cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
ISSN : 23564997     EISSN : 27154734     DOI : -
Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap tahunnya.
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2015): Desember" : 21 Documents clear
PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA KOMPETENSI LAS LISTRIK BERBASIS PRODUK DI SMK PEMESINAN WA, Muhammad Iman; Munawar, Wahid; Sasmita, Asep H
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 2 (2015): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i2.1485

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kompetensi las listrik dengan menggunakan model PjBL ketercapaian waktu yang dihasilkan siswa dalam membuat produk, mendeskripsikan kompetensi las listrik yang dihasilkan siswa, dan mendeskripsikan ketercapaian pembuatan produk.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-eksperimental dan desain peneliatiannya adalah one shot  case study. Lokasi penelitian ini di SMKN 1 Katapang, populasi  penelitian ini adalah siswa kelas X MP 2 SMKN 1 Katapang yang berjumlah 36 orang, dan yang dijadikan sampel adalah 6 orang siswa dari kelas X MP 2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kinerja dan teknik analisis data dengan menggunakan Content Validity Rasio (CVR) dan Content Validity Index (CVI). Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran kompetensi las listrik dilaksanakan dengan beberapa tahap yaitu penentuan pertanyaan mendasar, perencanaan proyek, menyusun jadwal, monitoring, menguji hasil dan evaluasi pengalaman. Ketercapaian waktu pembuatan produk yang dihasilkan seluruh kelompok dinyatakan lulus karena tidak melebihi dari alokasi waktu pembelajaran.
ANALISIS KEBUTUHAN PERALATAN PRAKTIK MATA KULIAH PENGERJAAN LOGAM UNTUK MENCAPAI TUNTUTAN KOMPETENSI YANG DISYARATKAN Pebriyana, Sandy; Yayat, Yayat; Sasmita, Asep H
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 2 (2015): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i2.1490

Abstract

Keterbatasan alat yang dimiliki Workshop Praktek Dasar DPTM FPTK UPI berimbas kepada pelaksanaan pembelajaran dimana sering ditemukan terjadinya antrian dalam penggunaan alat. Kondisi tersebut secara tidak langsung berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengerjaan Logam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran nyata tentang kondisi faktual dan kondisi ideal tentang jumlah alat, efisiensi penggunaan alat dan kondisi kesesuaian antara jumlah alat faktual dengan jumlah kebutuhan alat ideal yang digunakan pada mata kuliah Pengerjaan Logam DPTM FPTK UPI. Subjek penelitian adalah alat yang digunakan pada mata kuliah Pengerjaan Logam. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Jenis instrument yang digunakan adalah pedoman dokumentasi, pedoman wawancara dan pedoman observasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa jumlah alat yang digunakan pada pembelajaran mata kuliah Pengerjaan Logam mayoritas jumlahnya terbatas, dan nilai efisiensi penggunaan alatnya mayoritas sangat tinggi (90%). Perhitungan, kebutuhan alat untuk kondisi ideal pada setiap kelompok job dan nilai efisiensi penggunannya adalah: a) kerja bangku kebutuhannya 14 buah/jenis alat dengan efesiensi penggunaan 83%, b) kerja plat 7 buah/jenis dengan efesiensi penggunaan 83%, c) kerja las listrik 4 buah/jenis dengan efesiensi penggunaan 73%, d) kerja las asetilin 7 buah/jenis dengan efesiensi 83%, dan e) kerja bubut 7 buah/jenis dengan efesiensi penggunaan 83%. Tingkat kesesuian antara jumlah alat yang digunakan dan jumlah kebutuhan alat yang ideal pada mata kuliah Pengerjaan Logam hanya sebesar 22%.
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR PELAKSANAAN PROSEDUR PENGELASAN DI SMK OTOMOTIF Mayo, Feta; Munawar, Wahid; Noor, Ridwan AM
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 2 (2015): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i2.1481

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan ketercapaian waktu pembelajaran pengelasan menggunakan model PJBL dan mendeskripsikan ketercapaian produk dalam pembelajaran pengelasan tersebut. Penerapan PJBL diharapkan dapat membekali peserta didik mengenai penerapan keterampilan pengelasan di dunia kerja secara menyeluruh, sehingga dapat berguna ketika terutama berwirausaha. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one shot case study dimana subjek penelitian diberikan treatment/perlakuan dan selanjutnya diobservasi hasilnya. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 15 orang yang dibuat menjadi 5 grup. Grup terdiri dari peserta didik dengan nilai tinggi, rata-rata dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kinerja. Analisis data dilakukan pada waktu pengerjaan dan hasil produk. Hasil penelitian ini: (1) ketercapaian waktu pengerjaan produk selama 1080 menit waktu pembelajaran pengelasan, seluruh grup dapat menyelesaikan satu produk (meja praktik); (2) ketercapain produk oleh grup dengan nilai tertinggi dapat menyelesaikan tiga buah produk, yaitu meja praktik, rangka pot bunga, dan meja belajar. Grup nilai rata-rata menyelesaikan 3 buah produk yaitu meja praktik dan dua buah rangka pot bunga. Grup dengan nilai rendah menyelesaikan satu produk, yaitu meja praktik.
PENGGUNAAN MULTIMEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MATERI PENGUATAN LOGAM PADA MATA KULIAH MATERIAL TEKNIK Fratandha, Zevi M; Suherman, Amay; Komaro, Mumu
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 2 (2015): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i2.1495

