cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
ISSN : 23379049     EISSN : 25024671     DOI : -
Core Subject : Education,
Terbit dua kali setahun, pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2017)" : 6 Documents clear
Assesmen Portofolio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Muhammad Syahrul Kahar
JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.04 KB) | DOI: 10.25273/jems.v5i2.1987

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan hasil belajar fisika Mahasiswa di Prodi Pendidikan Matematika  UM-Sorong dengan penerapan assesmen portofolio. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I selama 5 kali pertemuan dan siklus II selama 3 kali pertemuan. Dalam penelitian ini terdapat tiga aspek dalam pembelajaran fisika yang menjadi perhatian, yaitu hasil belajar, penilaian portofolio dan partisipasi. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Kelas D Prodi Pendidikan Matematika  UM-Sorong yang berjumlah 30 orang. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Untuk hasil belajar skor rata-rata yang dicapai setelah penerapan assesmen portofolio dari 30 Mahasiswa pada Siklus I  adalah yang diperoleh sebesar 87,5 dengan kategori sangat tinggi dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 6,4 sedangkan pada siklus II sebesar 89,3 dengan kategori sangat tinggi dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 10. Untuk hasil portofolio skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 82,7 dengan kategori tinggi dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 12,6 sedangkan pada siklus II sebesar 86,5 dengan kategori sangat tinggi dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 10,7. Partisipasi Mahasiswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Hal ini di lihat dari perhatian Mahasiswa dalam proses belajar mengajar, mahasiswa mengajukan pertanyaan, Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen, dan mahasiswa yang mengumpul tugas.
Uji Validasi Bahan Ajar Berbasis Keunggulan Lokal di SDN Gili Matra, Lombok Utara Nusa Tenggara Barat Akhmad Sukri; Bq. Muli Harisanti; Bq. Sri Wahyuni; Suharti Suharti; Amirudin Amirudi
JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.203 KB) | DOI: 10.25273/jems.v5i2.2074

Abstract

Taman Wisata Perairan (TWP) Gili Matra yang terdiri dari Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan merupakan lokasi wisata populer dan banyak dikenal oleh wisatawan nusantara dan mancanegara. TWP Gili Matra terkenal dengan pesona pantai dan alam bawah laut yang eksotis terutama terumbu karang. Kerusakan terumbu karang di daerah Nusa Tenggara Barat dan TWP Gili Matra telah terjadi selama kurun waktu 10 tahun terakhir. Kerusakan terumbu karang di TWP Gili Matra disebabkan oleh faktor pemutihan karang (coral bleaching), pengeboman ikan, dan pelepasan jangkar. Akibat kerusakan ekosistem terumbu karang di TWP Gili Matra dikhawatirkan berpengaruh terhadap aspek sosial ekonomi masyarakat sekitar. Pelestarian ekosistem terumbu karang melalui pembentukan kesadaran telah dilakukan oleh Sukri (2016) melalui penyusunan bahan ajar berbasis keunggulan lokal di Sekolah Dasar Gili Matra. Upaya ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran sejak dini kepada peserta didik akan pentingnya keberadaan dan upaya pelestarian ekosistem terumbu karang di Gili Matra. Bahan ajar yang telah disusun tersebut perlu divalidasi untuk memperoleh bahan ajar siap pakai yang memilik kelayakan dari berbagai aspek seperti penggunaan bahasa yang baik dan benar, kebenaran isi atau substansi, dan aspek tampilan dan penyajian. Berdasarkan hasil uji validasi isi atau substansi bahan ajar, diketahui bahwa secara keseluruhan substansi atau isi bahan ajar telah sesuai dan berada pada kategori sangat baik (rerata skor = 3,4), sedangkan dari segi ketepatan penggunaan bahasa, bahan ajar yang telah disusun berada pada kategori sangat baik (rerata skor = 3,5), dan dari segi kelayakan penyajian dan tampilan, bahan ajar berbasis keunggulan lokal yang telah disusun berada pada kategori sangat baik (rerata skor = 3,8). Secara keseluruhan, baik dari aspek isi atau substansi, ketepatan penggunaan bahasa, dan kelayakan penyajian dan tampilan, bahan ajar yang telah disusun berada pada kategori sangat baik dan layak untuk digunakan.
Implementasi Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Berbantuan Software Wingeom Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Gusnidar Gusnidar; Netriwati Netriwati; Fredi Ganda Putra
JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.909 KB) | DOI: 10.25273/jems.v5i2.1988

