cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
ISSN : 24611247     EISSN : 24775142     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, mempublikasi artikel-artikal yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup inovasi pembelajaran, model pembelajaran, evalusi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi pembelajaran fisika, fisika material, kimia fisika, fisika bumi, instrumentasi, komputasi dan astronomi.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli - September 2017" : 5 Documents clear
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2015/2016 Harahap, Syahrizal; Siregar, Alkhafi Maas
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli - September 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v3i3.10874

Abstract

This research is aimed to investigate the effect of problem-based learning (PBL) on student s learning outcome in heat temperature topic in the second semester of grade X SMA Nil Medan A. Y. 2015 2016. Ihis research is a quasi experimental population of all class X SMA Negeri 1 I Medan, which consists of ten classes. Samples were taken two classes are determined by random cluster sampling technique . X-9 as the experimental class and class X-10 as the control class . The results were obtained value-average pretest experimental class 24,58 and the control class 22.58. After the study was completed, given the posttest and average values obtained 73.13 experimental class and control class 68,87. It can be concluded that there is a significant influence of problem based learning on students learning outcome in heat temperature m grade X SMA Nil Medan T.P. 2015 2016.
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 17 MEDAN T.P 2016/2017 Simamora, Rekina Natalia; Simatupang, Sehat
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli - September 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v3i3.10867

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning pada materi Hukum Newton di kelas X semester I SMA Negeri 17 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA Negeri 17 Medan T.P 2016/2017 yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah 10 soal. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian ini adalah uji t. sebagai uji prasyarat digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil pengujian hipotesis, kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa pada materi pokok Hukum Newton di kelas X semester I SMA Negeri 17 Medan T.P. 2016/2017.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA GERAK JATUH BEBAS KELAS X SEMESTER 1 DI SMA SWASTA KARTINI UTAMA SEI RAMPAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Haryadi, Jafri; Tusakdiah, Halimah
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli - September 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v3i3.10869

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran fisika karena fisika di anggap sulit dan kurang di gemari. Tujuan dalam penelitian ini untuk melihat ada pengaruh yang signifikan dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Alat Peraga terhadap hasil belajar fisika pada pokok bahasan Gerak Lurus .Desain penelitian yang digunakan adalah two group Pretest and posttest design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar fisika siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Swasta Kartini Utama Sei Rampah Kelas X IPA T.P 2016/2017 yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa 90 orang. Sampel yang di ambil hanya dua kelas dari populasi. Variabel penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan  Alat Peraga dan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan gerak lurus.Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 35,9 dan standar deviasinya 3,06 sedangkan nilai pre-tes kelas kontrol diperoleh  nilai rata-rata 34,63 dan standart deviasinya 3,19. Hasil uji t diperoleh  = 1,730 dan  = 2,002, karena  <  maka dapat dianggap bahwa kemampuan awal siswa untuk kedua kelas sama. Untuk  kelas eksperimen yang diberikan dengan  model Pembelajaran Berbasis Proyek diperoleh nilai rata-rata postes 78,96 dan standar deviasinya 4,23 sedangkan untuk kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata postes 73,1 dan standar deviasinya 3,16. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t, dimana  = 6,584 sedangkan  = 1,671 pada taraf nyata 0,05 karena  >  maka diperoleh adanya pengaruh yang signifikan pada model Pembelajaran Berbasis Proyek menggunakan Alat Peraga terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok Gerak Lurus di SMA Swasta Kartini Utama Sei Rampah T.P. 2016/2017.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMESTER II SMK N 1 PERCUT SEI TUAN T. P. 2015/2016 Saliwannur, Saliwannur; Harahap, Mara Bangun
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli - September 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v3i3.10870

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap pengetahuan konseptual fisika siswa pada materi pokok fluida statis di kelas X semester II SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T. P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah  quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling dan pemilihan kelas dilakukan secara random, didapatkan siswa kelas X RPL-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ-3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda pengetahuan konseptual dengan jumlah soal 20 item dan lembar aktivitas siswa. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 29,35 dan kelas kontrol adalah 28,55 sedangkan rata-rata postes kelas eksperimen adalah 64,68 dan kelas kontrol adalah 59,52. Berdasarkan hasil observasi diperoleh persentase rata-rata aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) adalah 60,21% dengan kriteria aktif sedangkan persentase rata-rata aktivitas siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional adalah 50,49 % dengan kriteria cukup aktif. Hasil uji hipotesis dengan uji t dengan thitung > ttabel (2,23 > 1,67) menunjukkan hasil belajar pengetahuan konseptual fisika siswa dengan model kooperatif tipe group investigation (GI) lebih tinggi daripada pengetahuan konseptual fisika siswa dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA POKOK BABASAN GERAK LURUS KELAS X SMAN 20 MEDAN Tanjung, Ratna; Khadijah, Siti
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli - September 2017
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v3i3.10873

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan gerak lurus kelas X SMAN 20 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini ialah quasi eksperimen dengan desain Control group Pretest posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MS SMAN 20 Medan T.P. 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 108 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang mengambil 2 kelas, yaitu kelas X MS 2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X MS 3 sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,54 dan kelas kontrol 35,57. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji t dua pihak diperoleh thitung < ttabel  dengan thitung =- 0,716 dan ttabel = 1,997, maka kemampuan awal kedua kelas sama. Setelah diberi perlakuan, diperoleh rata-rata postes kelas eksperimen 73,80 dan kelas kontrol 60,82.  Kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel dengan thitung = 7,47 dan ttabel  = 1,668 pada taraf  nyata 0,05 maka Ha diterima, sehingga ada pengaruh  model pembelajaran berdasarkan masalah menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan gerak lurus kelas X SMAN 20 Medan T.P. 2016/2017. Rata-rata nilai aktivitas belajar siswa adalah 74,12 termasuk dalam kriteria aktif.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 5, No 1 (2019): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET Vol 4, No 4 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI OKTOBER - DESEMBER 2018 Vol 4, No 3 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JULI - SEPTEMBER 2018 Vol 4, No 2 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI APRIL - JUNI 2018 Vol 4, No 1 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET 2018 Vol 3, No 4 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober-Desember 2017 Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli - September 2017 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April 2017 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April-Juni 2017 Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Januari - Maret 2017 Vol 2, No 4 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Oktober 2016 Vol 2, No 4 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober - Desember 2016 Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli-September 2016 Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli 2016 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April - Juli 2016 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April 2015 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Januari - Maret 2016 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Januari 2016 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober - Desember 2015 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober 2015 More Issue