cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Kependidikan Media
ISSN : 20898444     EISSN : 29647355     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2014): Perangkat Teknologi" : 3 Documents clear
Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Murid SD Inpres Tello Baru Kota Makassar Sida, Syarifuddin Cn
Jurnal Kependidikan Media Vol 3, No 1 (2014): Perangkat Teknologi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif yang berlokasi di SD Inpres Tello baru Kota Makassar. Dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan “ Qouta sampling” dan starfied sampling”. Dalam penggunaan Quota sampling, jumlah subyek yang akan diselidiki ditetapkan lebih dahulu. Jadi penulis menetapkan sampel sebanyak 67 murid dari jumlah populasi. Sedangkan starfied sampling digunakan jika populasi terdiri dari kelompok-kelompok yang mempunyai susunan bertingkat, yang diteliti penulis terdapat tingkatan kelas yaitu kelas empat = 20 orang, kelas lima= 20 orang, kelas enam 27 orang. Hasil penelitian ini akan dianalisis dengan penelitian korelatifHasil penelitian menunjukkan bahwa professional guru SD Inpres Tello Baru Kota Makassar, hal ini kategori sangat rendah sebanyak 17 orang, kategori rendah sebanyak 17 orang, kategori sedang sebanyak 18 orang, kategori tinggi sebanyak 11 orang, kategori tinggi sebanyak 4 orang, maka dalam profesionalisme guru terdapat kategori sedang. Untuk prestasi belajar murid SD tersebut 5 murid dalam kategori prestasi belajar kurang, 22 murid dalam kategori prestasi belajar cukup, 28 murid dalam kategori prestasi belajar baik, dan 12 murid dalam kategori prestasi belajar baik sekali.Berdasarkan nilai korelasi rxy= 0,459 dan nilai Df = 65 diperoleh “r” tabel (rt) pada taraf signifikan 5%  sebesar 0,244 sedangkan pada taraf signifikan 1% sebesar 0,317%. Dapat disimpulkan bahwa “r” tabel lebih kecil dibandingkan “r” hitung sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan antara profesionalisme  guru terhadap prestasi belajar murid SD Inpres tello Baru Kota Makassar berinterprestasi sedang.Kata kunci : Profesionalisme guru, prestasi belajar
Hubungan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah 4 Tallo Kota Makassar Nurdin, Nurdin
Jurnal Kependidikan Media Vol 3, No 1 (2014): Perangkat Teknologi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini adalah bagaiman hubungan teknologi informasi dan komunikasi dengan peningkatan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 4 Tallo Kota Makassar.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model asosiatif. Sampel dari penelitian ini adalah 100 siswa yang diambil dari 6 kelas secara acak. Metode pengumpulan data yaitu melalui angket yang berjumlah 20 butir pertanyaan untuk penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi maupun prestasi belajar.Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang segnifikan antara penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Prestasi Belajar Siswa. Hasil analisis korelasi menunjukan hasi terhitung  0,912 yang berarti penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat berpengaruh secara signifikan dengan Prestasi Belajar siswa SMK Muhammadiyah 4 Tallo Kota Makassar. Selanjutnya diperoleh nilai koefisien determinan r² sebesar 83%. Artinya hubungan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan peningkatan prestasi belajar siswa memberikan konstribusi sebesar 83% dan 17% dipengaruhi oleh variabel lain.Kata Kunci: penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, peningkatan prestasi belajar
Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Terhadap Peningkatan Kemampuan Daya Ingat Siswa di MTs Muhammadiyah Tallo Kota Makassar S, Hamsah H
Jurnal Kependidikan Media Vol 3, No 1 (2014): Perangkat Teknologi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK penelitian ini yaitu apakah penggunakan media audio-visual dalam proses belajar mengajar efektif terhadap peningkatan daya ingat siswa di Mts Muhammadiyah Tallo Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meperoleh data tentang penggunaan media audio-visual dalam proses pembelajaran dapat mengembangkan daya ingat siswa di Mts Muhammadiyah Tallo Kota Makassar.Jenis penelitian ini penelitian kualitatif yang bersipat deskriptif. prosedur penelitian meliputi perencanaan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 MTs Muhammadiyah Tallo Kota Makassar sebanyak 32 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan ekstrakurikuler disekolah tersebut khususnya dalam upaya menggembangkan daya ingat siswa berjalan secara maksimal. Tetapi itu belum akhir untuk terus mengembangkan daya ingat siswa. Di butuhkan kerja sama guru dan orang tua dan yang paling penting adalah mengikuti prosedur yang ada sesuai dengan bentuk kegiatan yang bersangkutan.Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan proses pembelajaran dengan menggunaan media audio-visual terhadap peningkatan daya ingat siswa di MTs Muhammadiayah Tallo Kota Makassar  berjalan secara efektif .Kata Kunci : Efektivitas, Media Audio Visual, Daya Ingat.

Page 1 of 1 | Total Record : 3