cover
Contact Name
-
Contact Email
mediamesin@ums.ac.id
Phone
+62271-717417
Journal Mail Official
mediamesin@ums.ac.id
Editorial Address
Jl. A. Yani 1 Pabelan Kartasura Surakarta 57162 INDONESIA
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Media Mesin: Majalah Teknik Mesin
ISSN : 14114348     EISSN : 25414577     DOI : 10.23917/mesin
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2018)" : 12 Documents clear
PENGARUH KOMPOSISI KOMPON BAN DENGAN BATIKAN MIRING TERHADAP KOEFISIEN GRIP BAN PADA LINTASAN ASPAL PADA KONDISI BASAH DAN KERING Purboputro, Pramuko Ilmu; Hendrawan, Muhammad Alfatih
Media Mesin: Majalah Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian awal yang bertujuan yang pada akhirnya untukmendapatkan koefisien grip. Penelitian ini untuk mendapatkan kompossisi bahan yangtepat untuk bahan karet luar ban dan penelitian dilanjutkan untuk mendapatkan angkakoefisien cengeram (grip) ban pada batikan panah.Metoda yang dilakukan adalah dengan mencampur komponen ban, dengan komposisiyang berbeda. Spesimen tersebut kemudian dilakukan percobaan kekerasan shore danpercobaan keausan. Hasil yang didapat dibandingkan bahan kompon yang sudah adadi pasaran.Dari penelitian ini didapat kompon variasi 1 dengan komposisi 30% carbon black dan2% sulfur dari jumlah seluruh komposisi kompon, menghasilkan harga koefisien gripsebesar 0,761 kondisi lintasan kering dan 0,718 pada kondisi lintasan basah. Selainitu, penambahan carbon black dan sulfur juga berpengaruh pada kekerasan. Padapengujian shore A terbesar pada kompon variasi 3 sebesar 71,17 dengan komposisi33% carbon black dan 2,2 % sulfur.
PENGARUH STEARIC ACID PADA KARET ANGKATAN SEPEDA MOTOR TERHADAP KEKERASAN DAN KEKUATAN TARIK DENGAN KOMPOSISI 3Phr, 4Phr, 6Phr Masyrukan, Masyrukan; Purboputro, Pramuko Ilmu
Media Mesin: Majalah Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karet angkatan merupakan hal yang sederhana namun penting untuk kendaraan.Komponen ini terletak di dalam tromol roda belakang yang berhubungan langsungdengan gear. Banyak factor yang mempengaruhi kerusakan komponen ini. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh stearic acid terhadap nilaikekerasan dan kuat tarik dari kompon karet angkatan.Bahan yang digunakan untuk membuat kompon yaitu RSS dan karet sintetisdicampur dengan bahan kimia stearic acid, black karbon white oil, ZnO, paraffinwax, MBTS,resin komaron dan sulfur. Bahan–bahan ini dicampur mengunakan tworollmixing hinga menyatu dan membentuk lembaran kompon. Untuk mengetahui lamapematangan karet dilakukan proses rheometer. Proses selanjutnya vulkanisasi karetdengan mengunakan mold yang di press dengan suhu 1600C dan dengan tekanan 150psi. Pengujian tarik mengunakan alat rubber testing equipment dengan standar SNIISO 37 : 2015 (IDT – 2011). Pengujian kekerasan menggunakan alat dengan skalaShore A hardness tester dengan standar ISO 7619 – 1 : 2010.Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, penambahan sulfur sangat berpengaruhterhadap nilai kekerasasn dan nilai kuat tarik. Untuk nilai kekerasan kompon 3dengan komposisi sulfur 6 phr memiliki kekerasan tertinggi yaitu 77 Shore A dan nilaiterendah pada komposisi 1 dengan nilai kekerasan 65,6 Shore A. pada nilai kuat tariktertinggi didapatkan 15,394 N/mm2 di komposisi 1 dan nilai terendah di komposisi 3dengan nilai 11,44 N/mm2.
REVERSE ENGINEERING BODY FENDER MOBIL ESEMKA RAJAWALI II DENGAN MEMBANDINGKAN HASIL PENGUKURAN DENGAN MENGGUNAKAN COORDINATE MEASURING MANUAL MACHINE DAN LASER SCANNERARTICULATED MEASUREMENT ARMS Pujiono, Akhmad; Supriyono, Supriyono; Sedyono, Joko
Media Mesin: Majalah Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode reverse engineering yang bertujuan untuk mendapatkan gambar 3D surface fender mobil Esemka Rajawali II serta membandingkan hasil pengukuran fender dengan menggunakan dua langkah pengukuran (scanning). Langkah pertama adalah pengukuran (scanning) pada fender mobil Esemka Rajawali II dengan menggunakan alat ukur 3D manual, sedangkan Langkah kedua adalah pengukuran (scanning) fender mobil Esemka Rajawali II dengan menggunakan 3D Laser Scanner Articulated Measurement Arms (LSAMA). Data yang diperoleh dari proses pengukuran (scanning) dari kedua alat tersebut diatas berupa titik koordinat (point cloud) x,y dan z, yang selanjutnya data titik koordinat tersebut dimasukkan ke softwere solidworks untuk membuat gambar part 3D surface fender mobil esemka Rajawali II. Setelah proses membuat gambar part 3D surface fender selesai