cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
LIBRARIA
ISSN : 23550341     EISSN : 24775230     DOI : -
Core Subject : Science,
LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan (ISSN 2355-0341; E-ISSN 2477-5230) is a periodical scientific journal (every semester) in June and December published by STAIN Kudus Library. This journal is expected to be a scientific vehicle in the study and thinking about the library that can provide information and education for the readers.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2015): LIBRARIA" : 20 Documents clear
APLIKASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN STAIN KUDUS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI Anah, Sri
LIBRARIA Vol 3, No 1 (2015): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v3i1.1571

Abstract

Kemajuan ilmu dan teknologi telah membuat jarak dan ruang menjadi tanpa batas. Segala peristiwa di berbagai belahan dunia dengan mudah diakses dan diketahui dalam hitungan detik.Hal ini tentu dapat memberikan dampak baik posistif maupun negatif terhadap pemahaman fenomena-fenomena tersebut. Demikian pula dengan kemajuan sistem informasi di perpustakaan. Dimana dulu pelayanan masih menggunakan metode manual (manual methode) sekarang sudah menggunakan sistem automasi perpustakaan (library automation). Disini saya akan menjelaskan tentang aplikasi sistem yang ada di perpustakaan STAIN Kudus berbasis teknologi informasi yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pekerjaan dan kualitas pelayanan pada pengguna (right information, right user dan right now), sehingga mempermudah pemustaka dalam menelusur katalog dan menghemat waktu pencarian buku di perpustakaan STAIN Kudus.
PROGRESIFITAS PERPUSTAKAAN STAIN KUDUS (Pengembangan Perpustakaan STAIN Kudus menuju Perpustakaan Bertaraf Internasional) Mas’udi, Mas’udi
LIBRARIA Vol 3, No 1 (2015): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v3i1.1562

Abstract

Perpustakaan merupakan jantung lembaga pendidikan. Kehadirannya merupakan hal mutlak yang harus selalu disadari oleh segenap masyarakat di lingkungan pendidikan itu sendiri. Pencapaian demi pencapaian di wilayah akademis pada lembaga pendidikan bertumpu seutuhnya dengan usaha-usaha progresif yang ingin dicapai melalui perpustakaan.Sejarah panjang kehadiran ilmu pengetahuan di dunia Islam berdiri di atas kokohnya disiplin membaca kaum muslimin. Semangat membaca yang direpresentasikan oleh para ulama zaman keemasan Islam menunjukkan bahwa kegiatan membaca yang terfasilitasi oleh hadirnya perpustakaan bukti autentik hidupnya semangat belajar untuk progresifitas dunia keislaman. Hal ini memicu secara menyeluruh terhadap bertumbuhkembangnya semangat-semangat pengembangan ilmu pengetahuan di tengah-tengah kehidupan kaum muslimin.Usaha pengembangan perpustakaan menjadi nilai dasar yang ingin diwujudkan oleh Perpustakaan STAIN Kudus. Hal ini dicanangkan sepenuhnya dengan usaha untuk menjadikan Perpustakaan STAIN Kudus yang memiliki progresifitas kelembagaan bertaraf internasional. Usaha-usaha ini menjadi agenda besar pengembangan kelembagaan ini seiring dengan alih status yang akan mengisi ruang-ruang akademik segenap sivitas akademika STAIN Kudus itu sendiri.
IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI Zjulla, Nur
LIBRARIA Vol 3, No 1 (2015): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v3i1.1572

Abstract

Peningkatan kualitas perpustakaan adalah salah satu syarat utama dan tidak dapat diabaikan dalam upaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu akademik menuju perguruan tinggi berkelas dunia (world class university). Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan perpustakaan perguruan tinggi yang berkualitas adalah dengan menerapkan konsep dasar TQM (Total Quality Management). Penerapan filosofi TQM ini memerlukan dukungan dari semua pihak, dimana kuncinya adalah kepemimpinan (Leadership), perubahan budaya (Culture change) dan pemberdayaaan karyawan (Employee empowerment), serta keterlibatan karyawan dalam bentuk kerja tim yang dikenal Gugus Kendali Mutu / Qulaity Control Circle (QCC).TQM yang diterapkan suatu perguruan tinggi sebagai upaya untuk meningkatkan mutu atau kualitas pelayanan perpustakaan ada 3 (tiga) unsur yang harus diperhatikan dan dilaksanakan yaitu : Perencanaan Kualitas (Quality Planning), Pengendalian Mutu (Quality Control), dan Perbaikan Mutu (Quality Improvement).
JADI PUSTAKAWAN DI PERGURUAN TINGGI, KENAPA HARUS TAKUT? Mawaddah, Isti
LIBRARIA Vol 3, No 1 (2015): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v3i1.1563

