cover
Contact Name
Haerana
Contact Email
Haeranasupratman@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
kolaborasi@unismuh.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JURNAL KOLABORASI
ISSN : 2442949X     EISSN : 26203499     DOI : https://doi.org/10.26618/kjap
Core Subject : Social,
Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik is an-Opened Access journal and published three times a year every April, August and December. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik received articles from research findings and new scientific review articles. The aims of this journal is to publish research article in the field of the bureaucracy, the public service management, the public policy, the regional autonomy, the management public, the human resource management in public sector, and its related issues.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3 (2015): Desember 2015" : 8 Documents clear
PENGARUSUTAMAAN GENDER DALAM PROMOSI JABATAN DI BKD PEMERINTAH KOTA MAKASSAR Sahirah Sahirah; Budi Setiawati; Burhanuddin Burhanuddin
Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik Vol 1, No 3 (2015): Desember 2015
Publisher : Department of Public Administration, Muhammadiyah University of Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/kjap.v1i3.707

Abstract

 The aim of this study was to describe the process of gender mainstreaming in the promotion in accordance at BKD Makassar Government with Presidential Instruction No. 9 of 2009 on Gender Mainstreaming mandated to be implemented by government agencies including Local Government. The type of study was qualitative. Type of research is phenomenological. The data were collected using instruments such as interviews, observation and documents. The results of study indicated that there are three involved in this case, namely, (1) employees access to promotions that the difference in information for employees, (2) participation indicates the absence of employee involvement in the promotion except that it has the task, and (3) the promotion of employees in positions of authority do not exist except the mission from the leader. Keywords: gender mainstreaming, promotion   Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses pengarusutamaan gender dalam promosi jabatan di BKD Pemerintah Kota Makassar sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2009 tentang Pengarusutamaan Gender yang diamanatkan untuk dilaksanakan oleh Lembaga Pemerintah termasuk Pemerintah Daerah. Jenis penelitian adalah kualitatif. Penelitian menggunakan tipe fenomenologis. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga yangg terkait dalam hal ini yaitu: (1) akses pegawai terhadap promosi jabatan itu adanya perbedaan informasi bagi pegawai, (2) partisipasi menunjukkan tidak adanya keterlibatan pegawai dalam promosi jabatan kecuali yang memiliki tugas, serta (3) kewenangan pegawai dalam promosi jabatan tidak ada kecuali adanya utusan dari atasan. Kata Kunci: pengarusutamaan gender, promosi jabatan
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN LARANGAN PARKIR DI BAHU JALAN DALAM MENGATASI KEMACETAN DI KOTA MAKASSAR Miftahul Jannah; Andi Nuraeni Aksa; Muhammad Tahir
Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik Vol 1, No 3 (2015): Desember 2015
Publisher : Department of Public Administration, Muhammadiyah University of Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/kjap.v1i3.703

Abstract

The aim of this research is to find out how the policy implementation of parked ban at side ways for settle the traffic jam in the Makassar city based on the rules of mayor of Makassar city No. 64/ 2011 and to find out the factors of this policy implementation. The research method is qualitative. This research was used case studies and the data collection techniques were the observation, interviews and documentation. The result of the policy implementation of parked ban at side ways is quite good. It is refer to three factors, that is communication, disposition, and bureaucracy of Structure. Meanwhile, the factor of resource is not maximal because the facility and the staff is lacked. Keywords : policy implementation, parked ban  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana implementasi kebijakan larangan parkir di bahu jalan dalam mengatasi kemacetan di kota Makassar sesuai dengan Perwali Kota Makassar No. 64 Tahun 2011 dan untuk mengetahui faktor – faktor implementasi kebijakan ini. Jenis penelitian adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan studi kasus dan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa wawancara, observasi dan pengambilan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kebijakan larangan parkir di bahu jalan ini sudah cukup baik. Hal ini dilihat dari tiga faktor yakni komunikasi, disposisi, dan struktur birokrasi. Sementara faktor sumber daya masih belum maksimal dikarenakan fasilitas serta personil yang masih belum memadai. Kata kunci : implementasi kebijakan, larangan parkir.
PENGARUH PROMOSI JABATAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN LUWU Munadiah Munadiah; Ihyani Malik; Burhanuddin Burhanuddin
Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik Vol 1, No 3 (2015): Desember 2015
Publisher : Department of Public Administration, Muhammadiyah University of Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/kjap.v1i3.704

