cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
ISSN : 23564997     EISSN : 27154734     DOI : -
Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap tahunnya.
Arjuna Subject : -
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2018): Juni" : 19 Documents clear
PENERAPAN METODE INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KONTROL REFRIGERASI DAN TATA UDARA Sodikin, Muhamad A; Sumardi, Kamin; Berman, Ega T
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i1.12619

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi peserta didik melalui penerapan metode information search. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, kuesioner dan data hasil pengerjaan tugas. Subjek penelitian terdiri dari 30 responden yang terhimpun pada satu kelas tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi informasi peserta didik menunjukan peningkatan pada setiap siklus, metode ini dapat menunjang peningkatan kemampuan literasi informasi peserta didik, dan diperoleh solusi dari setiap kendala yang dihadapi pada setiap siklus. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan sangat baik, ditunjukkan melalui observasi penilaian aktivitas pendidik. Informasi yang dikaji, diseleksi, dan diolah sebelum digunakan serta didukung dengan beragam sumber informasi dapat menghasilkan pengetahuan yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan. Bekal kemampuan literasi informasi yang baik dapat membantu peserta didik dalam mencapai kompetensi yang baik dengan dasar yang jelas. Disimpulkan penerapan metode pembelajaran information search mampu meningkatkan kemampuan literasi informasi peserta didik.
ANALISIS ERGONOMI MENGGUNAKAN METODE QUICK EXPOSURE CHECKLIST PADA PRAKTIKAN BIDANG KEAHLIAN CHASSIS OTOMOTIF Ramdhani, Ramdhani; Noor, Ridwan A. M.
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i1.12624

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat risiko ergonomi pada saat praktik chassis otomotif pada kompetensi roda dan ban. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini diambil menggunakan teknik sampling jenuh yaitu mahasiswa Departemen Pendidikan Teknik Mesin konsentrasi otomotif angkatan 2014. Pengumpulan data dengan dengan cara teknik observasi dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data terdiri dari dari lembar observasi dan kuesioner. Metode yang digunakan untuk menganalisis posisi tubuh adalah Quick Exposure Checklist (QEC) . Metode QEC menganalisis pajanan pada  punggung, bahu/lengan, pergelangan lengan/lengan, dan leher. Metode ini tidak hanya menilai pajanan pada tubuh tetapi durasi, beban benda kerja, dan tingkat kesulitan pekerjaan masuk kedalam kriteria penilaian. Kompetensi roda dan ban dipilih karena dinilai memiliki tingkat resiko ergonomi yang tinggi. Pada tubuh persentil 95 didapat 59%, tubuh persentil 50 didapat 59%, tubuh persentil 5 didapat 52,2%, yang berarti harus diselidiki dan segera dirubah untuk mengurangi risiko ergonomi. Peneliti menyarankan alat bantu praktik  untuk mengangkat dan memindahkan beban yang bisa disesuaikan menurut data antropometri.
PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DAN ELEMEN MESIN Sawawa, Danur; Solehudin, Agus; Sabri, Sabri
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i1.12615

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melihat gambaran faktor apa saja yang paling dominan mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode sensus dengan keseluruhan siswa kelas X TPM 1 program keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 6 Bandung Tahun Ajaran 2017-2018. Hasil penelitian menunjukkan gambaran ke enam variabel yang diteliti memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin. Hal ini dibuktikan dengan nilai Kaiser-Meyer-Olkin Measure of Sampling Adequacy yang lebih besar dari 0,5. Faktor-faktor dominan yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin yaitu dimulai dari aspek motivasi (0,858), aspek minat (0,757), aspek fisiologis (0,722), aspek keadaan sekolah (0,525), aspek lingkungan sosial (0,037), dan terakhir adalah aspek keadaan keluarga (0,037).
KOMPETENSI MAHASISWA TEKNIK MESIN DIPLOMA 3 DAN RELEVANSI DENGAN DUNIA KERJA Sutrisno, Yohanes T.A.; Rohendi, Dedi; Permana, Tatang
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i1.12630

