cover
Contact Name
Liana Mangifera
Contact Email
lm122@ums.ac.id
Phone
+628157652484
Journal Mail Official
dayasaing@ums.ac.id
Editorial Address
Program Studi MAGISTER MANAJEMEN UMS Gedung Pascasarjana Lt 3 UMS Jl. A.Yani Pabelan Kartasura Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Manajemen Dayasaing
ISSN : 14113422     EISSN : 2541254X     DOI : https://doi.org/10.23917/dayasaing
Core Subject : Science, Social,
Jurnal Manajemen Dayasaing is a media of scientific papers on economics and business management, human resource management, financial management, marketing management, operations management, hospital management, Islamic economics, and sharia management.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 22, No 1 (2020): Jurnal Manajemen Daya Saing" : 12 Documents clear
PENGARUH KOMPETENSI KERJA, KEPUASAN KERJA DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PT CENTRAL PROTEINA PRIMA, TBK MEDAN Elvira, Elvira; Hery, Hery; Januardin, Januardin
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 22, No 1 (2020): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v22i1.9800

Abstract

PT Central Proteina Prima, Tbk Medan merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang industry pakan ternak ikan dan udang. Penurunan prestasi kerja karyawan yang disebabkan oleh kompetensi kerja, kepuasan kerja dan komunikasi. Dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif eksplanatory. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Populasi berjumlah 230 karyawan dan sampel penelitian berjumlah 146 karyawan. Hasil perhitungan pengujian hipotesis secara parsial diperoleh nilai thitung ttabel atau 2,434 1,977 dan signifikan yang diperoleh 0,016 0,05, nilai thitung ttabel atau 3,312 1,977 dan signifikan yang diperoleh 0,001 0,05, nilai thitung ttabel atau 3,400  1,977 dan signifikan yang diperoleh 0,001 0,05 bahwa secara parsial kompetensi, kepuasan kerja dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT Central Proteina Prima, Tbk Medan (Pakan Ternak). Hasil pengujian diperoleh nilai F hitung (12,085) F tabel (2,67) dan probabilitas signifikansi 0,000 0,05 bahwa secara simultan kompetensi, kepuasan kerja dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT Central Proteina Prima, Tbk Medan (Pakan Ternak). Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,187 hal ini berarti 18,7% dari prestasi kerja yang dapat dijelaskan oleh variasi variabel bebas yaitu bebas kompetensi, kepuasan dan komunikasi sedangkan sisanya sebesar 81,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
PERAN MOTIVASI SEBAGAI MEDIASI DALAM HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI DENGAN PENGEMBANGAN KARIER PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA SURAKARTA Dewi, Viriani Noviasari; Isa, Muzakar; Wajdi, Farid
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 22, No 1 (2020): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v22i1.10849

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi sebagai mediasi dalam hubungan antara gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap pengembangan karier PNS Pemerintah Kota Surakarta. Data penelitian diperoleh melalui metode kuesioner yang diisi oleh 142 responden dengan metode sensus. Analisis statistik dilakukan dengan statistik deskriptif, regresi linear berganda dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) gaya kepemimpinan dan budaya organisasi berhubungan secara signifikan dengan motivasi; (2) gaya kepemimpinan dan budaya organisasi berpengaruh signifikan, baik secara simultan maupun parsial, terhadap motivasi; (3) gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan motivasi berhubungan secara signifikan dengan pengembangan karier; (4) gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan motivasi berpengaruh signifikan, baik secara simultan maupun parsial, terhadap pengembangan karier; (5) motivasi tidak memediasi pengaruh gaya kepemimpinan terhadap pengembangan karier; (6) motivasi tidak memediasi pengaruh budaya organisasi terhadap pengembangan karier.
PENGARUH MEDIA SOSIAL ONLINE DAN MEDIA PROMOSI OFFLINE TERHADAP PEMILIHAN MEREK PRODUK SKINCARE DAN KLINIK KECANTIKAN Kussudyarsana, Kussudyarsana; Rejeki, Lestari
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 22, No 1 (2020): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v22i1.10701