Abstract

Pustakawan dan Perpustakaan merupakan sesuatu yang tak terpisahkan, seperti dua sisi mata uang, dimana ada Perpustakaan, maka idealnya disitu juga harus ada pustakawan. Namun pada kenyataanya, banyak sekali Perpustakaan yang di dalamnya tidak ada Pustakawan. Sehingga Perpustakaan tidak dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Perpustakaan Perguruan Tinggi sering dimaknai sebagai pusat penelitian karena banyak menyediakan informasi yang berkaitan dengan sarana pendukung dalam proses penelitian yang merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.Jarangnya profesi Pustakawan merupakan salah satu kendala di Perguruan Tinggi. Sebagai ilmuwan, Pustakawan harus mampu memberdayakan informasi bukan sekadar melayankan informasi. Sehingga pengakuan akan kompetensi akan segera terwujud dengan adanya sertifikasi Pustakawan. Bagi kebanyakan orang, profesi Pustakawan merupakan profesi yang belum terlalu diperhitungkan, karena kebanyakan mereka menilai sebuah profesi diukur dengan besar kecilnya materi yang diperoleh. Tapi yakinlah kalau menjadi Pustakawan di perguruan tinggi akan menjanjikan masa depan yang cerah.
PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DIGITAL Widayanti, Yuyun
LIBRARIA Vol 3, No 1 (2015): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v3i1.1579

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang di singkat ICT (Information and Communication Technology) membawa perubahan dalam berbagai sektor, termasuk dunia perpustakaan. Perkembangan internet dan perkembangan sumber informasi baru begitu cepat sehingga menuntut perpustakaan untuk melakukan suatu langkah perubahan, baik dalam bentuk koleksi maupun dalam hal pola pelayanannya. Perpustakaan digital menawarkan kemudahan bagi para penggunanya untuk mengakses sumber informasi elektronik dengan alat yang menyenangkan pada waktu dan kesempatan yang terbatas. Pengguna tidak lagi terikat secara fisik pada jam layanan perpustakaan dimana pengguna harus mengunjungi perpustakaan untuk mendapatkan informasi. Oleh karena itu, perpustakaan digital dapat memfasilitasi dan memecahkan persoalan keterbatasan akses tersebut.
PENGEMBANGAN SISTEM TEKNOLOGI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB 3.0 Fatmawati, Endang
LIBRARIA Vol 3, No 1 (2015): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v3i1.1564

Abstract

Salah satu tanda kemajuan sistem teknologi informasi di perpustakaan adalah pemanfaatan internet. Web semantik menyediakan pemustaka melalui pencarian lebih efektif dan efisien yang menggunakan kecerdasan buatan dengan cara komputer belajar tentang kita melalui kebutuhan apa yang kita cari. Hasil dari perpustakaan 3.0 adalah menjadi ‘perpustakaan tanpa batas’. Melalui pemanfaatan sistem teknologi informasi di perpustakaan, maka pustakawan dituntut harus bisa mengembangkan dan menyediakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka.
PENERAPAN METODE E-LEARNING DAN LAYANAN SIRKULASI SEBAGAI MODEL PEMBANGUNAN DIGITAL LIBRARY Muntinah, Dwi
LIBRARIA Vol 3, No 1 (2015): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v3i1.1582

Abstract

Besarnya pengaruh perkembangan teknologi dan informasi telah merambah dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Tak terkecuali dunia pendidikan. Perpustakaan sebagai poros dari sebuah lembaga pendidikan sudah selayaknya mengadopsi perkembangan teknologi dan informasi untuk memaksimalkan fungsi dan perannya. Dengan memasukkan teknologi dan informasi ke dalam bagian pelaksanaannya maka sebuah perpustakaan telah siap untuk bertransformasi menjadi sebuah perpustakaan digital. Dimana perpustakaan dapat menggunakan sistem e-learning sebagai pelaksana fungsi pendidikannya. Serta digitalisasi layanan sirkulasi untuk mewujudkan pelayanan perpustakaan yang lebih efektif dan efisien.
MENCIPTAKAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG TENANG DAN NYAMAN (Studi di Perpustakaan STAIN Kudus) Yantiningsih, Dewi; Santoso, Santoso
LIBRARIA Vol 3, No 1 (2015): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v3i1.1576