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran konflik kognitif berbantuan software wingeom dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi satu jalur sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis variansi satu jalur dengan sel tak sama, diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan antara strategi pembelajaran konflik kognitif berbantuan software wingeom dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Motivasi Belajar Matematika Dwi Rismaratri; Nuryadi Nuryadi
JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.612 KB) | DOI: 10.25273/jems.v5i2.2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh kemampuan berfikir kreatif dan motivasi belajar matematika Model Pembelajaran Quantum dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan model konvensional pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Godean, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas VII A dan kelas VII C. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara kelompok model pembelajaran quantum dengan pendekatan RME dan model konvensional peneliti menggunakan uji manova dan untuk uji lanjut dilakukan uji independent sample t-test untuk melihat variabel yang lebih berpengaruh terhadap perbedaan tersebut. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran quantum dengan pendekatan RME lebih berpengaru baik terhadap kemampuan berfikir kreatif maupun motivasi belajar matematika siswa.
Efektivitas Penerapan Model Probing-Prompting Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Muhamad Ruslan Layn
JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.776 KB) | DOI: 10.25273/jems.v5i2.2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model probing-prompting ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Sorong tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah one shot case study. Instrumen penelitian ini adalah tes uraian berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis data, persentase siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis dengan baik kurang dari 65%. Dengan demikian, model probing-prompting tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa.
Studi Observasi Efektifitas Penggunaan Permainan To The Left dalam Pembelajaran Biologi Kelas VIII di MTs 1 Atap Mlarik Ngawi Sri Utami; Frendy Oktaris Whidayat; R. Bekti Kiswardianta
JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.929 KB) | DOI: 10.25273/jems.v5i2.2073

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan permainan To The Left dalam pembelajaran biologi siswa kelas VIII MTs 1 Atap Mlarik Ngawi tahun pelajaran 2015/2016 ditijau dari segi keterlaksanaan RPP, aspek kognitif , afektif dan psikomotorik siswa,  serta Respon siswa, guru dan kepala sekolah. Penelitian ini merupakan Studi Obsevasi terhadap efektifitas penerapan permainan To The Left yang telah diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas VIII MTs 1 Atap Mlarik Ngawi sejak 2013, tetapi belum pernah diamati dan dianalisi tinggkat efektifitasnya. Studi Observasi dilaksanakan selama 5 bulan yaitu Februari-Juni 2016 dengan menggunakan lembar pengamatan. Observasi yang dilakukan meliputi: observasi keterlaksanaan pembelajaran/RPP, observasi dan analisis aspek afektif dan psikomotorik siswa selama proses PBM, angket respon siswa, analisis hasil ulangan harian, dan analisi hasil UTS, lembar panduan wawancara untuk guru biologi kelas VIII dan kepala sekolah. Data penelitian menunjukan bahwa: setiap tahab pembelajaran dalam RPP terlaksana dengan baik dan benar. Siswa menunjukan antusias yang tinggi,  keterampilan mengemukakan pendapat dan bertanya yang baik, disiplin, komunikatif dan menghargai pendapat orang lain dalam pembelajaran. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan permainan To The Left yang digali menggunakan angket tertutup dari 28 responden menunjukan bahwa efektifitas permainan To The Left adalah 841: 1120 x 100% = 75,08 % termasuk kreteria cukup baik. Respon guru dan kepala sekolah terhadap pembelajaran dengan permainan To The Left yang diambil dengan teknik wawancara adalah pembelajaran dinilai efektif dapat menimbulkan rasa ketertarikan, keceriaan dan kegembiraan siswa dalam pembelajaran. Data nilai rata-rata ulangan harian dari 28 siswa sebanyak 21 siswa (75%) tuntas dan 7 siswa (25%) tidak tuntas, sedangkan untuk nilai UTS 16 siswa (57,2%) tuntas dan 12 siswa (42,8%) tidak tuntas. Dapat disimpulkan bahwa permainan to the left cukup efektif apabila dilihat dari pencapaian rata-rata nilai ulangan harian yang didapat, dan kurang efektif apabila dilihat dari nilai UTS. Hal ini dikarenakan materi UTS adalah materi IPA yaitu meliputi biologi, fisika dan kimia yang tidak hanya diajarkan dengan permainan to the left tetapi dengan metode-metode yang biasa dilakukan misalnya penugasan dengan LKS dan ceramah, atau praktikum tanpa ada persentasi laporan hasil praktikum. Kemudian disarankan untuk pembelajaran selanjutnya perlu adanya perbaikan RPP pada tiap fase PBM, dan diterapkan untuk kurikulum K-13..

Page 1 of 1 | Total Record : 6