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi mahasiswa dan relevansi dunia kerja lulusan Program Studi Teknik Mesin D3 Konsentrasi Otomotif.  Kompetensi yang tertera pada Surat Keterangan Pendamping Ijazah adalah kompetensi mata kuliah dasar teknik mesin dan kompetensi mata kuliah dibidang otomotif yang minimal dimiliki oleh lulusan. Kompetensi ditinjau dari capaian pembelajaran mahasiswa dalam bidang dasar teknik mesin dan bidang otomotif dilihat dari beberapa mata kuliah yang tertera di SKPI. Relevansi  dunia kerja yang dimaksud adalah bidang kerja, dan jabatan lulusan di dunia kerja. Relevansi bidang kerja lulusan diukur dari deskripsi pekerjaan, jabatan dan bidang pekerjaan lulusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa dan lulusan Program Studi Teknik Mesin D3 Konsentrasi Otomotif. Sampel diambil dengan teknik sampling purposive sebanyak 35 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kompetensi mahasiswa sudah baik dengan persentase kompetensi mata kuliah dasar teknik mesin sebesar 72,2 % (baik), dan kompetensi mata kuliah bidang otomotif sebesar 82,7 % (baik). Sedangkan  relevansi dunia kerja lulusan di peroleh hasil 46% lulusan yang bekerja, 26% jabatan lulusan menjadi teknisi, dan relevansi bidang kerja dengan jurusan saat kuliah adalah sebesar 60,9 % sehingga bisa relevan dengan dunia kerja.
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENGUJIAN LOGAM PADA SISWA SMK Ridha, Muhammd R; Komaro, Mumu; Ariyano, Ariyano
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i1.12620

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi pengujian logam dengam  pembelajaran menggunakan media audio visual di SMKN 1 Katapang. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran dasar perancangan teknik mesin, guru kesulitan menjelaskan materi pengujian logam disebabkan tidak adanya alat-alat pengujian logam, sehingga guru tidak bisa melakukan demonstrasi proses pengujian logam. Tidak bisa dilakukannya demonstrasi pengujian logam, menyebabkan siswa hanya mendapat pengalaman belajar yang lebih sedikit melalui media gambar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan rancangan control group pre-test post-test. Teknik analisis data menggunakan uji homogenitas untuk data pre-test dan post-test, perhitungan N-gain, dan uji-t untuk pengujian hipotesis. Populasi dan Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas X di SMKN 1 Katapang. Berdasarkan hasil analisis data peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi pengujian logam yang menggunakan media audio visual lebih besar dari media gambar. Respon siswa terhadap media audio visual juga berkategori baik.
STUDI MODEL ESTIMATOR WAKTU KERJA PEMESINAN BUBUT PADA UJI KOMPETENSI PRAKTIK KEJURUAN BIDANG PEMESINAN Wati, Ratna; Wardaya, Wardaya; Purnawan, Purnawan
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i1.12625

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model estimator waktu kerja pemesinan, dan format penilaian waktu kerja pada uji kompetensi praktik kejuruan bidang pemesinan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi langsung pada pelaksanaan uji kompetensi praktik kejuruan untuk pekerjaan membubut yang meliputi proses bubut rata muka, bubut rata, bubut ulir luar, bubut chamfer, bubut alur, dan bor center. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model linear Tm = 15.021 + 4.250Tc dapat digunakan sebagai model estimator waktu kerja pemesinan pada uji kompetensi praktik kejuruan pemesinan bubut. Format penilaian waktu pemesinan yang dihasilkan dikelompokan ke dalam empat nilai yaitu waktu pemesinan selama 171 menit; 171,5-187 menit; 187,5-203; dan 203 menit berturut-turut dengan nilai A, B, C, dan E.
PENGEMBANGAN SIMULATOR MIKROKOMPUTER TEMPERATUR KONTROL UNTUK KETERCAPAIAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI KONTROL OTOMATIK Roskiana, Eky; Munawar, Wahid; Berman, Ega T
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i1.12616