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa DPTM UPI pada pembelajaran materi Penguatan Logam dengan menerapkan pembelajaran menggunakan multimedia animasi dibandingkan dengan menggunakan diktat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunaan pola desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik Pengumpulan data dilakuan dengan menggunakan tes soal essay yang dilakukan sebelum dan sesudah mahasiswa diberikan treatment. Hasil penelitian dilihat dari nilai rata-rata N-Gain dari masing-masing kelompok menunjukan peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelompok yang menggunakan multimedia animasi dalam pembelajarannya yang berada pada kategori sedang lebih baik dibandingkan peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelompok yang menggunakan media diktat dalam pembelajarannya yang berada pada kategori rendah.
STUDI EKSPLORASI KETERSERAPAN LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI DI KOTA BANDUNG PADA INDUSTRI OTOMOTIF Mutaqin, Muhammad Khafid A.; Kuswana, Wowo S.; Sriyono, Sriyono
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 2 (2015): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i2.1486

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterserapan lulusan SMK pada dunia industri khusunya pada industri otomotif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lulusan SMKNdi Kota Bandung.Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah lulusan SMKN 6 Bandung dan SMKN8 Bandung program keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) tahun 2012 dan 2013. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara yang ditujukan pada responden yaitu wakil kepala sekolah bidang hubungan industri, ketua Bursa Kerja Khusus (BKK) dan staf di industri yang menangani bagian Sumber Daya Manusia (SDM). Lembar wawancara tersebut dimaksudkan guna memperoleh data mengenai keterserapan lulusan SMK di dunia industri. Hasil pengolahan data menunjukan tahun 2012 keterserapan lulusan SMK Negeri di Kota Bandung pada industri otomotif berada pada kategori kurang dari setengahnya, diluar industri otomotif berada pada kategori sebagian kecil dan diseluruh sektor industri berada pada kategori lebih dari setengahnya.  Tahun 2013 keterserapan lulusan SMK Negeri di Kota Bandung pada industri otomotif berada pada kategori kurang dari setengahnya, diluar industri otomotif berada pada kategori sebagian kecil dan di seluruh sektor industri berada pada kategori lebih dari setengahnya.
KOMPARASI PENINGKATAN HASIL BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE TERPADU DENGAN PEMBELAJARAN KLASIKAL PADA MATA KULIAH PNEUMATIK DAN HIDROLIK Ahmad, Syaeful; Sumardi, Kamin; Purnawan, Purnawan
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 2 (2015): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i2.1491

Abstract

Mata kuliah pneumatik dan hidrolik merupakan mata kuliah wajib baru yang mempelajari mulai dari dasar ilmu tentang sistem pneumatik dan hidrolik, simbol dan mekanisme komponen dalam sistem, hingga cara kerja dari katup-katup pneumatik. Materi ini membutuhkan tingkat pemahaman yang tinggi, sehingga menuntut mahasiswa untuk melakukan pembelajaran yang dapat memudahkan dalam memahaminya. Sistem Pembelajaran Online Terpadu merupakan aplikasi e-learning yang didesain untuk memfasilitasi pembelajaran dengan modus jarak jauh, mandiri dan fleksibel. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi mengenai peningkatan hasil belajar (N-Gain) pada kelas yang menggunakan SPOT UPI dan pada kelas yang menggunakan pembelajaran klasikal, serta mendapatkan informasi mengenai perbedaan peningkatan hasil belajarnya. Penelitian menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan antara pembelajaran menggunakan SPOT UPI dengan pembelajaran klasikal. Nilai rata-rata N-Gain mahasiswa yang menggunakan SPOT UPI berkategori sedang dan nilai rata-rata N-Gain mahasiswa yang menggunakan pembelajaran klasikal berkategori sedang.
PENERAPAN INTEGRATED COURSE WARE KATUP PNEUMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PNEUMATIK DAN HIDROLIK D3 TEKNIK MESIN UPI Purnama, Gilang; Rohendi, Dedi; Purnawan, Purnawan
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 2 (2015): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i2.1482