Abstract

The purpose of the research are to determine job promotion, to determine the perfomance and to determine the effect of promotion with the perfomance of cipil servants at secretariat office in Luwu Regency. The total population in this research were all employess who have been promoted post office secretariat in luwu starting in 2010-2015 as wavy as 36 people the sample using a sampling technique when all members of the population used as a sample. The result of the research is promotion based on experimence, level of education, loyality, and professionalism as well as the requi rements specified employees get a promotion because it is in accordance with the terms of rounk and achiverment. The next is the porfomance of civil servantsis quite good, proven target spesified by nearly all of them realized only on the requirements of positions that was not realized. The last is variable promotion positive and significant impost the porfomance of employees atsecretariat office in luwu. Keywords: efect, promotion, perfomance Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui promosi jabatan, untuk mengetahui kinerja dan untuk mengetahui pengaruh promosi jabatan dengan kinerja Pegawai Negeri Sipil di Kantor Sekretariat Kabupaten Luwu. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang   telah dipromosikan jabatannya di kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Luwu  sebanyak 36 orang. Penarikan sampelnya menggunakan tekhnik sampling jenuh. Hasil penelitian diperoleh bahwa promosi jabatan berdasarkan pengalaman, tingkat pendidikan, loyalitas, dan profesionalitas serta persyaratan yang telah ditentukan. Pegawai yang mendapatkan promosi karena memang sudah sesuai dengan syarat kepangkatan serta berprestasi. Selanjutnya, kinerja pegawai negeri sipil cukup baik, terbukti target yang telah dicanangkan hampir semuanya terealisasi hanya pada persyaratan menduduki jabatan yang tidak terealisasi. Adapun variabel promosi jabatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Luwu. Kata kunci: pengaruh, promosi jabatan, kinerja
PERAN PEMERINTAH DALAM PENGELOLAAN TERMINAL DI TERMINAL REGIONAL DAYA KOTA MAKASSAR Muhammad Aslan; Muhlis Madani; Nuraeni Aksa
Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik Vol 1, No 3 (2015): Desember 2015
Publisher : Department of Public Administration, Muhammadiyah University of Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/kjap.v1i3.700

Abstract

 This research aims to know government role and governmental step in management of Terminal Regional Daya Makassar City. It executed in Company of Area ‘PD. Terminal Makassar Metro’. Type of this research is descriptive qualitative with source of primary and secondary data. Data  are obtained by observation, interview and documentation. Data are analyzed by reduction, display data and verification later conducted anticipatory. Result of research indicates that governmental role in management of terminal is not yet optimal, which is supported by result of field observation and interview. As facilitator, motivator and regulator, government is not maximal in applying of relevant regulation of terminal, less co-ordinate and observation. Governmental steps in managementof terminal are planning, budgeting, and implementing management of terminal. Keywords: role of government, management, terminal  Penelitian ini bertujuan mengetahui peran pemerintah dan langkah pemerintah dalam pengelolaan Terminal Regional Daya Kota Makassar. Dilaksanakan di Perusahaan Daerah “PD. Terminal Makassar Metro”. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan data sekunder. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis secara reduction, display data dan verificationkemudian dilakukan anticipatory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pemerintah dalam pengelolaan terminal belum optimal, yang mana didukung oleh hasil observasi lapangan dan wawancara. Sebagai fasilitator, motivator dan regulator, pemerintah tidak maksimal dalam penerapan peraturan terkait terminal, kurang melakukan koordinasi dan pengawasan. Langkah pemerintah dalam pengelolaan terminal ialah perencanaan, penganggaran, dan implementasi pengelolaan terminal. Kata kunci: peran pemerintah, pengelolaan, terminal 
PENERAPAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN ENREKANG Nur Ayyul Hisbani; Musliha Karim; Ihyani Malik
Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik Vol 1, No 3 (2015): Desember 2015
Publisher : Department of Public Administration, Muhammadiyah University of Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/kjap.v1i3.705

Abstract

The object of research was to determine service delivery innovations in the Department of Population and Civil Registration Enrekang Regency.This research is to describe the shape of qualitative service delivery innovations in the Department of Population and Civil Registration Enrekang. This type of research is a case study. The collection of the data used interview, observation and documentation. While techniques to analyze the data used data reduction, data presentation and conclusion.Validity of the data used triangulation of time, resources, and techniques. The results showed that service delivery innovations in the form of e-ID services with the indicator 1) relative advantage, 2) compability,  3) complexity, 4) triability, 5) observability.  Keywords : implementation of innovation, public services  Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan inovasi pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan menggambarkan bentuk penerapan inovasi pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Enrekang. Tipe penelitian adalah studi kasus. Dalam pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data digunakan triangulasi yaitu triangulasi waktu, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan inovasi pelayanan publik berupa pelayanan e-KTP dengan indikator 1) keuntungan relatif, 2) kesesuaian, 3) kerumitan, 4) kemungkinan dicoba, 5) kemudahan diamati. Kata kunci : penerapan inovasi, pelayanan publik 
PENGAWASAN PERUSAHAAN DAERAH PARKIR DALAM PENERTIBAN PARKIR LIAR DI JALAN BALAIKOTA KOTA MAKASSAR Harianti Harianti; Muhammadiah Muhammadiah; Ruskin Azikin
Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik Vol 1, No 3 (2015): Desember 2015
Publisher : Department of Public Administration, Muhammadiyah University of Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/kjap.v1i3.701