dilakukan, tahapan selanjutnya membandingkan hasil scanning (pengukuran) dari kedua alat ukur tersebut. Titik (point) koordinat pada komponen fender merupakan titik (point) bantu yang digunakan untuk menerangkan bentuk dari surface pada fender tersebut. Semakin banyak jumlah dari point yang digunakan maka semakin bagus bentuk fender yang dihasilkan, hal tersebut disebabkan antara point satu maupun point yang lainnya dihubungkan melalui garis sebelum dilakukan surface pada softwere solidworks. Jumlah point maupun letak dari point tersebut diberikan secara acak (random) pada komponen fender tersebut. Dari kedua alat ukur tersebut yaitu 3D (LSAMA) dan alat ukur 3D manual, menggunakan jumlah point koodinat yang sama.
ANALISIS PENGARUH PEMBAKARAN BRIKET CAMPURAN AMPAS TEBU DAN SEKAM PADI DENGAN MEMBANDINGKAN PEMBAKARAN BRIKET MASING-MASING BIOMASS Tjahjono, Tri; Rachman, Abidin; Subroto, Subroto
Media Mesin: Majalah Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dewasa ini, harga bahan bakar semakin mahal dan tingkat pemakaian bahan bakarminyak bumi semakin meningkat, hal ini sudah terlihat pada fenomena yang terjadidimana pengambilan minyak bumi yang dilakukan terus menerus yang mengakibatkantipisnya cadangan minyak bumi yang ada. Oleh kerena itu timbul pemikiran untukmembuat bahan bakar alternatif yang berasal dari campuran batubara dan sampahpertanian ( ampas tebu dan sekam padi).Penelitian ini meneliti laju pembakaran pada bahan bakar padat, yaitu : pembakaranbriket campuran batubara, ampas tebu dan sekam padi dengan membandingkanpembakaran briket masing- masing biomass dengan perbandingan campuran 50%batubara : 50 % Biomass, dengan kecepatan udara 0,3 m/s.Dari penelitian didapatkan bahwa laju pembakaran briket tertinggi adalah padapembakaran ampas tebu. Sedang penambahan ampas tebu kedalam sekam padiakan memperbaiki peforma pembakaran dari sekam, dimana sekam padi mempunyaipembakaran yang rendah, juga pencampuran kedua biomass tersebut akanmemperbaiki polusi yang ditimbulkan.
THE EFFECTS OF PACK CARBURIZING USING CHARCOAL ON PROPERTIES OF MILD STEEL Supriyono, Supriyono
Media Mesin: Majalah Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aim of this research is to study the effects of pack carburizing using charcoal on properties of mild steel. The properties are represented by the results of microstructure, hardness test and tensile test.  The carburizing process was conducted in the temperature of 930oC which is the austenite temperature of the mild steel. The source of carbon was charcoal. The specimens were held for 2, 3 and 4 hours at the carburizing temperature. The carbon content of the raw amterial was 0.17%. The raw material was hypoeutectoid steel with ferrite and pearlite phases in its microstructure.  After the carburizing process, the microstructure can be divided into two zones e.i. case zone and core zone. The case zone consists of hypereutectoid, eutectoid, and hypoeutectoid sub-zone. The core zone is the same as raw material. The longer the holding time will result in the deeper the case zone and the stronger the material.
APLIKASI ALAT PENUKAR KALOR PADA TEKNOLOGI THERMAL ROOFING Subroto, Subroto; Nugraha, Nurmuntaha Agung; Hartanto, Aris
Media Mesin: Majalah Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh material insulasi Glaswool, Styrofoamdan Alumunium foil terhadap besarnya kalor yang dikonduksikan atap fiber, utamanyapada atap rumah tangga. Penggunaan panas di bawah atap rumah masih sangatjarang dilakukan, dimana panas ini bisa dimanfaatkan untuk memanasi air hangatuntuk mandi, atau sejenisnya.Metoda yang dilakukan adalah dengan mengukur temperatur pada titik yangterdistribusi di ruang atap yang ada, kemudian menghitung aspek perpindahan panasyang terdistribusi meliputi volume di bawah atap tersebut.Dari hasil penelitian diperoleh hasil kalor tertinggi yang dikonduksikan oleh atapfiber terdapat pada atap yang di dalamnya terdapat material insulasi Glaswool yaitusebesar 1145,338 Watt, sedangkan pada alumunium foil sebesar 1045,338 Watt danpada Styrofoam sebesar 1124,513 Watt. Oleh karena itu, kalor tertinggi pada ruangatap terdapat pada ruang atap dengan material insulasi Glaswool yaitu sebesar1167,184 Watt, sedangkan Alumunium foil sebesar 1065,164 Watt dan styrofoamsebesar 1114,721 Watt.
THE EFFECTS OF PACK CARBURIZING USING CHARCOAL ON PROPERTIES OF MILD STEEL Supriyono Supriyono
Media Mesin: Majalah Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/mesin.v19i1.5812

