cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
ISSN : 23564997     EISSN : 27154734     DOI : -
Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap tahunnya.
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2018): Desember" : 21 Documents clear
MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS SMK KELAS X PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF Khoeruman, Khoeruman; Komaro, Mumu; Noor, Ridwan A. M.
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i2.15189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran pekerjaan dasat teknik otomotif kompetensi keahlian teknik otomotif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 99 siswa kelas X.Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup dengan menggunakan skala Likert. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswakelas X pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif rata-rata 78,7%. Sebagian besar siswa kelas X memiliki motivasi dalam belajar khususnya pada mata pelajaran pekerjaaan dasar teknik oromotif. Kesimpulan penelitian ini yaitu siswa kelas X memiliki motivasi belajar yang baik dapat memproleh nilai yang memuaskan dan di atas KKM.
STUDI EKSPLORASI PENGELOLAAN DAN KEPUASAN DALAM PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA WORKSHOP YANG TELAH MENERAPKAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 Pratama, Alfian S.; Darmawan, Bambang; Mubarok, Ibnu
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i2.15180

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan dan kepuasan peserta didik dalam pemanfaatan sarana dan prasarana di workshop teknik sepeda motor. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah kepala bengkel dan peserta didik SMK X Bandung dengan subyek kepala bengkel sebanyak 1 orang dan peserta didik kelas XI sebanyak 42 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan mangket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada area kerja mesin, chasis, kelistrikan otomotif untuk kontak listrik jumlahnya tidak sesuai dengan standar BSNP yang digunakan. Ruang penyimpanan dan instruktur untuk meja kerja, kursi kerja, lemari alat dan bahan, sarana training object sepeda motor, media engine stand, media kelistrikan, peralatan utama bengkel untuk dial test indicator, peralatan pendukung bengkel meja kerja dan trolly tidak sesuai dengan standar  BSNP yang digunakan.  Kesimpulan penelitian ini adalah pengelolaan sarana dan prasarana workshop sudah sangat baik dan peserta didik dalam pemanfaatan sarana dan prasarana sudah memuaskan, namun masih belum sesuai dengan standar BNSP.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK DI SMK Ramadhan, Ridwan; solehudin, Agus; Sabri, Sabri
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i2.15194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang perbedaan metode pembelajaran ceramah dengan metode pembelajaran tutor sebaya. Metode yang digunakan yaitu deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini sebanyak 36 orang siswa SMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan metode pembelajaran ceramah dan metode pembelajaran tutor sebaya. Penerapan metode tutor sebaya meningkatan hasil belajar siswa pada kategori kognitif sebesar 86,1%.  Metode pembelajaran tutor sebaya mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Mekanik sebesar 82,7%. Disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi mekanik.
PENYUSUNAN DAN ANALISIS TES KINERJA (PERFORMANCE TEST) PADA KOMPETENSI PRAKTIK MEMASANG SISTEM PENERANGAN DAN WIRING KELISTRIKAN DI SMK Multin, Hegar A.; Munawar, Wahid; Noor, Adam A. M.
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i2.15185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun tes kinerja dan analisis tes kinerja pada kompetensipraktik memasang sistem penerangan dan wiring kelistrikan di SMK Otomotif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data analisis tes kinerja. Tes yang dikembangkan yaitu terdiri dari rubrik dan pedoman penilaian.Hasil penelitian tes kinerja berupa uji validitas isi, uji keterbacaan dan uji konstruksi. Konten tes kinerja dilakukan dengan  expert judgment. Analisis validitas isi menggunakan rumus CVR dan CVI didapatkan hasil yang valid. Hasil uji tingkat keterbacaan memiliki nilai tinggi setelah dilakukan perbaikan, sehingga instrumen dapat digunakan oleh siapa saja. Hasil uji konstruksi dinyatakan dalam nilai tinggi, artinya terstruktur untuk digunakan.Kesimpulan diperoleh bahwa proses tahapan-tahapan pembuatan instrument tes kinerja dan penyusunan pembuatan instrument tes kinerja yang melalui tahapan demi tahapan hingga menjadi valid dengan pengesahan ahli.
PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK Sulaki, Mohamad J. E.; Hamdani, Aam; Noor, Ridwan A. M.
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i2.15190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar peserta didik di SMK Negeri 8 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode ex post facto. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang jumlah respondennya sebanyak 125 peserta didik yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat persepsi tentang kepribadian guru masuk dalam kategori rendah dengan persentase sebesar 36%. Motivasi peserta didik berada dalam kategori sedang dengan persentase 66,4%. Pengaruh persepsi peserta didik tentang kepribadian guru terhadap motivasi belajar peserta didik menunjukkan nilai positif dan signifikan dengan nilai koefisien determinasi yang menunjukkan besar hubungan antara keduanya sebesar 13,6 %. Kesimpulan yaitu bahwa persepsi tentang kompetensi kepribadian guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ENGINE CUTTING SEPEDA MOTOR TIPE AL 115 F/FC PADA KOMPETENSI MEMAHAMI CARA KERJA ENGINE EMPAT LANGKAH DI SMK Aprianto, Ary; Komaro, Mumu; Sriyono, Sriyono
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i2.15181