Abstract

This study aims to determine the effect of online social media and offline promotional media on the selection of skincare product brands and beauty clinics. The data used in this study were primary data and sample selection in this study uses a non-probability sampling approach with purposive sampling technique. The sample used was 300 respondents. Data analysis methods in this study include validity test, reliability test, classic assumption test, multiple linear regression test, hypothesis test. The results of this study indicate that (1) online social media has a significant effect on the selection of skincare product brands (2) online social media has a significant effect on beauty clinic selection (3) offline promotional media has a significant effect on skincare product brand selection (4) offline promotional media influences significant to the selection of beauty clinics (5) online social media is more effective than offline promotion media on the selection of skincare products and beauty clinics. 
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO Aqmala, Diana; Putra, Febrianur Ibnu Fitroh Sukono; Suseno, Rian Adi
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 22, No 1 (2020): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v22i1.10858

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang membentuk minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Manajemen berjumlah 1294 orang dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling berjumlah 150 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan survei lapangan berupa kuesioner secara personal. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini antara lain wawasan kewirausahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, lingkungan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, dan motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha.
PENGHINDARAN PAJAK PADA BANK UMUM : DIPENGARUHI OLEH KARAKTER EKSEKUTIF, KUALITAS AUDIT, KOMITE AUDIT, KOMPENSASI RUGI FISKAL, DAN RETURN ON ASSETS Putri, Vidiyanna Rizal
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 22, No 1 (2020): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v22i1.10524

Abstract

The purpose of this research is to determine the effect of the executive character, the quality of audit, audit committee, fiscal lost compensation, and return on assets towards tac avoidance. The researcher used executive character, quality of audit, audit committee, fiscal lost compensation, and return on assets as the independent variables that are estimated affect the dependent variable (tax avoidance) that is represented through Cash Effective Tax Rate (CETR).             This research was conducted at banking company that has already registered in BEI during 2015-2019. This research using a secondary data and used purposive sampling method so that researcher got 21 banks as the sample and 98 observation after the outlier.             The result of this research shows that executive character gave a significant negative impact to tax avoidance. Meanwhile, the fiscal lost compensation gave a significant positive towards tax avoidance. Furthermore, the audit quality, audit committee, and return on assets do not affect to the tax avoidance.
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI: PERAN MEDIASI MOTIVASI KERJA Haryono, Siswoyo; Febriansyah, Febriansyah; Sumarni, Saptaningsih
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 22, No 1 (2020): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v22i1.10704

Abstract

Human resources have a major role in organizational activities, to mobilize and synergize other resources in achieving organizational goals. Employees together with leaders determine work goals, standards of achievement that must support and assess the results of achievement. The study of leadership, work skills, work motivation, performance is important for evaluation. This study aims to understand leadership, work ability on performance, the South Sumatra Provincial Education Office mediated by work motivation. The research sample was 255 people and the sampling technique used purposive sampling. Data were collected using the method of observation and questionnaire, and analyzed using structural equation modeling. The results obtained that the variables of leadership, work ability on work motivation, and work motivation support employee performance. Besides the leadership variable, work ability also influences employee performance.
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI: PERAN MEDIASI MOTIVASI KERJA Siswoyo Haryono; Febriansyah Febriansyah; Saptaningsih Sumarni
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 22, No 1 (2020): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v22i1.10704

Abstract

Human resources have a major role in organizational activities, to mobilize and synergize other resources in achieving organizational goals. Employees together with leaders determine work goals, standards of achievement that must support and assess the results of achievement. The study of leadership, work skills, work motivation, performance is important for evaluation. This study aims to understand leadership, work ability on performance, the South Sumatra Provincial Education Office mediated by work motivation. The research sample was 255 people and the sampling technique used purposive sampling. Data were collected using the method of observation and questionnaire, and analyzed using structural equation modeling. The results obtained that the variables of leadership, work ability on work motivation, and work motivation support employee performance. Besides the leadership variable, work ability also influences employee performance.
PENGARUH KOMPETENSI KERJA, KEPUASAN KERJA DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PT CENTRAL PROTEINA PRIMA, TBK MEDAN Elvira Elvira; Hery Hery; Januardin Januardin
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 22, No 1 (2020): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v22i1.9800

