cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal CARE
ISSN : 23552034     EISSN : 25279513     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical studies in the field of care-giving, child protection and child nutrition and health.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2021)" : 8 Documents clear
STRATEGI PEMBELAJARAN , MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMIK COVID 19 DI TKIT AL MARJAN KOTA BEKASI TAHUN 2020 Lily Yuntina
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

      Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang Pendidikan Anak Usia dini dimasa Pandemik COVID 19 dimana  referensi ilmiah yang dihasilkan memberikan manfaat bagi  para pendidik, pakar pendidikan dalam pemecahan masalah-masalah pada kegiatan pembelajarannya .        Subjek Penelitian pada TKIT Al Marjan  di Kota Bekasi .Waktu Penelitian dilaksanakan pada bulan September sampai dengan November  2020 Sumber informasi (sebagai informan) dalam penelitian ini adalah kepala sekolah , para guru dan orang tua murid, Jenis Penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif , Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan oberservasi, wawancara dan  dokumentasi serta  menggunakan data pendukung lainya  yang membantu kelancaran dalam pelaksanaan penelitian ini .Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu Analysis Interactive Model terdiri dari 1.pengumpulan data,2. reduksi data, 3.penyajian data, 4. penarikan kesimpulan (Miles & Huberman 1992).Dengan platform Kegiatan pembelajaran secara daring/belajar dirumah dengan menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi antara guru dan siswa .  .        Hasil penelitian ini memberikan Informasi bahwa :1.Strategi Pembelajaran di TKIT Al Marjan, Guru membuat Strategi dalam membuat  rencana program-program pembelajaran disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan anak dalam belajar 2. Minat Belajar , minat belajar sangat baik terlihat pada kegiatan whatsup dan zoom siswa penuh semangat juga antusias sekali dalam pembelajaran  dan    peran orang tua juga sangat terlihat dalam mendampingi putra putrinya pada saat pembelajaran berlangsung .3,Hasil belajar siswa dapat dievaluasi dari 1.hasil Zoom  pada kegiatan pembelajaran 2. tugas-tugas kelas yang sudah dilaksanakan siswa dan disampaikan orang tua melalui drive thru ke sekolah .Dengan kesimpulan bahwa Strategi pembelajaran, Minat belajar dan hasil belajar siswa pada TKIT Al Marjan  pada masa pandemik COvid 19 dapat dilaksakan dengan baik dengan mencapaian aspek-aspek  perkembangan siswa pada  rata-rata 80 % berkembang sangat baik, 20 % Berkembang sesuai harapan . Sehingga pembelajaran pada masa pandemi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan pendidikan.
PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) ANAK USIA DINI DENGAN PEMANFAATAN AUDIO VISUAL DALAM MENOPANG PROGRAM KKN TEMATIK DI KECAMATAN MANDALAJATI agida hafsyah febriagivary
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebuah wabah yang tengah marak melanda dunia, selain merenggut nyawa manusia juga melupuhkan berbagai sektor yang ada. Salah satunya yakni sektor pendidikan yang mau tidak mau harus bertransformasi menjadi basis teknologi. Hal baru ini kemudia membuat bingung di berbagai tingkat, salah satunya adalah tingkat anak usia dini. Seperti yang kita ketahui jika pendidikan anak usia dini sedang pembentukan karakter, namun apakah dapat beradaptasi dan tergantikan, ini merupakan sebuah tantangan. Jangan sampai teknologi ini disalah gunakan menjadi sumber utama anak belajar, sementara lingkungan anak tidak dieksplor lebih jauh. Hal ini dapat dimanfaatkan, dimana anak dapat mengenal lebih jauh lingkungan sekitar, namun peran orang tua haruslah lebih dominan dalah membantu aspek perkembangannya.Kata Kunci : Anak usia dini, KPS, Teknologi
Implementasi Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru PAUD Selama Masa New Normal Covid-19. Diana Rosidah; Sri Widayati
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pada masa new normal Covid-19 terdapat beberapa guru yang mengalami penurunan kedisiplinan. Peneliti tertarik untuk mengetahui implementasi peran kepemimpinan kepala sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan Implementasi Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru PAUD Selama Masa New Normal Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 kepala sekolah dan 4 guru di RA IU. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purporsive sampling. Analasis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi 3 tahapan: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang 5 indikator peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru. 5 indikator tersebut yaitu peran sebagai pendidik (educator), mengikutsertakan guru dalam pelatihan, seminar, dll, melatih public speaking, membantu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan mendorong guru menciptakan model pembelajaran yang menarik. Leader (pemimpin), membangun hubungan komunikasi yang baik dan membimbing guru dalam memahami IPTEK. Administrator, mengelola administrasi sekolah dan pengembangan kurikulum. Supervisor, dengan membantu guru menyelesaikan masalah. Motivator, menjadi teladan yang baik, memberikan reward dan punishment, memberi suasana kerja yang nyaman, dan menpengaruhi, mengajak, dan menginspirasi guru untuk selalu meningkatkan kompetensi diri.