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat tes kinerja dan kognitif yang tervalidasi, mengetahui evaluasi kinerja dan kognitif hasil belajar dengan berbantuan simulator. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Tahap penelitian ini diantaranya: pendefinisian; perancangan; pengembangan. Hasil penelitian diperoleh alat tes kinerja yang telah tervalidasi isi dan alat tes kognitif yang tervalidasi isi, konstruk dan reliabel. Hasil penelitian menunjukan evaluasi hasil belajar psikomotor pekerjaan pengkabelan kontrol sistem refrigerasi memperoleh nilai rata-rata 91,7, pekerjaan pengaturan MTC memperoleh nilai rata-rata 88,3. Sedangkan evaluasi hasil belajar kognitif memperoleh nilai rata-rata 83,5. Pengembangan simulator mikrokomputer temperatur kontrol dapat membantu mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebanyak 88,6%.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK Mustaqim, Zalil; Supriawan, Dedi; Solehudian, Agus
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i1.12631

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran drill dengan yang menggunakan metode ceramah dan demonstrasi pada mata pelajaran Gambar teknik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian yang dignakan yaitu nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling, sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas X TM  di SMK Negeri 2 Bandung dengan kelas X TM 8 sebagai kelas kontrol dan kelas X TM 11 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan tidak adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan metode drill (kelas eksperimen) dengan kelas yang menggunakana metode ceramah dan demonstrasi (kelas kontrol) nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,53 yang termasuk pada kategori sedang,sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata N-Gain msebesar 0,48 yang termasuk pada kategori sedang.
PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DAN ELEMEN MESIN Gunawan, Nendi A; Hamdani, Aam
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i1.12621

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi siswa terhadap mata pelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin. Sebagai modalitas guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar yang di lakukan di kelas XII jurusan Teknik Mesin. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Ex-postfacto dengan metode deskripitif kuantitatif. Sampel penelitian ini  siswa kelas XII, yang terdiri dari 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang berbentuk angket tertutup skala guttman. Analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar persepsi siswa terhadap mata pelajaran mekanika teknik dan elemen mesin sangat baik, hampir setengahnya juga dikatakan baik, dan sebagian kecil dikatakan tidak baik. Adapun hasil persepsi siswa berdasarkan dimensi persepsi, yaitu sebagian besar siswa melakukan seleksi baik dalam proses pembentukan persepsi. Sebagian besar melakukan interpretasi baik dalam pembentukan persepsi. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi siswa baik terhadap mata pelajaran, karena persepsi dipengaruhi oleh faktor-faktor lain dalam pembentukannya. Ini terjadi karena rentang waktu fenomena yang diamati dengan pengambilan data penelitian cukup lama, karena persepsi tidak tetap, tetapi akan berubah seiring dengan berjalannya waktu yang akan memuat informasi tambahan pada waktu tersebut. Dengan hasil ini guru harus mengarahkan persepsi siswa diawal pembelajaran, agar siswa mempersepsikan mata pelajaran mekanika teknik dan elemen mesin ke arah yang lebih baik.
KONTRIBUSI PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN PESERTA DIDIK DALAM BERWIRAUSAHA Firdaus, Riksa F; Kusumah, Inu H; Sulaeman, Sulaeman
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i1.12626

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pelaksanaan praktik kerja industri peserta didik SMKN 8 Bandung, kemudian mengetahui gambaran kesiapan peserta didik dalam berwirausaha, dan mengetahui kontribusi praktik kerja industri terhadap kesiapan peserta didik dalam berwirausaha. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI TSM, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian, gambaran pelaksanaan praktik kerja industri termasuk ke dalam kategori baik, artinya lebih dari setengahnya peserta didik telah melaksanakan praktik kerja industri dengan baik sesuai dengan pedoman laporan praktik kerja industri. Gambaran kesiapan peserta didik dalam berwirausaha termasuk ke dalam kategori baik, artinya lebih dari setengahnya peserta didik siap dalam berwirausaha. Terdapat hubungan atau korelasi antara praktik kerja industri dengan kesiapan berwirausaha pada tingkat hubungan termasuk kategori cukup kuat. Pelaksanaan praktik kerja industri mempunyai kontribusi yang signifikan terhadap kesiapan peserta didik dalam berwirausaha.

Page 1 of 2 | Total Record : 19