cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
ISSN : 23564997     EISSN : 27154734     DOI : -
Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap tahunnya.
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2019): Juni" : 21 Documents clear
STUDI PENELUSURAN LULUSAN SMK PROGRAM T-TEP YANG KERJA DI INDUSTRI KOTA BANDUNGSTUDI PENELUSURAN LULUSAN SMK PROGRAM T-TEP YANG KERJA DI INDUSTRI KOTA BANDUNG Sagala, Robert; Permana, Tatang; Permana, Enda
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 6, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v6i1.18250

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterserapan lulusan SMK program T-Tep. Studi Penelusuran dapat mengukur dan melacak kinerja lulusan sehingga dalam hal ini dapat diperoleh indikator yang jelas tentang profil lulusan peserta didik dari program T-TEP SMKN 6 Bandung angkatan 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk adalah angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah para lulusan alumni peserta didik program T-TEP angkatan tahun 2013 dan semua populasi yang berjumlah 38 orang dijadikan responden. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: masa tunggu 1-3 bulan sebesar 96,6% dari 30 responden yang pertama kali mendapat pekerjaan, bidang pekerjaan yang diperoleh para lulusan program T-TEP pada umumnya sebagai mekanik, dan penghasilan rata-rata para lulusan sebagian besar sudah sesuai standar upah minimum kota Bandung. Kesimpulan pennelitian ini bahwa lulusan program T-TEP diterima oleh sebagain besar industri yang sesuai dengan keahliannya.
IMPLEMENTASI MOBILE LEARNING BERBASIS APLIKASI SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT Sibarani, Hendra P.; Komaro, Mumu; Sukrawan, Yusep
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 6, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v6i1.18240

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk mobile learning berbasis aplikasi smartphone yang layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut dan mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswanya dalam ranah kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan jenis desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TPM SMKN 6 Bandung. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas XI TPM 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TPM 5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh bahwa produk mobile learning memiliki kategori layak digunakan dengan tingkat ketercapaian sebesar 88,5%. Produkk mobile learning dapat diimplementasikan sebagai treatment pada kelas eksperimen. Indeks peningkatan hasil belajar diperoleh sebesar 0,73 masuk dalam kategori baik. Kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah penggunaan mobile learning lebih besar dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan mobile learning.
PENGARUH PEMAHAMAN TENTANG BEASISWA BIDIKMISI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA Anjani, Rai; Kusumah, InU H.; Komaro, Mumu
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 6, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v6i1.18246

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman tentang beasiswa Bidikmisi terhadap prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di FPTK UPI. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian digunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi angkatan 2014 FPTK UPI dan sampel yang diambil berjumlah 57 orang mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi yang tersebar di 6 departemen. Hasil penelitian diperoleh korelasi rendah. Kontribusi pemahaman tentang beasiswa Bidikmisi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di FPTK UPI sebesar 9,7%. Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa pemahaman terhadap beasiswa Bidikmisi tidak cukup untuk mempengaruhi prestasi dan kontribusinya sangat kecil terhadap prestasi mahasiswa.
FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DI SMK BIDANG TEKNOLOGI DAN REKAYASA KOTA BANDUNG Asmanullah, Angga S.; Hamdani, Aam; Ariyano, Ariyano
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 6, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v6i1.18236

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mencari faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas 10 pada mata pelajaran Mekanika Teknik di SMK bidang Teknologi dan Rekayasa Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara dan angket dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 6 Bandung sebanyak 541 siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 100 siswa. Wawancara dilakukan kepada guru mata pelajaran Mekanika Teknik dari SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 6 Bandung. Uji validitas instrumen validitas konstruk dan isi dilakukan oleh expert judgement. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbanch. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor internal yang dominan menyebabkan kesulitan belajar pada mata pelajaran Mekanika Teknik adalah faktor minat/motivasi, (2) faktor eksternal yang dominan menyebabkan kesulitan belajar adalah faktor lingkungan masyarakat. Kesimpulan penelitian ini, yaitu: minat, motivasi dan lingkungan belajar merupakan faktor kesulitan belajar yang banyak di alami oleh siswa SMK.
STANDAR KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) INDUSTRI PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK PEMESINAN DI SMK Fadillah, Taufan M.; Suherman, Amay; Ariyano, Ariyano
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 6, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v6i1.18251

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan aspek K3 standar industri di tempat praktik pemesinan di SMKN 2 Bandung. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian adalah siswa teknik pemesinan yang pernah melakukan praktik pemesinan sebanyak 54 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket, wawancara dan observasi.Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: penerapan K3 sudah termasuk layak, penggunaan APD masih kurang layak, penempatan kotak P3K masuk dalam kriteria tidak layak, standar APAR masuk dalam kriteria sangat layak, tempat kerja dan lingkungan hidup masuk dalam kriteria sangat layak, potensi sumber bahaya masih tinggi, resiko kecelakaann tertinggi ada di area praktik mesin bubut, aturan APD dikategorikan tidak layak sehingga terjadi kecelakaan kerja kepada siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan keselamatan kerja di tempat praktik pemesinan SMK belum layak dan mengacu pada standar industri dan menyebabkan terhambatnya proses pembelajaran pada praktikum pemesinan di tempat praktik pemesinan SMKN 2 Bandung.
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN KONTROL REFRIGERASI DAN TATA UDARA Heryanto, Heri; Kusumah, Inu H.; Arifiyanto, Enang S.
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 6, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v6i1.18241