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa dengan penerapan media pembelajaran engine cutting sepeda motor. Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X TBSM di SMKNegeri 8 sebanyak 180 orang. Sampel menggunakan purposive sampling dengan metode nonprobability sampling sebanyak 33 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan penerapan media pembelajaran engine cutting sepeda sebanyak 94% siswa sudah belajar dengan tuntas. Penggunaan media engine cutting sepeda motor dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar (N-gain) dengan nilai 0,68 yang termasuk dalam kriteria sedang.
TECHNOPRENEURSHIP MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Nugroho, Rizki A.; Darmawan, Bambang; Sulaeman, Sulaeman
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i2.15195

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi technopreneurship mahasiswa mahasiswa pendidikan teknik mesin, Universitas Pendidikan Indonesia. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan teknik mesin angkatan 2015 yang berjumlah 129 mahasiswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik probability sampling dengan cara proportionate stratified random sampling sebanyak 38 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 34% mahasiswa pendidikan teknik mesin memiliki technopreneurship sangat baik dan 68% termasuk dalam kategori baik. Rata-rata mahasiswa pendidikan teknik mesin memiliki kemampuan technopreneurship sebesar 78% yang termasuk baik. Kesimpulan penelitian yaitu bahwa mahasiswa pendidikan teknik mesin telah memiliki kemampuan dalam bidang technopreneurship yang baik.
PENERAPAN SIMULATOR ELECTRIC MIRROR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI SISTEM KELISTRIKAN PENGAMAN DAN KELENGKAPAN TAMBAHAN PADA PESERTA DIDIK DI SMKN Puradimaja, Herdy; Komaro, Mumu; Permana, Tatang
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i2.15186

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan simulator electric mirror untuk meningkatkan kompetensi dasar memahami sistem kelistrikan pengaman dan kelengkapan tambahan pada peserta didik di SMKN 7 Baleendah. Penelitian ini menggunakan metode pra eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI TKR SMK Negeri 7 Baleendah Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 180 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah 32. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan penerapan simulator electric mirror didapat 97% siswa masuk dalam kategori tuntas. Penggunaan alat perga simulator electric mirror dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar (N-gain) dengan nilai 0,6 yang termasuk dalam kriteria sedang.
STUDI KETERSEDIAAN SPECIAL SERVICE TOOL PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK Sutrisno, Muhammad R.; Noor, Ridwan A. M.; Sumarna, Nana
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i2.15191

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran ketersedian special service tool pada paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN 8 Bandung sesuai standar di industri jasa perawatan dan perbaikan otomotif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun partisipan pada penelitian ini adalah siswapaket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase ketercapaian ketersediaan special service tool sebesar 30,8%. Kesimpulan penilitian ini yaitu ketersedian special service tool pada paket keahlian Teknik Kendaraan Ringan belum tercapai sesuai standar industri jasa perawatan dan perbaikan otomotif.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF DESIGN PROJECT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN TECHNOPRENEURSHIP SISWA SMK Aprilian, Aulia F.; Hamdani, Aam; Darmawan, Bambang
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 5, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v5i2.15182

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan technopreneurship pada siswa kompetensi teknik pemesinan dengan menerapkan model pembelajaran self-design project learning di kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pre-test post-test design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XII TP 3 SMKN 2 Bandung tahun ajaran 2016-2017 sebanyak 15 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan nilai penguasaan technopreneurship rata-rata pretest 17,88 dan rata-rata posttest 19,62 dengan rata-rata besar gain  normalisasi sebesar 0.=,23. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan technopreneurship pada posttest lebih besar daripada penguasaan technopreneurship pada pretest. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran self-design project learning dapat meningkatkan penguasaan technopreneurship siswa SMK.

Page 1 of 3 | Total Record : 21