cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jalan Sultan Alauddin No 259
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Equilibrium: Jurnal Pendidikan
ISSN : 23392401     EISSN : 24770221     DOI : -
Core Subject : Education,
Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan Jurnal Peer ulasan untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, yang terbuka untuk para dosen, guru, dan masyarakat sesuai kebutuhan. Sedangkan ruang publikasi jurnal equilibrium adalah bidang pendidikan, sosial, budaya; isu-isu mutakhir sebagai ilmu murni dan terapan; hasil penelitian (kualitatif, penelitian tindakan kelas, etnografi, fenomenologi, studi kasus), penilaian dan pengembangan skripsi / tesis / disertasi / hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan di media lain. Equilibrium Jurnal Pendidikan telah melakukan kerjasama dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Selatan. Jurnal equilibrium diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi, Gedung FKIP Lantai 3, Universitas Muhammadiyah Makassar.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN" : 15 Documents clear
Peran Manajemen Waktu dan Kedisiplinan Dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Optimal Masayu Endang Apriyanti; Syahid Syahid
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 1 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (654.996 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v9i1.4346

Abstract

This study aims to analyze the role of time management and discipline on optimal learning outcomes. This research is a survey research with a population of junior high school and senior high school students of the Islamic Education Foundation Nur el Arafah Bekasi. The sample was taken by random sampling technique of 85 people. The instrument used was a questionnaire. Data analysis using multiple regression. From data processing, the results obtained: 1). There is a significant effect of time management and discipline together on optimal learning outcomes as evidenced by the results of the value of Fh = 24.324 and Sig. = 0.000 0.005 2). There is a significant effect of time management on optimal learning outcomes as evidenced by the results of the value of Th = 4.093 and Sig. = 0.000 0.005 3). There is a significant effect of discipline on optimal learning outcomes as evidenced by the results of the value of Th = 3.679 and Sig. = 0.000 0.005. It is better if students are good at using and managing their time very well and effectively because it has a positive impact on optimal learning outcomes and the more productive time they have, the more achievement, the more activities carried out and can be completed on time, so that one day all the ideals are expected or the target set can be achieved optimally. And they should also have strong discipline from an early age so that they are accustomed to doing tasks wholeheartedly, not procrastinating, let alone lazy, because with high discipline all duties and responsibilities can be carried out optimally.
Pengaruh Ketersediaan Sarana Pendidikan Terhadap Angka Partisipasi Kasar (APK) dI Kota Cilegon Hesti Pudyastuti; Euis Mulyaningsih
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 1 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1050.155 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v9i1.4424

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persentase ketersediaan sarana pendidikan di Kota Cilegon, serta pengaruhnya terhadap Angka Partisipasi Kasar (APK). Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ketersediaan sarana pendidikan dan APK jenjang pendidikan TK di Kota Cilegon memiliki pengaruh yang moderat, dengan nilai koefisien regresi R2  sebesar 0,482, ketersediaan sarana pendidikan terhadap APK jenjang pendidikan SD di Kota Cilegon memiliki pengaruh yang signifikan, dengan nilai koefisien regresi R2 sebesar 0,854 sedangkan ketersediaan sarana pendidikan terhadap APK jenjang pendidikan SMP di Kota Cilegon tidak memiliki hubungan yang signifikan, dengan nilai koefisien regresi R2  sebesar 0,124.   
Peran Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di MTS AL-Faaizun Watang Palakka Siti Aisyah
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 1 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.09 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v9i1.3805

Abstract

Penelitian ini mendekripsikan realitas MBS, partisipasi masyarakat, serta kontribusi  MBS terhadap peningkatan partisipasi masyarakat di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kec. Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jenis penelitian deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan komite sekolah. Dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama, pelaksanaan MBS dalam fleksibilitas, guru menentukan pembelajaran dan  program madrasah sesuai kebutuhan. Desentralisasi aktivitas pengajaran, pemecahan masalah efesien, strategi pencapaian tujuan, dan pertanggungjawaban. Mandiri dalam pengelolaan SDM, sarana dan prasarana, serta dana. Dimensi inisiatif SDM dalam peningkatan kerjasama, toleransi, dan pelatihan. Kedua, Partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan yaitu kehadiran rapat mencapai 70-80%, pemberian ide, ikut serta pelaksanaan kegiatan madrasah dalam bentuk dana, tenaga, dan materiil, serta melakukan pengawasan dan perbaikan kegiatan. Ketiga MBS telah berkontribusi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program pendidikan maka masyarakat ikut serta memiliki madrasah sehingga berupaya mencapai tujuan pendidikan.
Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Inklusi (Studi Sosiologi Pada Sekolah Inklusi di Kota Makassar) Fatimah Azis; Sam'un Mukramin; Risfaisal Risfaisal
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 1 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (779.842 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v9i1.4365