Abstract

The aim of this research is to study the effects of pack carburizing using charcoal on properties of mild steel. The properties are represented by the results of microstructure, hardness test and tensile test.  The carburizing process was conducted in the temperature of 930oC which is the austenite temperature of the mild steel. The source of carbon was charcoal. The specimens were held for 2, 3 and 4 hours at the carburizing temperature. The carbon content of the raw amterial was 0.17%. The raw material was hypoeutectoid steel with ferrite and pearlite phases in its microstructure.  After the carburizing process, the microstructure can be divided into two zones e.i. case zone and core zone. The case zone consists of hypereutectoid, eutectoid, and hypoeutectoid sub-zone. The core zone is the same as raw material. The longer the holding time will result in the deeper the case zone and the stronger the material.
APLIKASI ALAT PENUKAR KALOR PADA TEKNOLOGI THERMAL ROOFING Subroto Subroto; Nurmuntaha Agung Nugraha; Aris Hartanto
Media Mesin: Majalah Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/mesin.v19i1.5808

Abstract

PENGARUH KOMPOSISI KOMPON BAN DENGAN BATIKAN MIRING TERHADAP KOEFISIEN GRIP BAN PADA LINTASAN ASPAL PADA KONDISI BASAH DAN KERING Pramuko Ilmu Purboputro; Muhammad Alfatih Hendrawan
Media Mesin: Majalah Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/mesin.v19i1.5809

Abstract

PENGARUH STEARIC ACID PADA KARET ANGKATAN SEPEDA MOTOR TERHADAP KEKERASAN DAN KEKUATAN TARIK DENGAN KOMPOSISI 3Phr, 4Phr, 6Phr Masyrukan Masyrukan; Pramuko Ilmu Purboputro
Media Mesin: Majalah Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/mesin.v19i1.5810

Abstract

Page 1 of 2 | Total Record : 12