cover
Contact Name
Wilda Syam Tonra
Contact Email
wildaunkhair@gmail.com
Phone
+6285146375650
Journal Mail Official
wildaunkhair@gmail.com
Editorial Address
Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Delta-Pi : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Published by Universitas Khairun
ISSN : 2089855X     EISSN : 25412906     DOI : 10.33387/dpi
Core Subject : Science, Education,
Delta pi jurnal adalah jurnal yang memuat hasil penelitian pendidikan matematika dan matematika yang dipublikasi sebanyak 2 kali dalam setahun di bulan April dan Oktober di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Khairun.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2012): Periode Bulan April" : 8 Documents clear
RANK DARI MATRIKS ATAS RING Ida Kurnia Waliyanti
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2012): Periode Bulan April
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.827 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v1i1.73

Abstract

Matriks yang biasa dipelajari adalah matriks atas lapangan. Matriks ini selalu mempunyai rank. Selanjutnya jika lapangan diganti dengan ring, maka matriks tersebut akan mempunyai ciri khas tersendiri. Untuk itu dalam tulisan ini akan dikaji bagaimana cara mencari rank dari matriks atas ring tersebut.
INTEGRAL RIEMANN-LEBESGUE Ikram Hamid
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2012): Periode Bulan April
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.861 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v1i1.75

Abstract

In this paper, we discuss a Riemann-type integrals, we called RL-integral. Then, we will construct the RL-integral on [a,b] by studying some basic properties of RL-integrable functions, the characteristics of RL-primitive, the relation between the RL-integral and the Henstock Integral, and some convergence theorems for RL-Integral.
ANALISIS KESTABILAN DINAMIKA INTERAKSI PATOGEN-IMUN Ardiana Ardiana
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2012): Periode Bulan April
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.256 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v1i1.77

Abstract

Tulisan ini membahas tentang analisis kestabilan titik keseimbangan pada model interaksi patogen-imun. Kestabilan model ini juga bergantung pada parameter-parameter khususnya. Untuk menyelesaikan perhitungan model ini digunakan aplikasi aljabar sederhana, sifat-sifat determinan, dan derivatifnya. Model yang pertama kali dikenalkan oleh Murase dan Kajiwara serta Liu ini akan dibuktikan mempunyai titik keseimbangan yang stabil. Untuk menentukan kestabilan pada model ini, dapat menggunakan metode Routh-Hurwitz dengan menentukan nilai-nilai eigen melalui determinannya.
PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA DITINJAU BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN Suratno, Joko
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2012): Periode Bulan April
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.131 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v1i1.78

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep bangun datar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kahirun baik mahasiswa laki-laki maupun mahasiswa perempuan, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat pemahaman konsep bangun datar jika ditinjau berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dan dilakukan di Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun pada bulan Februari s.d. Maret 2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah sampel sebanyak 149 mahasiswa. Data diperoleh melalui tes pemahaman konsep bangun datar yang terdiri dari 28 butir soal yang terbagi ke dalam 4 level pemahaman konsep dan dianalisis dengan statistik deskriptif, sedangkan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep antara mahasiswa laki-laki dan perempuan dilakukan dengan menggunakan Uji Man-Whitney Dua Sampel Independen dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diketahui bahwa pemahaman konsep bangun datar baik mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Khairun secara keseluruhan, pemahaman konsep mahasiswa laki-laki, dan pemahaman konsep mahasiswa perempuan, ketiganya masuk dalam kriteria rendah, serta tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep bangun datar antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan (p-value > 0,05).
ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN GEOMETRI SISWA SMP KOTA TERNATE BERDASARKAN TAHAPAN VAN HIELE Nursyam, Siti Zaenab
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2012): Periode Bulan April
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.568 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v1i1.79