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan informasi tentang interaksi sosial anak autis di sekolah inklusi di Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pendidik khusus merupakan tokoh kunci yang memegang peran sangat penting dalam memberikan bimbingan dan arahan dalam proses interaksi anak. Peran guru pendidik khusus dalam pembinaan mengenal lingkungan sekolah dan berkomunikasi dengan teman-teman sangat penting, guru merupakan pembimbing dan penolong terbaik setelah orang tua untuk kemandirian dalam lingkungan sosial.Lingkungan yang mempengaruhi interaksi sosial anak adalah lingkungan sekolah. Sekolah lingkungan kedua setelah lingkungan keluarga, karena sekolah anak sedang dalam tahap belajar dan bersosialisasi dengan teman baru. Sekolah menuntut mereka untuk dapat berkomunikasi atau memahami dengan baik di dalam dan di luar kelas, namun tidak semua anak yang mampu dengan orang lain. Mungkin ada anak yang suka menyendiri atau bermain sendiri, atau bisa juga anak yang terlalu impulsif atau hiperaktif. Anak-anak yang mengalami gangguan dalam perkembangan sosialnya. Dengan terganggunya perkembangan tersebut, mengakibatkan anak menjadi terhambat dalam hal komunikasi atau dapat berbicara, misalnya anak autis.Kemampuan anak autis untuk mengembangkan interaksi sosial dengan orang lain sangat terbatas, bahkan mereka mungkin tidak terkait rangsangan dari orang lain sama sekali. Autisme suatu kondisi anak yang mengalami gangguan hubungan sosial yang terjadi sejak lahir atau pada masa tumbuh kembang, sehingga anak terasing dari kehidupan manusia.
Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi Kaharuddin Kaharuddin
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 1 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.927 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v9i1.4489

Abstract

Terlebih dahulu yang harus dipahami adalah karakter, ciri dan makna serta tujuan dari kualitatif itu sendiri. Pentingnya memahami karakter, ciri dan makna serta tujuan metode kualitatif agar peneliti tidak keliru dalam pengunaan metode tersebut, juga dapat mengetahu tujuan dari suatu penelitian yang mengunakan kualitatif. Jadi penggunaan kualitatif tidak hanya menjadi alat tempelan dalam metodologi disetiap jenis penelitian dalam menyusun skripsi ataupun tesis dan desertasi.
Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 4 Kabupaten Bantaeng Muhammad Afdal; Sulvahrul Amin
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 1 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.409 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v9i1.3382

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang (1). Bagaimana Implementasi Kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 4 Bantaeng Kabupaten Bantaeng (2) Bagaimana langkah-langkah kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 4 Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriftif kualitatif, dengan Lokasi Penelitian berada di SMAN 4 Bantaeng, kelurahan Pallantikang kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng, Penentuan informan pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, dimana pemilihan dilakukan secara sengaja berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan berdasarakan tujuan penelitian. Metode data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data menggunakan empat tahap yaitu, data, reduksi data, penyajian data dan penarikan / pengungkit. Hasil penelitian Pelaksanaan kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 4 Bantaeng. yaitu : 1) Mengadakan pembinaan profesional. 2) Mengadakan Rapat Guru (3). Meningkatkan kedisiplinan guru. Langkah-langkah yang di ambil kepala sekolah adalah: (1) rapat awal tahun ajaran para guru, (2) memfasilitasi guru untuk lanjut studi (3) membuat surat keputusan (SK) dan (4) rapat kordinator masing-masing bidang. (5) Pembimbingan bersifat membimbing.
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta Cica Wiswanti; Difa Ul Husna
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 1 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.763 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v9i1.4303

Abstract

Education has a function including making people fear God Almighty and build noble morals. Education is a right for anyone, not least for children with special needs with disabilities, including religious education. Islamic Religious Education is education that instills faith and religious values as well as good moral learning. This study intends to provide a description or description of the implementation of Islamic Religious Education learning for children with Tunalaras at SLB E Prayuwana Yogyakarta. The method we use is descriptive research method with data collection techniques through observation and interviews with a number of related parties. The analysis technique used in this study is a qualitative analysis technique in which the research data will be analyzed in a narrative. As a result, Islamic Religious Education for children with disabilities at SLB E Prayuwana Yogyakarta is carried out like a school in general and what distinguishes it is only in terms of teaching methods. In addition, at SLB E Prayuwana Yogyakarta, students emphasize more on learning Al-Quran. This is done with the hope that children with disabilities there will be able to benefit from reading the Al-Quran.
Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pendemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 20 Gowa ) Nur Inayati Saiful; Rudiyansyah Rudiyansyah; Sri Lestari Aslam
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 1 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.564 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v9i1.4539