Abstract

PT Central Proteina Prima, Tbk Medan merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang industry pakan ternak ikan dan udang. Penurunan prestasi kerja karyawan yang disebabkan oleh kompetensi kerja, kepuasan kerja dan komunikasi. Dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif eksplanatory. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Populasi berjumlah 230 karyawan dan sampel penelitian berjumlah 146 karyawan. Hasil perhitungan pengujian hipotesis secara parsial diperoleh nilai thitung ttabel atau 2,434 1,977 dan signifikan yang diperoleh 0,016 0,05, nilai thitung ttabel atau 3,312 1,977 dan signifikan yang diperoleh 0,001 0,05, nilai thitung ttabel atau 3,400  1,977 dan signifikan yang diperoleh 0,001 0,05 bahwa secara parsial kompetensi, kepuasan kerja dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT Central Proteina Prima, Tbk Medan (Pakan Ternak). Hasil pengujian diperoleh nilai F hitung (12,085) F tabel (2,67) dan probabilitas signifikansi 0,000 0,05 bahwa secara simultan kompetensi, kepuasan kerja dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT Central Proteina Prima, Tbk Medan (Pakan Ternak). Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,187 hal ini berarti 18,7% dari prestasi kerja yang dapat dijelaskan oleh variasi variabel bebas yaitu bebas kompetensi, kepuasan dan komunikasi sedangkan sisanya sebesar 81,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
PERAN MOTIVASI SEBAGAI MEDIASI DALAM HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI DENGAN PENGEMBANGAN KARIER PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA SURAKARTA Viriani Noviasari Dewi; Muzakar Isa; Farid Wajdi
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 22, No 1 (2020): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v22i1.10849

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi sebagai mediasi dalam hubungan antara gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap pengembangan karier PNS Pemerintah Kota Surakarta. Data penelitian diperoleh melalui metode kuesioner yang diisi oleh 142 responden dengan metode sensus. Analisis statistik dilakukan dengan statistik deskriptif, regresi linear berganda dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) gaya kepemimpinan dan budaya organisasi berhubungan secara signifikan dengan motivasi; (2) gaya kepemimpinan dan budaya organisasi berpengaruh signifikan, baik secara simultan maupun parsial, terhadap motivasi; (3) gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan motivasi berhubungan secara signifikan dengan pengembangan karier; (4) gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan motivasi berpengaruh signifikan, baik secara simultan maupun parsial, terhadap pengembangan karier; (5) motivasi tidak memediasi pengaruh gaya kepemimpinan terhadap pengembangan karier; (6) motivasi tidak memediasi pengaruh budaya organisasi terhadap pengembangan karier.
PENGARUH MEDIA SOSIAL ONLINE DAN MEDIA PROMOSI OFFLINE TERHADAP PEMILIHAN MEREK PRODUK SKINCARE DAN KLINIK KECANTIKAN Kussudyarsana Kussudyarsana; Lestari Rejeki
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 22, No 1 (2020): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v22i1.10701

Abstract

This study aims to determine the effect of online social media and offline promotional media on the selection of skincare product brands and beauty clinics. The data used in this study were primary data and sample selection in this study uses a non-probability sampling approach with purposive sampling technique. The sample used was 300 respondents. Data analysis methods in this study include validity test, reliability test, classic assumption test, multiple linear regression test, hypothesis test. The results of this study indicate that (1) online social media has a significant effect on the selection of skincare product brands (2) online social media has a significant effect on beauty clinic selection (3) offline promotional media has a significant effect on skincare product brand selection (4) offline promotional media influences significant to the selection of beauty clinics (5) online social media is more effective than offline promotion media on the selection of skincare products and beauty clinics. 

Page 1 of 2 | Total Record : 12