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriptif, memberikan gambaran tentang pemahaman geometri siswa SMP di kota Ternate. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman geometri siswa SMP di kota Ternate terhadap konsep geometri yang diajarkan dan untuk mengetahui kemampuan pemahaman geometri siswa SMP di kota Ternate sesuai dengan tingkatan pemahaman geometri berdasarkan tahapan dari van Hiele. Bertujuan untuk mengetahui pemahaman geometri siswa SMP di kota Ternate terhadap konsep geometri yang diajarkan dan untuk megetahui kemampuan pemahaman geometri siswa SMP di kota Ternate sesuai dengan tingkatan pemahaman geometri berdasarkan tahapan dari van Hiele. Subyek penelitian adalah siswa SMPN 1, SMPN 2, SMPN 6 dan SMPN 7 Ternate yang berjumlah 97 responden. Data dikumpulkan dari hasil observasi mengenai kemampuan pemahaman geometri berupa soal tes dan hasil wawancara terhadap siswa, analisis data dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data. Pada saat wawancara, peneliti sudah melakukan analisis terhadap jawaban yang diberikan, bila jawaban yang diberikan setelah dianalisis terasa belum memuaskan, maka peneliti akan melanjutkan pertanyaan lagi, sampai diperoleh data yang dianggap kredibel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 97 siswa yang menjadi subyek penelitian terdapat 48 siswa atau 49,48%  yang memperoleh kualifikasi gagal, yaitu siswa yang memiliki skor dibawah atau sama dengan 60 (? 60), . 42 siswa atau 43,29% yang memperoleh kualifikasi kurang, yaitu siswa yang memiliki skor antara 61 sampai 70. Hanya 7 siswa atau 7,44% yang memperoleh kualifikasi cukup, yaitu siswa yang memperoleh skor antara 71 sampai 80. Kemampuan pemahaman berdasarkan tahapan van Hiele adalah pada tahapan visualisasi yaitu tahapan dimana siswa hanya mampu membedakan bentuk-bentuk geometri, mendefenisikan dan dapat menentukan unsur-unsurnya saja, pada tahapan ini seluruh siswa termasuk kedalamnya, yaitu sebanyak 97 atau 100% siswa. Tahapan analisis yaitu tahapan dimana siswa mampu menganalisis komponen bangun-bangun, serta menemukan sifat/aturannya, pada tahapan terdapat 60 atau 61,86% siswa yang termasuk kedalamnya. Tahapan pengurutan terdapat 11 atau 11,34% siswa yang termasuk kedalamnya. Tahapan deduksi, tidak terdapat siswa yang termasuk kedalamnya. Tahapan rigor terdapat 3 atau 3,09% siswa termasuk kedalamnya.
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PROGRAMSTUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNKHAIR Hamid, Hasan
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2012): Periode Bulan April
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.661 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v1i1.80

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah Kalkulus II (dua) materi Integral Tertentu dan Aplikasi Integral dalam meningkatkan  keterampilan berpikir kreatif mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unkhair tahun akademik 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah  penelitian  eksperimen  dengan  control  group  pretest-posttest  design. Berdasarkan  hasil   analisis   menunjukkan   bahwa   peningkatan   yang   ditunjukkan   dengan   gain   yang  ternormalisasi (N-Gain) pada  kelas ekperimen  yang  mendapatkan  pembelajaran  berbasis  masalah  lebih  besar  dari kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran secara konvensional atau sebesar ágñkls Ekps = 0,67 dengan klasifikasi sedang, sedangkan peningkatan pada tiap  aspeknya  yaitu  fluency (berpikir lancar) untuk kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang atau ágñkls Eks Flex = 0,53,  flexibility (berpikir luwes) untuk kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang atau ágñkls Eks Flex = 0,61, originality (orisinalitas berpikir) untuk kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang atau ágñkls Eks Flex = 0,57  dan  elaboration (penguraian) untuk kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi atau ágñkls Eks Ela = 0,71, maka  dapat  disimpulkan  penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi Integral Tertentu dan Aplikasi Integral dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unkhair tahun akademik 2010.
SIFAT-SIFAT PEMETAAN BILINEAR Ruhama, Mustafa A. H.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2012): Periode Bulan April
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.816 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v1i1.72

Abstract

Let U, V,  and  W are vector spaces at the same field, phi: U X V     ? W bilinear mapping, if W = C that phi is bilinear functional. The collection of all bilinear mapping phi: U X V  denoted with B(U, V, W). Problems we will discuss about some properties at bilinear mapping. Furthermore will see B(U, V, W) is vector space toward operation ( phi + psi) (x,y) = phi(x,y) + psi(x,y) and (lamdaphi)(x,y) =lamdaphi(x,y) for all scalar lamda, x elemen U, y elemen V  and phi, psi elemen B(U, V, W).
STRATEGI PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA Asmar Bani
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2012): Periode Bulan April
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.736 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v1i1.82

Abstract

Artikel ini membahas tentang dua buah pendekatan pembelajaran matematika. Pendekatan tersebut adalah advance organizer dan discovery learning. Setelah memahami dua pendekatan pembelajaran tersebut diharapkan guru dapat memahami konsep-konsep dan prosedural dalam pembelajaran matematika.

Page 1 of 1 | Total Record : 8