Abstract

Efektivitas pembelajaran yang berani selama masa pandemi Covid-19 di SMAN 20 Gowa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa. Jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Dibimbing Oleh H. Nurdin dan Risfaisal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana meningkatkan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 di SMAN 20 Gowa. Peneltian ini bersifat kualitatif. Teknik wawancara, termasuk: observasi langsung dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di SMAN 20 Gowa. Teknik analisi data menggunakan reduksi data, display data, penarikan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang efektif selama masa pandemi covid-19 yang dilakukan oleh siswa dan guru kurang efektif. Karena banyaknya hal yang merusak selama proses belajar seperti terkendala karena jaringan yang kurang baik serta media pembelajaran yang kurang mendukung. Siswa juga kadang-kadang dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru karena tugas yang diberikan terlalu banyak namun siswa kurang memahami materi pembelajaran.
Analisis Human Capability dan Social Capability Pada Panti Sosial di Kalimantan Selatan Wahyu Wahyu; Laila Azkia
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 1 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.066 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v9i1.4020

Abstract

Penelitian ini menggali tentang usaha-usaha peningkatan kesejahteraan sosial yang ada di Kalimanan Selatan. Peneliti menganalisis usaha-usaha peningkatan kesejahteraan sosial yang juga meningkatkan peningkatan kemampuan manusia dan kemampuan sosial khususnya pada Panti sosial yang ada di Kalimantan Selatan. Kemampuan manusia dilihat dari aspek pendidikan, keterampilan dan kesehatan. Segi kemampuan sosial dilihat dari adanya aspek kepemimpinan, relasi-relasi yang dilandasi kepercayaan, nilai-nilai yang dipegang teguh, dan mengembangkan jaringan sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokus penelitian ini adalah 5 Panti Sosial yang ada di Kalimantan Selatan, yaitu Panti Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Budi Luhur, Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati, Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Fajar Harapan, Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Sejahtera, dan Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Budi Sejahtera. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kemampuan sosial berupa pendidikan, keterampilan dan kesehatan memang menjadi progam panti. Tetapi, pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan formal. Tujuan dari program adalah meningkatkan kemandirian serta produktifitas penerima manfaat, meskipun ada panti yang memberikan program tersebut sekedar untuk mengisi waktu luang selama di panti. Sedangkan kemampuan sosial dalam hal aspek pengembangan jaringan sosial belum menjadi program utama di panti. Sehingga klien keluar dari panti belum memiliki jaringan sosial yang bisa dimanfaatkan.
Analisis Sosial Potensi Pariwisata Budaya “Uma Ncuhi” Mbawa Anwar Anwar
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 1 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.473 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v9i1.4345

Abstract

Rumah Ncuhi atau biasa disebut uma leme secara manifestasi merupakan tempat lahirnya   nilai- nilai sosial, nilai-nilai estetika, religi, norma dan budaya. Sehingga untuk menjamin keberlanjutan dari nilai-nilai luhur  yang diwarisi oleh nenek moyang  sehingga  dapat membentuk karakter generasi, maka generasi penerus sebagai pewaris budaya harus menjaga dan merawat budaya rumah  adat,  tardisi  dan  nilai-nilai  luhur  ini,  dijadikan  sebagai  kekayaan  budaya masyarakat Mbawa. Potensi budaya tersebut akan sangat menunjang bagi wisata Uma Ncuhi untuk itu perlu adanya analis lebih lanjut terkait dengan penganggalian potensi wisata yang ada di Desa Mbawa lebih khususnya dan Kecamatan Donggo  pada umumnya.Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian di Desa Mbawa Kecamatan Donggo  Kabupaten Bima. Subjek penelitian masyarakat Desa Mbawa, pemerintah desa Mbawa, tokoh pemuda dan tokoh adat di desa Mbawa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Objek wisata utama Uma Ncuhi biasa atau sebut uma leme oleh orang Mbawa rumah ini berbentuk kerucut dan bentuk bangunan dari atap dan dinding terbuat dari alang-alang. Selain itu terdapat pula objek wisata penunjang diantaranya 1) Raju adalah sebuah  kegiatan adat masyarakat desa Mbawa yang dilakukan  sebelum memulai musim tanam sebagai tanda untuk mengusir hama yang menggangu tanaman warga. 2) Karawi rasa adalah kegiatan yang dilakukan di Uma Ncuhi oleh masyarakat dan para tetua adat untuk menghindari bala bencana. 3) Tari kalero adalah tari yang disajikan oleh para wanita dari kalangan masyarakat Mbawa untuk menyambut tamu dari luar daerah. 4) Tari toja/mpisi adalah tari yang biasa di sebut juga dengan tari kerasukan yang dilakukan oleh para laki-laki ketika menghadapi musuh.Dari penelitian ini bisa didapatkan bahwa pengembangan obyek wisata budaya Uma Ncuhi masih belum dikelolah dengan maksimal. Perlu sebuah kerja sama antar pemangku kepentingan untuk mengembangkannya. Selain itu juga perlu adanya payung kebijakan untuk mengembangkan. Peran masyarakat menjadi sangat penting, karena masyarakat merupakan pihak yang sangat mengerti dan mengetahui keberadaan obyek tersebut. sehingga pariwisata dengan potensi yang ada di objek wisata Uma Ncuhi harus dikelolah dengan berbasis masyarakat. Peran pemerintah adalah meningkatkan kapasitas SDM atau pengelola dengan melakukan pelatihan-pelatihan.

Page 1 of 2 | Total Record : 15