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengingkatan hasil balajar siswa, melalui penerapan pendekatan saintifik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII B Teknik Pendingin dan Tata Udara. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 36,4%. Seluruh siswa telah mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan minimum sebesar 100%, Aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan aktivitas dengan nilai rata-rata peningkatan sebesar 75%. Kesimpulan penelitian yaitu penerapan pendekatan saintifik telah meningkatkan nilai, seluruh siswa telah memperoleh nilai di atas KKM dan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa.
PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA DUCTING TERHADAP HASIL BELAJAR MENAFSIRKAN GAMBAR DAN INSTALASI CEROBONG UDARA Dewi, Ratu Y; Sumardi, Kamin; Berman, Ega T.
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 6, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v6i1.18247

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada kompetensi dasar menafsirkan gambar dan instalasi cerobong udara setelah menggunakan media alat peraga. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitan tindakan kelas yang dilaksanakan ke dalam tiga siklus. Langkah penelitian antara lain: perencanaan, pelaksanaan tindakan/treatment, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII TPTU B program keahlian teknik pendinginan dan tata udara di SMK Negeri 1 Cimahi yang sedang mengikuti mata pelajaran Sistem dan Instalasi Tata Udara sebanyak 33 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, adan observasi. Hasil penelitian diperoleh nilai hasil belajar pada setiap siklus mengalami peningkatan dibandingkan dengan kondisi sebelum menggunakan alat peraga. Peningkatan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 73,6%, siklus II sebesar 88%, dan siklus III sebesar 80%. Indeks peningkatan hasil tes diperoleh pada siklus I sebesar 0,57, siklus II sebesar 0,76 dan pada siklus III sebesar 0,65. Peningkatan proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga ducting yaitu: siklus I sebesar 74,75%, siklus II sebesar 91,6% dan pada siklus III sebesar 95,8%. Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa penggunaan alat peraga ducting meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menafsirkan gambar dan instalasi cerobong udara.
PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA UJI KOMPETENSI PAKET 1 DI SMK Permana, Dani; Munawar, Wahid; Noor, Ridwan A. M.
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 6, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v6i1.18237

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengggambarkan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada uji kompetensi di SMK. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta uji kompetensi siswa teknik kendaraan ringan yang berjumlah 101 peserta. Sampel pada penelitian ini berjumlah 31 peserta dengan teknik pengambilan sampel proportioned stratified random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, 63,7% dari peserta didik telah menggunakan APD dalam servis mobil bensin. Sebanyak 72,9%, peserta didik telah menerapkan K3 dalam ketepatan penggunaan alat servis mobil bensin. Sebanyak 70% peserta didik telah menggunakan APD dalam overhaul transmisi manual. Sebnyak 91,9% peserta didik telah menerapkan K3 dalam ketepatan penggunaan alat pada saat melakukan overhaul transmisi manual. Sebanyak 68,7% peserta didik telah menggunakan APD dalam perbaikan sistem starter.  Sebanyak 66,7% peserta didik telah menerapkan K3 dalam ketepatan penggunaan alat perbaikan sistem starter. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan keselamatan dan kesehatan kerja dalam penggunaan alat pelindung diri dan ketepatan menggunakan alat pada saat melakukan servis mobil bensin rata-rata cukup baik.
KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK SMK YANG SUDAH MELAKSANAKAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI Permana, Taufan R. S.; Kusumah, Inu H.; Permana, Tatang
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 6, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v6i1.18252

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data kesiapan kerja peserta didik yang telah melaksanakan praktek kerja industri. Penelitian ini menggunakan metode expost-facto. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI Program Keahlian TKR SMKN 1 Soreang Kabupaten Bandung yang berjumlah 34 orang dan 54 orang dari SMKN 1 Katapang Kabupaten Bandung. Instrumen penelitian menggunakan angket yang digunakan untuk memperoleh data kontribusi praktik kerja industri terhadap kesiapan peserta didik dalam bekerja. Hasil penelitian diperoleh bawha kesiapan kerja peserta didik yang sudah melaksanakan praktik kerja industri sudah  baik. Pelaksanaan praktek kerja industri sudah menunjukkan hasil yang baik. Kesimpulan penelitian ini bahwa  praktek kerja industri memberikan pengaruh terhadap kesiapan kerja peserta didik. Praktek kerja industri telah memberikan pengalaman berharga bagi peserta didik untuk memasuki dunia kerja.
PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Taufikurachman, Indra E.; Kusumah, Inu H.; Permana, Tatang
Journal of Mechanical Engineering Education Vol 6, No 1 (2019): Juni
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jmee.v6i1.18243

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif setelah menggunakan media pembelajaran dengan media video. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Soreang kelas X TKR yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur aktivitas belajar siswa yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan tes. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I, II, dan III setelah menggunakan media video didapatkan persentase dengan kategori tinggi dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media video didapatkan hasil dengan n-gain ternormalisasi pada siklus I, II, dan III dengan rata-rata yang diperoleh dapat dikategorikan sedang. Kesimpulannya yang didapat dari penelitian ini bahwa penggunaan media video pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif dengan Kompetensi Dasar mengidentifikasi alat ukur mekanik dan fungsinya dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.

Page 1 of 3 | Total Record : 21