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan dan perbedaan peningkatan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan integrated course ware (ICW) katup pneumatik  sebagai media interaktif maupun media tayang pada materi simbol dan cara kerja katup pneumatik dalam mata kuliah pneumatik dan hidrolik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian  quasi experimental. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-test and post-test group design. Peningkatan hasil belajar dinyatakan dalam N-Gain yang dihitung berdasarkan hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran animasi, yang menggunakan ICW katup pneumatik sebagai media interaktif maupun media tayang dapat meningkatkan hasil belajar pada materi simbol dan mekanisme katup pneumatik. Rata-rata peningkatan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan ICW katup pneumatik sebagai media interaktif berkategori rendah, sedangkan rata-rata peningkatan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan ICW katup pneumatik sebagai media tayang berkategori sedang. Jadi, dapat dinyatakan bahwa penggunaan ICW katup pneumatik sebagai media tayang memberikan peningkatan hasil belajar mahasiswa yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang menggunakan ICW katup pneumatik sebagai media interaktif pada materi simbol dan cara kerja katup pneumatik.
HUBUNGAN ANTARA WAKTU PEMOTONGAN DENGAN WAKTU PEMESINAN BUBUT PADA UJI KOMPETENSI PRAKTIK KEJURUAN BIDANG PEMESINAN Nugraha, Aditya; Wardaya, Wardaya; Purnawan, Purnawan
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 2 (2015): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i2.1496

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tidak adanya waktu standar yang spesifik pada aspek waktu pemesinan bubut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran waktu pemotongan dan waktu pemesinan serta mengetahui seberapa besar hubungan antara waktu pemotongan dengan waktu pemesinan pada pelaksanaan uji kompetensi praktik kejuruan bidang pemesinan bubut di SMK Negeri 6 Bandung Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Data dijaring melalui studi observasi secara langsung pada pelaksanaan uji kompetensi praktik kejuruan teknik pemesinan untuk pekerjaan membubut, yang meliputi membubut rata, bertingkat, tirus, chamfer, alur, ulir, bor dan kartel. Hasil penelitian menunjukan bahwa waktu pemotongan berhubungan dengan waktu pemesinan pada uji kompetensi praktik kejuruan bidang pemesinan bubut dengan tingkat hubungan kuat.
KORELASI KESULITAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN COMPUTER NUMERICAL CONTROL SISWA SMK Ihwan, Nur; Siregar, Syafarudin; Wardaya, Wardaya
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 2 (2015): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i2.1487

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar korelasi kesulitan belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Computer Numerical Control (CNC) di SMK Negeri 12 Bandung dan untuk mengetahui Faktor manakah yang lebih dominan yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Computer Numerical Control (CNC) di SMK Negeri 12 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan metode deskriptif analitik korelasional, metode ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua variabel atau lebih. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) dengan menggunakan cara sampel proporsional acak sederhana dengan cara diundi tanpa pengembalian, dan nilai akhir dari sekolah (dokumentasi). Hasil temuan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara Kesulitan Belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran CNC bubut pada siswa kelas XI PPU di SMKN 12 Bandung tahun ajaran 2013/2014. Untuk rekomendasi yaitu lebih meningkatkan kemampuan aspek kognitif untuk penguasaan teori CNC serta meningkatkan kemampuan pada aspek psikomotor (keterampilan) dalam praktek permesinan dan memahami kesulitan belajar dan mencari jalan keluarnya.
STUDI TENTANG KETERSEDIAAN FASILITAS WORKSHOP OTOMOTIF SMKN 8 BANDUNG BERDASARKAN STANDARSARANA PRASARANA PENDIDIKAN NASIONAL UNTUK MEMENUHI STANDAR UJI KOMPETENSI Habeahan, Tanggu M; Kusumah, Inu H; Karo-Karo, Uli
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 2, No 2 (2015): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v2i2.1492

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang sarana prasarana di workshop SMK 8 bandung terhadap pemenuhan standar uji kompetensi teknik otomotif berdasarkan instrumen verifikasi SMK penyelenggara ujian praktik kejuruan. Penelitian dilakukan karena masih banyaknya SMK yang belum memenuhi standar sarana prasarana berdasarkan standar pendidikan nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan instrumen data observasi dan dokumentasi. Instrumen dilakukan setelah mendapatkan data dari hasil observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan persentase pemenuhan standar sarana prasarana workshop SMK Negeri 8 Bandung berdasarkan standar sarana prasarana pendidikan nasional dalam memenuhi standar uji kompetensi.

Page 1 of 3 | Total Record : 21