Abstract

Perpustakaan STAIN Kudus adalah unit pelaksana teknis yang merupakan kelengkapan perguruan tinggi di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Sebagai unit pelaksana di lembaga pendidikan tinggi, perpustakaan STAIN Kudus berperan sebagai perangkat kerja yang memberikan pelayanan, melestarikan serta menyebarkan ilmu pengetahuan yang ada dalam koleksi perpustakaan kepada anggota civitas akademika. Pelayanan perpustakaan terhadap pemustaka merupakan kegiatan pemberian pelayanan pengunjung perpustakaan dalam menggunakan, meminjam, mengembalikan dan mencari informasi. Perpustakaan sebagai media pembelajaran merupakan tempat penyedia berbagai macam kumpulan bahan pustaka baik berbentuk buku, majalah, undang-undang, kamus, hasil penelitian dan bacaan-bacaan lainnya, untuk menumbuhkan pikiran-pikiran baru (inspirasi), penerangan (informasi) bagi pengguna yang memerlukan ilmu pengetahuan yang dapat mempengaruhi perkembangan pengetahuan pribadi seseorang/pemustaka. Membaca merupakan suatu aktivitas penggabungan antara mata dengan pikiran yang bekerja secara maksimal sehingga dapat menyebabkan kelelahan dan kejenuhan. Oleh sebab itu, perpustakaan harus dapat membuat pemustaka bisa merasa nyaman agar mereka tidak merasa jenuh dan cepat lelah. sudah semestinya ruang perpustakaan dibuat menjadi nyaman dan tenang agar pemustaka merasa betah dalam menghabiskan waktu di perpustakaan untuk membaca maupun mencari buku/literer.
SISTEM PELAYANAN CLOSE ACCESS, PEMELIHARAAN, DAN PERAWATAN KOLEKSI PADA LAYANAN KOLEKSI TANDON DI PERPUSTAKAAN STAIN KUDUS Buwana, Radiya Wira
LIBRARIA Vol 3, No 1 (2015): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v3i1.1570

Abstract

Pemeliharaan dan perawatan koleksi bahan pustaka memiliki peranan yang sangat penting bagi terlaksananya pelayanan perpustakaan yang prima bagi para pemustaka. Kondisi koleksi bahan pustaka harus bisa dijaga agar tidak rusak, kotor, atau bahkan hilang, sehingga pemustaka dapat memanfaatkan bahan pustaka tersebut. Berbagai faktor, baik itu internal ataupun eksternal, faktor lingkungan ataupun faktor manusianya sendiri dapat menjadikan masalah bagi koleksi bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan. Koleksi buku tandon yang merupakan koleksi yang berisi copy pertama dari setiap buku di perpustakaan menerapkan layanan close access yang berfungsi untuk mempermudah pemeliharaan dan perawatan koleksi buku di tandon. Sehingga buku-buku ataupun bahan pustaka yang ada di koleksi tandon akan bisa diakses oleh pemustaka jika dibutuhkan sesegera mungkin.
EVALUASI PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SITASI TERHADAP SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TAHUN 2011 DI PUSAT PERPUSTAKAAN IAIN SURAKARTA Maslahah, Khoirul
LIBRARIA Vol 3, No 1 (2015): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v3i1.1561

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola sitiran (pengutipan literatur) yang dipakai oleh mahasiswa program studi PAI tahun 2011, sekaligus sebagai bahan evaluasi bagi pihak perpustakaan terhadap ketersediaan dan keterpakaian koleksi yang ada di Pusat Perpustakaan IAIN Surakarta dalam penulisan skripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan literatur yang digunakan mahasiswa program studi PAI tahun 2011 adalah buku berbahasa Indonesia, sedangkan judul yang dikutip bervariasi. Alasan mahasiswa lebih memilih buku sebagai sumber sitasi karena dalam buku menerangkan istilah dan teori secara sistematis dan detail. Dari segi bahasa literatur yang dikutip literatur berbahasa Indonesia merupakan sumber rujukan yang sangat tinggi prosentasenya yaitu 94,06% (6979 sitiran). Paro hidup (half life) dari seluruh literatur yang disitir dalam skripsi program studi PAI tahun 2011 adalah 11 tahun. Untuk ketersediaan literatur yang disitir dalam skripsi mahasiswa program studi PAI tahun 2011 berdasarkan frekuensi sitiran adalah 84,12 % (6241 sitiran) dapat dikatakan ketersediaannya sangat tinggi. Sedangkan berdasarkan judul dari 2986 judul literatur yang disitir, 857 judul literatur tidak tersedia (28,70%) dan 2129 judul tersedia (71,30%). Keterpakaian koleksi Pusat Perpustakaan dalam penulisan skripsi mahasiswa program studi PAI tahun 2011 adalah sebesar 2.115 judul koleksi atau 15,75% total koleksi, hal ini menunjukkan tingkat keterpakaiannya sangat rendah.

Page 1 of 2 | Total Record : 20