di Praktik Fisioterapi MJ9 di pandu dengan video. Kegiatan latihan dengan neurorestorasi dilakukan selama 6 kali kunjungan, seminggu 2 kali. Pengamatan perkembangan dilakukan untuk kekuatan otot pada sisi yang lesi dengan Motricity Index, kemampuan berguling dengan trunk control test, kemampuan jalan dengan 10 MWT, keseimbangan dengan Berg Balance Scale dan kemampuan fungsional dengan Barthel Index. Hasil dari kegiatan ini adalah ditemukannnya 15 pasein pasca stroke dengan kondisi yang heterogen, mulai dari hanya berbaring di tempat tidur sampai dengan kondisi gangguan kemampuan fungsional yang ringan. Penyuluhan dan pemberian neurorestorasi yang dilakukan secara dini, bertahap, dan tepat mampu meningkatkan kekuatan otot, kemampuan berguling, keseimbangan, yang membawa pengaruh positif untuk peningkatan kemampuan fungsionalnya serta peningkatan kualitas hidupnya. Secara umum disimpulkan bahwa PKM edukasi dan neurorestorasi pada pasien pasca stroke mampu memberikan pemahaman dan peningkatan fungsi serta kualitas hidup pasien.

Page 1 of 4 | Total Record : 36