Pengembangan Media Bakiak Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pemahaman Geometri Dasar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Fathimatuzzohrah Fathimatuzzohrah; Rabihatun Adawiyah; Zuhut Ramdani
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to develop learning media of bakiak ular tangga to increase understanding of the basic geometry of children 5-6 ages. The development model of this study used Borg and Gall which consisted of 6 stages. Products developed were validated by a team of experts. The subjects of small scale were 5 children and large scale 25 children. The instrument used to collect the data was observation sheet. The results showed that the results of the validation of the media expert obtained a score of 31 with an average score of 3.8 which categorized "very good", the results of the validation of the material experts obtained a score of 28 with an average score of 4 which categorized "good". The observation results obtained that the percentage value of the pretest success was 40% (MB) and 78% (BSB) posttest and the results of hypothesis testing between the pretest and posttest using the t-test were -20.476 < 2.048. From these results, it can be concluded that the bakiak ular tangga learning media was feasible to use to improve understanding of the basic geometry of children 5-6 ages. Keywords: media, bakiak ular tangga, basic geometry of children 5-6 ages.
HUBUNGAN PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN LAMONGAN Nur Fairuz Faizatul Mas&#039;udah; Sri Widayati
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran online dengan kedisiplinan anak usia 5-6 tahun pada masa pandemi covid-19 di Kabupaten Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh guru TK kelas B dan orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di Kabupaten Lamongan. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 guru TK kelas B atau orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun yang mengisi kuesioner ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (kuesioner) yang disebarkan melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS IMB versi 26.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang kuat dan positif antara x dan y.Kata kunci: pembelajaran online, anak, disiplin
Pola Asuh Orang Tua di Masa Pandemi COVID-19 di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan Kabupaten Pesisir Selatan Nidya Audina; Yaswinda yaswinda
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pola asuh orang tua yang dominan dalam mendidik anak di masa pandemi covid-19 di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah semua orang tua yang anaknya bersekolah di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan yang berjumlah 40 orang tua, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ialah seluruh orang tua (ayah dan ibu) yang anaknya bersekolah di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan berjumlah 80 orang, dan sampel penelitian ini adalah berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian ini adalah model angket yang setiap responden dapat memilih jawaban dengan cara memberikan tanda check (√). Yang telah dilakukan uji validitas dan realibilitas dan hasilnya valid dan reabel. Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa pola asuh orang tua di masa pandemic covid-19 bahwa pola asuh orang tua yang dominan dalam mendidik anak di masa pandemi covid di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan menggunakan pola asuh dominan demokratis baik dari pilihan jawaban jenis kelamin laki-laki (ayah) dan jenis kelamin perempuan (ibu). 
Pengaruh Pola Asuh Otoritatif Terhadap Sikap Percaya Diri Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Aweh, Lebak-Banten Mulyani Kusherawati; Siti Khosiah; Fahmi Fahmi
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract This study aims to determine whether or not there is an influence between authoritative parenting on the self-confidence of children aged 4-5 years. The subjects in this study were children aged 4-5 years and their parents in Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, Lebak-Banten. The method used in this research is the method Ex-post facto with a quantitative approach. The population in this study found 111 children and their parents. The number of samples taken based on the technique Purposive Sampling is 20 children and parents. Testing the validity and reliability of the instrument, normality test, homogeneity test, linearity test, and simple linear regression test processed using program assistance IBM SPSS 22.0 for windows. Based on the results of the study, it can be said that there is a significant influence between authoritative parenting on the self-confidence of children aged 4-5 years in Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, Lebak-Banten. This can be seen from the significant value obtained is 0,000 < 0,05 wich means H0 rejected and H1 accepted. Keyword: Authoritative Parenting, Confidence Attitude, 4-5 Years Old Children.Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara pola asuh otoritatif terhadap sikap percaya diri anak usia 4-5 tahun. Subyek pada penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun beserta dengan orang tuanya di Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, Lebak-Banten. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 111 anak dan orang tua. Jumlah sampel diambil berdasarkan teknik Purposive Sampling yaitu 20 anak dan orang tua. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen, uji normalits, uji homogenitas, uji linieritas, dan uji regresi linier sederhana yang diolah menggunakan bantuan program IBM SPSS 22.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh otoritatif terhadap sikap percaya diri anak usia 4-5 tahun di Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, Lebak-Banten. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai signifikan yang diperoleh yaitu sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci: Pola Asuh Otoritatif, Sikap Percaya Diri, Anak Usia 4-5 Tahun.
Pengaruh Pembiasaan Bebasan Jawa Banten Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Siti Fatmawati; Luluk Asmawati; Tri Sayekti
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyaknya anak di Kecamatan Kramatwatu yang tidak bisa berkomunikasi dengan orang yang lebih tua di sekitarnya karena perbedaan bahasa tetapi interaksi sosial di Desa Tonjong Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang- Banten dilakukan dengan pembiasaan sebagai mana yang telah peneliti observasi sebelumnya dimana dalam berinteraksi antara anak dengan orang tua menerapkan pembiasaan berbahasa bebasan Jawa Banten. Penelitian ini ditunjukkan untuk mengetahui gambaran secara langsung tentang pengaruh pembiasaan bebasan Jawa Banten terhadap kemampuan interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di Desa Tonjong Kabupaten Serang- Banten. Penelitian ini menggunakan metode Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pembiasaan bebasan Jawa Banten terhadap kemampuan interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di Desa Tonjong Kabupaten Serang-Banten.

Page 1 of 1 | Total Record : 8