Abstract

Regional company parking is an organization that is engaged in security and order. However, in the implementation of the program, there is emerging issues such as illegal parking complaint because the new areas are not strategic as well as a lack of parking monitoring Regional Company (PD) in the control of illegal parking in Balaikota Street of Makassar. This type of research was qualitative descriptive study with the informant as much as six (6) persons. Data were collected using such instruments, observation and documentation developed by interviews with informants. The results showed that the company's control area (PD) parking in controlling illegal parking is considered unfavorable because of less on target. There are still many users of parking that does not comply with the rules or fit in place. It also impacted negatively by illegal parking, even though they know that policing is regulation for the commonweal. Keywords: monitoring, regulating, illegal parking  Perusahaan Daerah (PD) parkir merupakan sebuah organisasi yang bergerak dibidang keamanan dan ketertiban. Namun dalam pelaksanaan program muncul permasalahan seperti keluhan parkir liar  karena tidak ada ataupun tidak strategisnya kembali area baru serta kurangnya Pengawasan Perusahaan Daerah Parkir (PD) dalam Penertiban Parkir Liar di Jalan Balaikota Kota Makassar. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan informan sebanyak 6 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa observasi dan dokumentasi serta dikembangkan dengan wawancara terhadap informan. Hasil peneliti ini menunjukkan bahwa pengawasan perusahaan daerah (PD) parkir dalam penertiban parkir liar dianggap kurang baik karena kurang mengenai sasaran dan masih terdapat banyak para pemarkir yang tidak mematuhi ataupun sesuai pada tempatnya. Hal ini juga berdampak negatif oleh para parkir liar walaupun mereka tahu bahwa penertiban tersebut adalah peraturan untuk kebaikan umum. Kata kunci : pengawasan, penertiban, parkir liar
RESPONSIVITAS PELAYANAN PERCERAIAN KANTOR PENGADILAN AGAMA SENGKANG KABUPATEN WAJO Rismawati Rismawati; Muhlis Madani; Samsir Rahim
Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik Vol 1, No 3 (2015): Desember 2015
Publisher : Department of Public Administration, Muhammadiyah University of Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/kjap.v1i3.706

Abstract

The objective of the research is to know how the service responsiveness divorce and the obstacle factors of divorce service in religious court at Sengkang, Wajo Regency. The type of the research is descriptive and qualitative which has eight informants. The data collecting techniques used observation and interview. The data was analyzed using descriptive technique. The research result show that the responsiveness of the divorce service have not appropriated yet for the need of society, because of the strong of kinship system or injustice, long time service. Furthermore, there is another factor that became the obstacles of this service such as being arbitrary and indiciplinary.  Keywords: responsiveness, service, public, divorce  Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana responsivitas pelayanan perceraian  dan faktor penghambat dalam pelayanan  perceraian Kantor Pengadilan Agama Sengkang Kabupaten Wajo. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan informan delapan orang. Tekhnik pengumpulan data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen  berupa observasi, wawancara terhadap informan. Data tersebut dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responsivitas dalam pelayanan perceraian belum sesuai dengan kebutuhan masyarkat karena masih kentalnya sistem kekeluargaan atau pilih kasih, pelayanan yang terlalu lama, yang ada dikantor Pengadilan Agama Sengkang Kabupaten Wajo, kemudian faktor penghambat dalam pelayanan ialah bertindak sewenang-wenang dan rendahnya kedisiplinan. Kata Kunci: responsivitas, pelayanan, publik, perceraian
PERAN UNIT PELAKSANA TEKNIS KEMENTERIAN SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS TUBUH DI PANTI SOSIAL BINA DAKSA WIRAJAYA MAKASSAR Hasmiati Hasmiati; Fatmawati Fatmawati; Jaelan Usman
Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik Vol 1, No 3 (2015): Desember 2015
Publisher : Department of Public Administration, Muhammadiyah University of Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/kjap.v1i3.702

Abstract

The aim of this research is to find out the role of operational technique unit of social ministry in the empowerment the sufferer of body disability at social house Bina Daksa Wirajaya Makassar. The research used descriptive qualitative method. The number of informants is 9 people. Data collection is done by interview, observation and documentation. The results showed that the operational technique unit of social ministry has been carrying out its duties  as the state apparatus in empowering the sufferer of body disability. However, there was still an obstacle for the sufferer of body disability in carrying of their activity for instance, the mismatch between the facility and the number of existing disable. Keywords: role, empowerment, disability body Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peran Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial dalam pemberdayaan penyandang disabilitas tubuh di Panti Sosial Bina Daksa Wirajaya  Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun jumlah informan 9 orang. Pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial telah menjalankan tugasnya sebagai aparatur negara dalam memberdayakan penyandang disabilitas tubuh dan adapun yang masih menjadi hambatan bagi penyandang dalam menjalankan aktifitasn adalah fasilitas yang dibutuhkan oleh penyandang disabilitastubuh masih kurang sesuai dengan jumlah penyandang yang ada. Kata kunci: peran, pemberdayaan, penyandang disabilitas tubuh

Page 1 of 1 | Total Record : 8