cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Kependidikan Media
ISSN : 20898444     EISSN : 29647355     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2021): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA" : 5 Documents clear
IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI PADA SDN 284 SAPPA TENTANG GEJALA ALAM INDONESIA Andi Sulhan
Jurnal Kependidikan Media Vol 10, No 1 (2021): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v10i1.7949

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun 2018  sebagai kegiatan pengembangan profesi guru.Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran STAD.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  meningkatkan hasil belajar dan sikap positif siswa kelas VI pada SDN 284 Sappa  dalam pembelajaran IPS pada materi gejala alam Indonesia..Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 284 Sappa  pada siswa kelas VI semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil nilai tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STADdapat meningkatkan pemahaman dan sikap positif siswa kelas VI  pada SDN 284 Sappa  dalam pembelajaran IPS, khususnya pada materi gejala alam Indonesia.
MENERAPAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SUPPA TENTANG TESK TANGGAPAN Hamidah Hamidah
Jurnal Kependidikan Media Vol 10, No 1 (2021): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v10i1.7950

Abstract

: Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  meningkatkan pemahaman, prestasi belajar, dan sikap positif siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa dalam pembelajaran bahasa Indonesia.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suppa pada siswa Kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2018/2019.  Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match  dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa tentang Teks Tanggapan, dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaran.
IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SDN 101 TADANG PALIE TENTANG POLITIK LUAR NEGERI INDONESIA Hj. Hasnawati
Jurnal Kependidikan Media Vol 10, No 1 (2021): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v10i1.7951

Abstract

Implikasi Model Pembelajaran STAD Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VI SDN 101 Tadang Palie tentang Politik Luar Negeri Indonesia. Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran STAD.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui kontribusi penerapan model pembelajaran STAD terhadap peningkatkan  prestasi belajar peserta didik kelas VI pada SDN 101 Tadang Palie dalam pembelajaran PKn. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 101 Tadang Palie pada peserta didik kelas VI semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan, yaitu penyajian materi dan tes akhir siklus.Hasil analisis data juga diperoleh gambaran bahwa pada siklus I menunjukkan perolehan nilai mulai dari 60  sampai 80 dengan mean sebesar 77,6; median sebesar 70; modus sebesar 70; standar deviasi sebesar 6,63; dan varians sebesar 43,95, memberikan implikasi bahwa tingkat penguasaan materi politik luar negeri Indonesia  pada siswa kelas VI SDN 101 Tadang Palie dengan menerapkan model STAD berada pada kategori sedang. Pada siklus II terjadi peningkatan, yaitu perolehan nilai mulai dari 80 sampai 100 dengan mean sebesar 84,8, median sebesar 90 modus sebesar 80; standar deviasi sebesar 7,14; dan varians sebesar 50,97 memberikan implikasi bahwa tingkat penguasaan materi atau prestasi belajar siswa kelas VI SDN 101 Tadang Palie dalam pembelajaran materi PKn  dengan penerapan model pembelajaran STAD meningkat menjadi kategori tinggi. 
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI PADA SDN 12 ATTASSALO TENTANG NILAI-NILAI PANCASILA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD Syamsiah Syamsiah
Jurnal Kependidikan Media Vol 10, No 1 (2021): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v10i1.7952

Abstract

Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran STAD.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  meningkatkan pemahaman, prestasi belajar, dan sikap positif siswa kelas VI pada SDN 12 Attassalo dalam pembelajaran Pkn.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 12 Attassalo pada siswa kelas VI semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penenerapan model pembelajaran Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VI pada SDN 12 Attassalo Tahun 2018/2019 tentang Nilai-Nilai Pancasila dengan Menerapkan Model Pembelajaran STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VI pada SDN 12 Attassalo dalam materi nilai-nilai Pancasila, dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaran. 
IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA SMP NEGERI 1 SUPPA TENTANG PERSAMAAN KUADRAT Ahmad Mantabi
Jurnal Kependidikan Media Vol 10, No 1 (2021): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v10i1.7948

Abstract

 Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun 2019 sebagai kegiatan pengembangan profesi guru.Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan metode problem posing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui kontribusi penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa dalam pembelajaran matematika, khususnya materi persamaan kuadrat.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suppa pada siswa Kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa dalam materi persamaan kuadrat. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5